Jump to content
Sign in to follow this  
berita_semua

Akhirnya Terungkap, Penyebab Sebenarnya dari Fenomena Deja Vu

Recommended Posts

deja vu - ngobas.jpg

Fenomena Deja Vu selalu menjadi misteri para ilmuwan dalam beberapa tahun terakhir. Kini, penyebab utama dari fenomena ini tampaknya mulai terungkap.

Para ilmuwan dari Universitas ST Andrews menjelaskan bahwa fenonema ini hanya usaha otak untuk memeriksa apakah ingatan dari manusia berjalan dengan baik.

Profesor Akira O'Connor menggunakan pemindai MRI (Magnetic Resonance Imaging) untuk memindai otak dari 21 relawan. Sebelumnya, para relawan tersebut telah menjalankan prosedur untuk memicu perasaan deja vu.

"Apa yang membuatnya menarik adalah tes ini menghasilkan gambaran nyata tentang fenomena ini. Hal ini merupakan terobosan dalam ilmu pengetahuan, dan hasilnya juga cukup rapi," ungkapnya.

Hasil tes menunjukan, deja vu disebabkan oleh bagian frontal dari otak yang memeriksa kenangan seseorang. Selanjutnya, bagian tersebut akan mengirim sinyal jika terdapat kesalahan memori di otak.

"Wilayah otak yang berhubungan dengan konflik memori, tampaknya memicu pengalaman deja vu pada seseorang," tutupnya.

Sebelumnya dipercaya bahwa deja vu disebabkan oleh otak yang membuat kenangan palsu, sehingga terlihat bahwa kenangan tersebut pernah dialami. 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By BincangEdukasi
      Semua orang tahu apa itu deja vu dan pernah mengalaminya. Deja vu adalah suatu peristiwa yang dialami oleh seseorang di mana ia merasa yakin telah mengalami peristiwa itu sebelumnya. Tapi tahukah Anda bahwa ada tiga jenis deja vu? Seperti dikutip dari situs learningmind.com, menurut psikolog Arthur Funkhouser, ada tiga jenis deja vu yang bisa memberi pengalaman lintas visual berbeda. Apa saja itu?
       
      1. Deja Senti (memikirkan)
       

       
      Deja senti secara eksklusif dilakukan dengan emosi manusia yang diterjemahkan dengan perasaan sudah merasakan seseuatu sebelumnya. Beda dengan pengalaman kejiawaan lain, déjà senti ini benar-benar alami dan sering dialami oleh penderita epilepsi.
       
      2. Deja Vecu (mengalami)
       

       
      Deja Vecu adalah suatu perasaan yang paling sering kita alami. Sebuah perasaan di mana seseorang telah mengtahui apa yang sedikit lagi akan terjadi atau merasa telah mengingat hal tersebut.
       
      3. Deja Visite (mengunjungi)
       

       
      Deja Visite ini adalah suatu perasaan yang lebih spesifik, perasaan yang membuat kita tahu tempat yang tidak pernah kita kunjungi sebelumnya. Misalnya, saat seseorang mengunjungi sebuah kota untuk pertama kalinya, dia tahu cara yang tepat untuk mencapai tujuan itu, meskipun dengan cara yang tidak masuk akal atau dengan pengalaman spritiual.

About Ngobas

Ngobas is All-in-One website that can be use by everyone for free to find friends and exchange information. The name Ngobas is derived from the abbreviation, which is Ngomong Bebas Originally Sedap, meaning that it is appropriate to speak according to the ethics of socializing.

CEO’s Greeting

I realize that information and communication are the main things in life. Ngobas is the right platform for that. We will always be connected wherever we are and that is the purpose Ngobas was built.

- Samuel Berrit Olam

×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy