Jump to content

Tips Efektif Atasi Biang Keringat


patricia

Recommended Posts

biang keringat.jpg

Apakah Anda atau keluarga Anda sering terganggu oleh keberadaan biang keringat? Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, biang keringat biasanya tidak memerlukan terapi khusus, karena kebanyakan biang keringat tidak bergejala dan dapat hilang dengan sendirinya.

Pada prinsipnya, penanganan utama biang keringat adalah dengan menjaga suhu dan kelembapan agar Anda tidak sering berkeringat. Dikutip dari KlikDokter.com, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

1. Perhatikan bahan dan jenis pakaian

Jangan gunakan pakaian dengan bahan yang terlalu ketat atau yang tidak menyerap keringat. Pakaian yang ketat dan tidak menyerap keringat akan menyebabkan suhu tubuh meningkat, sehingga merangsang produksi keringat. Jadi, pilihlah pakaian longgar yang nyaman dan terbuat dari bahan katun.

2. Pindah ke ruangan yang lebih dingin dan dengan ventilasi yang baik

Ruangan tertutup tanpa ventilasi akan mempermudah tubuh Anda untuk berkeringat. Sebaiknya ruangan memiliki ventilasi yang baik atau bila memungkinan dapat menggunakan pendingin udara.

3. Batasi aktivitas  yang menguras keringat sementara waktu

Sebaiknya hindari dahulu aktivitas yang dapat menyebabkan keringat berlebih agar biang keringat tidak bertambah parah.

4. Mandi secara teratur dengan air dingin

Mandilah dua kali sehari. Bila Anda jarang mandi, keringat beserta kotoran dapat menumpuk di permukaan kulit dan risiko terjadinya sumbatan di saluran kelenjar keringat menjadi meningkat. Selain itu, biasakan untuk menggunakan air yang tidak panas, karena air yang terlalu panas akan merangsang pembuluh darah untuk melebar sehingga perpirasi meningkat.

5. Menggunakan obat oles

Anda dapat menggunakan produk bebas yang mengandung bahan untuk mendinginkan kulit, contohnya calamine. Hindari penggunaan krim yang terlalu lengket, karena justru dapat memperparah sumbatan dan membuat keringat bertambah banyak. Atau bila diperlukan, dokter Anda dapat menambahkan obat-obatan antiradang untuk membantu mengurangi gejala.

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...