Jump to content
  • Kemerdekaan indonesia 74
  • Kemerdekaan indonesia 74
  • Kemerdekaan indonesia 74
kacau

Dunia Makin Terancam Terorisme

Recommended Posts

teroris.jpg

Menjelang tahun baru 2017, dunia makin terancam terorisme. Kematian-kematian tragis para gembong teroris seperti Osama bin Laden, Azahari, Noordin M Top, Santoso, Imam Samudera ternyata tidak menyurutkan kelompok-kelompok radikal Islam untuk menghentikan aksi terorismenya.

Bahkan belakangan ini, gerakan mereka makin intensif dan mengancam kemanusiaan. Di Indonesia, Rabu 21 Desember 2916, Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri (Densus 88) mengepung sebuah rumah kontrakan di Kampung Curug, Kelurahan Babakan, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan, Banten. 

Di dalam rumah itu, terdapat tiga teroris yang sudah mempersiapkan bom. Dan polisi kemudian menembak mati ketiganya karena mereka melawan dan melemparkan bom ke arah petugas. Di hari yang sama, polisi juga menangkap tiga terduga teroris di tiga tempat berbeda.

Di Kota Payakumbuh Sumbar, Densus 88 menangkap Hamzah yang telah menyiapkan bahan peledak. Lalu di Kabupaten Deli Serdang, Sumut, polisi menangkap Syafii, yang telah lama dipantau gerak-geriknya. Ketiga, di Batam, Densus menangkap Abisya, juga teroris yang lama diamati polisi. 

Menurut polisi, para teroris yang tewas dan ditangkap Rabu itu adalah anggota Jamaah Ansharud Daulah (JAD), organisasi sayap ISIS di Indonesia pimpinan Bahrun Naim, warga Solo, yang kini bermukim di Suriah. Sebelum tertangkap, mereka berencana akan menusuk polisi di hari pesta akhir tahun, kemudian ketika orang ramai menolong polisi, salah seorang di antara mereka akan meledakkan diri dengan bom.

Dengan demikian, di samping polisi, korbannya makin banyak. Bagi kelompok teroris, makin banyak korbannya makin baik karena niatnya untuk mendirikan negara sesuai keinginan mereka makin mulus. Para korban tersebut dianggap orang-orang yang akan merintangi niatnya. 

Apakah tewasnya tiga teroris di Jawa dan tertangkapnya tiga teroris lain di Sumatera di atas akan bisa menghentikan terorisme di Indonesia?

Fakta menunjukkan, aktivitas terorisme tampaknya tidakterganggu dengan penangkapan dan tewasnya mereka. Malah, mereka menyusun strategi baru lagi untuk melakukan aksi-aksi teror dengan modus baru. Di kawasan Eropa, kondisinya lebih parah lagi. Selasa 19 Desember 2016, seperti halnya di Indonesia, tiga teror melanda tiga negara dengan modusyang berbeda. Mungkin ini hanya kebetulan.

Tapi ketiganya menunjukkan kepada kita bahwa terorisme tidak pernah mati dan teroris tidak kekurangan akal untuk mengacaukan tatanan dunia yang tidak sesuai keinginannya. Teror pertama adalah pembunuhan Dubes Rusia untuk Turki, Andrei Karlov oleh seorang polisi Turki, Mevlut Mert Altintas. 

Altintas diduga merupakan anggota jaringan terorisme di Turki. Karlov ditembak mati dalam jarak sangat dekat dari belakang oleh Altintas, ketika memberikan sambutan dalam suatu acara pameran foto bertema ”Rusia dari Pandangan Orang-orang Turki” di Gedung Cagdas Senat Merkezi, Ankara.

Terbunuhnya Dubes Rusia ini menyentak para pemimpin internasional. Dunia cemas, kalau-kalau peristiwa tersebut akan memicu perang dunia seperti kasus terbunuhnya 

Pangeran Ferdinand, putra mahkota Kerajaan Austria oleh teroris Serbia, tahun 1914. Maklumlah, Turki dan Rusia selama ini hubungannya kurang akrab. Apalagi sebelum peristiwa penembakan Dubes Rusia ini, pada November 2015, Turki menembak jatuh pesawat tempur Su-24 Rusia yang dianggap melanggar kedaulatan udara Turki.

Alhamdulillah, kedua pemimpin negara tersebut, Erdogan (PM Turki) dan Putin (Presiden Rusia) menyadari bahwa kasus penembakan Dubes Karlov itu ”didalangi” pihak ketiga yang ingin merusak hubungan Rusia-Turki yang baru saja pulih setelah kunjungan Erdogan ke Rusia, Agustus 2016 lalu. 

Teror kedua, serangan atau teror dengan menggunakan truk besar yang ditabrakkan ke kumpulan massa di sebuah pasar Natal, di Berlin, yang menewaskan 12 dan melukai lebih 50 orang. Serangan ini mirip teror di Kota Nice, Prancis, Juli lalu.

Pengemudi diyakini sengaja menabrakkan truknya untuk membunuh orang sebanyak mungkin. Sopir truk itu diduga adalah Anis Amri, pengungsi dari Tunisia yang tidak diterima untuk menetap di Jerman. 

Surat kabar Jerman Die Welt melaporkan, pelaku diperkirakan datang ke Jerman pada 16 Februari 2016. Teror dan kekerasan ketiga terjadi di sebuah musala di Zurich, Swiss. Kali ini, seorang pria membabi buta menembak kaum muslim yang sedang salat. Kepolisian Zurich, masih mengumpulkan bukti-bukti. Belum dapat disimpulkan motif penembakan yang melukai tiga orang jamaah itu.

Meski tidak ada hubungan ketiga aksi teror tersebut, benang merah radikalisme dan terorisme semakin mencemaskan dunia. Perbedaan ideologi dan aliran keagamaan yang mestinya menjadi ”alat untuk saling mengenal dan menghargai pihak lain” justru menjadi alat teror dan kebencian. 

Padahal, jika dikaji secara mendalam, jangankan aksi teror yang menewaskan banyak orang atau merusak kehidupan, menyakiti orang lain saja dilarang oleh agama manapun. Karena itu semua tokoh agama, baik di Indonesia maupun belahan bumi lainnya, harus bersama-sama membina umat dan mengembalikan kehidupan agama sesuai tujuan yang dikehendaki Allah.

Yaitu, agama diturunkan ke bumi untuk kemaslahatan manusia. Dalam bahasa Islam, agama diturunkan untuk memperbaiki akhlak manusia. Aksi terorisme tampaknya sulit dihentikan jika ketimpangan di berbagai lini kehidupan masih terus terjadi. 

Sangat mungkin aksi-aksi itu dipicu oleh rasa tidak puas pada ketimpangan dan ketidakadilan di sekitar mereka, lalu ketidakpuasan itu diekspresikan melalui ”keyakinan agama mereka yang ekstrem”. Namun demikian, karena basis tindakan terorisme ini umumnya dari ajaran agama, maka peran kaum agamawan tetaplah sangat urgen, di samping, tentu saja peran aparat keamanan menjadi sangat penting.

Mereka harus mampu mengendus setiap gerakan yang berpotensi mengancam keamanan masyarakat, baik dilihat dari aspek ideologis maupun aspek keamanan. Noor Huda Ismail, seorang pengamat terorisme, dalam penelitiannya menemukan bahwa para teroris itu umumnya adalah orang-orang yang hidup dalam keretakan rumah tangga; hidup dalam kemiskinan yang kronis; dan berada dalam asuhan yang salah. 

Intinya, kata Ismail, terorisme hanya tumbuh di masyarakat yang hidup dalam ketidakbahagiaan. Itulah sebabnya, Ismail, mencoba mencari solusi dengan mendirikan ”warung makan dan bistik” di Solo dan Semarang.

Melalui Yayasan Prasasti Perdamaiannya, Ismail menjelaskan, para teroris dan calon teroris harus diajari bagaimana memberikan ”servis” kepada para tamu restorannya. Menyervis tamu resto adalah strategi pemasaran yang mengutamakan keramahan dan kepuasan pengunjung. 

Dari resto bistik inilah, kata Ismail, para mantan teroris belajar bersikap ramah dan memperhatikan keinginan orang lain. Dari metode ini, sedikit demi sedikit karakter radikal dan ekstrem seseorang akan terkikis. Apa yang dirintis Ismail, menurut kami ada benarnya.

Apalagi bila dipadukan dengan ajaran-ajaran agama, khususnya yang berkaitan keharusan manusia untuk saling menghargai orang lain. Nabi Muhammad bersabda, sebaik-baik manusia adalah manusia yang paling banyak manfaatnya untuk kehidupan orang lain. Terkait dengan persoalan di atas, ketika dunia kini cemas melihat perkembangan terorisme, mungkin perlu ada solusi alternatif.

Yaitu, bagaimana dunia melalui PBB, kembali menata keadilan baik secara ekonomi maupun sosial, agar kekayaan dunia terdistribusi dengan adil dan merata. Dunia membutuhkan keadilan yang komprehensif sehingga dirasakan oleh seluruh umat manusia. Jika itu terjadi, niscaya terorisme akan berhenti dengan sendirinya. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By dugelo
      Kisah tentang mafia yang banyak diangkat oleh industri film Amerika Serikat, Hollywood, membuat kita antara percaya tidak percaya dengan adanya mafia. Meski terdengar layaknya dongeng, jaringan mafiaadalah kenyataan yang benar-benar ada, meskipun mafia di dunia nyata tentu berbeda dengan mafia dalam film-film. Dalam realitanya, mafia yang ada di dunia lebih berfokus pada aksi kriminal yang mendatangkan uang, seperti perdagangan narkoba, perdagangan manusia, ataupun korupsi dan pencucian uang. Tidak seperti yang digambarkan dalam film-film dimana mafia berfokus pada kekerasan semata. Uang menjadi motif besar dibalik kekerasan yang dilakukan oleh organisasi kriminal berbahaya ini.
      Ternyata, organisasi kriminal pun ada di hampir setiap negara, mulai dari Amerika Serikat hingga Kenya. Penasaran dengan organisasi mafia yang ada di dunia? Berikut 7 organisasi mafia paling berbahaya yang berhasil Yukepo temukan! Yuk, kepo!
      1. Yakuza, Jepang

      Kita pasti pernah mendengar mengenai Yakuza, nama lain dari sebuah organisasi kriminal di Jepang. Yakuza tidak hanya dikenal dengan aksi kriminalnya, namun juga dengan seni tatonya yang indah. Selain itu, Yakuza di Jepang juga memiliki keunikan tersendiri. Semua anggota Yakuza ujung jari kelingkingnya telah dipotong sebagai tanda kesetiaan terhadap bos mereka.
      2. 18th Street Gang, Amerika Serikat

      Organisasi kriminal ini disebut juga dengan “The Children’s Army” karena organisasi ini kerap merekrut anak-anak sebagai anggotanya. 18th Street Gang atau yang juga sering disebut M-18, memiliki basis di Los Angeles, Amerika Serikat. Organisasi ini terlibat dalam kartel narkoba Meksiko dan juga beberapa jaringan kriminal di Amerika Latin.
      3. Russian Mafia, Rusia

      Tidak banyak yang diketahui mengenai mafia Rusia. Namun kabarnya, organisasi kriminal dari Rusia sangat mengerikan. Selain melakukan berbagai bisnis ilegal seperti perdagangan organ manusia, atau jasa pembunuh bayaran, organisasi ini juga kabarnya kerap menggunakan metode kekerasan demi melancarkan bisnis ilegal mereka.
      4. Mungiki, Kenya

      Organisasi kriminal di Kenya ini merupakan organisasi yang paling ditakuti di negaranya. Mungiki kerap melakukan pemerasan kepada masyarakat Kenya yang berada di pinggiran dan menguasai industri taksi di Kenya. Mereka terkenal dengan aksi kekerasannya yang brutal terhadap siapapun yang menghalangi jalannya organisasi kriminal mereka.
      5. Rizzuto Family, Kanada

      Keluarga ini adalah keluarga yang mengatur sindikat kriminal terbesar di Montreal, Kanada. Selain terkenal dengan metode kekerasan yang digunakan oleh keluarga Rizzuto untuk memperlancar bisnisnya, keluarga ini juga memiliki mayoritas perusahaan kontraktor di Montreal.
      6. Mara Salvatrucha, Amerika Serikat

      Mara Salvatrucha, atau yang disingkat dengan MS-13 adalah saingan terbesar dari organisasi 18th Street Gang di Amerika Serikat. Organisasi ini terlibat dalam kartel narkoba Sinaloa dan terkenal dengan kekerasannya. Anggota MS-13 dapat diidentifikasi melalui berbagai tato pada tubuh dan wajah anggotanya dan gerakan tangan rahasia yang menjadi ciri khas organisasi kriminal ini.
      7. Albanian Mob, Albania

      Seperti dalam film Godfather, organisasi kriminal dari Albania ini merupakan organisasi yang berbasis keluarga. Organisasi ini berfokus pada perdagangan ilegal narkoba. Bahkan seorang pemimpin organisasi kriminal ini teridentifikasi sebagai bandar narkoba terbesar di Eropa.
      Organisasi kriminal memang fenomena yang nyata adanya, meski sulit untuk dirasakan kehadirannya karena mereka beroperasi di balik bayang-bayang. Hmm, kira-kira seperti apa ya organisasi mafia yang ada di Indonesia? Ada yang tahu?
    • Guest news
      By Guest news
      Direktur Institute for Policy Analyst of Conflict (IPAC) Sidney Jones mengatakan sistim perekrutan anggota dari kelompok Jamaah Anshorut Daulah (JAD) tidak seketat Jamaah Islamiyah (JI).
       
    • By Jennifer_Wirayang
      Bagi seluruh umat Kristiani di dunia ini, menyambut hari Natal itu salah satu moment paling bahagia bagi mereka . Bahkan tak heran pula jika mereka seringkali menyiapkan sesuatu hal yang luarbiasa untuk perayaan Natal. Mulai dari perayaan Natal yang terbilang mewah hingga perayaan natal yang aneh unik dan menarik.
      Dan kali ini ada sejumlah perayaan Natal paling Aneh di dunia yang hanya ada di negara – negara tertentu. Seperti apa perayaan Natal paling aneh yang ada di dunia tersebut ? Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia 5 perayaan Natal paling aneh yang ada di dunia.
      1. Makan burung yang sudah berjamur, Greenland
      Perayaan Natal paling aneh yang ada di dunia yakni dilakukan di Greenland. Di sana ada sebuah tradisi parayaan natal paling aneh yakni dengan makan burung yang sudah diawetkan atau Kiviak selama musim dingin. Burung yang dimakan secara beramai – ramai ini dinyatakan sudah mati yang sudah disimpan selama 7 bulan terakhir sehingga saat perayaan natal tiba burung tersebut sudah siap untuk disantap. di segel bangkai selama tujuh bulan sebelumnya.
      2. Malam penuh lobak, Meksiko
      Perayaan Natal paling aneh yang ada di dunia yakni juga ada di negara Meksiko yang terkenal dengan ciri khas malam penuh lobak.. Di Meksiko tanaman lobak memang banyak di jumpai bahkan mudah ditemukan. Uniknya, lobak yang sudah menjadi ciri khas negara Meksiko itu pun terlihat begitu menarik saat malam Natal. Sebab , warga disana memilih menjadikan lobak sebagai hiasan natal mereka dengan diukir menjadi karakter-karakter yang terkenal dari kisah Natal.
      3. Sinterklas dan senjata api, AS
      Sinterklas memang menjadi simbol perayaan Natal di seluruh penjuru dunia. Namun di negara Arizona, AS. The Scottsdale Gun Club ini punya cara yang lebih unik untuk merayakan natal bersama Sinterklas yakni dengan menyelenggarakan acara Santa and Machine Guns di hari Natal. Disitu kamu bisa melihat foto Sinterklas memegang senjata api yang pastinya berbeda dengan Sinterklas di negara lain.
      4. Didatangi Krampus jika nakal, Jerman
      Tradisi perayaan Natal paling unik yakni ada di negara Jerman , disana para umat kristiani akan didatangi  paraKrampus jika selama perayaan Natal mereka melakukan perbuatan nakal. Bahkan Krampus tersebut akan menghukum anak-anak yang tidak berperilaku baik selama setahun dengan cara memukul anak-anak tersebut dengan ranting pohon atau rantai .
      5. Legenda laba-laba Natal, Ukraina
      Perayaan Natal paling aneh yang terakhir ada di negara Ukraina . Disana pohon – pohon Natal bukan di hias dengan pernak – pernik mewah , melainkan dengan laba-laba dan ini dilakukan bagi masyarakat miskin jika mereka tidak mampu membeli perlengkapan dekorasi Natal.
      Nah, itulah dia perayaan Natal paling Aneh yang ada di dunia.
    • By berita_semua
      Wanita cantik ini beberapa waktu lalu sempat viral di media sosial.
      Namanya menjadi populer tatkala teman Facebooknya, Niquie Delgado, mengunggah foto Krestle Deomampo saat sedang membedah 'burung' anak kecil.
      Ternyata foto aksi wanita yang tinggal di Davao, Manila, Filipina ini mendapatkan respons mengejutkan dari netizen.
      Menurut keterangan foto, total sudah lebih dari 28 'burung' anak kecil yang sudah ia tangani.
      Sedangkan banyak pula netizen dewasa yang berseloroh ingin disunat oleh wanita cantik ini.
      Potret cantiknya saat mengoperasi bedah ini pun menjadi perbincangan hangat masyarakat luas, bahkan hingga luar Filipina.
      Maka banyak yang menyebut wanita ini sebagai tukang sunat tercantik di dunia.
      Sudah beberapa bulan berlalu, rupanya penampilan Krestle Demoampo sekarang makin cantik.
      Dia juga punya banyak penggemar dari Indonesia.
      Terbukti dari postingan-postingannya di akun Instagram, @krestledeomampo, banyak dikomentari oleh netizen Indonesia.
      Bahkan di kolom komentarnya juga dikirimi tulisan 'Om Telolet Om' oleh pengguna Instagram dari Tanah Air.
      Tak cuma itu, ia juga kerap mengunggah foto-foto seksinya saat berlibur di Instagramnya.
      Simak penampilan Krestle Deomampo sekarang yang semakin cantik dan seksi, dalam video di atas.
    • By Clement
      Berikut Hasil Liga Champions pekan ke 5 selengkapnya:
      (23/11) 00.00 CSKA Moskwa vs Bayer Leverkusen FT: 1-1
      (23/11) 02.45 Leicester City vs Club Brugge FT: 2-1
      (23/11) 02.45 Borussia Dortmund vs Legia Warsaw FT: 8-4
      (23/11) 02.45 Dinamo Zagreb vs Lyon FT: 0-1
      (23/11) 02.45 Copenhagen vs Porto FT: 0-0
      (23/11) 02.45 Sevilla vs Juventus FT: 1-3
      (23/11) 02.45 Monaco vs Tottenham Hotspur FT: 2-0
      (23/11) 02.45 Sporting CP vs Real Madrid FT: 1-2
      (24/11) 00.00 Rostov vs Bayern Munchen FT: 3-2
      (24/11) 00.45 Besiktas vs Benfica FT: 3-3
      (24/11) 02.45 Celtic vs Barcelona FT: 0-2
      (24/11) 02.45 Ludogorets vs Basel FT: 0-0
      (24/11) 02.45 Atletico Madrid vs PSV Eindhoven FT: 2-0
      (24/11) 02.45 Napoli vs Dynamo Kyiv FT: 0-0
      (24/11) 02.45 Monchengladbach vs Manchester City FT: 1-1
      (24/11) 02.45 Arsenal vs PSG FT: 2-2
      Hasil CSKA Moskow vs Bayer Leverkusen – Hasil imbang menjadi hasil akhir antara CSKA Moskow yang menjamu Bayer Leverkusen, tak ada gol yang tercipta dalam laga ini.
      Hasil Leicester City vs Club Brugge – Leicester City berhasil megemas kemenangan saat menjamu klub Belgia, Club Brugge. Bertanding di King power Stadium, pertandingan ditutup dengan skor 2-1.
      Hasil Borussia Dortmund vs Legia Warsaw – Hujan gol terjadi dalam laga antara Dortmund melawan Legia. Total sebanyak 12 gol tercipta sepanjang pertandingan yang akhirnya dimenangkan oleh tuan rumah Dortmund!
      Hasil Dinamo Zagreb vs Olympique Lyon – Bermain dengan para pemain mudanya, tuan rumah Zagreb akhirnya harus mengakui keunggulan tamunya asal Prancis, Lyon dengan skor akhir 0-1.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy