Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Game MOBA Made in Indonesia Meluncur
      Bukan hanya diproduksi menjadi film, Semesta Satria Dewa juga akan diadopsi ke dunia eSports lewat game bernama "Battle of Satria Dewa" yang digarap oleh BANG Idea Indonesia dengan bekerja sama dengan salah satu pengembang game, Semisoft dan perusahaan animasi, Lumine.
      • 0 replies
    • China Sudah Dilanda Flu Burung Padahal Virus Korona Belum Selesai
      Pemerintah China benar-benar dibuat pusing saat ini. Di saat virus korona yang mewabah di Provinsi Wuhan belum selesai ditangani, virus flu burung atau H5N1 muncul di Provinsi Hunan Selatan. Hal itu dikonfirmasi Kementerian Pertanian dan Pedesaan China pada Sabtu 1 Februari 2020.

      Kasus flu burung ini terjadi di salah satu peternakan yang ada di Kota Shaoyang, Provinsi Hunan Selatan. Sejauh ini dari 7.850 ayam yang ada di peternakan tersebut, 4.500 di antaranya mati karena flu burung.
      • 0 replies
    • WNI Akan Diobservasi 14 Hari di Natuna Sebelum Kembali ke Rumah
      Pemulangan WNI dari Wuhan

      Menteri Kesehatan (Menkes) dr Terawan Agus Putranto mengatakan, 238 Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, China, harus menjalani masa observasi selama 14 hari di kompleks militer di Pulau Natuna, Riau.
      • 0 replies
Sign in to follow this  
Guest News

Raja Saudi Tidak Tepati Janji Tambah Kuota Haji bagi Indonesia

Recommended Posts

Guest News

Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin dan Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir.jpg
Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin dan Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir di gedung MPR/DPR Senayan, Jakarta.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Azis belum menempati janji perihal penambahan kuota sepuluh ribu jamaah haji untuk Indonesia yang dijanjikannya. Sementara Dewan Perwakilan Rakyat meminta pemerintah memastikan penambahan kuota itu.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz sampai sekarang tidak menepati janji menambah kuota sepuluh ribu jamaah haji bagi Indonesia. Padahal sebelumnya kata Lukman, Raja Arab Saudi itu telah menjanjikan hal tersebut kepada Presiden Joko Widodo ketika mengunjungi Arab Saudi tahun lalu.

"Namun ternyata apa yang disampaikan Raja Salman tidak kunjung menjadi dokumen amrul malaki. Sebatas sampai di lisan saja. Kami terus menelusuri sampai terakhir Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Djamil, sampai pemberangkatan kloter pertama tidak kunjung ada dokumen resmi," ujar Lukman.

Penambahan kuota itu sangat diperlukan oleh Indonesia untuk memangkas panjangnya antrean calon jamaah haji Indonesia. Lukman Hakim menjelaskan masa tunggu bagi calon jamaah haji setelah mendaftar antara sembilan tahun hingga 41 tahun.

Sejak Arab Saudi melakukan renovasi besar-besaran, kuota haji bagi seluruh negara dipotong 20 persen pada 2013. Kuota haji normal bagi Indonesia tadinya sekitar 211 ribu orang, namun setelah dikurangi 20 persen menjadi 168.800 jamaah, terdiri dari 155.200 orang untuk haji reguler dan 13.600 bagi haji khusus.

Saleh Partaonan Daulay, anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi Partai Amanat Nasional meminta pemerintah memastikan kembali soal penambahan kuota itu. Saleh Daulay mengaku kecewa karena Raja Salman tidak memenuhi janjinya.

Saleh Daulay mencontohkan hingga kini keluarga korban jatuhnya derek raksasa di Masjid Al-Haram di Kota Makkah pada musim haji tahun lalu belum menerima uang santunan seperti dijanjikan oleh Raja Salman.

Dalam hitungan hari setelah musibah itu, Raja Salman mengumumkan keluarga korban meninggal bakal menerima uang duka satu juta riyal dan 500 ribu riyal untuk keluarga korban cedera atau cacat tetap. Keluarga korban juga akan dihajikan gratis pada musim haji berikutnya atau tahun ini.

Daulay menambahkan, "Tetapi sampai hari ini kejelasannya tidak ada. Itu sudah janji tertulis dan terpublikasi secara internasional. Mana janji Saudi? Bahkan ini sudah lewat musim haji. Orang dijanjikan berangkat haji juga tidak ada."

Untuk mengurangi antrean calon jamaah haji, Lukman Hakim menjelaskan pihaknya sejak tahun lalu menerapkan empat kebijakan. Pertama, membatasi usia para pendaftar calon jamaah haji minimal 12 tahun. Kedua, prioritas pertama bagi orang yang belum pernah berhaji, dan yang sudah mesti menunggu setidaknya sepuluh tahun baru bisa mendaftar lagi. Ketiga, melarang bank penerima setoran untuk memberikan fasilitas kredit kepada calon haji. Keempat, mereka yang mendapat prioritas utama dengan status belum berhaji wajib melakukan pelunasan BPIH (Biaya Perjalanan Ibadah Haji). [VOA Indonesia]

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By Sam
      Yuk, tonton, like, dan subcribe video terbaru Tentang dan Asal Ngobas. Langsung aja ndral ...
       
      Video diatas jelasin tentang pertanyaan yang dilontarin orang orang yang belum tau apa itu Ngobas, nah terjawab kan? Mudah mudahan terjawab dan siapa yang memulainya? Juga sudah terjawab.
    • Guest News
      By Guest News
      Bayangkan mendapat kiriman barang elektronik berkali-kali dan tak dimintai bayaran. Itulah yang dialami sejumlah warga AS yang menjadi korban modus penipuan online baru. Meski korban tidak dibobol kartu kreditnya, data pribadi mereka digunakan untuk menulis ulasan palsu bagi produsen tidak jelas.
       
    • Guest News
      By Guest News
      Pameran dagang ponsel terbesar di dunia, Mobile World Congress, berlangsung di Barcelona, Spanyol pada akhir Februari. Hampir semua produsen ponsel dunia, kecuali Apple, memanfaatkan ajang ini untuk memperkenalkan produk terbaru mereka.
       
    • Guest News
      By Guest News
      Kubu Hillary Clinton menuntut FBI membeberkan informasi terkait keputusan biro penyelidik federal ini membuka kembali kasus penggunaan server email pribadi oleh capres Demokrat ini semasa ia menjabat sebagai menteri luar negeri. Keputusan FBI ini disambut baik lawan Clinton, Donald Trump.
       
    • Guest News
      By Guest News
      Terinspirasi film Hollywood, seorang pemuda di Nigeria berseluncur di jalanan kota Jos, bercita-cita mempersatukan para pemuda di kampung halamannya yang dikenal miskin. 
       

About Ngobas

Ngobas is All-in-One website that can be use by everyone for free to find friends and exchange information. The name Ngobas is derived from the abbreviation, which is Ngomong Bebas Originally Sedap, meaning that it is appropriate to speak according to the ethics of socializing.

CEO’s Greeting

I realize that information and communication are the main things in life. Ngobas is the right platform for that. We will always be connected wherever we are and that is the purpose Ngobas was built.

- Samuel Berrit Olam

×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy