Jump to content
BincangEdukasi

Tips Cara Mengatasi Hidung Mampet & Tersumbat

Recommended Posts

Hidung tersumbat seringkali membuat hidup jadi tidak nyaman dan terasa sangat menyiksa. Apalagi ketika saat akan tidur di malam hari, tidur jadi susah karena untuk bernafas melalui hidung sangat sulit sehingga hanya bisa bernafas melalui mulut. Akibatnya kalau tidur dengan bernafas melalui mulut adalah ngorok.

Hidung tersumbat bisa disebabkan karena alergi atau sedang menderita pilek, bila sudah begitu penderita sulit bernafas karna sinusnya terganggu. Sinus sendiri adalah rongga pada tulang disekitar hidung. Dalam rongga tadi menghasilkan lendir yang dialirkan ke hidung, bila ada gangguan pada rongga tersebut maka terjadi penumpukan lendir di rongga sinus. Akibatnya penderita akan sulit bernafas melalui hidung.

flu.jpg

Berikut ini adalah tips bagaimana cara mengatasi hidung mampet dan tersumbat secara alami:

1. Uap rempah

Selain minuman, Anda juga bisa membuat racikan rempah di air hangat untuk penguapan atau steam. Campur air hangat dengan ramuan rempah yang melegakan hidung seperti minyak eucalyptus, kunyit, dan jahe, di baskom. Dekatkan wajah sambil menutup area sekitar dengan handuk kering. Cara tradisional ini cukup diandalkan mengatasi hidung tersumbat.

2. Menghirup zat aromatik atau inhaler

Cara lain untuk mengusir hidung mampet adalah dengan menghirup uap zat aromatik seperti mentol atau kayu putih. Produk inhaler yang mengandung mentol, minyak peppermint, dan Cajeput eucalyptol, komponen dari kayu putih cukup mujarab. Cukup letakkan inhaler tepat di bawah hidung, kemudian dihirup, maka uap dari inhaler akan melonggarkan sinus.

Produk aromatik lain dari bahan-bahan yang sama juga dapat membantu. Jika mengalami hidung mampet, isilah bak mandi dengan air panas, teteskan 4 – 5 tetes minyak aromatik, masuklah ke bak mandi, dan hirup uapnya.

3. Minyak dan suplemen kayu putih

Cara lain untuk mengatasi hidung mampet adalah menghirup obat batuk berbahan dasar kayu putih. Ketika obat ini dihirup, maka sinus akan terbuka. Produk suplemen berbahan dasar kayu putih juga efektif. Kapsul kecil yang mengandung ekstrak kayu putih dapat membersihkan hidung tersumbat. Produk ini baik untuk mengatasi gangguan sinus yang lebih parah.

4. Menthol
Peppermint mengandung mentol, dan ketika minum teh peppermint, mentol dalam teh akan menyebar sampai ke dalam sinus dan membantu untuk melebarkan sinus. Peppermint tidak sekuat kayu putih, tetapi seringkali bekerja dengan baik.

5. Bawang

Di pasaran, memang ada alat hirup khusus hidung tersumbat yang merupakan aroma balsam. Tak perlu mengeluarkan uang membelinya, alat ini bisa diganti dengan herbal alami. Cukup iris bawang lalu menciumnya di dekat hidung selama sekitar lima menit. Aroma bawang akan bertindak sebagai katalis untuk mengencerkan lendir.

6. Minuman panas

Buat secangkir teh atau kopi panas. Sebelum meminumnya, dekatkan cangkir ke arah hidung, dan hirup uapnya. Cara ini cukup efektif mengencerkan lendir penyumbat rongga hidung, tanpa memunculkan risiko iritasi.

7. Bantal tinggi

Saat hidung tersumbat, coba tidur dengan posisi kepala lebih tinggi daripada dada. Kalau perlu gunakan dua bantal. Usahakan posisi tengadah, jangan miring. Posisi ini akan mengurangi pembentukan lendir.

8. Makanan pedas

Mengonsumsi makanan pedas saat hidung tersumbat memang membantu. Kandungan capsaicin dalam sejumlah produk pedas seperti merica atau cabe membantu mengencerkan lendir dan membersihkan rongga hidung.

9. Hindari penyebab alergi

Zat penyebab alergi dari lingkungan seperti debu, ragi dan jamur juga dapat menyebabkan gangguan pada sinus. Penyaringan udara yang tidak memadai di kantor atau lingkungan yang tidak bersih dapat menyebabkan gangguan sinus yang tidak berhenti meskipun telah mencoba berbagai upaya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By BincangEdukasi
      Dingin dan kehujanan seringkali menjadi penyebab seseorang terserang flu yang berakibat hidung jadi mampet dan tersumbat. Namun demikian ada juga sebagain orang yang meski dalam musim dingin atau habis kehujanan dia tidak terkenan flu. Lalu apa sebenarnya penyebab seseorang jadi mudah atau rawan terkena flu?
      1. Kurang tidur
      Memiliki jam tidur lebih sedikit daripada yang dibutuhkan membuat tubuh lelah, kurang aktif dan tak kuat pada cuaca dingin.
      2. Melewatkan makan
      Bila tak mengasup makanan atau makan dalam jumlah tak mencukupi, tubuh akan menghemat energi dan menghasilkan panas lebih sedikit. Akibatnya, tubuh lebih mudah kedinginan.
      3. Penyakit Raynaud
      Penyakit ini membuat pembuluh darah dan arteri mengecil sehingga pasokan darah ke kulit terbatas. Akibatnya kulit mengerut dan lebih berisiko kedinginan.
      4. Anemia
      Sebuah tes darah sederhana dapat mendeteksi jika Anda mengalami anemia. Pada wanita, tingkat estrogen yang berfluktuasi memicu anemia, teruatama saat menstruasi. Inilah yang membuat seseorang lebih sensitif terhadap suhu dingin.
      5. Berat badan rendah
      Rasa dingin yang diderita bisa terkait massa otot dan lemak tubuh. Otot menghasilkan panas dan lemak berperan sebagai insulator yang menjaga tubuh tetap hangat. Mereka yang kekurangan massa tubuh dan lemak lebih cenderung kedinginan.
    • Guest Metrotvnews
      By Guest Metrotvnews
      Metrotvnews.com, Jakarta: Influenza merupakan penyakit yang sering menyerang saat musim hujan atau pancaroba. Siapa saja bisa terserang flu. Namun, ada beberapa orang yang lebih mudah terserang.
      Dikuitip dari situs World Health Organization (WHO), kelompok orang yang dimaksud umumnya yang memiliki kekebalan rendah seperti ibu hamil, anak-anak berusia 6-59 bulan, orang tua, orang-orang dengan kondisi medis kronis tertentu seperti HIV/AIDS, asma, penyakit hati kronik, atau penyakit paru-paru dan Kesehatan pekerja.
      Influenza musiman menyebar dengan mudah, dengan cepat bertransmisi di tempat-tempat seperti sekolah dan panti jompo. Ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, uap yang mengandung virus tersebar ke udara dan menyebar ke orang-orang di dekatnya yang menghirup.
      Virus ini juga dapat menyebar melalui tangan-tangan yang terkontaminasi dengan virus influenza. Jika sudah terinfeksi, penderita akan mengalami demam, batuk, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, hingga hidung tersumbat.
      Kebanyakan orang pulih dari demam dan gejala lain dalam seminggu tanpa memerlukan perhatian medis.
      Mencuci tangan dengan sabun dan memakai masker adalah cara paling mudah dan tepat untuk menghindari flu.
      www.metrotvnews.com
    • By qbonk
      Mumpung otak gw lagi gatel pingin posting sebuah tulisan langsng aja gw ketik-ketik. Keburu rasa malas datang lagi menghampiri. Hehe…
      Guys dalam hidup kalian, pernah kah sakit flu. Pasti pernah… Hehehe… Karena kayaknya flu ini adalah semacam penyakit yang wajib pernah dirasakan oleh manusia. Ya Alhamdulillah Tuhan menciptakan flu ini penyakit yg tidak super killer, masih ada obat nya kok…
      Di sini gw coba share aja pengalaman gw menanggulangi Flu, its work for me….. Secara gw bukan dokter, jadi gak akan dibahas ke arah yang terlalu science. Walopun sbnrnya gw tahu juga flu itu dari sudut pandang science itu seperti apa, hahaha.. Mulai sotoy…
      Menurut gw Flu ada dua..
      Flu beraaaaat…. Flu ringan…. FLU BERAT gejala awalnya adalah demam, pusing, badan pegel-pegel. Kemudian keesokan harinya akan bertambah dengan hidung panas, mata pedes, dan tenggorokam sakit. Lalu di hari ketiga mulai hdung meler dengan ingus yg bening, meler-meler deh tuh hidung gak bisa ditahan plus hidungnya kerasa panas. Wedeeew. Trus hari keempat batuk-batuk melanda, bertambah deh penderitaan. Kondisi ini akan berlangsung 4-5 hari sampai kemudian ditandai demam, pusing, dan pegel2 ilang, hanya saja hidung masih meler dgn ingus yg lenih kental dan batuk-batuk mulai mengeluarkan dahak. 3 hari kemudian semua gejala flu menghilang secara berangsur-angsur. Yaaa klo ditotal kurang lebih 10-14 hari gejala flu akan dirasakan oleh tubuh.
      Dapat dibayangkan selama 10-14 hari tubuh akan tersiksa, belum lagi disiksa dengan segala beban pekerjaan di kantor… Hahahaha…. What the Hell…..
      FLU RINGAN, gejala awalnya hampir sama dengan flu berat yaitu demam dan pusing plus pegel2. Bedanya yaitu gak pake hidung panas dan mata pedes. Dan dalam 2 hari ingus sudah meler dengan kondisi kental. Batuk2 hanya dikit dan pusing udah gak kerasa di hari ketiga. Dalam 7 hari flu sudah bisa sembuh.
      Knp gw membuat dua klasifikasi jenis flu di atas, yaitu karena merefer pada respon tubuh gw. Saat Flu berat, tubuh gw bener-bener KO (read:keok) habis. Badan lemes dan tidur malam gak nyenyak. Ujung-ujungnya gak masuk kantor karena pusing kepala gak bisa dipake buat mikir. Mau ngapa2in udah gak enak. Yang ada pingin tidur, tp tidur jg susah. Hahaha… Sedangkan saat flu ringan gw masih bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan normal, yaa sedikit terganggu but its Okay….
      Back to the subject, gmn siy tips untuk mengatasi kedua jenis flu di atas. Berdasarkan pengalaman gw, yg gw lakukan adalah gw mengkonsumsi susu bear brand dan vitamin UC1000 (yg botol kaca kecil) secara simultan, maksudnya simultan yaitu habis minum susu bear brand 5 detik kemudian langsng minum UC1000 (Sorry gw sebut merk/brand bukan bermaksud untuk mengiklan). Btw dengan catatan makan nasi tetap dilakukan ya guys, plus banyak minum air putih.
      Kenapa gw mengkonsumsi itu, filosofi dan logika simple aja siy. Saat sakit tubuh gw butuh asupan gizi yg lengkap (bisa gw dapet dari susu bear brand) dan tubuh gw butuh vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh (bisa gw dpt dr UC1000). Mngkn dua item itu belum tentu cocok ama orang lain, tapi its work for me…
      Kapan gw mulai minumsusu bear brand plus UC1000….? yaitu di hari kedua setelah merasakn gejala flu. Semakin cepat minum semakin bagus, mumpung virus flu nya belum ganas, hehe.. Trus Gw minum lagi keesokan hari nya (setelah 24 jam). DanGw minum terus sampai badan kerasa enakan, kurang lebih 4-5 hari.
      Yg gw rasakn stlh meminum susu bear brand dan UC1000 adalah flu jadi cepet sembuh. Ibaratnya yg gejala awalnya adalah terasa akan Flu Berat, begitu mengkonsumsi susu bear brand dan UC1000 yg dirasakn tubuh adalah Flu Ringan. Sehingga aktivitas sehari-hari msh bisa dijalankan dengan baik.
      Demikian sedikit share dari gw, semoga bermanfaat buat para reader.
    • By carl

      Make up adalah hal esensial dalam kehidupan kaum hawa. Coba saja periksa tas para wanita, setidaknya ada satu kantong yang diisi pernak-pernik kecantikan dari bedak, lipstik hingga maskara.
      Tapi, tahukah Anda, kosmetik yang dibawa kemana-mana setiap hari dalam tas, juga bisa menyebabkan flu dan alergi.
      Faktanya, kosmetik yang Anda gunakan sehari-hari mengandung jutaan kuman. Dan, di musim hujan seperti sekarang ini, bisa dipastikan kuman semakin banyak bertambah karena iklim yang lembab, membuat jamur dan kuman lebih cepat berkembang biak. 
      Lalu, bagaimana cara mencegah flu datang tanpa harus membuang semua kosmetik dalam tas? Melansir laman Huffington Post, penata rias selebriti Janis Marino punya tips khusus.
      Pertama, bersihkan kantong kosmetik Anda secara teratur. Faktanya, wanita kerap alpa membersihkan tempat make up mereka. Imbasnya, make up bertumpuk dalam tas hingga hitungan bulan, bahkan tahun. Hal itu tentu saja membuat kuman semakin banyak berkembang biak. 
      Membersihkan make up pun tidak bisa sembarangan, Marino menyarankan Anda untuk menyemprot kantong kosmetik dengan cairan alkohol setelah dibersihkan. Anda juga harus menyeka kuas kosmetik dengan tisu antibakteri sebelum digunakan. Selain itu, sebelum menggunakan kosmetik, ada baiknya menyeka tangan dengan gel pembersih tangan atau hand sanitizer.
      Saran lain yang dianjurkan Marino adalah mengganti tempat penyimpanan kosmetik dengan yang berbahan plastik ketimbang kain atau kanvas. Alasannya plastik lebih mudah dibersihkan dengan tisu antibakteri, sementara kantong kain lebih mudah menyimpan kuman dan harus dicuci bersih sebelum digunakan kembali.
      Terakhir, Marino menyarankan untuk mengurangi intensitas pertukaran kosmetik karena hal itu bisa menyebarkan kuman. Dia juga menekankan pentingnya penggunaan kuas yang terpisah. 
      Dengan kata lain, kuas lipstik hanya untuk bibir, begitu juga dengan kuas mata. 
      "Maskara adalah tempat kuman paling banyak bersarang. Selalu ganti kuas maskara setiap tiga bulan," kata Marino.
    • By MariaAngeline
      Saat mengalami sakit yang mungkin dirasa ringan, kebanyak orang akan mengabaikan rasa sakit tersebut. Mereka mungkin hanya akan meminum obat atau antibiotik untuk meringankannya dan tidak memeriksakan diri ke dokter. Mulai saat ini, jangan melakukannya lagi ya, karena gejala-gejala ringan seperti itu bisa jadi adalah tanda suatu penyakit yang tidak bisa dianggap remeh.

      Seorang gadis belia bernama Natasha Willard harus mengalami kelumpuhan dan kehilangan kemampuan bicara karena tidak segera menangani rasa sakit yang dialaminya. Natasha dan keluarganya menganggap bahwa ia hanya terkena flu. Namun lama-kelamaan, keadaan Natasha semakin memburuk.
      Setelah beberapa hari, gadis berusia 17 tahun ini tidak bisa menggerakkan tangan dan kakinya. Hingga yang paling parah, ia kehilangan kemampuannya berjalan dan berbicara. Kini keluarganya sedang mencoba untuk mengajarinya mengatakan beberapa hal, dan kata-kata yang bisa ia ucapkan hanya nama beberapa orang, kata sapaan, serta kata “yeah”.

      Mulanya, dokter tidak bisa memastikan penyakit apa yang diderita oleh Natasha. Namun setelah meneliti lebih lanjut, mereka mengatakan bahwa Natasaha terkena peradangan otak yang disebut encephalitis. Kini Natasha hanya bisa berbaring lemah di tempat tidurnya.
      Keluarganya kini sedang berusaha untuk mengumpulkan biaya untuk pengobatan gadis malang tersebut. Sebentar lagi adalah ulang tahun Natasha yang ke 18, mereka berharap saat itu Natasha sudah pulih dan bisa kembali lagi ke rumah.
×
×
  • Create New...