Jump to content

Orang Yang Sering Begadang Tergolong Cerdas, Masa sih?


Recommended Posts

  • ✔ Verified Account

Pernahkah kamu merasa lebih mudah berpikir ketika malam hari? Bisa jadi kamu adalah sosok yang cerdas. Menurut Psychology Today, orang-orang cerdas biasanya lebih memilih menjadi nokturnal (aktif di malam hari) daripada orang dengan yang punya IQ normal. Dalam sebuah studi yang melibatkan anak-anak muda, menunjukkan bahwa individu yang cerdas terbukti pergi tidur lebih larut pada hari-hari biasa.

Dalam sebuah studi dari Study Magazine, Satoshi Kanazawa, seorang psikolog di London School of Economics And Political Science, melaporkan bahwa IQ rata-rata dan pola tidur memiliki hubungan erat. Korelasi ini membuktikan orang yang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk terjaga di malam hari adalah individu yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata.

Kebanyakan orang pada umumnya akan memiliki pola tidur yang teratur dan mudah, sementara orang yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata akan lebih banyak mengalami gangguan tidur sehingga memilih untuk tetap terjaga pada malam hari. Malam hari masih dimanfaatkan untuk mengerjakan sesuatu, menulis misalnya.

Para nokturnal biasanya menangkap informasi pada siang hari dan memprosesnya pada malam hari. Namun, ada beberapa hal yang mungkin masih menjadi perdebatan tentang kurangnya tidur bisa memicu gangguan kesehatan. Namun bukan berarti kita tak boleh begadang. Karena selalu ada sisi positif mengapa para nokturnal adalah orang-orang cerdas.

1. Karena pada siang hari rasanya pikiranmu tak bisa dengan fokus untuk mengerjakan sesuatu.

Siang hari, pikiranmu mungkin bisa kemana-mana seiring imajinasi berjalan. Bahkan siang hari adalah waktu paling kreatif yang bisa kamu dapatkan. Namun ketika malam hari, sisi paling menarik dari dirimu mulai muncul. Malam hari adalah waktu bagimu untuk mengeluarkan seluruh kemampuan diri dan mengizinkan dirimu sendiri untuk melepaskan 'masker' yang sepanjang hari menutupimu.

2. Rutinitas tak berlaku dalam kamusmu. Bagimu, hidup harus dinikmati bagai air mengalir.

Begadang akan selalu menjadi rutinitas harian. Tak peduli apakah kamu punya jam kerja 9 to 5, kamu akan tetap terjaga hingga larut malam. Dan itu menjadikanmu pribadi yang sedikit pemberontak dan mampu menentang tradisi yang ada. Dalam surat kabar akademik, “Why The Night Owl Is More Intelligent,” yang diterbitkan dalam jurnal Psychology And Individual Differences, dengan jelas menjelaskan asumsi bahwa dalam beberapa waktu ini, orang-orang cenderung bekerja pada siang hari dan tidur pada malam hari. Dan rasanya bukan lagi kejutan bahwa orang yang suka terjaga hingga larut malam, adalah sosok yang mampu memperluas pemikiran mereka, bukan hanya diam karena orang-orang menyuruhnya untuk tidur karena sudah larut malam.

3. Para nokturnal biasanya open-minded.

Hal-hal yang terjadi di malam hari tentu saja tak bisa kamu dapatkan saat siang hari. Malam hari adalah saatnya kamu membuka pikiran dan para penyair menulis puisi, para musisi menciptakan lagu, dan seniman menemukan karya agung mereka.

Mereka yang mau terjaga hingga larut malam, adalah orang-orang yang menemukan banyak hal ketika sebagian besar orang terlelap. Mereka yang mau tetap terjaga adalah orang-orang yang mau mencoba batas mereka dan menjelajahi kegelapan untuk membawa lebih cahaya pada siang hari.

4. Mereka juga sosok yang proaktif.

Pepatah mengatakan, The early bird may get the worm, but the night owl gets the whole jar. Ketika morning person mungkin mendapatkan kesempatan untuk melihat cacing keluar dari lubangnya di pagi hari, para nokturnal telah melihat para cacing masuk ke dalam lubang mereka sebelum pagi menjelang.

Bangun pagi adalah hal yang positif dan proaktif, namun tetap terjaga hingga larut malam juga tak kalah pentingnya. Karena mereka yang tidur larut malam (bahkan pagi) berada beberapa langkah lebih depan daripada mereka yang bangun pagi. Ada beberapa hal yang hanya bisa dijelajahi pada malam hari dan tak akan didapatkan oleh mereka yang bangun pagi, yaitu ide-ide segar.

Edited by MariaAngeline
Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By Males
      Camilan sehat teman begadang memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga kamu tidak perlu mencemaskan naiknya berat badan. Jika makanan yang kamu konsumsi pada malam hari tidak rendah kalori, bisa saja hal tersebut dapat menyebabkan tubuh kamu lebih gemuk. 
      Hal ini terjadi karena pada malam hari metabolisme tubuh melambat, dan jika kamu makan makanan berat akan menambah kalori dalam tubuh. Sedangkan rasa lapar yang kamu alami di malam hari ini sudah tidak tertahankan. Jika kamu menahan lapar dan memutuskan untuk lanjut tidur, hal ini bisa membuat tidur menjadi tidak nyenyak.
      Camilan sehat yang rendah kalori bisa menjadi solusi makanan untuk malam hari. Dengan mengonsumsi camilan sehat ini, kamu tidak perlu takut lagi dengan naiknya berat badan ataupun tidur tidak nyenyak gara-gara rasa lapar.
      Pisang
      Camilan sehat teman begadang yang aman dikonsumsi malam hari pertama adalah pisang. Jika kamu ingin makan berat tapi takut gemuk maka pisang bisa menjadi solusinya. Satu buah pisang bisa membuatmu merasa langsung kenyang seketika dan membuat tidurmu lebih berkualitas.
      Selain bisa menjadi camilan sehat di malam hari, pisang juga bisa menjadi penyelamat saat saat melewatkan makan malam, sebab pisang mengenyangkan dan mengandung magnesium dan potassium. Kandungan inilah yang dapat membantu kamu untuk tidur nyenyak. Potassium sendiri juga memiliki fungsi untuk kesehatan kardiovaskular dan kognitif.
      Oatmeal
      Selain itu, oatmeal juga bisa menjadi salah satu camilan sehat teman begadang yang aman dikonsumsi malam hari. Oatmeal menjadi pilihan yang banyak dikonsumsi pelaku diet saat lapar. Hal ini disebabkan karena, oatmeal dapat memproduksi hormon serotonin, dan hormon ini dipercaya mampu menstimulasi produksi melatonin. Dikutip dari Livestrong, oatmeal mengandung protein dan karbohidrat kompleks.
      Cukup dengan menambahkan beberapa potongan buah segar dan sedikit madu, dijamin lapar malam hari akan terselesaikan dan bisa tidur nyenyak. Selain itu, jika kamu ingin menambah asupan protein lebih banyak, kamu bisa menambahkan yogurt tanpa lemak.
      Yoghurt Rendah Lemak dan Buah-buahan
      Camilan sehat teman begadang selanjutnya adalah yoghurt rendah lemak dan buah-buahan. Jika menginginkan sedikit makanan penutup sebelum tidur, kamu bisa menyantap semangkuk yogurt rendah lemak sebagai gantinya. Agar lebih nikmat, cukup tambahkan potongan buah dingin yang segar.
      Salah satu buah yang paling aman dikonsumsi pada malam hari adalah buah ceri. Hal ini karena melatonin yang ditemukan pada ceri dapat membantu mengendalikan jam internal pada tubuh kamu. Jam internal adalah ritme pola harian, seperti waktu bangun dan waktu tidur, yang dibentuk dan terkonsep pada otak. Penelitian menyebutkan bahwa ada perubahan pada durasi dan kualitas tidur pada penderita insomnia kronis dengan meminum jus ceri asam.
      Edamame
      Edamame juga bisa dijadikan camilan sehat teman begadang yang aman. Kacang ini merupakan kudapan yang aman dikonsumsi pada malam hari tanpa harus khawatir berat badan kamu melonjak. Edamame yang sudah matang bahkan tidak perlu dimasak. Edamame kaya akan protein dan mengandung triptofan yang membantu otak membuat melatonin.
      Keju
      Camilan sehat teman begadang yang aman dikonsumsi malam hari selanjutnya adalah keju. Makanan kaya kalsium dan memiliki banyak lemak baik ini lebih enak dikonsumsi dengan makanan yang juga memiliki banyak serat.
      Memakan satu bungkus keju dipercaya akan membuatmu cepat kenyang dan mengantuk sehingga mengurangi hasratmu untuk menyantap makanan lainnya. Tenang, satu bungkus keju hanya mengandung 80 kalori.
      Namun, bukan berarti kamu bisa makan keju secara berlebihan. Kamu harus memperhatikan label nutrisinya, sebaiknya tidak lebih dari 150 kalori.
      Popcorn Tanpa Rasa
      Popcorn tanpa rasa juga bisa dijadikan camilan sehat teman begadang. Pastikan popcorn yang kamu konsumsi di malam hari tidak ditambahkan garam atau perasa lainnya agar tetap aman dan sehat.
      Makanan yang terbuat dari jagung ini baik untuk dikonsumsi karena popcorn termasuk makanan yang rendah kalori dan lemak, serta tinggi serat. Bahkan, popcorn juga mengandung antioksidan dan termasuk ke dalam makanan gandum utuh. Kamu bisa mengonsumsinya sekitar satu mangkuk dengan sedikit taburan minyak zaitun sebagai makanan alternatif untuk diet.
      Semangkuk Sereal
      Camilan sehat teman begadang yang aman dikonsumsi malam hari selanjutnya adalah semangkuk sereal dan susu. Banyak orang yang menyangka sereal hanya cocok untuk sarapan. Namun, ternyata sereal juga cocok dijadijan santapan malam, terutama sereal gandum atau jagung yang sehat.
      Memilih sereal merupakan pilihan tepat sebagai camilan malam karena memiliki serat yang baik untuk kesehatan. Menikmati sereal bisa ditambah dengan susu dingin atau hangat yang menjadikan komposisi sempurna yang penuh dengan protein. Tetapi, hindari memakan sereal dengan tambahan gula.
      Selain itu, selai kacang yang alami, dan ubi juga bisa menjadi camilan sehat yang aman dikonsumsi pada malam hari. Kamu bisa memilih makanan tersebut tergantung kondisi kesehatan dan yang mana yang paling kamu sukai.
    • By merahputih
      Alat pembaca pikiran yang ada di film Doraemon mungkin bisa jadi kenyataan. CEO Facebook Mark Zuckerberg ingin membuatnya.
      Facebook mengungkapkan diskusi Zuckerberg dengan Dr Joe DeRisi dan Dr Steve Quake dari pusat riset yang didanai Zuck dan istrinya Pricillia Chan yaitu Chan Zuckerberg Biohub. Mereka diskusi tentang sebuah teknologi yang menerjemahkan sinyal otak menjadi informasi untuk mesin.
      Tentu saja Zuck tidak eksplisit menyebut alat Doraemon. Namun, para penggemar Doraemon pasti ingat kucing robot ini punya alat bernama Helm Pembaca Pikiran.
      "Tujuannya adalah membuatnya jadi kamu bisa berpikir sesuatu dan mengendalikan sesuatu dalam virtual reality atau augmented reality," kata Mark Zuckerberg seperti diberitakan Daily Mail yang dilihat Kamis (24/10/2019).
      Facebook memang serius dengan teknologi VR melalui Occulus. Occulus terus dikembangkan untuk bisa melakukan antarmuka otak ke komputer. Facebook juga membeli perusahaan bernama CTRL-labs dengan nilai antara USD 500 juta-1 miliar (Rp 7-14 triliun).
      CTRL-labs lagi mengembangkan alat berbentuk arloji untuk bisa membaca sinyal otak yang dikirimkan ke jari tangan untuk mengendalikan ponsel. Dengan begitu, seseorang bisa menelepon hanya dengan perintah otak, tanpa harus memencet tombol.
      "Saya punya cukup kapasitas dalam syaraf motorik untuk mengandalikan tangan tambahan. Tinggal berlatih supaya sinyal terbaca di pergelangan tangan. Tapi kalau kemampuan membaca otak Anda terbatas untuk menjadi aktivitas motorik, maka harus ada yang diimplan di tubuh Anda," kata Zuckerberg.
      The Verge menulis, kalau Zuck mengatakan pihaknya ingin membuat alat yang bisa membaca sinyal otak tanpa arus ditempelkan di tengkorak. Facebook juga ingin membuat AR dan VR menjadi lebih maju lagi dalam 5-10 tahun.
      "Jangan sampai orang berpikir Facebook mau bedah otak. Saya tidak mau dipanggil Kongres AS gara-gara itu," ujar Zuckerberg.
    • By BincangEdukasi
      1. Beri Minum ASI
      2. Berbicaralah
      3. Membacakan Cerita
      4. Ikut Bermain
      5. Dengar Lagu
      6. Belajar Musik
      7. Menjaga Kesehatan
      8. Bermain Games
      9. Sarapan Pagi
      10. Pupuk Rasa Ingin Tahu
      11. Hindari Junk Food
      12. Batasi Menonton TV
      13. Kehangatan Keluarga
      14. Hindari Kebisingan
      15. Mengenal Alam
      16. Hindari Stress pada Anak
       
    • By davidbo
      Memiliki anak yang baik dalam bersikap, cerdas, dan patuh adalah impian siapa saja. Maka dari itu intuk memilki anak dengan kriteria di atas adalah sepenuhnya tanggung jawab orang tua dalam mendidik anak sedini mungkin. Lantas bagaimanakah cara mendidik anak yang baik dan benar?. Secara teori hal itu tampak mudah namun dalam penerapanya tidak semua orangtua berhasil melakukanya. 
      Cara mendidik anak harus dipahami secara menyeluruh bukan hanya sepenggal-sepenggal saja. Agar anak tumbuh dengan utuh baik secara intelektual, spiritual, dan emosional. Maka mendidik anak seharusnya berupa upaya mengajak dan memotivasi anak kearah positif untuk berani meenukan hal-hal baru secara intelektual, spiritual, dan emosionalnya. Ketiganya jangan dipisahkan apalagi dihilangkan.
      Kesalahan yang umum dilakukan orangtua adalah mereka merasa telah cukup hanya dengan memasukan anak kesekolah. Toh mereka juga diajari di sekolahan berbagail hal. Pada posisi ini maka kemungkinan gagal dalam mendidik anak sudah di depan mata. Seharusnya tanggung jawab sebagai orang tua dalam mencetak anak yang berkualitas tidak bisa sampai disitu saja. Apa saja yang harus dilakukan?.
      1. Ajarkan Kemandirian dan Tanggung Jawab Sejak Usia Dini
      Umumnya orang tua memiliki rasa khawatir yang berlebihan pada anak. Maka jangan lagi terlalu berlebihan mengkhawatirkan anak serta over protektif. Belajarlah untuk mempercayai buah hati anda namun tetap memantau dari jauh tanpa pengekangan maupun melindungi kesalahan yang dilakukan. Ajarkan pada buah hati anda mengetahui benda-benda miliknya serta merapikanya setelah bermain. Ketika sudah masuk masa sekolah ajarkan mereka untuk mempersiapkan keperluanya, beri uang saku dengan diarahkan untuk disisihkan sebagai tabungan.
      2. Ajarkan dan Tumbuhkan Rasa Ingin Tahu Anak
      Pada usia anak-anak mereka memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Ketika melihal benda-benda atau sesuatu yang belum pernah dilihat dan pahami maka biasanya mereka akan bertanya. Sebagai orang tua anda harus menjawab dengan menjelasan yang mudah dipahami. Jika anda tidak tau akan hal itu jangan berbohong, berusahalah menjelaskan selogis mungkin. Hindari mengatakan "Tidak tahu" bisa saja mengalihkan dengan menyanggupi untuk mencari informasi tersebut. Jika buah hati anda termasuk yang tidak suka bertanya maka anda bisa memberikan umpan dengan memberikan penjelasan tanpa ditanya. Misalnya "itu adalah Gajah, hewan ini suka makan rumput dan memiliki hidung yang panjang" seperti itu.
      3. Ajarkan dan Tumbuhkan Kemampuan Berpendapat Anak
      Umumnya orang tua acuh terhadap pendapat anak. Mereka terlalu menganggap tidak penting pendapat anak-anak. Padahal ketika pendapat anak tidak dipedulikan maka bisa berdampak menjadikan anak minder tidak berani berpendapat. Sebagai orang tua sebaiknya belajar mendengarkan pendapat anak, jika memang pendapatnya tidak benar bisa dikoreksi. Misalnya dengan memberi respon positif saat anak berpendapat dengan meberi pujian positif meskipun pendapatnya asal-asalan.  Jika anak anda termasuh anak yang pemalu maka anda bisa memberikan umpan dengan mengajukan pertanyaan sehingga memicu buah hati anda untuk melontarkan pendapatnya.\
      4. Ajarkan dan Tumbuhkan Rasa Sosial, Bersimpati, Emapti, dll
      Sebagai manusia rasa sosial, simpati, empati, dan sikap itu sangat penting. Agar anak tumbuh menjadi manusia yang menghargai orang lain maka sedini mungkin ajarkanlah pada mereka untuk memahami lingkungan sekitar. Ajarkan pada anak anda untuk memberi pada mereka yang membutuhkan, dan tidak bersifat sombong. Misalnya ada pengemis, biarkan buah hati anda yang memberi. Kemudian berikan penjelasan kenapa kita harus memberi dan berbagi.
      5. Beri Tauladan Yang Baik, Jadilah Contoh
      Sebagai orang tua maka sikap dan prilaku kita adalah contoh utama yang akan di ikuti oleh buah hati kita. Jika ingin anak-anak kita bersikap sopan, bertuturkata yang baik, maka kita harus senantiasa bersikap seperti itu sebagai contoh. Jika ingin anak kita religius, maka kita harus memberi contoh seperti apa orang yang religius itu. Maka dari itu sikap orang tua adalah contoh dan teladan utama bagi anak-anaknya.
    • By c0d1ng
      Di Kinshasa, ibukota Republik Demokrasi Kongo, jalan-jalan utama jadi lebih aman bagi pejalan kaki. Robot cerdas mengatur lalu lintas dan mencegah kecelakaan fatal.

      Robot pembantu anak sekolah menyeberangi jalanan
      Di ibukota Republik Demokrasi Kongo, Kinshasa hidup sekitar 15 juta orang. Kemacetan lalu lintas dan kekacauan transportasi jadi hal biasa. Dalam tahun-tahun terakhir banyak kemajuan positif berhasil dicapai di kota ini. Jalan utama dilapisi aspal dan diperluas. Tapi karena supir tidak perlu lagi menghindari lubang-lubang jalanan, kini mereka menyetir lebih cepat.
      Jumlah Korban Kecelakaan Lebih Sedikit
      Dengan tas sekolahnya, Chery Makamba (17) berdiri di tepi jalan besar Lumumba yang terdiri dari delapan jalur, yang melewati pusat kota, menuju lapangan terbang. Jalanan di Kinshasha ini sangat ramai. Secara umum jalan-jalan Kinshasa berbahaya bagi pejalan kaki, terutama anak-anak.
      Di mana tidak ada kemacetan lalu lintas, mobil-mobil berlalu dengan kecepatan tinggi. Namun demikian, di jalanan ini juga banyak sekolah, dan bagi anak-anak sangat berbahaya untuk mencapai pemberhentian bus di sisi seberang jalan.
      Sekarang ada robot raksasa di pinggir jalan. Robot itu mengeluarkan bunyi, berkelap-kelip, dan warna lampu di atasnya berubah dari hijau ke merah, sehingga lalu lintas berhenti dan anak-anak bisa menyeberang jalan.

      Therese Kirongozi
      Chery senang ada bantuan dari robot. "Setiap saat robot mengubah warna lampu menjadi merah bagi lalu lintas, kami pejalan kaki bisa menyeberang jalan," katanya dengan senang. Robot bahkan bisa berbicara, katanya. Jika disentuh, robot berseru, "Jangan sentuh saya!" Sebelum robot ditempatkan, di sana sudah ada lampu lalu lintas, tapi jarang berfungsi. Robot berfungsi sangat baik, kata Chery dan "terjadi lebih sedikit kecelakaan."
      Dibuat Seorang Ibu
      Di jalanan ini terjadi hampir 500 kecelakaan fatal tahun lalu. Sebagian banyak korban adalah pejalan kaki yang menyeberang dari satu sisi ke sisi lain, dan sebagian besar murid sekolah. Ini meresahkan Therese Kirongozi (40).
      Ia ibu dari tiga anak, dan anak-anaknya juga menuntut ilmu di salah satu sekolah di jalan Lumumba. Ia adalah kepala asosiasi perempuan yang bekerja di bidang teknologi. Ia punya ide untuk mengembangkan robot yang membantu anak-anak menyeberang jalanan dengan selamat. Sejauh ini Kirongozi sudah mendesain dua tipe robot. Robot pertama membantu anak-anak menyeberang jalan, dan robot kedua mengatur lalu lintas di sebuah perempatan.

      Robot pengatur lalu lintas
      Dengan dilengkapi kamera, robot merekam data dari segala sesuatu yang terjadi di dekatnya. Di malam hari robot beroperasi dengan sinar infra merah. Semua data disimpan di sebuah pusat pengarahan. Data bisa digunakan pemerintah untuk menjaga lalu lintas. Kecelakaan bisa dimonitor dan yang bertanggungjawab bisa segera ditemukan. Demikian Kirongozi.
      Di Republik Demokrasi Kongo, yang dilanda perang saudara selama 20 tahun, hanya ada 74 lampu lalu lintas. Pemerintah baru berusaha memperbaiki situasi jalanan dalam beberapa tahun terakhir.
×
×
  • Create New...