Jump to content
  • 0
swandinagrut

Kenapa kepala bisa botak?

Question

2 answers to this question

Recommended Posts

  • 1

Penyebab tersering rambut tipis dan kepala botak pada pria dan wanita adalah kondisi yang disebut androgenetic alopecia (AGA). 

AGA adalah kondisi yang disebabkan faktor keturunan dan membuat folikel rambut lebih sensitif pada DHT yang dihasilkan oleh hormon testosteron. Pada kasus AGA, DHT membuat folikel menyusut dan berhenti memproduksi rambut.

Kaum wanita juga memiliki hormon testosteron dan keseimbangan hormon ini serta estrogen berperan besar pada ketebalan rambut dan kerontokannya. Misalnya saja, rambut menjadi lebih tebal ketika hormon estrogen meningkat selama kehamilan. 

Itu sebabnya, setelah persalinan, banyak wanita mengalami kerontokan rambut karena kadar hormonnya kembali normal.

Faktor lain yang bisa mengganggu keseimbangan hormonal adalah kista ovarium, kontrasepsi pil, serta menopause. Kondisi-kondisi tersebut juga bisa menyebabkan perubahan pada rambut.

Walau jarang, tetapi penyebab lain rambut rontok adalah gangguan tiroid dan anemia, kekurangan vitamin, penyakit autoimun, bahkan obat-obatan tertentu. 

Sementara itu, kebiasaan menata rambut yang tidak tepat, misalnya pelurusan, bleaching, atau mengikat rambut dengan ketat terlalu lama, juga bisa menyebabkan rambut rontok.

Kehilangan 50-150 helai rambut setiap hari sebenarnya hal yang normal. Namun, jika Anda merasa rambut rontok dan menipis, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengingat apakah hal itu juga dimiliki orangtua atau saudara Anda.

Jika keluarga dekat Anda juga mengalaminya, kemungkinan Anda juga tak luput dari kebotakan. Hal ini memang tidak bisa dicegah.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Answer this question...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By kotawa
      Banyak mitos mengenai penyebab kebotakan rambut. Salah satunya adalah menggunakan helm dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kebotakan rambut. Apakah ini benar adanya?
      Sebagaimana dilansir TheHealthSite, seorang spesialis transplantasi rambut dan dermatolist dari India, Dr Sah Gaung Krishna, MD, menyatakan dengan tegas menggunakan helm, topi atau pelindung kepala lainnya dalam jangka waktu yang lama tidak terasosiasi dengan masalah kerontokan rambut.
      Yang tepat adalah rambut yang terlalu lama ditutup bisa membuat kulit kepala tidak bisa bernafas atau kurang suplai oksigen. Batang rambut tumbuh juga tak bergantung pada udara untuk tumbuh, karena mereka tumbuh karena suplai darah yang sampai pada akar rambut. Lalu bisa juga helm yang kotor bisa membuat kulit kepala infeksi dan akhirnya membuat ketombe dan kerontokan rambut.
      Oleh sebab itu, penggunaan helm yang tepat adalah selalu mencucinya dengan rutin. Lalu buka secara berkala, sekiranya satu jam sekali lepas helm Anda agar rambut mendapatkan oksigen. Bila perlu, gunakan beanie hats atau kain lain sebagai pelapis antara kepala dan juga helm Anda.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy