Jump to content

Apakah Manula Masih Berpikir tentang Seks?


Guest Metrotvnews

Recommended Posts

Guest Metrotvnews
Metrotvnews.com, Jakarta: Pernahkah Anda memikirkan, apa yang terjadi pada kehidupan seks saat telah memasuki usia lanjut? Apakah gairah itu telah padam, atau sebaliknya?

Hubungan seks di usia lanjut sering dianggap tak penting. Sebuah studi dari International Longevity Center pun berusaha mencari tahu, bagaimana sebenarnya pandangan para manula berusia di atas 65 tahun terhadap seks.

Studi tersebut menunjukkan, 1 dari 7 laki-laki ternyata masih memiliki hasrat tinggi. Sementara, pada perempuan perbandingannya 1:52.

Data tersebut juga menyebutkan 3 dari 4 pria manula berusia sekitar 80 tahun masih memikirkan tentang seks, sementara 1 dari 2 perempuan memikirkan hal yang sama.

Namun, sepertinya pemikiran seks masih berhubungan dengan aktivitas seks itu sendiri. Berdasarkan survei, laki-laki dan perempuan yang berpikir tentang seks masih aktif secara seksual.

"Hubungan romantis adalah bagian penting dalam hidup seseorang, tak hanya untuk anak muda, namun untuk seumur hidup. Dan, seksualitas diantara manula adalah yang terbaik," ujar peneliti Cesira Urzi Brancati dalam sebuah rilis.

Meskipun kehidupan seks manula terkadang terlupakan, manfaat kesehatannya masih terlihat, yaitu menurunkan stres, meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi beberapa masalah kesehatan lain. Aktivitas seks juga bisa meningkatkan ketajaman otak pada manula.


Seberapa Sering Manula Berhubungan Seks?

Sebuah studi terbaru menunjukkan, sepertiga dari manula berusia di atas 70 tahun bercinta minimal dua kali seminggu.

Sebuah laporan yang diterbitkan awal 2015 menemukan, mereka yang tinggal dengan pasangan dan rutin bercinta memiliki kualitas hidup lebih baik dibandingkan mereka yang hidup sendiri.

Salah satu alasan mengapa mereka menempatkan seks sebagai penguat hubungan, berkaitan dengan kesenangan.

Untuk beberapa perempuan, kualitas seks meningkat seiring bertambahnya usia. Sebab, mereka sudah banyak pengalaman dan tidak lagi takut seks akan membuatnya hamil.

Namun, hubungan seks pada manula juga memiliki implikasi. Jika banyak kampanye tentang penularan penyakit seksual ditujukan pada orang muda, ternyata peningkatan Penyakit Menular Seksual (PMS) di kalangan orang tua pun meningkat.

Berdasarkan data, PMS pada orang berusia di atas 45 tahun meningkat antara tahun 2009 hingga 2013. Mulai dari kutil kelamin yang meningkat sebanyak 11 persen pada pria berusia 45-65 tahun, dan sifilis yang meningkat sebanyak 500 persen pada perempuan berusia di atas 65 tahun.

Soal masalah seksual, ada 30 persen laki-laki yang mengidap disfungsi ereksi. Hal ini terjadi pada mereka yang berusia 65-74.

Pada perempuan,  masalah yang umumnya dihadapi ialah kekeringan di vagina yang menyebabkan rasa tidak nyaman. Ini dialami 20 persen perempuan kelompok usia yang sama.

www.metrotvnews.com

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...