Jump to content
  • Kemerdekaan indonesia 74
  • Kemerdekaan indonesia 74
  • Kemerdekaan indonesia 74
Darur

BEBERAPA SKILL DASAR MENJAWAB SOAL TOEFL

Recommended Posts

Ngomong2 soal  materi adjective clause (penjelas benda, bisa subjek bisa objek)

konektornya: who, whom, whose, which, that, when, where.

khusus who, which, that bisa berfungsi sbg konektor skaligus subjek

 

ada sedikit rumus pengingatnya:

orang + who + V --> contoh mengartikan: perempuan yang memakai ... (verb)

orang + whom + S --> contoh mengartikan: perempuan yang saya... (subjek)

thing/biasanya benda + which + S atau V

semua benda (org maupun benda) + that + S atau V (klo utk org lbih baik pke who)

semua benda (org maupun benda) + whose + Noun --> contoh mengartikan : perempuan yang mobil-nya (benda)

 

Dalam bbrp kasus, adjective clause ini mengalami reducing/penghilangan.

penghilangan ini khusus untuk who, which, that  agar jadi kalimat yg lebih efektif,

syarat penghilangan ini --> jika subjek 1 dan subjek 2 adalah orang/benda yg sama

 

contoh:

The man who is standing there are waiting for me.

disana ada 2 subjek --> The man dan who (krn who bfungsi sbg konektor + Subjek)

2 verb -->  is standing dan are waiting

perhatikan 2 subjek di atas --> --> sama2 mengacu ke the man --> maka mengalami reducing/penghilangan

cara reducing :

  1. jika ada who/ which/ that dan setelahnya ada to be , maka who/ which/ that dan to be-nya dihapus
  2. jika ada who/ which/ that dan setelahnya Verb (bermakna aktif), maka who/ which/ that dihapus sedangkan verb jadikan V-ing
  3. jika ada who/ which/ that dan setelahnya Verb (bermakna pasif, biasanya berakhiran V3), maka hapus embel2nya, tinggalkan aja V3

OK, kita coba reducing yg tadi ya...

The man who is standing there are waiting for me. (yg merah dihapus)

hasilnya: The man standing there are waiting for me.

artinya tetap sama: laki2 yang berdiri disini menunggu saya.

 

catatan: hasil reducing nanti hanya terdiri dari 2 opsi --> V-ing (bermakna aktif) dan V3 (bermakna pasif).

V-ing dan V3 inilah nanti yg disebut dengan VERBAL ADJECTIVE, kita harus hati2 dgn ini, karena ia tidak pernah berfungsi sbg verb.

ingat pembahasan sebelumnya bahwa V-ing dan V3 hanya akan berfungsi sbg verb jika didahului oleh to be.

 

sekian sedikit penjelasan yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. :senyum

Share this post


Link to post
Share on other sites

Masih berbicara tentang Subjek & Verb, ada beberapa yg berkaitan, seperti:

  • Hati2 dengan objek preposisi, karena tidak pernah berfungsi sebagai Subjek.

Pembahasan tentang ini ada di file .rar yang telah ku upload (SKILL DASAR), cari file word bernama S-1-Skill 2 - Perhatikan objek preposition-kata depan.docx

  • Hati2 dengan Apossitive (penegas/penjelas Subjek), bentuknya berupa noun atau noun phrase.

Cirinya: dipisahkan oleh tanda koma (diapit 2 tanda koma, atau sebelum koma).

KUNCINYA: Antara S&V TIDAK BOLEH DIPISAHKAN OLEH 1 TANDA KOMA. jadi opsinya: tidak dipisah sama sekali, atau dipisah 2 tanda koma.

Pembahasan tentang ini masih di file RAR yg sama, cari file word bernama S-1-Skill 3 - Perhatikan penggunaan dan posisi Appositive.docx

  • Hati2 dengan verbal adjective, karena tidak pernah berfungsi sebagai Verb. Sejarahnya adalah proses ruducing/penghilangan yg telah ku jelasin di atas. semoga bisa dipahami ya.. :senyum

Pembahasan tentang ini masih di file RAR yg sama, cari file word bernama S-1-Skill 4 - Perhatikan penggunaan dan posisi Present Participle.docx dan S-1-Skill 5 - Perhatikan penggunaan dan posisi Past Participle.docx

  • Perhatikan prinsip konektor.

Jika ada konektor biasanya polanya : 1S 1V konektor 1S 1V (konektor ditengah) ATAU konektor 1S 1V, 1S 1V (yg pola ke-2 ini konektor di awal, dan hrus dipisah koma).

pada prinsipnya: jika ada 2 Subjek dan 2 Verb, konektornya ada 1

jika ada 3 Subjek dan 3 Verb, konektornya ada 2, bgt strusnya..

  • Subjek & Verb Agreement (kesesuaian subjek dan verb)

Pada prinsipnya begini: jika Subjek tunggal, maka verbnya juga harus tunggal, begitu jg sebaliknya.

jika subjek jamak, maka verbnya juga harus jamak, begitu juga sebaliknya.

beberapa contoh subjek dan verb tunggal maupun jamak:

SUBJEK TUNGGAL:

  1. benda tunggal --> ditandai dengan adanya article a/an. ex: a book, an artist
  2. abstract noun/uncountable noun --> ex: water
  3. Pronoun tunggal --> he, she, it
  4. To invinitive (to + v1) --> ex: to come, to see
  5. Gerund (V-ing) --> ex: swimming
  6. indefinite pronoun --> ex: someone, anyone, anybody, none, nothing, somebody, something, nobody, each, every, .. dll
  7. khusus here.there, penentuan tunggal atau jamaknya tergantung objeknya (biasanya setelah to be)
  8. khusus neither.. nor , either.. or, not only.. but also, penentuan verb tunggal atau jamaknya ditentukan subjek yg terdekat dgn verb.
  9. jika ada ekspresi ttg waktu, uang, berat, volume, .. dll dianggap tunggal --> four days is (meskipun days pakai "s" tetapi dianggap tunggal)
  10. academic subject --> mathematics, physics, .. dll (meskipun pakai "s" tetapi dianggap tunggal)
  11. deases/nama penyakit --> measles, mumps, herpes
  12. abstract noun --> news, ethics, politics, ...
  13. judul buku atau judul film (biasanya ditulis huruf miring)

VERB TUNGGAL:

  1. To be --> is, was
  2. auxilary --> does, has, did
  3. main verb --> V1-s/es, V2

SUBJEK JAMAK/PLURAL:

  1. ada kata2 --> some things, anythings (ada "s" dibelakangnya)
  2. kata benda + s --> books, artists
  3. Pronoun --> I, you, we, they. (khusus "I" ada pengecualian --> I am, I was)
  4. kalau ada kata hubung and, or, both... and.. pada subjek --> man and woman
  5. diawali kata many, some, few, a few
  6. tenteng pakaian, alat2 yg berpasangan --> shoes, scissor,...
  7. tentang riches, means --> thanks

VERB JAMAK:

  1. To be --> are, were
  2. auxilary --> do, have, did
  3. main verb --> V1 dan V2

pembahasan S&V di atas merupakan bentuk umumnya saja, ada beberapa yg lebih kompleks seperti: iiregular plural nouns, penentuan tergantung konteks kalimat, beberapa kata pengecualian, dll.. cukup panjang dan ribet kalau dijelaskan. klo ada kesempatan kan kucoba jelasin lagi.

Semoga postingan ini bermanfaat..

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By berita_semua
      Keberadaan arsitek Indonesia di luar negeri ternyata tidak dipandang sebelah mata. Buktinya, dari segi market para arsitek asal Indonesia hingga saat ini masih diterima dengan baik di Singapura.
      Menurut Sekretaris Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) chapter Singapura, Achmad Nanang Maulana mengatakan, salah satu kelebihan arsitek Indonesia ialah skill dari segi kreativitas dan desain grafis berada di atas rata-rata arsitek Singapura.
      "Cuma sekarang karena market juga lagi slow, memang permintaannya agak berkurang tapi saya yakin kemampuan mahasiswa arsitektur sekarang enggak kalah," ujar Nanang
      Hanya saja, dia mengakui arsitek Indonesia tidak terlepas dari beberapa kelemahan, salah satunya adalah kemampuan presentasi. Pasalnya di Singapura dengan market yang sudah global, kemampuan bahasa menjadi poin penting.
      "Kelemahan kita kurang bisa ngomong, kurang bisa membuka diri, kurang bisa presentasi dalam bahasa Inggris, karena di Singapura marketnya sudah internasional, misalnya di dalam kantor saya sendiri ada banyak staf dari Spanyol, Jepang, AS, Singapura, Amerika, dan Malaysia," terang Nanang yang saat ini bekerja di DP Architects Pte Ltd, Singapura.
    • By RendyGunawan
      Luis Enrique mengaku memahami kemarahan para penggawa Athletic Bilbao. Neymar melakukan rainbow flick pada menit-menit akhir pertandingan dan tindakan itu dianggap sebagai bentuk ejekan oleh para pemain Bilbao.
      Neymar pun sempat didorong lawan dan terjadi keributan kecil. Setelah pertandingan, Neymar menegaskan bahwa ia tidak akan mengubah gaya permainannya itu.
      Namun Luis Enrique bisa memahami kemarahan para pemain Bilbao. Enrique bisa membayangkan perasaan pemain Bilbao yang menjadi korban 'ejekan' Neymar.
      "Di Spanyol, tindakan semacam ini tidak dianggap bagus. Jika saya adalah pemain Bilbao, saya pasti akan melakukan hal yang sama terhadap Neymar dan mungkin lebih buruk lagi. Tapi kita harus sadari bahwa hal seperti itu normal di Brasil. Kami akan berusaha membuat Neymar mengerti," tegas Enrique seperti dilansir Marca.
      Neymar sendiri memang kerap menjadi korban pelanggaran lawan karena gaya mainnya yang kelewat atraktif dan kadang dianggap provokatif.
    • By Darur
      Masih pada BEBERAPA SKILL DASAR MENJAWAB SOAL TOEFL ( http://ngobas.com/index.php/topic/2168-beberapa-skill-dasar-menjawab-soal-toefl/#entry6708 )
      Ada beberapa contoh soal toefl dan sedikit penjelasan cara jawab yang bisa jadi referensi diantaranya pada link komentar berikut:
      http://ngobas.com/index.php/topic/2168-beberapa-skill-dasar-menjawab-soal-toefl/?p=6608
      http://ngobas.com/index.php/topic/2168-beberapa-skill-dasar-menjawab-soal-toefl/?p=6614
      http://ngobas.com/index.php/topic/2168-beberapa-skill-dasar-menjawab-soal-toefl/?p=6643
      http://ngobas.com/index.php/topic/2168-beberapa-skill-dasar-menjawab-soal-toefl/?p=6657
      http://ngobas.com/index.php/topic/2168-beberapa-skill-dasar-menjawab-soal-toefl/?p=6909
       
      dan komentar2 selanjutnya yang baru bisa saya update.. jika link postingan belum sempat di update, teman2 bisa baca2 postingan utamanya (BEBERAPA SKILL DASAR MENJAWAB SOAL TOEFL) di atas, karena link2 komentar yg kusebutkan di atas adalah kumpulan komentar dari postingan tersebut..
       
      semoga bisa jadi tambahan referensi, karena ternyata setelah kubaca2,  skill dalam menjawab TOEFL cukup  banyak dan cukup sulit dijelaskan satu persatu. Ku sendiri juga belajar otodidak soalnya.. hehe
      Solusi untuk masalah ini dari saya adalah dgn sering2 berlatih, agar kita terbiasa dgn soal2 TOEFL dan lebih mudah mengelompok2annya/mengidentifikasi jawabannya.
      mohon maaf jika masih banyak yg kurang, dan kata2 dalam menjelaskannya sulit dipahami., tapi semoga bisa dipahami maksudnya ya.. hehe (berharapnya gitu)
    • By Darur
      Salam kakak2 dan teman2 semua,
      Sebelumnya sedikit kisahku pada http://ngobas.com/index.php/topic/2147-motivasi-utk-belajar-inggris/..
      Setelah termotivasi, ku terus mencari2 ilmu di forum2 atau artikel lain dg searching di mbh google. Sampai saat ini ku masih belajar secara otodidak.
       
      Postingan yg akan diposting kali ini merupakan salah satu langkah ku belajar TOEFL dari artikel yg kutemui di internet. Postingan ini memuat penjelasan yg cukup rinci tentang listening TOEFL, membuatku lebih paham ttg soal ini. Selain membaca2 artikel, aku juga mencari2 simulasi soal online tentang struktur maupun readingnya, Link-link terkait tersebut ikut ku simpan dalam word yg sama, agarku bisa lebih mudah berlatih sewaktu2 tanpa harus mencari dari awal lagi..
       
      (#sifat potingan ini benar2 untuk berbagi, tidak bermaksud mempromosikan atau bekerja sama dgn pihak manapun, karena ini murni bagaimana caraku belajar dan memahami sesuatu secara otodidak.. Jika ada pihak yg drugikan karena postingan ini, saya meminta maaf.. Tetapi jika ada pihak yg diuntungkan karena postingan ini Semoga orang-orang yg senantiasa berbagi selalu mendapatkan pahala dan Rahmat dari-Nya.. amiinn
       
      Beginilah caraku belajar dan memahami apa yg tidak kuketahui karena ku terbatas dalam hal ekonomi.
       
      Akhir kata, semoga potingan ini bermanfaat utk kakak2 dan teman2 semua, amiinn
      Rahasia Tes TOEFL.zip
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy