Jump to content

Founder Alibaba Kasih Beasiswa bagi Mini Jack Ma


safitri_bianka

Recommended Posts

jack ma.png

Seorang bocah laki-laki di China tampaknya memiliki wajah yang membuatnya beruntung. Pasalnya, bocah bernama Fan Xiaoqin (8) itu memiliki wajah mirip dengan miliuner China, Jack Ma.

Jack Ma merupakan pendiri Alibaba Group yang terkenal dengan bisnis online shop-nya di China.

Namun, keadaan bocah yang dipanggil “mini Jack Ma” ini kurang beruntung. Sebab ibunya mengidap penyakit polio, ayahnya kehilangan kaki, dan neneknya mengidap alzheimer. Akibat hal tersebut, biaya untuk pendidikan Xiaoqin agak tersendat.

Mini Jack Ma pertama kali terkenal pada 2015 ketika seorang warga desa mengunggah videonya. Para netizen langsung mengklaim ia memiliki wajah serupa dengan sang miliuner.

Namun pada tahun ini nama Xiaoqin kembali terkenal dan banyak netizen China yang meminta Jack Ma untuk membantu bocah itu mengingat keadaan keluarganya yang kurang mampu.

Bak gayung bersambut, Xiaoqin mendapat perhatian dari Jack Ma yang pada pekan lalu mengatakan bakal membiayai pendidikan bocah tersebut hingga lulus kuliah.

Link to comment
Share on other sites

  • 1 year later...

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By satpam
      Jack Dorsey, pada Senin malam waktu Indonesia (29/11/2021), mengumumkan mundur dari jabatan CEO Twitter. Ia akan digantikan oleh Parag Agrawal yang tadinya menjabat sebagai chief tecnology officer (CTO).
      Twitter mengatakan pengunduran diri Dorsey segera berlaku, tetapi ia masih duduk di dewan direksi perusahaan sampai pertemuan pemegang saham pada 2022 mendatang.
      "Saya telah memutuskan untuk meninggalkan Twitter karena saya yakin perusahaan ini sudah siap untuk meninggalkan para pendirinya. Saya sangat percaya pada Parag. Ini saatnya dia memimpin," kata Dorsey seperti dikutip dari The Guardian.
      Agrawal sendiri telah bekerja di Twitter selama 10 tahun. Ia menjabat sebagai CTO sejak 2017 lalu.
      Sementara dalam emailnya kepada para pegawai Twitter, Senin, Dorsey mengatakan setelah 16 tahun bersama perusahaan media sosial yang turut didirikannya itu, sekarang saatnya untuk pergi.
      "Banyak orang membahas soal pentingnya sebuah perusahaan dipimpin oleh pendirinya. Saya sendiri sangat yakin bahwa hal itu akan sangat mengekang dan merupakan penyebab kegagalan," tulis Dorsey.
      "Saya sudah bekerja keras untuk memastikan bahwa perusahaan ini bisa lepas dari para pendirinya," imbuh dia.
      Dorsey adalah satu dari empat orang yang mendirikan Twitter pada 2006. Ia adalah orang yang mengunggah cuitan pertama yang berbunyi, "Just setting up my twttr." Ia meninggalkan Twitter pada 2008, sebelum kembali ditunjuk sebagai CEO pada 2015 lalu.
      Ia mendirikan perusahaan pembayaran digital bernama Square pada 2009 dan sampai sekarang masih menjabat sebagai CEO di perusahaan tersebut.
      Dorsey adalah satu dari empat orang yang mendirikan Twitter pada 2006. Ia adalah orang yang mengunggah cuitan pertama yang berbunyi, "Just setting up my twttr." Ia meninggalkan Twitter pada 2008, sebelum kembali ditunjuk sebagai CEO pada 2015 lalu.
      Ia mendirikan perusahaan pembayaran digital bernama Square pada 2009 dan sampai sekarang masih menjabat sebagai CEO di perusahaan tersebut.
    • By VOAIndonesia
      Mustang Panda adalah sebuah kelompok peretas Tiongkok yang dicurigai berusaha menyusup ke dalam sistem komputer pemerintah Indonesia pada bulan lalu.
      Pelanggaran yang dilaporkan ini, yang telah dibantah oleh pihak Indonesia sendiri, sesuai dengan pola kampanye mata-mata di dunia maya yang baru-baru ini dilakukan oleh China.
      Seorang pakar mengatakan dalam satu tahun terakhir ini, serangan-serangan seperti ini semakin sering terjadi, dan dilakukan dengan tujuan untuk mencari data intelijen terkait isu sosial, ekonomi, dan politik dari negara-negara Asia dan negara-negara lain di seluruh dunia.
      “Ada pelonjakan,” kata Ben Read, direktur analisis mata-mata dunia maya di Mandiant, sebuah perusahaan keamanan dunia maya, dalam wawancara dengan VOA.
      "Operasi siber yang dilancarkan oleh China ini merupakan kampanye yang cukup luas dan tidak dibatasi sama sekali,” tambahnya.
      Selama bertahun-tahun China dianggap sebagai musuh utama Amerika Serikat dalam dunia dunia maya.
      Negara tersebut dianggap memiliki tim-tim yang terkoordinir baik di dalam maupun di luar pemerintahan yang dapat melakukan kampanye memata-matai di dunia maya yang “berskala besar dan tidak membeda-bedakan,” demikian kata Josephine Wolff, seorang profesor kebijakan keamanan siber di Tufts University.
      Peretasan pada tahun 2014-2015 terhadap Kantor Manajemen Personalia Pemerintah Federal OPM Amerika di mana catatan personil 22 juta pekerja federal terancam terganggu merupakan contoh dari “penggalian besar-besaran” yang dilakukan oleh China, kata Wolff.
      Setelah ada persetujuan keamanan dunia maya antara Presiden Obama dan Presiden Xi Jinping pada tahun 2015 lalu, menurut para pakar, serangan dari China telah berkurang, paling tidak terhadap dunia Barat. (jm/em)
    • By congek
      Wawancara kerja menjadi tahapan yang paling penting bagi perusahaan untuk mengevaluasi calon karyawan. Bagi pelamar, di proses wawancara kerja ini mereka harus menunjukkan yang terbaik agar lolos.
      CEO Amazon Andy Jassy membagikan tips untuk menaklukkan wawancara kerja. Siapa pun ingin membuat kesan baik dalam wawancara. Andy Jassy memiliki pengalaman mewawancarai ribuan pelamar mengatakan bahwa hal pertama yang harus dilakukan adalah menjadi diri sendiri.  
      Menurutnya, pelamar yang berpura-pura dalam wawancara kerja dan berhasil mendapatkan pekerjaan akan terus melanjutkan kebohongannya. Alhasil, rekan kerjanya tidak mengetahui sifat asli dirinya dan tidak menghargai tindakan tersebut.
      Jassy berkata, “Kamu tidak akan bahagia. Jadilah dirimu apa adanya dan lihat apakah ada yang cocok.”
      Hal kedua yang juga harus diperhatikan adalah sesegera mungkin menjawab pertanyaan dari pewawancara. Umumnya, dibandingkan menjawab pertanyaan secara langsung, pelamar suka menghabiskan 5-10 menit untuk pemanasan. Akhirnya, mereka tidak bisa menemukan jawaban yang tepat.
      Amazon Buka Lowongan Pekerjaan Secara Global
      Sebelumnya, Amazon berencana memperkerjakan 55 ribu orang secara global dengan berbagai posisi.
      Pria berusia 53 tahun itu mengatakan Amazon mencari orang-orang yang bersemangat melayani pelanggan. Mereka harus memikirkan pelanggan dan membangun pengalaman yang diinginkan.
      Lebih lanjut, perusahaan juga mencari orang yang mampu menciptakan sesuatu dan kreatif. Kedua hal tersebut tidak hanya dibuktikan dengan pencapaian di masa lalu, tetapi juga ditunjukkan dari cara mereka menjawab berbagai pertanyaan terbuka.
      “Kami menyukai orang-orang yang strategis dan bisa melihat sebuah gambaran yang besar, serta menyukai sesuatu yang detail,” jelas Jassy.
      Menjadi penting bagi pekerja untuk peduli dengan tujuan tim dan perusahaan. Artinya, mereka bisa menempatkan tujuan tersebut di atas tujuan pribadi.
      Jassy mengungkapkan bahwa gelar sarjana yang dimiliki pelamar bukan menjadi penentu kesuksesan dalam berkarier. Amazon menyambut semua orang dari berbagai latar belakang pendidikan untuk bergabung bersama perusahaan.
    • By peter_hutomo
      Berbagai raksasa streaming video Tiongkok menghapus seluruh arsip mereka terkait artis Vicky Zhao.
      Artis yang terkenal di tahun 1990-an karena drama Putri Huan Zhu ini dihapus jejaknya dari internet karena perintah dari National Radio and Television Administration (NRTA), regulator hiburan yang dikelola pemerintah Tiongkok.
      Mengutip Fortune, Kamis (2/9/2021), sejauh ini belum diketahui apa latar belakang penghapusan seluruh jejak Vicky Zhao dari internet.
      Kendati demikian, pihak berwenang terus melancarkan tindakan keras terhadap berbagai hal terkait dengan Vicky Zhao, mulai dari raksasa teknologi hingga fan club artis tersebut.
      Penghapusan seluruh konten film dan serial TV artis bernama asli Zhao Wei ini sudah dilakukan oleh platform streaming Tencent Video hingga iQiYi. Keduanya adalah platform streaming terbesar di Tiongkok.
      Tidak cuma itu, platform streaming juga menghapus konten yang di dalamnya terdapat nama Vicky Zhao sebagai sutradara atau produser. Situs jejaring sosial Weibo pun sama, ikut menghapus seluruh page tentang Vicky Zhao.
      Diduga Karena Dekat dengan Alibaba
      Menurut Global Times, NRTA idak memberitahu perusahaan streaming kenapa Vicky Zhao jadi sasaran penghapusan. Namun, kementerian hanya menginstruksikan platform untuk segera menghapus konten dan karya Vicky Zhao.
      Pengguna internet Tiongkok pun berspekulasi mengenai alasan pemerintah meminta jejak Vicky Zhao dihapus. Menurut mereka, sejarah transaksi bisnis kontroversial Vicky Zhao dan hubungan dekatnya dengan Alibaba jadi alasan.
      Punya Saham di Alibaba Pictures
      Sekadar informasi, Vicky Zhao menikah dengan investor asal Singapura Huang Youlong. Pada 2014, pasangan ini membeli saham Alibaba Pictures dengan nilai USD 400 juta. Keduanya jadi pemegang saham terbesar kedua perusahaan produksi ini.
      Namun pada 2017, regulator Tiongkok menjatuhkan larangan perdagangan saham selama lima tahun, setelah sekelompok investor menggugat Zhao dan suami, karena memberi informasi menyesatkan menjelang pengambilalihan perusahaan.
      Desas desus lain yang beredar menyebut, penangkapan Vicky Zhao terkait dengan kejatuhan Sekretaris Partai Hangzhou, Zhou Jianyong, yang ditahan karena tuduhan korupsi. Hangzhou adalah kantor pusat Alibaba.
      "Budaya selebritas Tiongkok memiliki hubungan yang sangat dekat dengan komunitas bisnis," kata Profesor Akademi Film Hong Kong Baptist, Kenny Ng.
      Artis Fan Bingbing juga Dihapus dari Internet

      Ia menyebut, seringkali terjadi banyak transaksi diam-diam antara selebritas, bisnis, dan pejabat pemerintah.
      Ini bukan pertama kalinya pemerintah Tiongkok menghapus jejak selebritas di sana. Sebelumnya pada 2018, Fan Bingbing, artis berbayaran paling mahal di Tiongkok juga menghilang dari publik.
      Juli 2018, laman media sosial Fan Bingbing menghilang. Para paparazzi juga tidak bisa menemukannya di mana pun. Sampai-sampai keluarga dan teman baiknya tidak bisa memberi informasi mengenai keberadaan artis yang bermain di beberapa film Hollywood itu.
      Rupanya, Fan muncul kembali pada Oktober 2018. Selama menghilang, ternyata dia ditahan sementara oleh pihak berwenang yang menyelidikinya karena penggelapan pajak.
    • By abas
      Saat ini mungkin kamu tengah kebingungan menghadapi permasalahan bisnis yang tak kunjung mendapat jalan keluar.
      Kamu tahu Jack Ma? Seorang pria asal Cina yang lahir tanggal 10 September 1964 ini mengalami banyak kesulitan saat memulai bisnis besarnya yaitu Alibaba Group. Jack Ma dijadikan simbol semangat dan motivasi bagi warga Tiongkok, bahkan masyarakat di seluruh dunia.
      Kesuksesan pada diri Jack Ma membawa segudang pelajaran bisnis yang sering kali dijadikan panutan bagi seluruh umat manusia di dunia ini.
      Mau sukses? Coba ikuti pelajaran bisnis ala milyarder Jack Ma berikut ini!
      Mencari Peluang Seluas-luasnya
      Gagal adalah mereka yang malas mencari peluang, padahal peluang itu ada di dekatnya bahkan sedekat urat nadi.
      Lihat ke segala penjuru, kumpulkan peluang tersebut menjadi satu, lalu pertimbangkan semua kemungkinannya. Cari di setiap sudut, setiap celah, untuk sebuah peluang potensial yang bisa kamu ambil.
      Manfaatkan Setiap Peluang yang Ada
      Sebesar apa pun peluang yang muncul di hadapan kamu, peganglah erat-erat dan manfaatkan sepenuh hati. Jangan mendiskriminasi, jangan pula meremehkan peluang yang kecil jika kamu menginginkan hasil yang besar.
      Mencari Pemahaman
      Berusahalah untuk memahami posisi Anda saat ini dan posisi yang Anda cita-citakan. Apa tepatnya yang Anda kerjakan? Mengapa? Apa yang diperlukan untuk membawa Anda ke tempat yang Anda inginkan?
      Bertindak Cepat
      Bukan, cepat di sini tidak harus seperti balapan motor liar di sirkuit. Melainkan, cepat untuk bangkit kembali dari kegagalan dan cepat menangkap peluang yang muncul secara tiba-tiba.
      Lihat Kemampuan Kamu
      Tidak peduli kondisi, situasi, di mana kamu dilahirkan, atau seberapa tinggi pendidikan yang kamu tempuh, kamu memiliki peluang untuk berhasil dalam bisnis yang kamu pilih. Sebab, semangat, kesabaran, dan kerja keraslah yang berperan penting bagi kesuksesan bisnis kamu.
      Salurkan Ambisi Kamu
      Bertindaklah visoner. Fokus pada tujuan kamu, bergeraklah ke satu arah dan jangan pernah melepaskan ambisi kamu. Namun, jangan sampai mengabaikan saran yang diberikan orang lain. Pada intinya, tetaplah berpikir cerdas.
      Beranilah!
      Ketika Jack Ma mendirikan perusahaannya, Alibaba Group. Ia mengawalinya dengan keberanian dalam mengejar ambisinya menjadi seorang pengusaha sukses. Hadapi segala hal yang menyerang kamu, jangan takut ya!
      Ambil Kesempatan di Masa Muda
      Kata Jack Ma, “jika kamu tidak kaya pada usia 35 tahun, maka kamu telah menyia-nyiakan kesempatan di masa muda kamu“.
      Nah, mulai sekarang, manfaatkan masa muda kamu sebaik mungkin dan jangan menyerah pada ambisi kamu.
      Satukan Tujuan Bersama Tim Kamu
      Tidak dapat dipungkiri, menyatukan anggota tim memang sulit dan jarang ada yang berhasil. Jack Ma memperkirakan, akan ada 30% orang yang tidak setuju dengan pendapat kamu.
      Oleh karena itu, satukan anggota tim kamu atas dasar ide, tujuan, dan misi yang mereka miliki. Manfaatkan kekuatan tim untuk membangun kesuksesan bisnis kamu.
      Jangan Menggantungkan Diri Kamu
      Cara menyatukan anggota tim, salah satunya yaitu dengan mengurangi adanya ketergantungan pada individu tertentu, termasuk pimpinan/bos. Sebab, siapa pun berhak menyalurkan ide dan berhak pula menjadi yang terbaik di antara yang lainnya.
      Rekrut Pegawai yang Lebih Ahli dari Kamu
      Jika ada seorang pimpinan/bos yang memiliki keahlian teknis lebih baik daripada pegawainya, maka mereka telah merekrut orang yang salah.
      Seorang pegawai harus menjadi ahli teknis. Kamu bisa berdayakan seluruh pegawai kamu untuk melakukan hal-hal teknis sesuai dengan kemampuan terbaik mereka.
      Pimpin dengan Visi, Keuletan dan Keberanian
      Seorang pemimpin harus visioner, mampu melihat peluang di saat yang lain tidak melihatnya.
      Seorang pemimpin juga harus ulet, mampu bertahan di saat yang lain tumbang. Lalu harus berani dan selalu bekerja keras melakukan sesuatu di saat yang lain tidak bisa melakukannya.
      Tekun dan Giat
      Tantangan akan terus ada, dari kamu mulai mendirikan sebuah bisnis sampai kamu sukses memiliki banyak karyawan.
      Untuk melewatinya, ingatlah visi dan tujuan yang telah kamu buat. Pertahankan di tempat yang semestinya. Tindakan kamu itu akan menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama, seperti Jack Ma yang telah menginspirasi banyak orang.
      Menjunjung Tinggi Sikap
      Sikap kamu menentukan personality kamu. Saat di masa-masa sulit, para pemimpin yang sukses akan tetap tenang dan percaya diri menjalankan visi misi mereka, serta fokus pada tujuan yang diinginkan.
      Mengambil Keputusan dengan Cerdas
      Pintar belum tentu cerdas.
      Pemimpin yang sukses harus cerdas dalam mengatasi segala hal, termasuk dalam membuat keputusan. Tidak asal menentukan, melainkan dengan cara mempertimbangkan segala sesuatunya dengan bijak sehingga tidak ada yang merasa dirugikan.
      Uang dan Kekuatan Politik Tidak Bisa Disejajarkan
      Antara uang dan kekuatan politik, keduanya saling mempengaruhi. Anggaplah salah satunya itu korek api, dan yang lainnya sumbu kompor. Jika disatukan, maka akan terjadi ledakan.
      Oleh karena itu, kalau kamu tertarik pada keduanya, kejarlah keduanya secara berurutan, bukan bersamaan.
      Ketangguhan Kamu Dapat Terlihat Setelah Kamu Alami Kesulitan
      Ketahanan atau ketangguhan seseorang hanya dapat dilihat setelah orang tersebut mengalami kesulitan. Di sana akan nampak, bagaimana kamu mengatasi masalah hingga akhirnya mampu bertahan di tengah kesulitan dan tantangan yang muncul tanpa prediksi.
      Jadilah Pekerja yang Rajin dan Ambisius
      Jack Ma memiliki formula sederhana untuk sukses, yang mungkin bisa menjadi acuan kamu berbisnis. Rajin, bekerja keras, dan jangan pernah melupakan ambisi kamu. Apa pun bentuk usaha kamu untuk sukses, prinsip tersebut berlaku.
      Bersaing dengan Sehat
      Jangan menganggap pesaing kamu sebagai musuh. Selalu hormati pesaing kamu dan lakukan penyerangan secara sehat, jangan lewat jalan brutal apalagi sampai masuk kategori kriminal.
      Lagipula, bersaing secara sehat dapat mengurangi tingkat depresi yang timbul dalam diri kamu saat tengah merencanakan ekspansi bisnis kamu sendiri.
      Tanggapi Seluruh Pesaing dengan Serius
      Pesaing bukan musuh, mereka hanya tantangan yang harus kamu lewati. Semua orang memiliki peluang untuk sukses ketika berada di dalam sebuah kompetisi.
      Kamu maupun pesaing-pesaing kamu berhak untuk sukses dengan cara masing-masing. Maka, jangan anggap remeh dan fokus saja pada rencana bisnis kamu ke depannya.
      Lihatlah Dirimu Sebagai Orang yang ‘Besar’
      Jika digambarkan dalam konferensi meja bundar, kamu dan pesaing-pesaing bisnis kamu akan berada di dalam satu meja bundar dan berlomba-lomba untuk meraih predikat terbaik.
      Jangan ciut! Lakukan apa yang ingin kamu lakukan tanpa termakan pengaruh dari pesaing-pesaing lain yang tengah memperhatikan kamu.
      Pemenang Tidak Akan Mengeluh
      Jangan banyak mengeluh apalagi merengek seperti anak bayi yang belum bisa apa-apa. Kebanyakan mengeluh merupakan pertanda kegagalan.
      Seorang pemenang tidak akan pernah mengeluh tentang hal-hal yang dialami. Proses naik dan turun itu ibarat roda yang terus berputar. Tergantung kamu, mau lama berada di atas atau lama berada di bawah?
      Pelanggan Adalah yang Pertama
      Sebagai pemimpin, kamu hanya mempunyai waktu dan energi. Pasrahkan kegiatan bisnis kamu pada mereka yang berpengaruh, seperti customer, pegawai, lalu pemegang saham.
      Posisikan pelanggan di urutan pertama. Selanjutnya ada pegawai, mereka yang membuat bisnis kamu berjalan dengan keahlian yang mereka miliki. Urutan ketiga adalah para pemegang saham (investor).
      Lupakan Tentang Uang
      Segalanya butuh uang, tapi uang bukan segalanya. Kamu tidak memulai bisnis kamu semata-mata karena uang, tapi karena keinginan untuk mengisi waktu luang atau memperbaiki gaya hidup. Bukan begitu?
      Kamu boleh menginginkannya, tapi kamu tidak boleh diperbudak olehnya. Fokus pada tujuan awal kamu, maka uang akan datang dengan sendirinya.
      Temukan Orang yang Tepat
      Ubah cara pandang kamu sekarang. Orang yang tepat belum tentu orang yang memiliki banyak keahlian super. Resume yang kamu lihat bagus itu, tidak bisa dijadikan patokan bahwa ia adalah ‘orang yang tepat’.
      Berhati-hatilah, di luar sana banyak sekali musang berbulu domba. Yuk, lebih selektif dalam memilih!
      ‘Gratis’ Adalah Kata yang Sangat Mahal
      Ketika kamu meluncurkan produk dengan embel-embel kata ‘gratis’, ingatlah bahwa itu tidak benar-benar gratis.
      Keuntungan yang kamu berikan kepada orang banyak itu berasal dari pengorbanan dan usaha, implementasi, serta ide-ide yang dibentuk dari sumber daya manusia yang kamu miliki. Oleh karena itu, pikirkan baik-baik sebelum kamu menjalankan promosi.
      Orang Pintar Menggunakan Otak untuk ‘Berbicara’
      Libatkan pikiran kamu ketika berbicara. Jangan asal terlontar, namun tidak ada isinya alias ‘tong kosong nyaring bunyinya’. Pada intinya, manfaatkan kecerdasan otak kamu sebelum mengeluarkan pendapat yang didengar semua orang.
      Orang Bijak Menggunakan Hati untuk ‘Berbicara’
      Tidak hanya pikiran, kamu juga harus menggunakan hati saat berbicara dengan orang lain. Sebelum memutuskan untuk berbicara, cobalah untuk memilah kata-kata yang tidak menyakiti lawan bicara kamu.
      Kita Dilahirkan Untuk Menikmati Hidup, Bukan Untuk Bekerja
      Kamu dilahirkan tidak hanya untuk bekerja, melainkan untuk bahagia. Biarkan tubuh jasmani dan rohani kamu menikmati indahnya hidup, bersantai, bermain, dan bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar kamu.
      Perbaiki gaya hidup kamu sekarang, atau kamu akan menyesalinya di kemudian hari. Ingat, kamu tidak bisa kembali ke masa lalu, kecuali ada pintu kemana saja milik Doraemon.
      Menyerah Adalah Kegagalan Terbesar
      Kamu tidak akan pernah tahu apa yang selanjutnya terjadi sebelum kamu mencobanya. Kamu tidak akan tahu bisnis kamu akan sukses atau tidak, apabila kamu menyerah untuk melewatinya. Jangan pernah berpikir untuk menyerah. Sebab, menyerah adalah kegagalan terbesar yang pernah ada.
      Nah, bagaimana? Sudah terbuka kah pikiran kamu sekarang?
      Beberapa pelajaran bisnis dari Jack Ma di atas bisa kamu jadikan pertimbangan di saat kamu kebingungan mengatasi permasalahan bisnis kamu di dunia nyata.
×
×
  • Create New...