Jump to content

Fakta Baru MH370 Pilot Gak Setir


kotawa

Recommended Posts

MH370.jpg
Puing pesawat yang ditemukan di Mozambik diduga kuat milik Malaysia Airlines MH370 yang hilang 8 Maret 2014.

Analisis terbaru dari peristiwa jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH370 menyatakan, nggak ada orang yang mengendalikan pesawat waktu ia jatuh ke laut. Sang pilot ditengarai nggak berada di tempat atau dalam keadaan nggak sadar.

Direktur operasi pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 Peter Foley menyatakan, dalam beberapa bulan terakhir, sebuah teori mengemuka yaitu masih ada orang yang mengendalikan pesawat waktu harus mendarat darurat. Jika ini yang terjadi, maka pesawat Malaysia Airlines MH370 akan meluncur lebih jauh, bahkan mencakup area yang tiga kali lebih luas dari tempat fokus pencarian waktu ini. Selain itu, jika teori ini benar, maka upaya pencarian pun akan lebih kompleks.

Namun, laporan teknis yang dikeluarkan Biro Keselamatan Transportasi Australia sebagai tim pemimpin investigasi, menguatkan dugaan para penyelidik bahwa nggak ada orang yang mengendalikan pesawat berjenis Boeing 777 itu waktu ia kehabisan bahan bakar dan terjun bebas dalam kecepatan tinggi ke pulau terpencil di Samudera Hindia, tepatnya di bagian barat Australia pada 2014.

Dirilis hari ini, laporan itu menunjukkan analisis data satelit yang konsisten dengan hipotesa bahwa pesawat Malaysia Airlines MH370dalam ketinggian dan menurun secara drastis pada detik-detik terakhirnya. Laporan itu juga menyatakan, analisis terhadap panel sayap (wing flap) pesawat Malaysia Airlines MH370 yang tersapu hingga Tanzania mengindikasikan bahwa sayap nggak terbuka penuh ketika patah. Biasanya, seorang pilot akan memperpanjang panel sayap selama proses pendaratan darurat.

Menurut Foley, jika panel sayap nggak terbuka, maka hal itu akan mematahkan teori bahwa pesawat Malaysia Airlines MH370 tersebut memasuki air dalam proses pendaratan darurat yang terkendali. Jika ini yang terjadi, ujar Foley, maka proses pencarian pun akan terpusat di lokasi yang tepat.

"Laporan ini menunjukkan, pesawat Malaysia Airlines MH370 tidak mengikuti rute pendaratan atau menjalani prosedur pendaratan darurat di air. Anda bisa mengambil kesimpulan sendiri, termasuk apakah waktu kejadian ada yang sedang mengendalikan pesawat atau nggak. Anda memang nggak bisa yakin 100 persen. Kami sendiri enggan mengungkapkan kepastian yang mutlak," ujar Foley kepada awak media di Canberra.

Laporan ini dirilis waktu pertemuan para ahli berlangsung di Canberra. Mereka memeriksa kembali semua data terkait pencairan pesawat Malaysia Airlines MH370 yang menghilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur menuju Beijing pada 8 Maret 2014 dan mengangkut 239 orang.

Lebih dari 20 puing yang diduga dari pesawat Malaysia Airlines MH370 ditemukan di berbagai pantai di Samudera Hindia. Meski demikian, pencarian puing besarnya dengan sonar bawah laut nggak menemukan hasil.

Tim pencari diharapkan bisa menyelesaikan operasi sapu bersih mereka pada daerah pencarian seluas 120 ribu kilometer persegi hingga awal tahun depan. Otoritas berwenang menyatakan, mereka nggak berencana memperpanjang masa pencarian kecuali ada bukti baru yang bisa menunjukkan dengan tepat lokasi puing pesawat Malaysia Airlines MH370.

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...