Jump to content
Sign in to follow this  
Guest Metrotvnews

Bedah Audi TTS, Canggih dan Mengerti Kebutuhan Pengendara

Recommended Posts

Guest Metrotvnews
Metrotvnews.com, Jakarta: Berbicara tentang mobil yang harganya hampir mencapai Rp2 miliar, bisa dipastikan bakal ada penyesuaian karakter mobil ke gaya berkendara. Biasanya urusan tampilan dan personalisasi desain kabin hingga beberapa detail lainnya. Namun untuk karakter mesin, tak banyak yang memilikinya. Audi melalui TTS terbarunya menjawab semua itu dengan fitur canggih mengerti kebutuhan pengendaranya.

Bisa dibilang, mobil ini adalah mobil pintar. Memang bukan tipe autonomous yang bisa berkendara sendiri, setidaknya mobil ini sudah mampu mengikuti karakter berkendara sang empunya. Kali ini kami akan lebih dalam mengulas tentang karakter mesin, transmisi dan suspensi yang dimilikinya.
Audi-MTVN2.jpg
Mesin
Mesin TTS ini menggendong kapasitas sebesar 2.0 TFSI dengan muntahan tenaga mencapai 310 daya kuda di RPM 5800-6200. Tambahan sistem turbocharged pada mesinnya bisa dibayangkan membuat tarikan tenaga saat berakselerasi bakal lebih terasa. Sistem penggerak all wheel drive (AWD), membuat mobil ini takkan kehilangan traksi. Mengingat semua rodanya punya porsi masing-masing dan akan mengoper traksi ke roda yang membutuhkan.

Transmisi
Sistem transmisi memegang peranan besar pada penyaluran tenaga ke roda. Di Audi TTS, sistem transmisi S-Tronic-nya bisa dibilang cukup sempurna. Ada beberapa mode drive select yang bisa digunakan yang sesuai dengan gaya berkendara sang empunya. Di antaranya adalah model Efficiency, Comfort, Auto, Dynamic dan Individual. Antara satu mode ke mode lainnya memiliki perbedaan karakter.

Misalnya jika ingin berkendara dengan mode Efficiency, ada beberapa hal yang akan membuat mobil jadi lebih irit bahan bakar. Misalnya dengan mencegah RPM terlalu tinggi sebelum pindah ke gigi yang lain. Hal lain yang diatur adalah feeling pada kemudi, pedal gas, hingga sistem suspensi.
Audi-MTVN1.jpg
"Sebagai contoh mode berkendara yang agresif, bisa coba di drive select Dynamic. Sistem ini membuat rasio gigi jadi lebih panjang, RPM bisa lebih tinggi, suspensi bakal jadi lebih rigid dan beberapa hal lain. Tapi sistem kontrol traksinya tidak bisa disetel. Kontrol traksi mengikuti sistem yang sudah ada, ini untuk menjaga keempat ban tetap mendapat traksi yang cukup dan tidak selip," jelas Technical Manager PT Garuda Mataram Motor (Audi Indonesia) Januardi Kurniawan, saat memberikan pelatihan teknis Audi TTS di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 di ICE BSD City pada Selasa (16/8/2016).

Suspensi
Hal ketiga yang bisa mengerti karakter pengendaranya di TTS adalah teknologi magnetic ride. Bahasa gampang dari sistem ini adalah sistem kontrol peredaman yang memiliki fluida aktif di dalamnya. Sistem fluida aktif ini mampu membaca gaya berkendara, tergantung dari drive select yang dipilih pengemudi. "Sebagai contoh, kalau mode berkendara Comfort, maka sistem fluida-nya cenderung pasif. Tapi kalau ada beban berlebihan akibat dari akselerasi dadakan, fluida tersebut bakal aktif dengan sendirinya."
Audi-MTVN3.jpg
Hal lain yang disebutkan cukup unik adalah fitur pembacaan panel dashboard yang sudah full digital. Sistem ini mereka istilahkan dengan Audi Virtual Cockpit. Hal inilah yang membuatnya terlihat sangat istimewa. Semua kebutuhan berkendara yang nyaman sudah tersaji di dashboard panel tersebut. Termasuk display monitor pemberitahuan takometer, jarak tempuh dan lain sebagainya.

www.metrotvnews.com

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
Sign in to follow this  

×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy