Jump to content
  1. pusat_indoindo

    pusat_indoindo

  • Similar Content

    • By Jennifer_Wirayang
      Konsumsi camilan alias ngemil tidak layak Anda salahkan sepenuhnya atas kenaikan berat badan. Justru dengan camilan yang tepat, kebutuhan gizi, kalori terpenuhi sehingga Anda tetap bisa beraktivitas dengan energi dan konsentrasi penuh.
      Sebaiknya jaga agar konsumsi camilan tidak mengganggu konsumsi makan utama. Kemudian jaga pula jenis camilan yang dikonsumsi. Sangat baik jika Anda membuat sendiri camilan untuk dikonsumsi di rumah. Dengan trik sederhana, camilan buatan sendiri bakal lebih menyehatkan dan dikonsumsi tanpa rasa bersalah.
      1. Ganti mentega dengan puree alpukat
      Saat membuat kue, coba ganti butter atau mentega dengan puree alpukat atau alpukat tumbuk. Menurut Samantha Cassetty, ahli gizi, trik ini akan mengurangi kandungan lemak secara keseluruhan sekaligus meningkatkan serat dan kandungan nutrisi termasuk pasokan vitamin K, E, folat, dan kalium.
      Di samping itu, penggunaan alpukat akan menggantikan lemak jenuh yang kurang sehat dengan lemak tak jenuh yang sehat. Disarankan untuk menggunakan puree alpukat setara dengan kebutuhan mentega.
      Namun jika Anda khawatir dengan semburat warna hijau pada kue, coba gunakan untuk kue-kue berwarna gelap.
      2. Selipkan chickpea
      Meski terdengar aneh, chickpea atau kacang Arab begitu fleksibel ditambahkan pada kue-kue kering atau kukis. Rasanya juga cenderung tawar sehingga tidak banyak merusak rasa asli pangan.
      "Kacang Arab memberikan asupan protein dan serat, juga beberapa nutrisi termasuk magnesium, zinc, zat besi dan folat," jelas Cassetty, seperti dikutip Real Simple.
      3. Gunakan chia seed atau flaxseed daripada telur
      Resep-resep vegan umumnya sama sekali tidak menggunakan telur. Telur akan diganti dengan flaxseed atau chia seed. Meski Anda bukan kaum vegan, tak ada salahnya trik ini dicoba.
      Seperti dilansir Eat This, Not That!, untuk membuat telur vegan, kombinasikan satu sendok makan chia seed atau flaxseed dan tiga sendok makan air. Biarkan biji terendam selama 10-15 menit hingga memiliki konsistensi seperti telur. Biji-bijian ini merupakan superfood yang membantu pencernaan dan mengandung omega 3.
      4. Mengurangi takaran gula
      Anda tidak harus tunduk 100 persen pada apapun yang tertulis dalam resep. Kadang resep kue atau camilan mewajibkan takaran gula sekian sendok. Di sini Anda bisa mengurangi takarannya agar asupan gula lebih terkontrol.
      Untuk memberikan rasa manis, Anda bisa menggunakan pemanis alami seperti madu, sirup maple, gula kelapa atau kurma. Meski deret bahan ini merupakan pemanis alami, tetap perhatikan jumlah yang akan dipakai.
      5. Sedikit modifikasi pada buah
      Cassetty mengatakan dirinya tidak pernah menggunakan potongan buah polos begitu saja untuk cake atau kue. Justru berikan sedikit modifikasi agar buah 'naik level'.
      "Satu cara favorit saya adalah membuat potongan apel yang ditumis bersama kayu manis lalu diberi topping walnut. Opsi lainnya, memanaskan buah beku selama 30 detik hingga berair dan lalu diaduk dengan satu sendok teh chia seed. Biarkan campuran ini selama 30 menit hingga jadi gel. Lalu berikan topping granola rendah gula," ujarnya.
      6. Maniskan dengan pisang
      Menyelipkan pisang adalah salah satu cara terbaik untuk memberikan rasa manis daripada menambahkan gula. Untuk rasa super manis, gunakan pisang yang sudah benar-benar matang.
      Pisang kaya akan glukosa alami yang mudah dicerna dan memberikan energi tanpa lonjakan gula darah yang parah. Pisang bisa Anda gunakan untuk mengganti sebagian tepung terigu untuk membuat kue.
      7. Tambahkan rempah-rempah
      Tak ada salahnya menggunakan rempah-rempah untuk campuran kue atau camilan lain. Apalagi rempah bisa Anda jadikan trik untuk alternatif pangan dengan campuran gula. Kayu manis atau pala untuk muffin atau cake pisang bisa menggantikan sebagian gula tambahan yang tidak perlu.
      8. Kacang-kacangan untuk tekstur
      Selama ini kacang-kacangan disarankan untuk dijadikan camilan. Kadang tak harus dikonsumsi begitu saja, kacang-kacangan bisa Anda jadikan pengganti tepung untuk membuat kue.
      Tak perlu seluruh tepung Anda ganti, tetap gunakan sebagian tepung dan sebagian kacang-kacangan seperti kacang Arab atau kacang hitam. Selain tambahan nutrisi, kacang akan memberikan tekstur tanpa mengubah rasa kue.
      9. Ganti minyak atau lemak dengan Greek yoghurt
      Lemak tetap baik untuk tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah terbatas. Untuk camilan-camilan dengan bahan minyak atau lemak, coba ganti dengan Greek yoghurt atau yoghurt Yunani.
      Yoghurt akan memberikan hidrasi pada pangan, fleksibel untuk hidangan manis maupun gurih juga memiliki kandungan probiotik, kalsium dan protein.
    • By BincangEdukasi
      Permasalahan bagi pengemudi yang sering terjadi adalah merasakan kantuk saat mengendarai kendaraan bermotor, baik mobil ataupun motor. Padahal, hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab kecelakaan yang dapat merugikan diri sendiri mampu orang lain.
      Pasalnya, berkendara dengan rasa kantuk berlebih, pastinya akan mengalami hilang fokus sampai kendali, yang kemudian berbuntut kecelakaan yang bahkan dapat menyebabkan meninggal dunia.
      Bagi pengendara yang mengalami kantuk saat di perjalanan, ada beberapa tips untuk bagaimana mencegah dan mengobati rasa kantuk yang berlebihan, seperti dilansir laman resmi Wahana Honda:
      1. Menepikan kendaraan untuk beristirahat
      Tips pertama, dan paling disarankan bagi pengendara yang mengalami kantuk saat diperjalanan, adalah dengan berhenti. Carilah rest area secepat mungkin, kemudian beristirahatlah, dan tidur sebentar untuk menghilangkan rasa kantuk, sebelum kembali melanjutkan perjalanan. Namun, apabila tidak menemukan rest area,
      Apabila tidak ada rest area terdekat, tepikan kendaraan untuk beristirah. Tapi ingat, pastikan sekeliling adalah tempat yang cukup ramai lalu lalang pengendara lain supaya lebih aman.
      2. Minum Minuman Berkafein
      Tips kedua, jika rasa kantuk menyerang dan Anda harus tetap melanjutkan perjalanan sebelum mencari tempat beristirahat, minuman berkafein bisa menjadi solusi untuk mencegah rasa kantuk.
      Bagi beberapa orang yang hobi begadang, mungkin sudah biasa melakukan hal ini. Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya anda mengisi perut dengan makanan bergizi dan juga minuman berkafein.
      Anda bisa minum kopi, teh, atau minuman favorit lain. Coba tambahkan rasa pedas jahe kedalam minuman untuk efek tambahan yang membuat badan menjadi lebih segar.
      3. Menghibur Diri Sendiri
      Salah satu cara menyenangkan untuk berkendara adalah dengan menghibur diri sendiri. Banyak cara yang bisa anda lakukan seperti menyanyi, atau berbicara layaknya seorang moto vlogger yang membicarakan apa saja yang dilihatnya. Kegiatan yang nampaknya nyeleneh ini justru sangat berguna untuk mengusir rasa kantuk.
      Selain berguna untuk menjaga badan tetap fokus, juga dapat menikmati perjalanan dengan lebih santai dan bahagia. Perjalanan yang jauh pun akan tidak terasa jika Anda menikmatinya.
      4. Mengobrol dengan Penumpang
      Ada baiknya bila melakukan perjalanan jauh, ajaklah salah satu anggota keluarga. Bisa jadi istri atau anak. Ajaklah mereka ngobrol agar suasana menjadi lebih menyenangkan. Menikmati perjalanan sambil bercerita dan tertawa bersama, akan meningkatkan mood juga, sehingga rasa letih dan kantuk pun tidak terasa.
      Namun perlu diingat bahwa pengendara juga harus tetap fokus ke jalan. Jangan sampai karena asyiknya cerita, pengendara lupa melihat arah depan.
    • By ThinkSmart
      Pemilik sepeda motor terkadang merasakan kendaraannya tidak bertenaga terutama saat berakselerasi. Hal ini mengurangi kenyamanan berkendara. Ada kemungkinan kopling sepeda motor sudah mulai selip. Padahal sebelumnya Anda sudah mengganti kampas kopling tersebut.
      Merujuk pada buku petunjuk manual produk sepeda motor, rata-rata interval pemakaian kanvas kopling mencapai 15.000-20.000 Km, atau sekitar 2 tahun dalam pemakaian normal. Namun dalam sejumlah kondisi, kampas kopling tersebut bisa saja lebih cepat aus.
      Mengutip laman Suzuki Indonesia, ada banyak hal yang dapat menyebabkan hal ini, salah satu yang paling umum adalah, perilaku mengemudi yang buruk, misalnya sering buka-tutup kopling sambil menghentak-hentakkan tuas gas, menggantung tuas kopling atau mengemudi dengan setengah kopling.
      Selain itu, kebiasaan menahan tuas kopling saat posisi berhenti lama, contohnya saat saat berhenti di lampu merah, pengendara menahan tuas kopling sementara posisi gigi masuk berisiko membuat kampas kopling cepat aus. Untuk jeda lama atau berhenti lama sekitar 1 menit, sebaiknya tuas kopling dibiarkan saja, dan posisi gigi dinetralkan. Baru ketika akan jalan, pengendara bisa kembali menarik tuas kopling dan posisi gigi dimasukkan kembali.
      Selain dari perilaku mengemudi, kampas kopling yang cepat aus pun bisa disebabkan karena faktor setelah kopling yang terlalu dekat. Posisi ini diakui akan memudahkan saat harus berpindah gigi, tapi resikonya pengendara harus terus menekan tuas kopling saat kecepatan rendah.
      Untuk ukuran yang tepat, pengendara bisa mengatur jarak bebas tuas kopling sekitar 1,5-2 cm saja. Dengan cara ini, kampas kopling bisa dimaksimalkan, dan usia pakainya pun jadi lebih lama.
      Yang tidak kalah pentingnya, wajib menggunakan kampas kopling yang direkomendasikan untuk pabrikan sepeda motor. Onderdil OEM ini memang cenderung lebih mahal, tapi kualitasnya jauh lebih maksimal ketimbang produk lokal, baik untuk performa mesin ataupun dalam hal usia pakai.
    • By dugelo
      Jangan Gunakan Internet
      Cara paling gampang adalah jangan gunakan internet. Tapi cara ini juga paling sulit dilakukan. Pasalnya setiap orang di dunia modern pasti memiliki perangkat yang selalu terhubung ke internet, baik itu komputer, smartphone, tablet atau peralatan rumah tangga sehari-hari.
      Cek Koneksi Internet
      Alternativnya, cek semua peralatan yang terkoneksi ke internet. Banyak peralatan di rumah, tanpa sepengetahuan kita terus melakukan pertukaran data dengan pabrik pembuatnya. Atau yang lebih jahat, ada komponen yang sengaja dipasang untuk mengirim data. Cek lewat Shodan.io, perangkat mana yang terhubung dengan internet dan bagaimana cara melindunginya.
      Gunakan Password
      Dengan menggunakan password atau teknik sandi lainnya, pengguna internet bisa mengatur arus data yang mereka unduh atau unggah. Biasanya fitur pada perangkat pintar memiliki opsi untuk pengaturan keamanan transfer data. Dengan memasang opsi ini, Anda yang mengatur transfer data, dan bukan perangkat yang kita miliki.
      Pakai Jejaring Aman
      Di negara maju memiliki jaringan WiFi di rumah sudah merupakan hal lazim. Disarankan lindungi WLAN dengan password dan sandi yang cukup aman. Jika menggunakan WiFi terbuka atau Hotspot, usahakan menggunakan jejaring yang memasang fitur keamanan.
      Update Teratur
      Bukan hanya keamanan jaringan internet, juga sistem operasi perangkat yang Anda miliki harus aman. Produsen yang peduli, selalu melakukan update software yang mereka pasang di perangkatnya secara teratur. Menurut Vault-7 peretas CIA diketahui menyerang celah keamanan pada sistem operasi Apple yang tidak diupdate.
      Tutup Kamera dan Mikrofon
      Perangkat canggih yang Anda miliki biasanya dipasangi fitur kamera dan mikrofon untuk komunikasi digital. Jika Anda tidak mau kehidupan probadi dimata-matai, tutup kamera dan mikrofon itu dengan lakban. Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg juga melakukan tindakan pengaman ini. Mottonya: perusahaan sehebat dan seaman Facebook saja, merasa was-was dengan serangan peretas sekelas Vault-7.
      Unduh App Aman
      App adalah alat bantu utama pada smartphone. Pastikan Anda mengunduh app yang aman yang tidak menghimpun dan mengirim data dari perangkat Anda ke pihak ketiga. Walau cukup banyak aplikasi yang aman, peretas juga lebih pintar, dengan mencoba menyadap informasi saat ditulis, sebelum disandi oleh app aman. as/yf(dari berbagai sumber)
    • By c0d1ng
      Sebagai aplikasi chatting yang banyak digunakan di dunia, WhatsApp tak henti-hentinya memberikan inovasi demi kenyamanan pengguna. Setelah sebelumnya WhatsApp mendukung format tulisan Bold dan Italic, sekarang kamu bisa loh mengubah jenis tulisan di WhatsApp.
      Mungkin kamu lebih penasaran dengan fitur video call di WhatsApp. Tapi sembari menunggu fitur video call ii hadir, yuk cobain cara mengubah jenis tulisan di WhatsApp!
      Cara Mengubah Jenis Font WhatsApp

      Selain bisa chatting gratis tanpa harus terganggu iklan dan layanan berbayar, WhatsApp populer karena dibekali fitur yang lengkap. Mulai dari berkirim pesan, emoji, pesan suara, panggilan suara, hingga berbagi file bisa lewat WhatsApp. Dan sekarang kamu bisa menambahkan variasi font saat chat WhatsApp.
      Mengubah Jenis Font Saat Chat di WhatsApp
      Seru kan kalo bisa chatting pake huruf yang berbeda? Misal tulisan normal untuk perwakilan nada bicara normal, dan tulisan yang lain sebagai perwakilan saat nada bicara sedikit kesal. Mau tau caranya?
      Selain huruf bawaan sistem smartphone, kamu bisa menggunakan huruf FixedSys di WhatsApp.

      Gak perlu pake aplikasi aneh-aneh, kamu cukup tambahkan tiga buah tanda (`), tanpa tanda kurung, di setiap awal dan akhir chat yang kamu kirim.

      Kamu bisa dengan mudah menemukan tanda itu di semua keyboard smartphone Android pada bagian tombol simbol. Pada iPhone, kamu harus menggunakan keyboard pihak ketiga.

      Nantinya setiap chat yang kamu awali dan akhiri dengan 3 tanda tadi akan berubah hurufnya menjadi FixedSys.

      Mudah kan? Hanya dengan gitu saja kamu bisa mengubah huruf chat di WhatsApp menjadi lebih menarik. Bisa banget loh dipake buat pamer ke teman-teman kamu. Selamat mencoba.
×
×
  • Create New...