Jump to content

Negara Negara Terkecil Di Dunia


Recommended Posts

Membayangkan sebuah negara pasti smeua berfikir bahwa negara adalah suatu tempat yang sangat luas yang memiliki budaya khas. Tapi tahukan Good Readers, ternyata ada negara yang sangat kecil yang luasnya mungkin hanya sebesar kota kabupaten saja bahkan lebih kecil. Kita bisa berjelajah ke setiap sudut kotanya hanya satu hari saja. Sudah terbayangkan sekecil apa?

1. Vatican

1.jpg

Uritan pertama diduduki oleh negara super kecil dengan luas 0,44 km persegi atau 44 hektar saja yang dihuni 842 jiwa. Kepala negaranya seorang Paus yang dipilih untuk seumur hidup, sedangkan para gubernur yang mengurus keperluan sehari-hari. Dulu, Vatican menyewa tentara bayaran Swiss, namun kini merekrut Garda Swiss sesuai persetujuan dengan Swiss dengan persyaratan masuk yakni laki-laki warganegara Swiss beragama Katolik.

Ekonomi Vatican tidak sama dengan negara lainnya, dimana kegiatannya ditunjang dari aktivitas non-komersial seperti sumbangan umat Katolik diseluruh dunia, penjualan prangko, koin, souvenir, dan salib. Selain itu dikenakannya iuran masuk museum dan perpustakaan.

2. Monako 

2.jpg

Urutan kedua diduduki oleh Monako. Luas negara ini hanya 2,02 km persegi saja. Monako memiliki perbatasan darat 4,4 km, garis pantai 4,1 km, dan lebar yang bervariasi antara 1,7 km – 349 m. Titi tertingginya 161 m di bawah permukaan laut yakni jalur Chermin des Revoires di lereng gunung Agel.

Monako tidak memiliki angkatan laut dan udara karena pertahanan bangsa disediakan oleh Perancis. Walau demikian, Monako memiliki kepolisian terbesar di dunia dengan 515 petugas untuk 35.000 orang.

Negara kecil bukan menjadi hambatan, Monako memiliki roda ekonomi yang baik, perputaran uangnya terbesar dari sektor pariwisata. Monako memiliki dermaga yang luas untuk pelabuhan kapal pesiar. Konsep ekonominya monopoli diberbagai sektor. Walau demikian, standar hidupnya tinggi.

3. Liberland

3.jpg

Urutan ketiga diduduki oleh negara terbaru di benua Eropa yaitu Liberland dengan luas 7 km persegi. Negara ini diapit oleh Kroasia dan Serbia. Negara ini berdiri karena daerah Gornja Siga tidak diklaim oleh kedua negara tersebut yang tengah rusuh sengketa batas wilayah saat itu.

Negara yang diproklamirkan pada 13 April 2015 ini tidak memiliki bangunan, hanya pepohonan dan ladang. Sesuai undang-undangnya, siapapun dapat menjadi warga negaranya kecuali yang memiliki masa lalu dengan kelompok tertentu seperti Nazi, Komunis, dan kelompok lainnya yang memiliki catatan kejahatan.

4. Nauru

4.jpg

Negara ini memiliki luas 21 km persegi yang merupakan negara republik terkecil di dunia. Nauru tidak memiliki ibu kota resmi, namun kota terbesarnya Yaren sehingga sering disebut ibu kotanya. Penduduknya kedua paling sedikit di dunia setelah Vatican yakni 9.378 jiwa.

Sepanjang awal abad 20, Nauru terkenal dengan pertambangan fospatnya dan menjadi pendapatan utamanya. Karena kerusakan alam akibat pertambangan, Nauru menjadi pusat pencucian uang. Tahun 2005-2006, Nauru menjadi negara yang terisolasi dari dunia luar karena satu-satunya maskapai penerbangan menuju Nauru berhenti beroperasi melayani perjalanan ke Nauru. Sampai tahun 2008, Nauru mendapat bantuan dari Australia, dan Australia berhak mendirikan pusat penahanan. Namun kini dengan bantuan dana dari Republik Tiongkok, adanya maskapai yang beroperasi.

Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By eka
      Banyak tradisi Natal yang mungkin cukup aneh di beberapa belahan dunia. Biasanya kita menghias pohon natal, menyembunyikan hadiah di kaus kaki dan juga menceritakan kisah Santa Clause. Namun ternyata di beberapa belahan dunia mempunyai budaya atau mitos yang tidak biasa dilakukan saat perayaan Natal. Penasaran?
      Yuk intip keunikan Natal di negara tetangga berikut.
      Natal di India
      Di India, pohon Natal tidak terbuat dari pohon cemara, melainkan pohon mangga atau pisang. Pada umumnya, umat Nasrani akan mendekorasi rumah mereka dengan daun mangga, dan lampu minyak yang diletakkan di atap rumah atau di atas tembok.
      Natal di Yunani
      Sinterklas adalah sosok penting di Yunani sebagai pelindung para pelaut. Berbeda dengan negara lain, di Yunani, pohon Natal bukanlah simbol Natal yang umum. Adalah mangkok dan salib kayu yang menjadi benda penting pada momen Natal. Di tengahnya, terdapat daun kemangi yang dicelupkan ke dalam mangkuk dan berisi sedikit air agar daun tetap segar. Setiap pagi, sang ibu akan memerciki seluruh ruangan rumah dengan menggunakan daun kemangi, dan tradisi ini dilakukan untuk menjauhkan benda-benda dan roh jahat dari rumah mereka.
      Natal di Italia
      Sungguh mengejutkan bahwa di Italia, pohon Natal dari cemara dan hiasan salju ternyata tidak umum digunakan. Yang Ada adalah sebuah piramid yang terbuat dari kayu dan dihias penuh dengan buah-buahan.
      Natal di Australia
      Bila di negara lain Natal berarti bermain salju, bagi anak-anak di Australia, Natal berarti bermain di bawah sinar matahari, surfing dan berbelanja.
      Tentu saja, karena di Australia justru Natal datang saat musim panas tiba. Namun, hal tersebut tak lantas mematahkan semangat umat Nasrani di sana. Karena mereka juga tetap menghias rumah dengan pohon Natal dan hiasan lainnya.
      Natal di Iran
      Di negara ini, umat Nasrani mulai berpuasa dan tidak makan daging sejak 1 Desember. Mereka menyebutnya puasa kecil, puasa besar adalah 6 minggu menjelang Paskah.
      Kemudian, pada tanggal 25 Desember setelah merayakan Natal di gereja, pada umumnya setiap keluarga akan menggelar pesta dan menyediakan menu ayam yang disebut harasa. Tak ada tukar menukar kado yang menjadi tradisi di negara lain, namun anak-anak selalu mendapat kado dari orang tuanya.
      Natal di Jepang
      Di Jepang, tradisi tukar menukar kado memang sudah biasa dilakukan, sehingga pada momen ini hampir semua orang ikut serta dalam tukar menukar kado. Hampir seperti di negara barat, di Jepang umat Nasrani akan menghias rumah dengan mistletoe dan pohon Natal.
      Uniknya, pada malam tahun baru, seluruh anggota keluarga diwajibkan memakai pakaian terbaik mereka dan berdandan rapi. Kemudian mereka akan berbaris dipimpin oleh sang ayah mengelilingi rumah. Ritual ini dipercaya sebagai ritual untuk mengusir setan. Kemudian sang ayah akan melempar setiap sudut ruangan dengan kacang kering agar tidak ada roh jahat yang mau tinggal.
      Di Jepang juga saat musim Natal berarti satu hal, yaitu ayam goreng KFC. Unggas termasuk binatang langka di Jepang. Oleh karena itu di tahun 1970-an KFC mulai melihat kesempatan untuk memulai tradisi Natal dengan mengiklankan ayam KFC menjadi bagian penting dalam musim liburan di Jepang. Sekarang orang Jepang rela mengantri hingga sebulan sebelum perayaan Natal untuk menikmati lezatnya KFC
      Natal di China
      Di China, perayaan Natal dilakukan dengan menghias rumah menggunakan lentera dari kertas. Mereka juga akan menghias pohon Natal dengan rantai dari kertas, bunga dari kertas dan lentera kertas.
      Puncak dari perayaan Natal dilakukan di tahun baru, di mana setiap anak-anak akan menerima hadiah baju baru, makan makanan mewah, mendapatkan mainan baru dan menikmati permainan kembang api. Selain itu, foto atau lukisan nenek moyang akan dipajang di ruangan utama rumah masing-masing keluarga.
      Natal di Irak
      Di malam Natal, keluarga Nasrani di Irak akan berkumpul bergandengan tangan sambil menyalakan lilin. Mereka kemudian membacakan cerita tentang kelahiran Tuhan Yesus. Setelah selesai membaca cerita, mereka akan membakar duri dari semak-semak. Bila duri terbakar habis sampai menjadi abu, maka keberuntungan akan datang di tahun baru. Saat api sudah mati, setiap orang akan melompat di atas abu sebanyak tiga kali sambil membuat permintaan.
      Natal di Brazil
      Hampir sama meriahnya dengan negara lain, di Brazil akan digelar pesta keluarga dengan menghidangkan menu-menu istimewa seperti hidangan babi, kalkun, nasi berwarna, sayur-sayuran dan buah-buahan. Kemudian saat ayam berkokok, digelar misa di gereja.
      Tepat pada tanggal 25 Desember, umat Nasrani pada umumnya berkumpul di siang hari untuk pergi ke pantai atau sekedar berkumpul saja. Dekorasi bunga-bunga segar hampir terlihat di sudut kota. Kembang api dan pohon-pohon Natal besar berhiaskan lampu-lampu indah dapat dilihat di sepanjang langit Brazil.
      Natal di Betlehem
      Lantas bagaimana dengan Natal di Betlehem? Di sana, perayaan Natal dilakukan dengan meriah. Hampir seluruh kota dihiasi dengan bendera dan dekorasi Natal. Pada malam Natal, para turis dan penduduk akan berkumpul memenuhi gereja dan menyaksikan prosesi tahunan berupa opera dan arak-arakan.
      Di setiap pintu rumah, keluarga nasrani akan memberi tanda silang di setiap pintunya. Serta memasang sebuah bintang berukuran besar di alun-alun.
    • By dugelo
      Kisah tentang mafia yang banyak diangkat oleh industri film Amerika Serikat, Hollywood, membuat kita antara percaya tidak percaya dengan adanya mafia. Meski terdengar layaknya dongeng, jaringan mafiaadalah kenyataan yang benar-benar ada, meskipun mafia di dunia nyata tentu berbeda dengan mafia dalam film-film. Dalam realitanya, mafia yang ada di dunia lebih berfokus pada aksi kriminal yang mendatangkan uang, seperti perdagangan narkoba, perdagangan manusia, ataupun korupsi dan pencucian uang. Tidak seperti yang digambarkan dalam film-film dimana mafia berfokus pada kekerasan semata. Uang menjadi motif besar dibalik kekerasan yang dilakukan oleh organisasi kriminal berbahaya ini.
      Ternyata, organisasi kriminal pun ada di hampir setiap negara, mulai dari Amerika Serikat hingga Kenya. Penasaran dengan organisasi mafia yang ada di dunia? Berikut 7 organisasi mafia paling berbahaya yang berhasil Yukepo temukan! Yuk, kepo!
      1. Yakuza, Jepang

      Kita pasti pernah mendengar mengenai Yakuza, nama lain dari sebuah organisasi kriminal di Jepang. Yakuza tidak hanya dikenal dengan aksi kriminalnya, namun juga dengan seni tatonya yang indah. Selain itu, Yakuza di Jepang juga memiliki keunikan tersendiri. Semua anggota Yakuza ujung jari kelingkingnya telah dipotong sebagai tanda kesetiaan terhadap bos mereka.
      2. 18th Street Gang, Amerika Serikat

      Organisasi kriminal ini disebut juga dengan “The Children’s Army” karena organisasi ini kerap merekrut anak-anak sebagai anggotanya. 18th Street Gang atau yang juga sering disebut M-18, memiliki basis di Los Angeles, Amerika Serikat. Organisasi ini terlibat dalam kartel narkoba Meksiko dan juga beberapa jaringan kriminal di Amerika Latin.
      3. Russian Mafia, Rusia

      Tidak banyak yang diketahui mengenai mafia Rusia. Namun kabarnya, organisasi kriminal dari Rusia sangat mengerikan. Selain melakukan berbagai bisnis ilegal seperti perdagangan organ manusia, atau jasa pembunuh bayaran, organisasi ini juga kabarnya kerap menggunakan metode kekerasan demi melancarkan bisnis ilegal mereka.
      4. Mungiki, Kenya

      Organisasi kriminal di Kenya ini merupakan organisasi yang paling ditakuti di negaranya. Mungiki kerap melakukan pemerasan kepada masyarakat Kenya yang berada di pinggiran dan menguasai industri taksi di Kenya. Mereka terkenal dengan aksi kekerasannya yang brutal terhadap siapapun yang menghalangi jalannya organisasi kriminal mereka.
      5. Rizzuto Family, Kanada

      Keluarga ini adalah keluarga yang mengatur sindikat kriminal terbesar di Montreal, Kanada. Selain terkenal dengan metode kekerasan yang digunakan oleh keluarga Rizzuto untuk memperlancar bisnisnya, keluarga ini juga memiliki mayoritas perusahaan kontraktor di Montreal.
      6. Mara Salvatrucha, Amerika Serikat

      Mara Salvatrucha, atau yang disingkat dengan MS-13 adalah saingan terbesar dari organisasi 18th Street Gang di Amerika Serikat. Organisasi ini terlibat dalam kartel narkoba Sinaloa dan terkenal dengan kekerasannya. Anggota MS-13 dapat diidentifikasi melalui berbagai tato pada tubuh dan wajah anggotanya dan gerakan tangan rahasia yang menjadi ciri khas organisasi kriminal ini.
      7. Albanian Mob, Albania

      Seperti dalam film Godfather, organisasi kriminal dari Albania ini merupakan organisasi yang berbasis keluarga. Organisasi ini berfokus pada perdagangan ilegal narkoba. Bahkan seorang pemimpin organisasi kriminal ini teridentifikasi sebagai bandar narkoba terbesar di Eropa.
      Organisasi kriminal memang fenomena yang nyata adanya, meski sulit untuk dirasakan kehadirannya karena mereka beroperasi di balik bayang-bayang. Hmm, kira-kira seperti apa ya organisasi mafia yang ada di Indonesia? Ada yang tahu?
    • By Jennifer_Wirayang
      Bagi seluruh umat Kristiani di dunia ini, menyambut hari Natal itu salah satu moment paling bahagia bagi mereka . Bahkan tak heran pula jika mereka seringkali menyiapkan sesuatu hal yang luarbiasa untuk perayaan Natal. Mulai dari perayaan Natal yang terbilang mewah hingga perayaan natal yang aneh unik dan menarik.
      Dan kali ini ada sejumlah perayaan Natal paling Aneh di dunia yang hanya ada di negara – negara tertentu. Seperti apa perayaan Natal paling aneh yang ada di dunia tersebut ? Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia 5 perayaan Natal paling aneh yang ada di dunia.
      1. Makan burung yang sudah berjamur, Greenland
      Perayaan Natal paling aneh yang ada di dunia yakni dilakukan di Greenland. Di sana ada sebuah tradisi parayaan natal paling aneh yakni dengan makan burung yang sudah diawetkan atau Kiviak selama musim dingin. Burung yang dimakan secara beramai – ramai ini dinyatakan sudah mati yang sudah disimpan selama 7 bulan terakhir sehingga saat perayaan natal tiba burung tersebut sudah siap untuk disantap. di segel bangkai selama tujuh bulan sebelumnya.
      2. Malam penuh lobak, Meksiko
      Perayaan Natal paling aneh yang ada di dunia yakni juga ada di negara Meksiko yang terkenal dengan ciri khas malam penuh lobak.. Di Meksiko tanaman lobak memang banyak di jumpai bahkan mudah ditemukan. Uniknya, lobak yang sudah menjadi ciri khas negara Meksiko itu pun terlihat begitu menarik saat malam Natal. Sebab , warga disana memilih menjadikan lobak sebagai hiasan natal mereka dengan diukir menjadi karakter-karakter yang terkenal dari kisah Natal.
      3. Sinterklas dan senjata api, AS
      Sinterklas memang menjadi simbol perayaan Natal di seluruh penjuru dunia. Namun di negara Arizona, AS. The Scottsdale Gun Club ini punya cara yang lebih unik untuk merayakan natal bersama Sinterklas yakni dengan menyelenggarakan acara Santa and Machine Guns di hari Natal. Disitu kamu bisa melihat foto Sinterklas memegang senjata api yang pastinya berbeda dengan Sinterklas di negara lain.
      4. Didatangi Krampus jika nakal, Jerman
      Tradisi perayaan Natal paling unik yakni ada di negara Jerman , disana para umat kristiani akan didatangi  paraKrampus jika selama perayaan Natal mereka melakukan perbuatan nakal. Bahkan Krampus tersebut akan menghukum anak-anak yang tidak berperilaku baik selama setahun dengan cara memukul anak-anak tersebut dengan ranting pohon atau rantai .
      5. Legenda laba-laba Natal, Ukraina
      Perayaan Natal paling aneh yang terakhir ada di negara Ukraina . Disana pohon – pohon Natal bukan di hias dengan pernak – pernik mewah , melainkan dengan laba-laba dan ini dilakukan bagi masyarakat miskin jika mereka tidak mampu membeli perlengkapan dekorasi Natal.
      Nah, itulah dia perayaan Natal paling Aneh yang ada di dunia.
    • By Clement
      1. Motherboard

      Sebagai poin pertama dalam menyusun PC gaming 5 jutaan ialah mengenai motherboard. Guna menekan budget, tentunya kamu harus memakai motherboard yang cukup murah seperti MSI A68HM-E33 V2. Dengan harga Rp840.000 saja sebenarnya motherboard ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan PC gaming terbaik yang akan kamu bangun.
      Motherboard murah meriah ini memiliki fitur yang cukup mumpuni dari segala aspek, seperti PCIe, dual channel RAM DDR3, HDMI dan USB 3.0. Selain itu dilengkapi juga dengan beberapa fitur menarik yaitu MSI Millitary Class 4, di mana motherboard ini dapat tahan pada kondisi suhu tinggi dan mampu terlindungi dari listrik statis.
      2. Prosesor

      Masih dalam rangka memangkas dana dalam mendapatkan harga PC gaming murah. Taktiknya ialah dengan memakai prosesor AMD Kaveri Athlon X4-860K seharga Rp 1.000.000 saja. Eitss.. tunggu dulu! Walaupun murah, prosesor ini sebenarnya sudah sangat cukup untuk kebutuhan gaming kamu loh.
      Memiliki 4 inti atau Quad-Core dengan kecepatan 3,7 Ghz dan bisa di-boost sampai 4Ghz, prosesor ini cukup baik untuk menjalankan game-game sekarang. Apalagi prosesor ini tidak memiliki grafis terintegrasi sehingga kinerja prosesor menjadi lebih mantap dan mampu memberikan performa yang tangguh.
      3. VGA

      Inilah bagian terpenting untuk merakit sebuah PC gaming 5 jutaan. Yap, sebagian besar budget akan dialokasikan untuk kartu grafis atau VGA. Karena kebanyakan game sangat bertumpu kepada kinerja VGA dibandingkan prosesor.
      HIS Radeon RX 460 iCooler OC 2GB DDR5 adalah pilihan terbaik untuk meracik PC gaming 5 jutaan. VGA yang belum lama dirilis ini memiliki performa yang cukup tangguh dengan rata-rata di atas 30fps pada settingmedium dan high, yang tentunya akan menjalankan game secara mulus. Kamu harus mengeluarkan kocek sebesar Rp1.520.000 untuk mendapatkan VGA satu ini.
      4. RAM

      Dari sektor RAM, ada AVEXIR Core Red Dual Channel 4GB DDR3 yang dapat menjadi pilihan tepat untuk memainkan game kekinian yang rakus akan RAM. Cukup merogoh kocek sebanyak Rp565.000 kamu sudah dapat memiliki RAM yang cukup berkualitas dan sanggup memenuhi kebutuhan PC gaming terbaik.
      5. Harddisk

      Untuk harddisk-nya, kamu bisa pilih WD 500GB SATA. Dengan memanfaatkan harddisk ini, kamu tidak akan yang namanya over budget. Dengan kapasitas 500Gb, tentu sudah cukup untuk memuat sekitar 10-15 game terkini yang memiliki ukuran cukup besar. Kamu bisa mendapatkan WD 500GB SATA ini dengan harga Rp465.000.
      6. Power Supply

      Guna memenuhi kebutuhan listrik pada seluruh komponen PC gaming terbaik, tentunya kamu membutuhkan sebuah power supply. Nah, Gamemax PSU 450W GP 450 bisa kamu pilih, selain karena harganya murah, tentu saja kualitasnya juga cukup baik. Meski banyak yang meragukannya, power supply seharga Rp480.000 ini sudah memiliki sertifikasi 80+ Bronze atau efisiensi 80% yang dapat mengurangi panas, dan dapat menghemat penggunaan daya listrik.
      7. Case

      Meski kamu dapat bebas memilih berbagai macam casing murah yang ada di pasaran, di sini saya tetap akan memberikan sebuah rekomendasi untuk kamu. Masih dengan merek yang sama dengan power supply, GameMax Hero Gaming H601 bisa menjadi sebuah pilihan yang bagus.
      Berukuran tidak terlalu besar, casing ini masih dapat memuat komponen-komponen yang sudah disebutkan di atas secara leluasa dengan manajemen kabel yang baik, serta menggunakan liquid cooler. Liquid cooler inilah yang menjadi kelebihan dari casing seharga Rp325.000 ini. Selain itu, kamu juga dapat memiliki tampilan CPU yang stylish dengan kaca transparan yang terdapat di bagian sampingnya.
      Kesimpulan
      Jadi, setelah menjumlahkan seluruh harga komponen-komponen yang sudah saya rekomendasikan di atas, kamu hanya perlu mengeluarkan sekitar Rp5.195.000 untuk mendapatkan sebuah PC gaming terbaik dengan budget 5 jutaan saja. Sayangnya, dengan PC gaming low budget seperti ini, kamu tentu tidak akan mendapatkan setting-an ultra dalam game. Meski begitu, kamu tetap bisa memainkan game terkini secara lancar tanpa adanya lag dengan setting medium hingga high.

    • By berita_semua
      Sebuah menara setinggi 708 kaki bernama žižkov TV Tower berdiri dengan jangkungnya di tengah-tengah kota Praha. Namun siapa menyangka menara yang didirikan antara 1985-1992 ini justru ternyata malah menyediakan fasilitas penginapan.
      Dilansir dari laman Elle Decor, Minggu (5/2/2017), meski pernah dianggap sebagai salah satu bangunan paling jelek di dunia, namun pada bagian atas menara, ada hotel dengan pemandangan terbaik se-kota Praha. Bahkan, siapa pun bisa menghuni hotel dengan satu kamar yang terletak di ketinggian 230 kaki dari atas permukaan tanah.

      Sebelum hotel dengan satu kamar ini dibuka pada 2013, Anda hanya bisa mengunjungi menara dan sembari menikmati pemandangan dari atas menara mulai dari pukul 8 pagi hingga 12 siang melalui dek observatorium atau restorannya. Namun sekarang Anda dapat menghabiskan sepanjang malam melihat keindahan kota Praha dari tempat tidur Anda.

      Kamar tidur hotel ini terbilang sangat spesial. Sebab, kasurnya terbuat dari bulu kuda yang dibuat oleh sebuah perusahaan penjahit tangan asal Swedia bernama Hästans.
      Sedangkan kamar mandinya penuh dengan dinding kaca. Perlengkapan mandinya pun bermerek L'Occitane dan memiliki bak berdiri sendiri dan shower.

      Tarif penginapan di hotel satu kamar ini dipatok mulai dari 549 euro atau setara Rp7,8 juta (mengacu kurs Rp14.277 per euro) per malam dan sudah termasuk sarapan gratis serta Wi-Fi.
×
×
  • Create New...