Jump to content
c0d1ng

Drone Ambulance, Sebuah Drone Yang Bakal Selamatin Manusia

Recommended Posts

drone ambulance.jpg

Drone atau pesawat tak berawak fungsinya tampak telah melebih luas. Tak hanya berfungsi sebagai alat untuk mengangkut barang tetapi juga bisa digunakan sebagai ambulance.

Drone ambulance telah dirancang yang secara dramatis bisa mengurangi waktu menunggu dan menyelematkan nyawa. Drone ini tak memerlukan pilot dan cukup kecil untuk mendarat di jalan, tak seperti helikopter ambulance besar.

Drone tersebut dirancang oleh Argodesign, perusahaan berbasis di Austin, Texas. "Jelas, itu bukan konsep menyeluruh diperiksa, tapi saya pikir itu sangat menarik di mana drone mungkin muncul. Akan menyenangkan untuk melihat mereka menggunakan cara ini, dibandingkan fungsi militer lain atau fotografi," kata pendiri perusahaan Mark Rolston.

Pesawat tak berawak dimodelkan pada quadcopter standar, dan didorong oleh GPS, pilot, atau kombinasi dari keduanya. Drone ini bisa secara cepat dikirim ke keadaan darurat, di mana ia akan mengirimkan teknisi medis darurat (EMT) untuk memberikan bantuan, sebelum menerbangkan pasien ke rumah sakit.

Pada ukuran mobil kompak, itu bisa mendarat hampir di mana saja, bahkan dalam lalu lintas sibuk, tidak seperti helikopter yang lebih besar. Idenya lahir ketika tim Argodesign brainstorming sekitar bagaimana perawatan kesehatan bisa menjadi lebih mudah diakses.

Pertama, para desainer berpikir tentang bagaimana membuat ambulance mengumudi sendiri, yang memicu mereka untuk memikirkan drone ambulance. Sekarang ini, drone baru sebuah konsep, dan desainer belum membangun sebuah model.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By VOAIndonesia
      Drone digunakan sebagai senjata baru dalam perang melawan Malaria di pulau Zanzibar. Di desa Cheju khususnya, drone menyebarkan cairan silikon ke genangan air yang luas di sawah-sawah dimana nyamuk pembawa malaria bertelur.
      Drone di Zanzibar digunakan untuk menyebarkan cairan silikon ke genangan air. Cairan itu kemudian membentuk lapisan tipis yang akan mencegah telur nyamuk menetas.
      Dr. Bart Knols, seorang pakar entomologi medis dan pemimpin utama riset dalam Program Eliminasi Malaria Zanzibar, mengatakan metode ini akan mengurangi secara signifikan jumlah nyamuk pembawa malaria di kawasan itu.
      "Lapisan ini akan bertahan selama tiga sampai empat minggu, kemudian akan hancur sendirinya. Lalu, setelah sebulan, pasang lapisan baru di permukaan air supaya bisa mengendalikan nyamuk-nyamuk," kata Bart Knols.
      Tanpa lapisan gel itu, larva akan menjadi nyamuk dewasa penghisap darah. Ketika nyamuk itu menggigit manusia yang terinfeksi malaria, nyamuk menjadi vektor atau pembawa penyakit dan menularkannya ke orang lain.
      Abdula Ally dari Program Eliminasi Malaria Zanzibar mengatakan di Afrika Timur, Zanzibar dan Tanzania telah lama berjuang melawan malaria. Penggunaan drone adalah cara terbaik untuk mengatasi masalah itu.
      "Dengan intervensi manual, kami tidak bisa menangani wilayah yang luas, tapi dengan drone berbeda," kata Abdula Ally.
      Para pejabat mengatakan penyemprotan dengan drone merupakan cara yang terjangkau untuk mencegah nyamuk bereproduksi.
      "Drone bisa terbang dengan kecepatan yang bisa disesuaikan, satu hektar dengan 10 liter cairan bisa disebar dalam tiga menit; kami mengkalkulasi bahwa dalam sejam kami bisa menyemprot delapan hektar," kata Guido Welter, dari Drone untuk Proyek Malaria. Itu setara dengan ukuran delapan lapangan rugby.
      Manajer produk bagi drone DJI Agras, Eduardo Rodriguez, mengatakan drone bisa dioperasikan secara manual, dan bisa juga secara otomatis.
      "Drone bisa diterbangkan secara otonom dengan memasukkan koordinat GPS wilayah yang perlu disemprot," kata Eduardo Rodriguez.
      Menurut Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO), Aquatain AMF, produk yang disemprotkan tersebut aman dan efektif apabila digunakan sesuai petunjuk yang tertera di label.
    • Guest News
      By Guest News
      Pesawat tanpa awak (drone) telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari di banyak wilayah dunia. Dengan semakin banyaknya drone yang terbang, kemungkinan tabrakan antar drone atau dengan pesawat terbang lain menjadi masalah serius, karena itu para ilmuwan mencoba mencari solusinya.
       
    • Guest News
      By Guest News
      The Obama administration says up to 116 civilians have been killed in U.S. drone strikes during counterterrorism operations in Libya, Yemen, Somalia and Pakistan. The White House revealed details about the once-secret program Friday, and a plan officials say will make such operations more transparent. VOA White House correspondent Mary Alice Salinas has more.
       
    • Guest News
      By Guest News
      Pemerintahan Obama akan mempublikasikan data-data terkait jumlah korban serangan drone, yang digunakan dalam program kontra teror AS. Upaya ini untuk menjawab kritik yang meminta agar pemerintahan Obama bersikap lebih transparan terkait program yang dinilai banyak pihak melanggar HAM ini.
       
    • Guest News
      By Guest News
      UPS dan produsen drone Zipline, bekerjasama mengantar vaksin dan kebutuhan medis ke tempat-tempat terpencil di Rwanda. Data jam terbang dan sistem ini akan digunakan lembaga pengaturan penerbangan AS dalam menentukan pemberian izin penggunaan drone untuk layanan antar barang di Amerika.
       
×
×
  • Create New...