Jump to content

Fakta-Fakta Tentang Kemerdekaan Indonesia


eunike_grace

Recommended Posts

Sebagai hari kemerdekaan, tentunya Tanggal 17 Agustus patut untuk dirayakan oleh segenap rakyat Indonesia sebagai bukti terima kasih atas segala perjuangan pahlawan-pahlawan negara dalam mengusir penjajah dari Tanah Air. Eits tapi ndral tahu enggak beberapa fakta menarik seputar proklamasi kemerdekaan Indonesia.

1. Soekarno Lagi Sakit

1.jpg

Siapa sangka sewaktu membacakan teks proklamasi, Bung Karno sedang dalam keadaan sakit. Disebutkan kalau Bung Karno terkena ginjal malaria tertiana. Ditambah Bung Karno juga sempat begadang untuk menyusun konsep proklamasi. Namun dengan tekad tinggi  mengumumkan kemerdekaan Indonesia, Soekarno tetap semangat untuk membacakan teks proklamasi di depan jutaan rakyat Indonesia.

2. Bendera Dari Seprai

2.jpg

Karena tanpa persiapan yang matang dan serba mendadak, jendral tau enggak kalau bendera pusaka sang saka merah putih terbuat dari bahan-bahan yang enggak lazim. Warna putihnya dari kain seprai dan warna merah berasal dari kain tukang soto!

3. Dilaksanakan Sangat Sederhana

3.jpg

Tau enggak ndral kalau upacara kemerdekaan Indonesia tahun 1945 berjalan sangat sederhana. Bahkan tiang benderanya pun terbuat dari batang bambu yang ditanam hanya beberapa menit sebelum upacara berlangsung.

4. Naskah Asli Proklamasi Ditemukan di Tempat Sampah

4.jpg

Naskah asli teks proklamasi yang ditulis oleh Soekarno dan didikte oleh Bung Hatta ternyata ditemukan di tempat sampah. Naskah historis tersebut ditemukan oleh wartawan BM Diah di sebuah keranjang sampah sekitar rumah Laksamana Maeda setelah disalin dan diketik oleh Sajuti Melik. Setelah disimpan selama 46 tahun oleh BM Diah, pada tahun 1992 naskah bersejarah tersebut diserahkan kepada presiden Soeharto.

5. Orang-orang di balik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

5.jpg

Bukan cuma Bung Karno dan Bung Hatta loh yang berjasa dalam menyelesaikan teks proklamasi yang pada akhirnya dibacakan di depan rakyat Indonesia. Pada saat penyusunan naskah proklamasi, sahabat-sahabat Soekarno seperti Achmad Soebardjo, Sajuti Melik dan Soekarni disertakan untuk sama-sama berkontribusi merumuskan naskahnya.

Nah sekarang pengetahuan sejarah Loopers makin bertambah dong setelah mengetahui fakta-fakta menarik seputar proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...