Jump to content
Sign in to follow this  
Sam

Ternyata Kandungan Kolesterol dan Lemak Jenuh Daging Kambing Lebih Rendah Dibandingkan Sapi

Recommended Posts

Hidangan kambing dan sapi jadi santapan utama di hari raya Idul Adha. Keduanya kaya kandungan vitamin dan zat besi yang bisa menjaga tubuh tetap sehat. Mana yang lebih bernutrisi, daging kambing dan sapi?

 

Fakta tentang Daging Kambing yang jarang terungkap di masyarakat.

 

1. Kandungan Kolesterol LEBIH RENDAH dibanding daging merah yang lain!

 

Sumber: Proceedings Nutrition Society of Australia, 1997. Dari Juni Sumarmono PhD, Dosen Fakultas Peternakan UNSUD Purwokerto dalam majalah Infovet Edisi 112, 2003.

 

2. Kandungan Lemak Jenuh LEBIH RENDAH dibanding daging lain.

 

Lemak Jenuh (Saturated Acid Fat), butuh waktu yang sangat lama untuk bisa diurai oleh tubuh. Ikatan reaksinya menjadi LDL (Low Density Lipo-protein), membentuk lapisan dinding dalam pembuluh darah, bisa menggumpal jadi plak, yang mengakibatkan penyempitan rongga aliran darah juga menjadikan pembuluh darah tidak fleksibel. Inilah sebab utama dari penyakit jantung, Hypertensi dan Stroke . Maka sering disebut Lemak Jenuh = Lemak Jahat.

 

3. Kandungan Zat Besi LEBIH TINGGI dibanding daging lain.

 

Zat Besi berperan penting untuk pengangkutan oksigen dan melancarkan aliran listrik dalam otak.

Dan bersama dengan DHA, Omega 3 dan vitamin B12, mampu meningkatkan perkembangan otak.

 

4. Mempunyai banyak kandungan Mineral & Vitamin

 

(Kalsium, Fosfor, Potasium, Selenium, Manganese, Niacin, Folate, Zing, Copper, Sodium, Vitamin; B1, B2, B3, B9, B12, E, K, Omega3, Omega6, dll).

 

5. Lebih Orisinil & Alami dibanding daging lain!

 

Zaman ini bidang peternakan menggunakan berbagai teknik rekayasa dlm program penggemukan hewan ternak hingga bisa lebih cepat & hasil daging yg lebih banyak.

 

Tidak seperti ternak lain yg mudah direkayasa pertumbuhanya, karakter khas dari Kambing: sulit untuk direkayasa pertumbuhanya! Karena dibanding hewan ternak lain, Kambing termasuk hewan ternak yang lebih sulit beradaptasi dan rentan (mudah mati) ketika mengalami perubahan.

 

Sumber: http://www.kedokteran.info/ternyata-kandungan-kolesterol-dan-lemak-jenuh-daging-kambing-lebih-rendah-dibandingkan-sapi.html

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By amelia
      Pada tahun 2015, badan pengawas keamanan makanan di China memerintahkan 3 produsen susu di Provinsi Shaanxi untuk menarik peredaran produk susu formula bayi.
      Pasalnya, produk mereka dianggap berbahaya bagi kesehatan para bayi karena mengandung zat nitrat berlebih.
      Terbukti, enam anak meninggal dan sekitar 300 ribu lainnya dilaporkan mengalami gagal ginjal setelah mengonsumsi produk susu yang terkontaminasi melamin kala itu. Alhasil, China pun memutuskan untuk mengimpor susu formula.

      Namun sebuah produsen susu tidak hilang akal. Seperti yang dikutip Shanghaiist, mereka pun menciptakan sebuah ide baru yaitu menyediakan susu segar yang langsung diperah dari sapi bernama Organic Milk.
      Uniknya, untuk mampu menarik perhatian para pengunjung, kegiatan memerah susu sapi tersebut dipandu oleh wanita cantik yang berpakaian seksi.
      Setiap akhir pekan, pemerah seksi tersebut terlihat memandu serta menuntun sapi berjalan di sepanjang Chaoyang District, Beijing, dan berhenti di trotoar untuk memerah sapi dan menjualnya kepada para pengunjung. Ia juga memandu para penontonnya untuk memerah susu sapi.
      Hasilnya? Dalam sekejap sekotak susu yang dijual dengan harga 8 yuan atau setara dengan Rp 16 ribu habis tak tersisa.
    • By BincangEdukasi

      Beraneka jenis susu bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran. Dari susu full fat, low fat, skim, lactose free, susu kedelai, sampai susu yang sedang tren saat ini, susu almond. Semua jenis susu ini memiliki rasa dan kandungan yang berbeda-beda. 
      Varian susu yang berbeda-beda ini seringkali membuat Anda jadi kebingungan memilih susu mana yang paling tepat dan enak. 
      "Dairy product (termasuk susu) adalah kelompok makanan yang penting untuk tubuh. Dairy product ini memenuhi kebutuhan tubuh akan protein, kalsium, vitamin dan mineral," kata ahli diet terakreditasi Sanchia Parker kepada Huffington Post Australia. 
      Produk dairy mengandung vitamin An dan B12, riboflavin, fosfor, potasium, magnesium dan seng. 
      "Kalsium sangat penting untuk membangun dan menjaga kesehatan tulang dan gigi," kata Parker. 
      "Produk dairy atau alternatif lainnya adalah sumber terbaik untuk kalsium. Sekitar 100 mg kalsium bisa diperoleh dalam 100 ml produk dairy. Sedangkan untuk susu harus dikonsumsi 250 ml atau satu cup."
      Parker mengatakan bahwa idealnya setiap orang membutuhkan sekitar 2,5-4 porsi produk dairy setiap harinya. Namun hal ini semua tergantung pada jenis kelamin, usia, dan aktivitas fisik. "Namun berdasarkan kandungan kalsium dan proteinnya, susu terbaik adalah susu skim." 
      1. Full cream
      2. Low fat
      3. Susu skim
      4. Susu bebas laktosa
      5. Susu kedelai
      6. Susu Almond
       
    • By dugelo
       
      Seekor kambing membuat heboh taman safari Primorsky, di daerah pinggiran Rusia. Gara-garanya si kambing mampu bertahan dan terhindar dari gigitan harimau Siberia.
      Jadi awalnya, si kambing yang bernama Timur dikirim ke kandang harimau Siberia sebagai salah satu makanan dua kali sepekan. Rupanya Timur tak gentar pada harimau yang diberinama Amur.
      Yang lebih menakjubkan lagi, Amur kabur dan minggat dari tempat tempat tidurnya. Timur dilaporkan telah tidur dan menetap di tempat Amur selama lima malam, dan Amur harus tidur di atap rumahnya sendiri.
      Meski terjadi kudeta tak berdarah pada wilayah tempat tidur, tampaknya tidak ada permusuhan di antara kedua hewan itu. Timur terlihat sering mengikuti Amur berjalan ke mana-mana.
      Pengelola taman safari mengatakan nama Timur diambil dari kisah anak pemberani dari buku anak-anak populer di era kejayaan komunis. "Jadi ini nama yang cocok untuk seekor hewan tak kenal takut."
      Diketahui, tak semua harimau Siberia ramah pada kambing. Tahun lalu, dua harimau muda dilepas ke alam liar oleh Presiden Rusia, Putin Putin.
      Mereka menyeberang ke Tiongkok dan membawa malapetaka karena menewaskan puluhan kambing dan ayam sebelum kembali ke Rusia.
      Harimau Siberia adalah spesies yang terancam punah, namun jumlah mereka stabil dalam beberapa tahun terakhir pada sekitar 500 ekor.

    • By MariaAngeline
      Bahan – bahan yang dibutuhkan : 500 gram daging sapi yang harus kita haluskan dengan cara digiling (di selep). ½ sdt merica bubuk. 250 gram bawang putih yang sudah dihaluskan. 1 ons tepung kanji. 1 butir telur ayam. Es batu sedikit saja, kurang lebih 50 gram Bahan untuk membuat kuah baso : Siapkan air sebanyak 3000 liter. Resep Bakso Sapi 250 gram bawang putih yang juga dihaluskan. Merica bubuk 1 sdt. 1 sdm gula pasir. Tulang kaki sapi sebagai penyedap kaldu. 4 sdt garam. Pala bubuk ½ sdm Pertama – tama kita buat baso nya dulu : Daging yang sudah dihaluskan, kita campur dengan bumbu dan es baru. Kemudian kita campurkan semua bahan tersebut menggunakan mixer lebih baik, atau blender. Tapi kalau tidak ada keduanya, kita bisa menggunakan tangan, walau prosenya lebih lama dan lebih susah. Ketika anda sedang mencampurkannya, anda bisa memasukkan tepung kanji sedikit demi sedikit hingga semua kembali tercampur rata. Rebus air hingga mendidih. Jika air sudah mendidih bentuk bola – bola baso menggunakan sendok dan tangan lalu masukkan bola – bola baso kedalam air yang mendidih. Jika baso sudah mengapung, kita bisa mengangkatnya. Untuk membuat kuah baso, kita bisa melakukan dengan cara dibawah ini : Rebus tulang kaki bersama dengan air yang kita siapkan. Masukkan bumbu halusnya. Ketika air sudah mendidih, kita bisa memasukkan bola – bola baso kedalam kuah.
×
×
  • Create New...