Jump to content
Sign in to follow this  
Guest Metrotvnews

BNPT Perlu Evaluasi Program Deradikalisasi

Recommended Posts

Guest Metrotvnews
Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi III DPR RI minta pemerintah untuk meninjau kembali program deradikalisasi yang selama ini diterapkan pemerintah melalu Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT). Sebab, program tersebut dianggap tidak berpengaruh besar terhadap upaya penanggulangan tindakan teroris yang terjadi di negeri ini.

Pernyataan tersebut berkaca dari pengalaman pimpinan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) , Santoso, yang merupakan mantan produk program deradikalisasi pada tahun 2010 silam. Bukannya jinak, Santoso malah tambah 'ganas' setelah mengikuti program deradikalisasi.

Masinton menilai, program deradikalisasi yang ada selama ini terlalu konvensional. Harus dilakukan evaluasi agar program tersebut dapat berpengaruh besar terhadap penanggulangan teroris.

"Makanya BNPT harus mengevaluasi program deradikalisasi itu, efektifitas program tersebut. Jangan terlalu konvensional. Itu mulu program deradikalisasinya," kata Masinton, di Gedung Nusantara III Komplek Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta, Jumat (22/7/2016).

Dirinya menuntut pemerintah agar lebih kreatif dalam menerapkan program deradikalisasi yang menjadi bagian penanggulangan terorisme. Tindakan yang selama ini dianggap monoton tidak akan berdampak besar.

"Jangan monoton. ‎Monoton selama ini cuma sosialisasi, bikin pemberdayaan yang terlalu karitatif, itu tidak mengena," tegas dia.


Politikus PDI Perjuangan itu mengungkapkan, program deradikalisasi yang dilakukan harus menimbang dari beberapa aspek. Diantaranya ideologi, politik dan ekonomi.

Sehingga pendekatan dan deradikalisasi yang dilakukan tidak boleh setengah hati. Pemerintah harus lebih komprehensif dalam melakukan setiap program deradikalisasi yang dilakukan.

Masinton mengungkapkan, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh pemerintah agar program deradikalisasi yang diterapkan berhasil. Pertama, pemerintah pusat dan daerah harus melakukan pemetaan terhadap teroris disetiap daerah. 

"Nah, pemetaan ini penting agar kerja pemerintah bisa fokus dalam penanggulangan teroris dan upaya program deradikalisasi itu baik dalam pendekatan perspektif ekonomi maupun perspektif budaya serta sisi penekan hukum," terang dia.

Selanjutnya, kata Masinton, setiap program deradikalisasi yang telah dilakukan tidak terputus. Maksudnya, program deradikalisasi harus terus dilakukan dengan memberikan kontra ideologi yang dianut orang atau kelompok radikal.

‎"Menawarkan konsepsi lebih baik dan konkrit terhadap masyarakat, karena menyangkut pikiran, pikiran kan tidak bisa dibunuh, dibatasi, dan tidak bisa dipenjara," kata Masinton.‎

www.metrotvnews.com

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
Sign in to follow this  

×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy