Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Game MOBA Made in Indonesia Meluncur
      Bukan hanya diproduksi menjadi film, Semesta Satria Dewa juga akan diadopsi ke dunia eSports lewat game bernama "Battle of Satria Dewa" yang digarap oleh BANG Idea Indonesia dengan bekerja sama dengan salah satu pengembang game, Semisoft dan perusahaan animasi, Lumine.
      • 0 replies
    • China Sudah Dilanda Flu Burung Padahal Virus Korona Belum Selesai
      Pemerintah China benar-benar dibuat pusing saat ini. Di saat virus korona yang mewabah di Provinsi Wuhan belum selesai ditangani, virus flu burung atau H5N1 muncul di Provinsi Hunan Selatan. Hal itu dikonfirmasi Kementerian Pertanian dan Pedesaan China pada Sabtu 1 Februari 2020.

      Kasus flu burung ini terjadi di salah satu peternakan yang ada di Kota Shaoyang, Provinsi Hunan Selatan. Sejauh ini dari 7.850 ayam yang ada di peternakan tersebut, 4.500 di antaranya mati karena flu burung.
      • 0 replies
    • WNI Akan Diobservasi 14 Hari di Natuna Sebelum Kembali ke Rumah
      Pemulangan WNI dari Wuhan

      Menteri Kesehatan (Menkes) dr Terawan Agus Putranto mengatakan, 238 Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, China, harus menjalani masa observasi selama 14 hari di kompleks militer di Pulau Natuna, Riau.
      • 0 replies
  • 0
kotawa

Apa bedanya Malware dan virus?

Question

1 answer to this question

Recommended Posts

  • 0

Malware adalah sebuah software atau kode yang diciptakan oleh seseorang dengan tujuan jahat. Sebenarnya Malware itu adalah sebuah software atau program komputer, namun Malware dibuat dengan tujuan untuk merugikan orang lain. Malware dapat mengubah data (menghapus, menyembunyikan, dan mencuri), menghabiskan bandwith dan juga sumber daya lain tanpa seijin pemilik komputer yang tentunya akan merugikan orang lain.

kalau virus itu malware yang menginfeksi sebuah komputer dengan bantuan pihak ketiga untuk mengaktifkan/ menjalankan dirinya – biasanya pemilik komputer itu sendiri. Virus tidak bisa otomatis mengaktifkan dirinya sendiri dan menginfeksi sebuah komputer tapi harus ada tindakan dari pihak ketiga yaitu pengguna komputer. Biasanya virus dibuat seperti program lain yang sering digunakan oleh pemilik komputer sehingga pemilik komputer itu mau mengaktifkan virus tersebut. Beberapa program komputer yang sering ditiru oleh virus adalah program .JPG, .doc, atau folder yang yang bila diklik akan mengaktifkan si virus.

Untuk lebih meyakinkan pengguna komputer, seringkali pencipta sebuah virus memalsukan virusnya dalam bentuk icon atau ekstensi gambar porno, atau bentuk lain yang dapat menarik perhatian si pemilik komputer untuk melakukan klik sehingga mengaktifkan virus tersebut.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Answer this question...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By Jennifer_Wirayang
      Choi Siwon, anggota Super Junior, menjadi salah satu public figure yang peduli dengan wabah yang belakangan ini mengkhawatirkan masyarakat seluruh dunia, yaitu virus corona.
      Aktor sekaligus wakil khusus Komite Korea untuk UNICEF ini membagikan tips kepada penggemarnya supaya terhindar dari penularan virus corona yang semakin meluas. Menurutnya dengan mulai menjaga kesehatan diri sendiri akan memperkecil kemungkinan untuk tertular. Selain itu upaya konsultasi dengan dokter merupakan pilihan terbaik jika kondisi tubuh mulai menurun.
      "Jadilah juara dalam perang melawan virus corona! Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun. Tutupi hidung dan mulut Anda saat batuk dan bersin dengan tisu atau bagian dalam siku Anda. Jika Anda mengalami demam dan batuk, waspada lalu temui dokter," tulisnya di Instagram pada Kamis, 6 Februari 2020.
      Sebelumnya Super Junior juga dikabarkan mendonasikan 10 ribu lembar masker ke fasilitas kesejahteraan anak-anak dan remaja di Korea Selatan untuk membantu mencegah penyebaran virus corona.
      Sampai Rabu, 5 Februari 2020 total ada 563 orang meninggal akibat terjangkit virus corona. Sebanyak 28.018 orang dirawat karena terinfeksi novel corona virus untuk wilayah Cina keseluruhan. Keterangan Komisi Kesehatan Nasional Cina menjelaskan mereka berasal dari Provinsi Hubei, satu korban dari Tianjin, satu korban asal Heilongjiang, dan satu lainnya di wilayah Guizhou, Cina.
    • By theblue
      Pemerintah China benar-benar dibuat pusing saat ini. Di saat virus korona yang mewabah di Provinsi Wuhan belum selesai ditangani, virus flu burung atau H5N1 muncul di Provinsi Hunan Selatan. Hal itu dikonfirmasi Kementerian Pertanian dan Pedesaan China pada Sabtu 1 Februari 2020.
      Kasus flu burung ini terjadi di salah satu peternakan yang ada di Kota Shaoyang, Provinsi Hunan Selatan. Sejauh ini dari 7.850 ayam yang ada di peternakan tersebut, 4.500 di antaranya mati karena flu burung.
      Akibat insiden di atas, pihak berwenang pun memusnahkan 17.828 unggas, sebagai langkah antisipasi agar virus tersebut tidak menular. Ini bukan yang pertama China diserang virus H5N1.
      Terakhir kali China dilanda virus yang menular dari unggas ke manusia itu terjadi pada 2013. Akibat kasus di atas, pemerintah China mengalami kerugian hingga USD6,5 miliar atau setara Rp88,9 triliun.
      Sebenarnya bukan China negara pertama yang dilanda virus flu burung akhir-akhir ini. Pada awal pekan ini, pemerintah India memusnahkan ayam dan telur yang diduga mengandung virus flu burung. Karena itu, pemerintah China sedang dibuat pusing saat ini.

      Sebab, virus korona yang telah menyebabkan 300 orang meninggal dunia dan sekira 14.000 orang terjangkit belum berhasil mereka tuntaskan hingga saat ini. Terbaru, jumlah korban meninggal dunia bukan saja dari China.
      Ada satu korban meninggal dunia di Filipina yang teridentifikasi meninggal karena virus korona. Hanya saja, pria tersebut merupakan warga negara China yang sedang berlibur di Manila, Filipina, sejak 21 Januari 2020.
      flu burung.jfif
    • By Supraman
      Kalian tentu kalian sudah tahu kan, kalau sistem operasi Android itu memiliki sifat open source.
      Android sifatnya jauh lebih terbuka dibanding sistem operasi lain.
      Sistem operasi ini bahkan seakan melepas pihak ketiga dalam mengembangkan berbagai jenis aplikasi.
      Kalian juga dapat mengoprek sendiri smartphone kesayangan kalian.
      Ini yang bisa jadi bahaya jika Android kalian tidak terlindungi.
      Bahkan bisa saja serangan perangkat perusak atau malware bersarang pada smartphone kalian melalui sebuah aplikasi.
      Kalian pasti tidak ingin, kan?
      Cara mudah untuk mengantisipasi malware menyusup pada perangkat smartphone kalian.
      Penasaran bagaimana caranya, coba lakukan beberapa hal berikut ini.
      1. Jangan Sembarang Download APK Aplikasi
      Mengunduh sebuah aplikasi dari sembarang situs tentu saja sangat tidak dianjurkan.
      Tentu hal ini sering dilakukan untuk mendapatkan sebuah aplikasi berbayar bukan?
      File berbayar yang terdapat pada Google Play Store terkadang bisa kalian cari APK serta datanya melalui sebuah situs internet.
      Tak jarang pula berbagai penyedia nakal yang memberikan tambahan malware di dalam aplikasi ini.
      2. Jangan Asal Beri Akses ke Admin
      Beragam aplikasi Android selalu meminta sebuah akses untuk dapat berjalan dengan baik.
      Namun jika kalian memiliki sebuah aplikasi APK yang berasal selain dari sumber Google, ada baiknya kalian waspada.
      Jangan asal berikan akses apalagi jika developer yang kalian gunakan tidak begitu terkenal.
      3. Perhatikan Ukuran File Saat Download Aplikasi Pihak Ketiga
      Meski terbilang sepele, cara ini jangan sampai kalian lewatkan.
      Jika ukuran file aplikasi dari Google dan juga yang ingin kalian download sama, maka tak perlu curiga.
      Namun berbeda jika ukuran file jauh lebih besar.
      Bisa saja aplikasi yang ingin kalian download tersebut sudah disisipi dengan malware di dalamnya sehingga ukuran pun jadi lebih bertambah.
      4. Selalu Perhatikan Permission
      Jika smartphone Android kalian sudah versi Lollipop, sudah pasti permission bisa kalian perhatikan lebih baik.
      Permission tugasnya untuk memberikan akses dari sebuah aplikasi melalui hardware yang ada di perangkat kalian.
      Mengakses kamera, melihat kontak, dan lain lain salah satu tujuannya.
      Jadi jika kalian memiliki sebuah aplikasi yang kalian curigai, perhatikan juga permission yang sudah kalian berikan.
      Jangan sampai kalian bebas memberikan akses untuk melihat kontak atau bahkan merubahnya.
      Bisa saja malware yang menyusupi aplikasi tersebut membuat hal buruk terjadi pada smartphone kalian.
      Bagaimana guys, mudah bukan empat cara di atas?
      Jangan sampai kalian kecolongan salah satunya ya!
      Mencegah tentu jauh lebih baik daripada mengobati lho, guys.
       
    • By BincangEdukasi
      Racun lebah yang jika tersengat bisa membuat kulit bengkak ternyata punya banyak manfaat dari segi medis. Yang terbaru, racun dari sengatan lebah bisa membunuh virus HIV. Apa benar?
      Para peneliti dari Washington University School of Medicine di St Louis telah menyimpulkan bahwa racun yang ditemukan pada racun lebah dapat membunuh virus human immunodeficiency (HIV) meski dapat meninggalkan jejak luka pada kulit.
      Toksin pada racun lebah yang disebut melittin ini sanggup menembus perlindungan virus HIV dan melawan virus tersebut dari dalam.
      "Melittin pada nanopartikel mampu membentuk sedikit pori kompleks dan menyerang virus serta dapat memecahnya dan menonaktifkan virus," jelas Joshua L. Hood, MD, Ph. D," instruktur peneliti.
      Para peneliti mengungkap juga bahwa metode ini dapat bekerja pada obat yang sudah resisten dengan virus. Mereka juga meyakini, racun lebah dapat dimodifikasi untuk jadi gel yang digunakan Miss V untuk mencegah penyebaran HIV.
      Melalui penelitian mereka, tim menyarankan untuk merancang nanopartikel yang lebih kecil dari virus sehingga jika disuntikkan melalui intravena untuk membersihkan HIV dari pasien yang terinfeksi.
      "Partikel dasar yang kami gunakan dalam percobaan ini telah dikembangkan bertahun-tahun. Sudah dinilai amat dan bisa beradaptasi untuk melawan jenis infeksi," tukasnya.
      Dikutip Dailyhealthpost, Selasa (6/12/2016). Obat ini lebih efektif digunakan pada bayi yang terinfeksi HIV, ibu hamil dan mencegah infeksi lanjutan pada pengidap HIV pada pasangan suami istri yang hendak memiliki anak.
    • By kotawa
      Para petinggi dunia bidang kesehatan mengaku semakin khawatir atas dampak virus Zika, Senin (11/4). Apalagi setelah virus itu akhirnya sampai ke Amerika Serikat. Para ahli kesehatan berkata, nyamuk pembawa virus Zika sekarang ada di 30 negara bagian AS.
      Bukan hanya itu, ada pula sekitar ratusan orang yang terinfeksi virus itu di Puerto Rico, dikutip dari Reuters.
      Aedes Aegypti, spesies nyamuk yang membawa virus Zika, ada di 30 negara bagian, bukan 12 seperti yang diperkirakan sebelumnya. Di Puerto Rico, mungkin ada ratusan orang dan ratusan bayi yang akan terinfeksi virus itu.
      Dr. Anne Schuchat, Deputi Direktur US Centers for Disease Control and Prevention mengatakan, "Kami melihat virus ini sepertinya sedikit lebih menakutkan ketimbang yang kami pikirkan." Ia melanjutkan, "Kami ingin AS bersiap untuk [menghadapi] virus."
      Dalam briefing di Gedung Putih, ditegaskan bahwa akan ada langkah selanjutkan untuk menggelontorkan sekitar US$1,9 miliar dana darurat untuk persiapan menghadapi virus Zika. Itu didasarkan pada permintaan administratif Presiden AS Barack Obama, Februari lalu.
      Virus Zika sebelumnya tidak sampai ke AS. Ia disebut-sebut berbahaya karena menyebabkan beberapa kasus mikrosefalus pada bayi baru lahir di Brasil. Secara cepat virus yang dibawa nyamuk itu menyebar di Amerika Latin dan Karibia.
      Badan Kesehatan Dunia menjelaskan, ada penjelasan kuat bahwa Zika menyebabkan mikrosefalus, yakni kondisi bayi yang baru lahir dengan kepala kecil. Itu bisa mengakibatkan masalah dalam perkembangannya. Masalah lain adalah sindrom Guillain-Barre, gangguan saraf langka yang bisa menyebabkan kelumpuhan.
      Di Brasil, pekan lalu ada laporan 1.046 kasus mikrosefalus, yang digadang-gadang diinfeksi oleh virus Zika.
      Sebelum Zika sampai di AS di tengah cuaca yang hangat, Gedung Putih mengatakan pada pekan lalu bahwa akan ada dana darurat yang bisa dipergunakan sebesar US$589 juta. Sebagian merupakan uang dari penanganan virus Ebola.
      Dr. Anthony Fauci, Direktur US National Institute of Allergy and Infectious Diseases mengatakan, AS memang perlu menggelontorkan banyak dana untuk persiapan menanggulangi virus Zika. Jika tak ada, bisa menggunakan dana yang dialokasikan untuk penelitian malaria, tuberkulosis, dan vaksin flu universal.
      "[Karena] saya tidak punya apa yang saya butuhkan sekarang," ia menjelaskan.

About Ngobas

Ngobas is All-in-One website that can be use by everyone for free to find friends and exchange information. The name Ngobas is derived from the abbreviation, which is Ngomong Bebas Originally Sedap, meaning that it is appropriate to speak according to the ethics of socializing.

CEO’s Greeting

I realize that information and communication are the main things in life. Ngobas is the right platform for that. We will always be connected wherever we are and that is the purpose Ngobas was built.

- Samuel Berrit Olam

×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy