Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Wanita Ini Baru Tau Pekerjaan Suaminya Setelah Suaminya Meninggal
      Seorang wanita menemukan fakta mengejutkan tentang suaminya yang telah dinikahinya selama 64 tahun.

      Kenyataan mengejutkan tersebut bahkan baru diketahuinya setelah sang suami yang bernama Glyn meninggal dunia.
      • 0 replies
    • Kamu Harus Tau Tentang Amnesia
      Apa itu Amnesia?

      Amnesia atau dikenal juga sebagai sindrom amnesik, adalah kondisi yang menyebabkan kehilangan memori. Hal ini meliputi kehilangan informasi, fakta-fakta, dan pengalaman personal. Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan amnesia, seperti dementia, stroke, atau cedera kepala.
      • 0 replies
Sign in to follow this  
berita_semua

Investor Asing Cemas Gara Gara Bom Solo Saat Lebaran

Recommended Posts

Tragedi bom bunuh diri yang terjadi di Solo, Jawa Tengah, pada 5 Juni 2016, ternyata menjadi sorotan bagi investor asing. Para investor pun sempat mempertanyakan stabilitas ekonomi Indonesia setelah terjadinya bom Solo yang menewaskan satu orang tersebut.

investor.jpg

"Sempat investor dari luar tanya. Kita sudah beri penjelasan bahwa itu bukan hal yang berdampak langsung maupun tidak langsung pada perekonomian," kata Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani.

Menurut Rosan, tragedi bom Solo tidak berdampak signifikan terhadap dunia usaha di Indonesia. Karena itu, para investor diimbau tidak terlalu terpengaruh terhadap aksi teror yang baru saja terjadi. "Yang di Solo, saya rasa masyarakat kita sudah tahan dari kejadian bom yang terjadi, recovery cepat," ungkap Rosan.

"Terjadi di bulan puasa, pas pengusaha juga slow down saat Lebaran ya. Dampaknya sangat minim secara keseluruhan. Saya lihat bom ini enggak ada artinyalah," imbuh dia.

Senada dengan Rosan, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara mengatakan, bom Solo ini tidak berdampak terhadap ekonomi Indonesia. Mirza pun mengimbau masyarakat Tanah Air tak lagi takut dengan ancaman teror.

"Aparat keamanan kan dengan sigap mengatasi, jadi dampak kepada kekhawatiran masyarakat juga tidak terlalu banyak sehingga aktivitas ekonomi tidak berdampak banyak," jelas Mirza.

"Kita memang juga tidak boleh takut dengan ancaman teror. Aktivitas ekonomi seharusnya tetap berjalan normal," tutupnya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By ega
      Melihat maraknya startup yang tumbuh dan berkembang di dunia digital memancing para Startup Enthusiast untuk membangun startup milik mereka. Setiap Founder pasti pernah merasakan jatuh saat membangun startup. Sebut saja Nadiem Makarim, Founder GOJEK yang dulu pernah 3 kali gagal sebelum GOJEK dikenal seperti sekarang ini. Sebagai seorang Founder ia pun mengaku pernah merasakan keliling untuk pitching ke para calon Investor pada masa awal GOJEK didirikan.
      Namun, apakah semua Founder dapat memiliki kesempatan yang sama di depan para calon Investor? Jika tidak, apa saja yang menyebabkan mereka gagal menarik perhatian para calon Investor?
      Menurut Raditya Pramana, Partner di Venturra Discovery ada 5 kesalahan umum yang sering dilakukan saat melakukan pitching ke Calon Investor.
      01. Fokus di fundamental
      Di depan calon Investor, kamu harus siap untuk menjelaskan apa yang sudah dicapai, apa yang sedang dilakukan, dan apa target bisnis kalian kedepannya karena performance dari bisnis tersebut yang nantinya akan dilihat oleh para calon Investor.
      02. Hindari Over-Promising ke Investor
      Banyak yang memberikan janji hasil yang muluk untuk Investor. Sedangkan yang dilihat calon Investor bukan itu. Seimbangkan target bisnis yang terjangkau, sehinggal believable untuk calon Investor.
      03. Datang dengan mindset: Kalian ingin mencari Partner
      Datanglah bukan dengan mindset seperti ingin mencari kerja, tapi lebih untuk menjadi Partner. Diskusikan layaknya kamu berdiskusi dengan partner.
      04. Ketahui yang Investor inginkan
      Sebelum para calon Investor menyampaikan apa yang mereka inginkan, kamu harus lebih dulu mengetahui apa yang mereka inginkan. Hal ini dapat diketahui dengan research perusahaan itu terlebih dahulu.
      05. Hindari Buzz Words
      Gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti oleh orang awam. Daripada menggunakan kata AI, Machine Learning, dan lainnya, lebih baik gunakan kalimat yang menjelaskan kata-kata tersebut.
    • By ega
      Kementerian Agama menggelar sidang Isbat untuk menentukan awal bulan Syawal pada Kamis (14/6/2018). Umat Islam di Tanah Air diperkirakan melaksanakan Idulfitri tahun ini secara serentak pada tanggal yang sama yakni 15 Juni 2018.
      Muhammadiyah telah lebih dahulu menentukan Idulfitri pada 15 Juni. Keputusan itu termuat dalam maklumat pimpinan pusat Muhammadiyah yang diunggah akun terverifikasi Muhammadiyah di Twitter pada Senin (11/6/2018).
      Maklumat itu ditandatangani oleh Ketua Umum Haedar Nashir dan Sekretaris Umum, Abdul Mu'ti, PP Muhammadiyah pada 9 Maret 2018. Muhammadiyah menetapkan awal puasa 1 Ramadan 1439 H jatuh pada Kamis Pahing, 17 Mei 2018 dan Idulfitri, 1 Syawal 1439 Hijriah pada Jumat Legi, 15 Juni 2018.
      Muhammadiyah menentukan waktu Lebaran dengan metode Hisab. Metode ini mengandalkan perhitungan secara matematis dan astronomis untuk menentukan posisi bulan. Metode ini biasa digunakan oleh Muhammadiyah.
      Metode penentuan Lebaran lainnya adalah metode Rukyat. Metode ini berpatokan pada amatan atas visibilitas hilal (bulan sabit muda), penanda awal bulan. Rukyat dapat dilakukan dengan mata telanjang atau dengan alat bantu optik seperti teleskop. Metode ini merupakan standar dan biasa dipakai NU.
      Perbedaan metode membuat waktu Lebaran beberapa kali berlainan. Perbedaan perayaan Idulfitri terakhir kali terjadi pada 2011. Sejak 2012, Idulfitri dirayakan serentak meski waktu awal Ramadan kadang berlainan.
      Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin dalam keterangan tertulisnya menyatakan, Idulfitri akan dirayakan bersama-sama pada Jumat Legi, 15 Juni 2018.
      Idulfitri serentak mengingat ijtimak (peristiwa di mana bumi dan bulan berada di posisi bujur langit yang sama) akhir Ramadan akan terjadi pada Kamis Kliwon, 14 Juni 2018 pukul 2.45 WIB.
      Dikutip Merdeka.com, Thomas menyatakan seluruh organisasi Islam akan melaksanakan puasa dan Lebaran secara bersamaan sampai 2021. Pemerataan tersebut lantaran kriteria ketinggian derajat hilal bagi seluruh ormas Islam terakomodasi.
      Thomas mengatakan penentuan Ramadan, Syawal, dan Zulhijah berpotensi kembali berbeda setelah 2021 karena kriteria derajat hilal. Thomas menuturkan derajat hilal ormas Muhammadiyah setinggi 0 derajat, Nahdlatul Ulama setinggi 2 derajat, sementara Persis 3 derajat.
      Pantauan di 97 titik di 34 provinsi
      Sidang isbat dilakukan setelah mendengarkan pemaparan dari tim pemantau hilal alias rukyatul hilal. Rukyatul Hilal akan dilaksanakan Kamis (14/6/2018) pada 97 titik pemantauan yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia.
      "Kami telah mengirim petugas rukyatul hilal yang akan bekerja sama dengan Kakanwil dan ormas untuk melakukan pemantauan hilal di 97 titik yang telah ditetapkan," kata Dirjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin dilansir laman Kementerian Agama.
      Amin menjelaskan, sidang akan dimulai pukul 16.30 WIB, diawali dengan paparan Tim Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal secara astronomis menjelang awal Syawal 1439H. Adapun proses sidang isbatnya, dijadwalkan berlangsung selepas salat Magrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.
      Sidang isbat akan dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.
      Berikut ini daftar lokasi pelaksanaan pemantauan hilal penetapan awal Syawal 1439H/2018M:
      ACEH
      1. Observatorium Tgk. Chiek Kuta Karang
      2. Aceh Utara / Lhokseumawe Bukit Tower PT Arun
      3. Aceh Jaya Gunung Cring Cran
      4. Pantai Suak Geudeubang Kab. Aceh Barat
      5. Aceh Selatan Pantai Lhok Keutapang
      6. Simeulue Pantai Teluk Dalam
      7. Tugu "KM. 0" Indonesia, Kota Sabang
      SUMATERA UTARA
      1. Lantai IX Kantor Gubernur Sumut
      2. Observatorium OIF UMSU
      SUMATERA BARAT
      Gedung Kebudayaan lantai 5 Dinas Kebudayaan
      KEPULAUAN RIAU
      Bukit Cermin
      RIAU
      Pantai Prapat Tunggal Kec. Bengkalis
      JAMBI
      Hotel Odua Weston
      BENGKULU
      Dak Mess Pemda Prov. Bengkulu
      BANGKA BELITUNG
      1. Pantai Penagan
      2. Pantai Tanjung Pandam
      3. Pantai Tanjung Kalian Muntok
      SUMATERA SELATAN
      Hotel Aryaduta
      LAMPUNG
      1. POB Bukit Gelumpai Pantai Canti Kalianda
      2. POB Pekon Ratu Agung Pesisir Barat
      DKI JAKARTA
      1. Gedung Kanwil Kemenag DKI Jakarta lt. 7
      2. Masjid Al-Musyari'in Basmol Jakarta Barat
      3. Pulau Karya Kep. Seribu
      4. DKM Masjid KH. Hasyim Asyari
      JAWA BARAT
      1. Pusat Observasi Bulan Pelabuhan Ratu Kab. Sukabumi
      2. Bosscha Lembang Bandung, Kab. Bandung Barat
      3. Gunung Babakan Kota Banjar
      4. LAPAN Santolo Garut
      5. Pantai Cipatujah Tasikmalaya
      6. Pantai Gebang Cirebon
      7. SMA Astha Hannas, Binong, Kab. Subang
      8. Pantai Pondok Bali Pamanukan Kab. Subang
      BANTEN
      Dishubla Mercusuar Anyer KM 0 Serang
      JAWA TENGAH
      1. Masjid Agung Jawa Tengah Semarang
      2. Masjid Giribangun Banyumas
      3. Pantai Jatimalang Purworejo
      4. Assalam Observatory Sukoharjo
      5. Pantai Kartini Jepara
      6. STAIN Pekalongan
      7. Pantai Segolok Batang
      8. Pantai Longending Kebumen
      9. Pantai Karangjahe Rembang
      10. Pantai Alam Indah Tegal
      11. Pantai Tanjungsari Pemalang
      12. Universitas Muria Kudus
      DI. YOGYAKARTA
      POB Syekh Bela Belu, Bantul Parang Tritis Yogyakarta
      JAWA TIMUR
      1. Pantai Sunan Drajat /Tanjung Kodok Paciran Lamongan
      2. Bukit Banyu Urip Kec. Senori Kab. Tuban
      3. Lapan, Jl. Watukosek Gempol Kab. Pasuruan
      4. Gunung Sekekep Wagir Kidul Kec. Pulung Kab. Ponorogo
      5. Helipad AURI Ngliyep Kab. Malang
      6. Pantai Serang Kab. Blitar
      7. Pantai Srau Pacitan
      8. Bukit Wonotirto Blitar
      9. Pantai Nyamplong Kobong Jember
      10. Gunung Sadeng Jember
      11. Pantai Pacinan Situbondo
      12. Pantai Pancur Alas Purwo Banyuwangi
      13. Pantai Ambat Tlanakan Pamekasan
      14. Bukit Condrodipo Gresik
      15. Pantai Gebang Bangkalan
      16. Bukit Wonocolo Bojonegoro
      17. Pulau Gili Kab. Probolinggo
      18. Pantai Sapo Ds. Sergang Kec. Batuputih Kab. Sumenep
      19. Pantai Kalisangka Kangean Sumenep
      20. Pantai Bawean Kab. Gresik
      21. Satuan Radar (Satrad) 222 Ploso di Kaboh Kab. Jombang
      22. Bukit Gumuk Klasi Indah Banyuwangi
      23. Pantai Taneros Sumenep
      KALIMANTAN BARAT
      Pantai Indah Kakap, Kec. Sungai Kakap, Kab. Kubu Raya
      KALIMANTAN TENGAH
      Hotel Aquarius Jl. Imam Bonjol Palangkaraya
      KALIMANTAN TIMUR
      Islamic Center
      KALIMANTAN SELATAN
      1. Atas Bank Kalsel Banjarmasin
      2. Jembatan Rumpiang Marabahan
      3. Pantai Pagatan Tanah Bambu
      4. Atas Hotel Dafam Syari'ah Banjarbaru
      5. Gunung Kayangan Pelaihari
      KALIMANTAN UTARA
      Tanjung Selor Gunung KNPI
      BALI
      Hotel Patra Jasa Pantai Kute, Bali
      NTB
      1. Taman Rekreasi Loang Baloq Ampenan Kota Mataram
      2. Menara Masjid Hubbul Wathon Islamic Centre
      3. Pantai Desa Kiwu Kec. Kilo Dompu
      4. Bukit Poto Batu Taliwang Sumbawa Barat
      NTT
      Halaman Masjid Nurul Hidayah
      SULAWESI SELATAN
      Tanjung Bunga Gedung GTC Makassar Pantai Losari
      SULAWESI BARAT
      Tanjung Rangas Mamuju
      SULAWASI TENGGARA
      Pantai Buhari Tanggetada, Kab. Kolaka
      SULAWESI UTARA
      1. Megamas gedung MTC Manado
      2. Kabupaten Minahasa
      GORONTALO
      Asrama Haji Antara Gorontalo
      SULAWESI TENGAH
      Menara Hilal BMKG Ds. Marana Kec. Sindue Kab. Donggala
      MALUKU
      Desa Wakasihu Kab. Maluku Tengah
      MALUKU UTARA
      1. POB Maluku Utara Pantai Desa Ropu Tengah Balu
      2. POB BMKG Afe Taduma
      PAPUA
      Pantai Lampu satu Marauke
      PAPUA BARAT
      1. Menara Masjid Agung Fak-Fak
      2. Tanjung Saoka Kota Sorong
    • By paimin
      Pemerintah menambah tiga hari cuti bersama berkaitan dengan libur Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah yang jatuh pada 14 dan 15 Juni 2018. 

      "Salah satu pertimbangan kenapa ditambah cuti bersama yaitu untuk mengurai arus lalu lintas sebelum lebaran dan sesudah mudik lebaran," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani selepas menyaksikan penandatanganan surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri tentang libur nasional dan cuti bersama tahun 2018 dan tahun 2019 di kantornya pada Rabu, 18 April 2018. Penambahan cuti diberikan pada tanggal 11-12 Juni 2018 dan 20 Juni 2018. 

      Penambahan cuti bersama tersebut telah dituangkan dalam SKB tiga menteri dan telah ditandatangani oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur, disaksikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

      Puan berharap waktu libur lebaran itu cukup bagi masyarakat untuk bersilaturahmi pada sebelum dan setelah Idul Fitri. "Semoga semua hal yang dipersiapkan bisa dijalankan dengan baik," kata dia. "Kami berharap apa yang dilakukan saat ini tentu saja bermanfaat bagi masyarakat dalam rangka melakukan silaturahmi." 

      Pada mulanya, tanggal cuti bersama hari Lebaran adalah pada 13, 14, 18 dan 19 Juni 2018. Sedangkan tanggal 15-16 Juni 2018 adalah hari libur nasional. Dengan penambahan tiga hari cuti bersama itu, libur hari raya menjadi 11 hari bila memperhitungkan hari Ahad, tanggal 10 Juni 2018.
      Sumber: https://id.crowdvoice.com/posts/pemerintah-tambah-3-hari-cuti-bersama-lebaran-2018-2Kun

    • By paimin
      PT Kereta Api Indonesia Daop VIII menyiapkan enam kereta api tambahan untuk Lebaran, dengan total 8.172 seat per hari. 

      Kereta tambahan disiapkan karena diprediksi mengalami lonjakan penumpang hingga 4 persen. 

      Sementara untuk penjualan tiket kereta api reguler masa Lebaran, telah terjual hingga 55 persen. 

      "Penjualan tiketnya sudah dimulai pada 16 April," ujar Manajer Humas PT KAI Daop VIII , Gatut Sutiyatmoko. 

      Enam kereta api tambahan itu adalah Kereta Gajayana Lebaran rute Stasiun Gambir -Malang, Kereta Sembrani Lebaran tujuan Stasiun Gambir- Surabaya Pasar Turi, Sancaka Lebaran tujuan Stasiun Yogyakarta-Surabaya Gubeng. 

      Kemudian Pasundan Lebaran tujuan Stasiun Kiaracondong - Surabaya Gubeng, Matarmaja Lebaran tujuan Stasiun Pasar Senen - Malang, dan Kertajaya Lebaran tujuan Stasiun Pasar Senen- Surabaya Pasar Turi. 

      Kereta api itu akan beroperasi pada tanggal yang bervariasi, mulai 5 hingga 26 Juni mendatang. 

      Sementara itu, untuk penjualan tiket kereta api reguler selama masa angkutan Lebaran telah mencapai 55 persen yang kebanyakan habis mulai H-4 hingga H-1 dan H+1 hingga H+4. Sedangkan rute didominasi tujuan Yogyakarta dan Jakarta.
      Sumber: https://id.crowdvoice.com/posts/enam-kereta-api-tambahan-untuk-lebaran-2Kud

    • By berita_semua
      Ketika kamu memiliki sebuah ide besar dan ingin mewujudkannya, apa yang pertama kali harus kamu lakukan? Pertama, kamu dapat membuat prototipe dan melakukan validasi awal kepada pengguna. Ketika prototipe tersebut mendapatkan traksi yang positif, maka kamu akan membutuhkan modal lebih dari investor. Di sini sebuah pitch deck dan presentasi yang bagus di depan investor dapat membuat banyak perbedaan.
      Lalu, apa sih sebenarnya pitch deck itu? Pitch deck adalah sebuah presentasi singkat berbentuk slide yang memberikan audiens informasi umum tentang bisnis yang akan atau sedang kamu jalani. Pitch deck biasanya berbentuk rangkuman dari seluruh aspek bisnis kamu untuk mempermudah penyampaiannya — bahkan Steve Jobs dalam presentasinya hanya menggunakan gambar tanpa ada kalimat apa pun.
      Salah satu bagian tersulitnya adalah kamu akan mempunyai waktu yang sangat terbatas untuk menyampaikan gambaran ide kamu kepada investor. Di saat yang sama kamu juga tetap harus menjaga agar aspek bisnis yang penting tidak terlewat. Tapi pertanyaannya adalah, apakah kamu tahu apa yang investor cari di presentasi pitch deck kamu?
      Industri startup telah memiliki standar tersendiri yang menjadi acuan para investor untuk melihat, manakah deck yang baik dan mana yang tidak. Tentu saja kamu dapat membuat pitch deck kamu sendiri dari ide yang bermunculan di kepala kamu, tapi seperti orang bijak katakan “Belajar dari kesalahan dan keberhasilan orang lain”.
      Kali ini, Tech in Asia Indonesia telah mengumpulkan beberapa contoh pitch deck startup yang bisa kamu gunakan sebagai acuan. Kami menyusun daftar ini dengan mengambil contoh startup yang sudah menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia sampai kepada startup yang baru agar tetap relevan.
      Kamu bisa melihat contoh pitch deck dalam format slide via SlideShare di bawah ini.
      BrandBoards
       
      Lokasi: Palo Alto, California
      Industri: Web Development, Advertising, News
      Karyawan: 1-10
      Para pemilik merek besar dari seluruh dunia kini rela untuk membayar lebih banyak untuk ruang iklan virtual, tidak peduli apakah itu televisi atau internet. BrandBoards menyajikan kepada para pemasang iklan sebuah cara terpadu, yang tidak hanya memperlihatkan ketersediaan ruang iklan, namun juga menyuguhkan titik iklan mana yang memang benar-benar terbukti efektif untuk merek secara spesifik.
      Ide ini muncul dari pemikiran sang founder Tim Schoen, seorang figur yang juga cukup terkenal di dunia olahraga. Sebelum bergabung dengan BrandBoards, ia adalah Executive VP dari Sports and Entertainment. Di perusahaan inilah ia mendapatkan ide untuk membuat BrandBoards.
      BrandBoards kini telah ada dalam tahap pematangan kontrak dengan dua belas tim olahraga. Saat ini, BrandBoards masih membutuhkan sekitar US$750 ribu (sekitar Rp10 miliar) untuk mewujudkan produk mereka.
      Sorotan utama: Dengan anggota tim yang memiliki pengalaman di dunia olahraga, BrandBoards menyajikan sebuah metode menarik tentang pemanfaatan iklan yang mungkin tidak semua orang mengetahuinya. Dengan solusi yang mereka punya, BrandBoards berusaha untuk memanfaatkan celah ini dan memaksimalkannya agar tidak ada anggaran iklan yang terbuang percuma.
      MapMe
       
      Lokasi: Herzliya, Tel Aviv
      Industri: Crowdsourcing, Internet
      Karyawan: 1-10
      Kamu masih menggunakan kertas untuk menggambar peta? Ayolah, ini tahun 2017. Dengan MapMe, kamu dapat menggambar peta di mana saja dan kapan saja, bahkan tanpa kemampuan coding sedikitpun. Peta yang telah kamu buat dapat diakses di smartphone, tablet, dan komputer.
      Peta yang dibuat dapat diklasifikasikan agar dapat digunakan oleh pengguna lain. Apakah peta tersebut adalah rute hiking, rute balap offroad, atau rute downhill, MapMe memiliki fitur untuk dapat menyertakan kategori tertentu untuk membagi hasil pencitraan kamu kepada pengguna lain. MapMe juga dapat digunakan oleh para pilot dalam menentukan rute terbaik untuk penerbangan mereka.
      Sorotan utama: Untuk menarik perhatian investor, MapMe menyertakan berbagai peluang model bisnis yang dapat diterapkan di dalam produk mereka. Ragam peta yang ditampilkan dalam pitch deck mereka juga menarik calon pengguna baru untuk menambah koleksi yang ada. Lebih banyak pengguna = peluang monetisasi yang lebih besar.
      Pinmypet
       
      Lokasi: Brazil, Rio de Janeiro
      Industri: Hardware, Software, Mobile Apps
      Karyawan: 11-50
      Pinmypet adalah sebuah perangkat yang disematkan pada kalung hewan peliharaanmu. Perangkat ini akan mendeteksi lokasi binatang kesayanganmu dan melacak apa saja yang mereka lakukan di mana saja, kapan saja.
      Aplikasi ini akan memudahkan kamu untuk mengetahui keberadaan hewan peliharaan kamu, terutama ketika mereka hilang. Selain itu, perangkat ini juga dirancang untuk mencatat data kesehatan hewan peliharaan kamu. Jadi seluruh informasi tentang binatang peliharaanmu akan mudah diakses melalui smartphone kamu.
      Sorotan utama: PinMyPet tidak menggunakan banyak teks dan penjelasan yang tidak perlu. Sebaliknya, mereka menggunakan gambar dan statistik yang perlu diketahui serta relevan dengan produk yang mereka tawarkan.
      Tealet
       
      Lokasi: Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat
      Industri: Ecommerce dan Marketplace
      Karyawan: 1-10
      Tealet adalah sebuah marketplace tempat para petani teh menjual hasil panen mereka dan menukarnya dengan mata uang bitcoin. Melalui Tealet, para petani teh ini akan terhubung langsung dengan para peritel serta penjual besar. Tealet berperan sebagai platform dagang transparan yang memberikan layanan online marketing yang optimal, pengiriman internasional, serta pembayaran dengan mudah dan aman melalui cryptocurrency.
      Tealet hadir untuk memberikan solusi yang lebih transparan bagi para petani untuk memilih pembeli dengan harga yang mereka kehendaki. Peritel dan penjual besar juga dapat memutuskan sendiri kualitas teh yang ingin dibeli dari petani.
      Sorotan utama: Pitch deck yang dimiliki oleh Tealet adalah salah satu yang memiliki desain terbaik di antara pitch deck lainnya. Dengan nuansa daun teh yang menenangkan serta berbagai informasi lengkap tentang permasalahan yang terjadi di industri, Tealet secara langsung telah menyatakan solusi mereka: menghadirkan solusi terbaik demi kesejahteraan para petani teh.
      Airbnb
       
      Lokasi: Amerika Serikat
      Industri: Marketplaces, Hotels & Accomodation
      Karyawan: 1001–5000
      Airbnb dirintis pada tahun 2008 oleh Joe Gebbia, Brian Chesky, dan Nathan Blecharcyk. Pitch deck yang satu ini menjadi referensi yang paling populer di kalangan entrepreneur dunia ketika Airbnb berhasil memenangkan pendanaan sebesar US$600 ribu (sekitar 7,8 miliar) dari Sequoia Capital dan Y Ventures.
      Kini, perusahaan ini telah menjadi raksasa di industri travel, dengan nilai valuasi sebesar US$20 milyar (sekitar Rp260 triliun) pada awal 2015 lalu.
      Sorotan utama: Yang menarik di sini adalah cara Airbnb untuk menjelaskan model bisnis mereka dalam satu kalimat. Terkadang model bisnis bisa sedikit sulit jika harus dijelaskan dalam satu kalimat, tetapi sebisa mungkin buatlah sebuah punchline yang akan terngiang-ngiang di benak investor dan pengguna kamu.
      Apabila investor dan pengguna dapat mengerti mengerti apa yang kamu lakukan dengan cepat maka kamu sudah satu langkah lebih maju untuk mewujudkan bisnis kamu.
      Facebook
       
      Lokasi: Amerika Serikat
      Industri: Communities, Social Networking
      Karyawan: 10000+
      Pada tahun 2004, pitch deck inilah yang digunakan oleh pemuda berumur 21 tahun bernama Eduardo Saverin untuk meyakinkan investor agar mereka mau menanamkan uang di thefacebook.com, yang dirintis Eduardo bersama temannya, Mark Zuckerberg.
      Kini, siapa yang menyangka bahwa Facebook adalah salah satu perusahaan yang paling sukses abad ini. Format pitch deck seperti ini mungkin terbilang tua dan kurang relevan lagi, tetapi beberapa poin dapat menginspirasimu untuk membuat pitch deck yang baik.
      Sorotan utama: Facebook belum dapat menampilkan revenue traction (pertumbuhan pendapatan yang sehat), karena Mark dan Eduardo memang belum mendapatkan uang dari The Facebook. Tetapi, mereka memiliki angka user engagement, customer base, dan growth metrics yang luar biasa. Statistik inilah yang menjadi “senjata utama” mereka dalam menarik investor.
      BuzzFeed
       
      Lokasi: Amerika Serikat
      Industri: News, Digital Media
      Karyawan: 1300+
      Delapan tahun lalu, BuzzFeed hanyalah sebuah startup kecil beranggotakan lima karyawan yang bekerja di salah satu kantor di Chinatown, New York. Kini perusahaan ini telah memiliki lebih dari 1300 karyawan dan dikunjungi oleh lebih dari 200 juta pengguna setiap bulannya. BuzzFeed berhasil menjadi salah satu pemain besar di industri media digital.
      Pitch deck inilah yang membuat BuzzFeed sukses “mencuri” hati para investor. Apabila model bisnis startup yang kamu rintis memiliki kesamaan dengan BuzzFeed, mungkin kamu dapat terinspirasi dari pitch deck mereka.
      Sorotan utama: BuzzFeed berani untuk menyajikan jumlah pageview dan impresi yang mereka dapatkan untuk menarik perhatian investor. Investor menyukai startup dengan visi yang ambisius, namun tentunya kamu juga harus bisa menjelaskan bagaimana strategi kamu untuk mencapainya.
      Foursquare
       
      Lokasi: Amerika Serikat
      Industri: Communities, Social Networking
      Karyawan: 180+
      Foursquare adalah sebuah perusahaan teknologi yang memanfaatkan lokasi pengguna untuk membangun sebuah user experience yang unik. Dirintis pada tahun 2009 oleh Naveen Selvadurai dan Dennis Crowley, perusahaan ini berhasil mendapatkan pendanaan sebesar US$160 juta (sekitar Rp2 triliun) dari para investor kelas kakap seperti Andreessen Horowitz, DFJ Growth, Microsoft, dan Silver Lake Partners.
      Sorotan utama: Foursquare telah memiliki traksi yang cukup baik sebelum mereka bertemu investor, ini mereka buktikan dengan menyertakan screenshot dari sederetan pengguna yang telah aktif berinteraksi di dalam aplikasi.
      Pembuktian ide dalam skala yang lebih kecil sebagai validasi adalah hal yang baik untuk dilakukan sebelum bertemu dengan investor. Jangan segan juga untuk memasukkan testimoni atau pengalaman pengguna di dalam pitch deck kamu.
      Podozi
       
      Lokasi: Nigeria
      Industri: E-Commerce
      Karyawan: Data tidak ditemukan
      Meluncur pada Januari 2015 silam, Podozi adalah salah satu startup e-commerce kecantikan terbesar di Nigeria. Perusahaan ini berusaha untuk menyajikan produk-produk kecantikan untuk para wanita di seantero Afrika dengan lebih dari 5000 varian produk yang mereka hadirkan.
      Untuk dapat memuaskan penggunanya, Podozi menggandeng beberapa brand besar untuk bekerja sama dengan mereka, antara lain: Maybelline, Oriflame, Calvin Klein, dan banyak lagi.
      Kini Podozi telah memiliki nilai valuasi sebesar US$4 juta (sekitar Rp51 miliar).
      Sorotan utama: Podozi tidak perlu membuat sebuah pitch deck panjang lebar dengan jumlah slide lebih dari 10. Dengan pitch deck ini, Podozi berhasil mendapatkan pendanaan dari Savannah Fund. Nama-nama besar yang digandeng Podozi juga menjadi nilai tambah bagi startup ini untuk menarik perhatian para investor.
      Salah satu kekuatan Podozi adalah mereka sudah bekerja sama dengan banyak brand besar. Investor akan tertarik ketika mengetahui bahwa para brand besar atau berpengaruh ingin bekerja sama dengan kamu.
      Buffer
       
      Lokasi: Amerika Serikat
      Industri: Social Networking
      Karyawan: 50
      Dirintis pada Oktober 2010 oleh Joel Gascoigne, Leo Widrich, dan Tom Moor, Buffer membantu penggunanya untuk membagikan konten media sosial secara terjadwal sepanjang hari. Tool ini banyak digunakan oleh para pekerja media sosial untuk mengotomatisasi pekerjaan mereka. Pitch deck ini adalah yang mereka gunakan ketika Buffer berhasil mendapatkan pendanaan sebesar US$500 ribu (sekitar Rp6,5 miliar).
      Kini, Buffer terbilang cukup sukses dan berhasil memperoleh pendanaan hingga US$3 juta (sekitar Rp38 miliar) dalam tiga round pendanaan dari investor besar seperti Collaborative Fund, Angel Pad, dan banyak lagi.
      Sorotan utama: Tidak seperti perusahaan lainnya yang menutup rapat pitch deck mereka kepada khalayak ramai, Buffer memublikasikan deck mereka secara online untuk menginspirasi startup lain. Ini sejalan dengan value yang mereka miliki yakni transparansi.
      Ooomf (kini bernama Crew)
       
      Lokasi: Kanada
      Industri: Marketplace, Outsourcing
      Karyawan: 30
      Dirintis pada Februari 2012 di Montreal, Kanada, Ooomf (yang kini telah bernama Crew) memiliki misi untuk mengubah cara produk digital diciptakan. Ooomf membangun sebuah marketplace online untuk talenta-talenta kreatif, yang akan menjembatani antara kreator dan developer dengan pengguna yang membutuhkan jasa pembuatan aplikasi mobile, situs web, dan brand.
      Dengan pitch deck mereka ini, mereka berhasil mendapatkan pendanaan sebanyak US$2 juta (sekitar Rp26 miliar).
      Sorotan utama: Cara penyajiannya yang simpel dan tanpa terlalu banyak menyajikan tulisan pada presentasinya menjadikan contoh dari Ooomf ini menarik bagi para investor.
      Ketika investor menyadari bahwa keahlian presentasi kamu masih kurang maka mereka akan cenderung melihat pitch deck (karena kamu membosankan). Namun pada saat deck kamu terasa kurang menarik, kamu tetap dapat menarik perhatian mereka dengan kemampuan presentasi kamu. Latihan, latihan, latihan.
      Castle
       
      Lokasi: Amerika Serikat
      Industri: Properti
      Karyawan: 5
      Berbicara tentang penerapan teknologi, industri properti adalah salah satu industri yang terbilang lambat perkembangannya. Karenanya, Castle berusaha untuk menghadirkan inovasi dalam industri ini dengan merancang sebuah platform manajemen properti.
      Solusi ini mempermudah proses jual beli properti, menyaring calon penyewa, penarikan uang sewa, dan fitur unggulan lain yang tak kalah menarik. Castle berhasil mendapatkan pendanaan sebesar US$270 ribu (sekitar Rp3,5 miliar) untuk menjalankan aktifitas bisnis mereka.
      Sorotan utama: Berusaha menarik perhatian investor dengan desain yang bagus, Castle juga berhasil menyajikan informasi apa saja yang dibutuhkan oleh investor untuk menanamkan uang mereka. Prototipe solusi mereka juga mendapatkan traksi yang cukup positif dari penggunanya, menjadikan investasi pada startup ini lebih menjanjikan.
      Sumber: Tech in asia
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy