Jump to content
jurnal_korupsi

PLN rugi 72 Miliar

Recommended Posts

PT PLN (Persero) mengalami kerugian bersih sebelum audit pada 2013 sebesar Rp30,9 triliun atau turun Rp34,1 triliun dibandingkan 2012 yang memperoleh laba bersih Rp3,2 triliun.

 

Direktur Keuangan PLN Setio Anggoro Dewo saat rapat dengan Komisi VII DPR di Jakarta, Senin mengatakan, kerugian disebabkan rugi kurs.

 

"Akibat rugi kurs, PLN rugi bersih sebelum audit Rp30,9 triliun," ucapnya.

Padahal, pada 2013, PLN mendapat laba usaha Rp34,7 triliun.

 

Menurut dia, 30 persen utang PLN dalam bentuk valuta asing seperti dari Bank Pembangunan Asia (ADB), Bank Dunia, Japan International Cooperation Agency (JICA), dan Japan Bank for International Cooperation (JBIC).

 

"Kami juga punya global bond 5,5 miliar dolar AS dan utang program percepatan 10.000 MW sebesar delapan miliar dolar AS. Dengan demikian, jumlah utang tergantung dinamika kurs," tuturnya.

Ia mengatakan, pada 2014, PLN menargetkan perolehan laba bersih Rp11,7 triliun dengan laba usaha Rp41 triliun.

 

"Laba usaha terus meningkat. Pada 2008, laba usaha hanya Rp3,6 triliun," ujarnya.

Pada 2013, lanjutnya, pendapatan usaha PLN mencapai Rp258 triliun dengan beban usaha Rp223 triliun.

 

Sementara, estimasi pendapatan usaha 2014 sebesar Rp290 triliun dengan beban usaha Rp249 triliun.

Setio menambahkan, pada 2013, penjualan PLN mencapai 188,1 Tera Watt hour (TWh) atau tumbuh 7,8 persen dibandingkan 2012 sebesar 174 TWh.

 

Untuk pemakaian BBM pada 2013 mencapai 7,4 juta kiloliter, gas 403,1 triliun British thermal unit (TBTU), batu bara 40 juta kiloliter, dan BBN 0,01 juta kiloliter.

 

Sementara, susut jaringan pada 2013 terealisasi 9,5 persen, harga jual Rp816,4 per kWh, biaya pokok produksi Rp1.338 per kWh, dan jumlah pelanggan bertambah 3,8 juta sehingga totalnya 53,6 juta.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Gue mah aneh sama perusahaan perusahaan Vital di Indonesia, kalo ditanya mengenai PROFIT pasti ngejawab RUGI terus, gak pernah deh gue denger perusahaan perusahaan tersebut UNTUNG??? 

Padahal liat aja, listrik sudah masuk ke hampir seluruh pelosok tanah air, otomatis dong pelanggan PLN banyak? Iya kan? 
Lagipula kalo berkata Rugi atau Untung yang paling Rugi adalah Pelanggan, sering mati listrik teruuuuuuuuuus!

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By berita_semua
      Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir
      Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir menegaskan bahwa pencabutan subsidi listrik tidak menyasar rakyat miskin. "Yang dilakukan pemerintah bukan mencabut subsidi, sebagaimana perkiraan banyak orang, tetapi membenahi yang selama ini tidak berhak memperoleh subsidi, namun tetap memperoleh subsidi," ujarnya, Jumat (13/1/2017).
      Sofyan menjelaskan, pembenahan itu dilakukan kepada pelanggan listrik 900 Volt Ampere (VA) yang sebenarnya tidak berhak mendapatkan subsidi.
      Mantan Direktur Utama BRI ini pun mengakui bahwa selama ini memang terdapat kesalahan dalam pemberian subsidi. "Mereka selama ini tidak layak menerima subsidi dan jumlahnya tidak fair," tuturnya.
      Di Indonesia, total pelanggan listrik 900 VA ada 22,9 juta rumah tangga. Namun berdasarkan kajian dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), hanya 4,1 juta pelanggan dinilai layak mendapatkan subsidi.
      Sisanya, 18,8 juta pengguna distrik 900 VA merupakan rumah tangga mampu sehingga tidak berhak mendapatkan subsidi dari pemerintah. Pelanggan inilah yang subsidinya dicabut.
      Soal apakah nanti pemberian subsidi listrik dikaitkan dengan program Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), menurut Sofyan, pihaknya akan membangun kartu sendiri. Hal ini karena PLN memiliki nomor pelanggan. "Lokasinya kami datangi, karena setiap bulan kami ambil rekeningnya. Jadi tidak mungkin salah," ujarnya.
      Berdasarkan data PLN, pada tahun 2017, tercatat beban subsidi untuk 450 VA bagi orang yang mampu sebesar Rp1,1 miliar. Hal serupa juga terjadi pada pemakaian 900 VA dengan beban subsidi Rp2,9 miliar. Hal inilah yang perlu diperbaiki sehingga pemberian bantuan dapat tepat sasaran.
      "Sehingga secara bertahap kami harus melakukan penajaman sasaran kembali sehingga betul-betul subsidi listrik ini tepat sasaran dan diterima oleh memang masyarakat yang tidak mampu, yang membutuhkan," pungkasnya. 
    • By taniveline
      PT Perusahaan Listrik Negara (persero) atau PLN memutuskan untuk menaikkan tarif listrik bagi 12 golongan yang mengikuti kebijakan penyesuaian tarif setiap bulannya.
      Adapun kenaikan tarif bakal dibebankan kepada pelanggan untuk kelompok tegangan rendah, menengah, dan tinggi dengan rata-rata kenaikan Rp8 per kwh sampai Rp11 per kwh yang berlaku mulai 1 Juni 2016.
      Kepala Divisi Niaga PLN Benny Marbun menjelaskan, kenaikan tarif listrik Juni lantaran adanya penguatan mata uang dolar AS dan harga minyak mentah Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP).
      "Tarif listrik mengikuti mekanisme tarif adjustment bulan Juni naik, namun masih relatif stabil," kata Benny dalam rilis resminya.
      Meski ada kenaikan tarif, Benny menilai angkanya tergolong tidak terlalu besar. PLN mencatat, nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS pada April 2016 mengalami penguatan sebesar Rp13 per dolar AS, dari sebelumnya pada Maret 2016 sebesar Rp13.193 per dolar AS menjadi Rp13.180 per dolar AS pada Maret.
      Faktor lain yang ikut berpengaruh atas kenaikan tarif listrik pada Juni adalah harga ICP pada April. Tercatat, harga ICP pada April 2016 mengalami kenaikan USD3,01 per barel, dari sebelumnya, Maret 2016 sebesar USD34,19 per barel menjadi USD37,20 per barel. Dan untuk inflasi pada April 2016 sebesar -0,45 persen sebelumnya pada Maret 0,19 persen.
    • By iiee

      Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang meninjau lokasi tersengatnya dua pegawai Transjakarta untuk menganalisis dari mana asal listrik yang menjadi penyebab sengatan. Hasil penelusuran PLN tersebut membuktikan bahwa listrik bukan berasal dari tiang listrik milik PLN.
      "Aliran listrik berasal dari instalasi kabel Penerangan Jalan Umum (PLN) di dalam tanah yang terkelupas," kata Manajer Komunikasi, Hukum, dan Administrasi PLN Jakarta, Aries Dwianto dalam keterangan persnya, Rabu (30/12).
      Aries menambahkan, para pegawai Transjakarta tersengat listrik lantaran di dekat tiang PJU tersebut terdapat genangan air yang notabene merupakan konduktor air.
      Ditambah lagi kabel PJU terlepas dan menyebabkan dua pegawai tersengat listrik. Saat kondisi kabel PJU terkelupas, Aries mengatakan bahwa kabel dan instalasi PLN di lokasi sengatan dalam keadaan baik serta aman.

      "Pihak terkait sudah mengambil langkah untuk melokalisir kabel yang terkelupas untuk alasan keamanan dan keselamatan," ujar Aries.
      Sebelumnya dua pegawai PT Transjakarta bernama Niko Adeli dan Siti Nurhayati tewas tersengat listrik saat turun dari jembatan penyeberangan halte Transjakarta di kawasan Mangga Dua, Jakarta Pusat.
      Kejadian tersebut terjadi hari ini, Rabu (30/12), sekitar pukul 02.00 WIB. Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar M. Iqbal mengatakan keduanya berencana untuk kembali ke indekosnya masing-masing.
      Namun ketika turun dari jembatan, keduanya menginjak genangan air dan tersengat aliran listrik yang diduga berasal dari tiang listrik tak jauh di dekatnya.
    • By jurnal_korupsi
      Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara PT PLN (Persero) dengan Komisi VI telah selesai. PLN dicecar berbagai pertanyaan, salah satunya menyelesaikan masalah biaya administrasi tarif listrik prabayar atau token.
      Direktur Utama PLN Sofyan Basir, segera akan mengkoordinasikan dengan pihak perbankan dan payment point online bank (PPOB) untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sebelumnya, Sofyan menjelaskan jika dalam setiap transaksi pembelian tarif token dikenakan biaya administrasi sebesar Rp1.600.
      "Ada rencana. Mungkin bulan depan kita mulai ngobrol-ngobrol sama perbankan dan PPOB yang marjinnya besar," ujar Sofyan di Jakarta, Kamis (17/9/2017).
      Menurutnya, hal ini perlu diselesaikan, lantaran masyarakat masih memerlukan pembayaran token lewat bank. Pasalnya dengan hal demikian mampu memudahkan konsumen dalam melakuakan transaksi pembayaran.
      "Daripada pergi ke kantor PLN, nyari waktu sendiri. Pakai ojek pakai transport. Kalau masyarakat balikin bayar langsung ke PLN, kasihan enggak mereka. Belum yang di kampung-kampung mesti ke kantor kecamatan. Milih saja nanti yang mau bayar langsung boleh. Mau lewat PPOB boleh,"tuturnya
  • Recent Status Updates

    • qbonk

      Hai ngobaser, gede yaaa hahaha
      viral.pisan_20191207_1.mp4
      · 1 reply
    • PusatInformasi

      Hi semuanya, gimana kabarnya?
      · 1 reply
    • keenion

      Hai jendral
      · 0 replies
    • Sam

      Jangan pernah down sama masalah hidupmu, gue sendiri ketika ada masalah emang susah melihat kebawah. Tapi ketika gue liat ini, ternyata masalah gue gak besar sebenernya, masih ada yang lebih besar masalahnya dari gue. 

      · 3 replies
    • Forzaken_DT

      Modus operandi baru di resepsi pernikahan... Hati2 waspada
      Muncul orang necis berbusana rapi sungguh baik hati menemui....
      Namun
      Waspada Modus Penipuan dilakukan ditempat resepsi Pernikahan
      Seorang menampilkan diri simpatik tutur katanya.
      Meyakinkan layaknya Panitia namun sebenarnya mereka Panitia Gadungan/Palsu.
      Modus
      Sang Panitia Palsu masuk ruangan dan berbisik dg seorang tamu meminjam Kunci Motor/Mobil utk di geser.
      Dipindahkan krn ada mobil mau keluar, dan akhirnya diberikan tanpa curiga.
      Sebenarnya mereka sudah mengawasi tamu yang datang dan memarkir kendaraannya.
      Akibatnya
      Ditunggu lama kunci tak dikembalikan, keluarlah dari gedung pemilik kunci tsb.
      Setelah dicek mobil sudah tidak ada ditempat
      Ternyata
      Panitia Palsu tadi yg minta kunci sdh lenyap dengan membawa mobilnya.
      Waspadalah,
      Modus inipun berlaku jg utk kendaraan roda 2..
      Oleh karena itu
      Lebih Amannya
      Pindahkanlah sendiri Motor/Mobil anda, jika diberitau orang.
      Jangan lugu terlalu percaya dgn menyerahkan kunci kepada orang yg tidak anda kenal.
      Cerita pengalaman dari org yg pernah mengalami.... semoga bermanfaat siapapun menjadi waspada.
      · 0 replies
  • Forum Statistics

    • Total Topics
      74,594
    • Total Posts
      81,927

About Ngobas

Ngobas is All-in-One website that can be use by everyone for free to find friends and exchange information. The name Ngobas is derived from the abbreviation, which is Ngomong Bebas Originally Sedap, meaning that it is appropriate to speak according to the ethics of socializing.

CEO’s Greeting

I realize that information and communication are the main things in life. Ngobas is the right platform for that. We will always be connected wherever we are and that is the purpose Ngobas was built.

- Samuel Berrit Olam

×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy