Jump to content

Alasan Ikan Koi Yang Baru Beli Mudah Mati


Recommended Posts

koi fish.jpg

Mengapa ikan koi kita yang baru beli mudah mati? Disini ada beberapa penyebab, mengapa ikan koi yang baru beli mudah mati.

Kolam ikan masih baru.

Kolam ikan yang masih baru, tidak cocok langsung dihuni ikan koi. Karena masih banyak racun di kolam itu. Seperti bau semen dan cat. Dan kualitas air yang masih baru. Air ledeng mengandung kaporit yang membuat racun bagi ikan koi. Sebaiknya gunakan kolam ikan setelah 1 - 2 minggu. Diamkan air ledeng di kolam beberapa hari dengan airasi yang sering, seperti penggunaan filter yang sudah bagus atau kesedian pompa udara untuk kolam.

Ikan yang kita beli tidak sehat

Pemilihan ikan dari beli ikan koi di pasar ikan haruslah memilih yang sehat. Dengan melihat fisik badan seperti kapal selam dan fisik tidak ada cacat. Warna cerah. Berenang sering bergerombol tidak menyendiri.

Kualitas oksigen kolam kurang

Kualitas oksigen kurang akan membuat ikan koi akan sering muncul di permukaan untuk mengambil oksigen. Kalau dibiarkan akan membuat koi mati lemas. Sediakan beberapa pompa udara dan perbaiki filter kolam ikan koi yang baik.

Ikan koi yang baru masuk kolam

Penambahan ikan koi yang baru akan mempengaruhi ikan koi penghuni lama. Keadaan ini bisa membuat stress ikan koi, sehingga sering terjadi melompat keluar kolam. Sebelum ditambahkan koleksi ikan koi baru ke dalam kolam. Ikan koi yang baru harus di karantina dahulu di kolam lain atau bak penampungan dengan airasi yang cukup, gunakan air kolam yang ada agar saat dimasukkan ke kolam baru tidak stress. Jangan lupa tambahkan garam ikan untuk menenangkan ikan supaya tidak stress.

Link to post
Share on other sites
  • 1 month later...

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By c0d1ng
      Ikan buntal termasuk jenis ikan yang jarang dikonsumsi tapi beberapa orang di Jepang menjadikan ikan ini sebagai makanan yang cukup populer. Mengolah ikan buntal jauh berbeda dengan mengolah ikan biasa, pasalnya ada bahan berbahaya dalam ikan buntal yang bisa jadi racun dalam tubuh.
      Tidak hanya ikan buntal yang berbahaya dikonsumsi, ada beberapa bahan makanan yang juga berpotensi jadi racun saat disantap dengan salah pengolahan.
      Ikan buntal

      Banyaknya jenis makanan laut yang tesedia entah mengapa banyak orang yang memilih membayar ratusan dolar demi bisa menyantap ikan yang sangat berbahaya ini. Ada banyak varian ikan buntal yang tersebar di lautan tapi seluruhnya berpotensi mengandung racun di bagian hatinya. Racun ikan ini yang disebut tetrodoxin, yakni racun yang 1.200 kali lebih berbahaya dibanding sianida.
      Negara dengan masyarakat paling banyak mengonsumsi ikan buntal adalah Jepang. Koki yang mengolah ikan buntal harus melalui proses pelatihan panjang. Meski demikian, masih saja ada jumlah kematian orang usai menyantap ikan buntal. Tercatat masih ada 23 kematian sepanjang 2000 hingga 2009 di Jepang akibat mengonsumsi ikan buntal.
      Kacang merah

      Pati dan kandungan dalam kacang merah sangat baik untuk tubuh, apalagi jika diolah perlahan dengan cara direbus. Tapi kacang merah akan jadi berbahaya jika dimasak dengan tidak benar. FDA atau The Food and Drug Administration menyarankan untuk memasak kacang merah selama 30 menit untuk memastikan kandungan zat phytohemagglutinin hancur sepenuhnya. Zat ini jadi racun yang akan berbahaya ketika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Panas tinggi secara perlahan bisa menghilangkan zat racun ini.
      Daun rhubarb

      Di Indonesia memang daun ini jarang digunakan tapi pada masakan Barat daun ini sering ditambahkan dalam masakan sayur. Daun ini memiliki kandungan asam oksalat yang tinggi yang akan jadi berbahaya ketika masuk dalam tubuh. Daun rhubarb mentah bahkan bisa jadi racun yang membunuh tikus dengan cepat. Kandungan racun paling tinggi ada di bagian batangnya jadi jangan coba mengonsumsinya tanpa diolah terlebih dulu.
    • By rani
      Sirip hiu beberapa tahun terakhir telah menjadi primadona di kalangan pencinta makanan laut. Dari tahun ke tahun, permintaan sirip hiu semakin meningkat. Hal tersebut dikarenakan banyak orang meyakini bahwa sirip hiu memiliki khasiat melimpah.
      Beberapa kebaikan sirip hiu yang dipercaya adalah dapat membuat tubuh lebih sehat serta wajah awet muda. Karena manfaat tersebut serta terbatasnya jumlah hiu yang ada, maka sirip hiu dijual dengan harga yang sangat fantastis. Masyarakat pun tidak segan untuk mengeluarkan uang banyak demi memperoleh manfaat-manfaat tersebut.
      Di seluruh dunia, diperkirakan sekitar 26.000-73.000 hiu diperdagangkan. Sirip hiu dan tulang rawan selain dibuat sup, biasanya juga dijual dalam bentuk bubuk, kapsul, serta obat tradisional.
      Pengobatan di Cina mengklaim bahwa sirip hiu ini dapat bermanfaat untuk menjaga tekanan darah, meningkatkan nafsu makan, dan memberikan energi beberapa organ internal. Namun, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) belum mengonfirmasi manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

      Deborah Mash, seorang profesor neurologi di University of Miami School of Medicine, memimpin studi pertama yang menunjukkan bahwa hiu mengandung β-metilamino-l-alanin (BMAA) yang bersifat neurotoksik. BMAA adalah asam amino nonprotein yang dihasilkan oleh cyanobacteria (kadang-kadang disebut ganggang biru-hijau).
      BMAA telah menjadi perhatian karena semakin banyak bukti bahwa konsumsi makanan atau air yang terkontaminasi zat kimia ini dapat menyebabkan sklerosis lateral amiotrofik, Alzheimer, dan Parkinson.
      Mash berkolaborasi dengan Neil Hammerschlag, yang juga berhasil menangkap hiu di perairan pesisir Florida. BMAA terdeteksi di 23 dari 29 sampel sirip hiu.
      Hiu juga biasanya mengandung kadar merkuri yang tinggi. Sebuah studi terbaru oleh Doug Lobner, seorang profesor ilmu biomedis di Marquette University, menunjukkan bahwa merkuri dan BMAA adalah gabungan senyawa kimia yang dapat menyebabkan penyakit otak degeneratif.
      Walaupun kandungan senyawa kimia tersebut sudah dipastikan terdapat dalam sirip hiu, namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui risikonya pada manusia.
    • By satpam
      Apa yang ente pikirin di video ini
       
    • By abas

      Makan ikan itu menyehatkan. Masalahnya, ada saja anak yang akan mengalami alergi kalau makan ikan. Lantas, bagaimana asupan gizinya?
      Kandungan gizi dari seekor ikan dapat membantu pertumbuhan syaraf pada otak dan mempertajam sel motorik anak.
      Ikan laut memiliki kandungan protein yang lebih tinggi, dan akan lebih tinggi lagi ketika ikan dalam keadaan telah diolah seperti ikan kering, karena kadar air yang menyusut membuat kandungan protein meningkat.
      Faktanya ikan yang ditangkap dari lautan tidak secara langsung diolah melainkan didiamkan beberapa waktu hingga akhirnya sampai ke rumah. Pada saat itulah mikroba bertumbuh dan menurunkan kualitas ikan, yang mengakibatkan alergi bagi yang mengkonsumsinya.
      Alergi pada ikan biasanya merupakan bawaan keturunan. Kepada CNN Student, Prof. Ali Khomsan, seorang ahli gizi dari IPB, mengatakan bila dilatih makan ikan sejak dini, sedikit sedikit gejala alergi akan berkurang.
      Dia menyarankan memilih ikan segar dengan warna insang yang masih fresh. Seseorang yang mengalami alergi terhadap ikan memiliki tubuh dengan reaksi yang menganggap protein sebagai musuh. Sehingga tubuh mengeluarkan gejala pembengkakan, gatal, dan kulit memerah, bahkan hingga sesak bernafas.
      Untuk alternatif lain, jika anak sangat sensitif terhadap ikan, dapat digantikan dengan sumber protein lain seperti kacang polong dan kedelai. Sedangkan untuk zat omega 3 Orang tua dapat menggantinya dengan telur ayam yang khusus mengandung omega 3 tinggi.
    • By congek
      Giant Snakehead, demikian orang Inggris menyebutnya. Salah satu ikan jenis ini akhirnya tertangkap oleh seorang pemancing di Lincolnshire, Inggris. Ikan ini juga dijuluki "gangster"-nya ikan. Karena ia memakan segala yang terlihat olehnya, bahkan dilaporkan pernah membunuh manusia. Snakehead sendiri merupakan Ikan Asli Indonesia yang Lebih Ganas dari Piranha
      Hebatnya lagi, snakehead bisa berjalan di daratan, khususnya di malam hari saat musim kemarau, mencari tempat yang masih berair. Bila keadaan sangat kering, ikan ini bisa dengan terpaksa mengubur dirinya dalam lumpur menunggu hingga tempat itu kembali berair. Snakehead memang memiliki kemampuan bernapas langsung berkat organ labirin.
      kan ini pertama kali ditangkap oleh Andy Alder dari Lincoln. Tanpa sengaja ia menangkap ikan sepanjang 60 cm ini ketika ia sedang memancing di sungai Witham dekat Hykeham Utara, Inggris.

      (Snakehead bisa tumbuh maksimal sekitar 1 meter).
      "Ikan itu memiliki mulut penuh dengan gigi setajam silet. Sejujurnya, saya takut setengah mati. Setelah ditemukan, ikan ini bukan saja membuat panik para pemancing saja namun juga para aktivis konservasi alam," ungkap Andy Alder.
      Ben Weir, seorang wartawan dari majalah memancing berkata,"Selama hidupku bekerja di bidang pemancingan, aku belum pernah mendengar banyak suara kekuatiran seperti sekarang. Ikan ini nyata dan mereka tidak segan-segan menyerang manusia untuk melindungi anak-anak mereka. Para ahli telah meneliti foto-foto ikan ini dan mengkonfirmasi bahwa ikan ini adalah predator sejati.
      Sekarang, ikan ini telah masuk dalam daftar hitam spesies yang dilarang untuk diimpor di Inggris. Walau tetap ada kekhawatiran bahwa ikan ini dapat diselundupkan untuk hewan piaraan akuarium dan kemudian dilepaskan secara ilegal.
      Snakehead tidak hanya membuat takut di Inggris, tetapi juga hingga Amerika. Di negerinya Obama, ikan ini mendapat julukan lebih seram, "Franken Fish". Memang, sebagai predator segala mahluk yang ada di air, cocok menyandang sebutan itu karena benar-benar seperti monster.
      Di tahun 2002, perairan di Amerika Serikat dibuat panik dan kacau akibat kemunculan si ikan monster. Sehingga para penembak jitu disiapkan di pinggir sungai untuk menembaki mereka. Pada waktu itu, air sungai dipenuhi oleh darah untuk memancing mereka keluar.
×
×
  • Create New...