Jump to content

Negara Negara Terkecil Di Dunia


suatmiko_sutioso

Recommended Posts

Membayangkan sebuah negara pasti smeua berfikir bahwa negara adalah suatu tempat yang sangat luas yang memiliki budaya khas. Tapi tahukan Good Readers, ternyata ada negara yang sangat kecil yang luasnya mungkin hanya sebesar kota kabupaten saja bahkan lebih kecil. Kita bisa berjelajah ke setiap sudut kotanya hanya satu hari saja. Sudah terbayangkan sekecil apa?

1. Vatican

1.jpg

Uritan pertama diduduki oleh negara super kecil dengan luas 0,44 km persegi atau 44 hektar saja yang dihuni 842 jiwa. Kepala negaranya seorang Paus yang dipilih untuk seumur hidup, sedangkan para gubernur yang mengurus keperluan sehari-hari. Dulu, Vatican menyewa tentara bayaran Swiss, namun kini merekrut Garda Swiss sesuai persetujuan dengan Swiss dengan persyaratan masuk yakni laki-laki warganegara Swiss beragama Katolik.

Ekonomi Vatican tidak sama dengan negara lainnya, dimana kegiatannya ditunjang dari aktivitas non-komersial seperti sumbangan umat Katolik diseluruh dunia, penjualan prangko, koin, souvenir, dan salib. Selain itu dikenakannya iuran masuk museum dan perpustakaan.

2. Monako 

2.jpg

Urutan kedua diduduki oleh Monako. Luas negara ini hanya 2,02 km persegi saja. Monako memiliki perbatasan darat 4,4 km, garis pantai 4,1 km, dan lebar yang bervariasi antara 1,7 km – 349 m. Titi tertingginya 161 m di bawah permukaan laut yakni jalur Chermin des Revoires di lereng gunung Agel.

Monako tidak memiliki angkatan laut dan udara karena pertahanan bangsa disediakan oleh Perancis. Walau demikian, Monako memiliki kepolisian terbesar di dunia dengan 515 petugas untuk 35.000 orang.

Negara kecil bukan menjadi hambatan, Monako memiliki roda ekonomi yang baik, perputaran uangnya terbesar dari sektor pariwisata. Monako memiliki dermaga yang luas untuk pelabuhan kapal pesiar. Konsep ekonominya monopoli diberbagai sektor. Walau demikian, standar hidupnya tinggi.

3. Liberland

3.jpg

Urutan ketiga diduduki oleh negara terbaru di benua Eropa yaitu Liberland dengan luas 7 km persegi. Negara ini diapit oleh Kroasia dan Serbia. Negara ini berdiri karena daerah Gornja Siga tidak diklaim oleh kedua negara tersebut yang tengah rusuh sengketa batas wilayah saat itu.

Negara yang diproklamirkan pada 13 April 2015 ini tidak memiliki bangunan, hanya pepohonan dan ladang. Sesuai undang-undangnya, siapapun dapat menjadi warga negaranya kecuali yang memiliki masa lalu dengan kelompok tertentu seperti Nazi, Komunis, dan kelompok lainnya yang memiliki catatan kejahatan.

4. Nauru

4.jpg

Negara ini memiliki luas 21 km persegi yang merupakan negara republik terkecil di dunia. Nauru tidak memiliki ibu kota resmi, namun kota terbesarnya Yaren sehingga sering disebut ibu kotanya. Penduduknya kedua paling sedikit di dunia setelah Vatican yakni 9.378 jiwa.

Sepanjang awal abad 20, Nauru terkenal dengan pertambangan fospatnya dan menjadi pendapatan utamanya. Karena kerusakan alam akibat pertambangan, Nauru menjadi pusat pencucian uang. Tahun 2005-2006, Nauru menjadi negara yang terisolasi dari dunia luar karena satu-satunya maskapai penerbangan menuju Nauru berhenti beroperasi melayani perjalanan ke Nauru. Sampai tahun 2008, Nauru mendapat bantuan dari Australia, dan Australia berhak mendirikan pusat penahanan. Namun kini dengan bantuan dana dari Republik Tiongkok, adanya maskapai yang beroperasi.

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...