Jump to content
  1. restiani

    restiani

  • Similar Content

    • By news
      Gigi berlubang masih merupakan masalah yang paling sering dijumpai di Indonesia. Ini terjadi karena masih rendahnya kesadaran untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi.
      Membangun kesadaran memang tidak mudah, mungkin salah satu penyebabnya adalah belum sadar benar atau ketidaktahuan atas dampak yang ditimbulkan dari gigi berlubang. Sering kali, gigi berlubang dikaitkan dengan berbagai penyakit seperti penyakit jantung,stroke dan diabetes, masalah pada kehamilan, infeksi pernapasan, hingga kanker.
      Berikut yang perlu Anda ketahui mengenai gigi berlubang, jika Anda masih enggan rutin menyikat gigi, Anda harus segera ubah kebiasaan ini seperti dikutip dari hellosehat.com:
      1. Sebabkan Infeksi
      Jika tidak ditangani dengan benar, gigi berlubang dapat menyebabkan infeksi pada gigi atas bagian belakang, dan infeksi ini dapat menyebar ke sinus belakang mata. Jika sudah begitu, bakteri akan masuk ke dalam otak dan dapat menyebabkan kematian.
      2. Bisa Kehilangan Gigi
      Gigi berlubang disebabkan oleh bakteri yang memproduksi asam sehingga menggerogoti gigi, menyebabkan lubang pada gigi. Lubang tersebut membuat Anda mengalami rasa sakit, infeksi, dan kehilangan gigi.
      3. Bagaimana Bakteri Merusak Gigi
      Gigi memiliki tiga lapisan; dentin (lapisan tengah), enamel (lapisan luar), pulp (bagian tengah gigi yang terdiri dari saraf dan pembuluh darah). Semakin banyak lapisan yang terserang bakteri, akan semakin buruk kerusakan yang ditimbulkan.
      4. Penyebab Terbentuknya Plak
      Plak yang terbentuk pada gigi dan gusi mengandung banyak bakteri, tetapi dapat dikontrol dengan menyikat gigi dengan benar.
      5. Proses Munculnya Kerusakan Gigi
      Bakteri tersebut akan memakan gula dari makanan yang kita makan, lalu dia akan mengeluarkan asam yang akan menyerang gigi sekitar dua puluh menit setelah kita makan. Enamel adalah lapisan pertama yang akan dihancurkan oleh asam dari bakteri tersebut.
      6. Kurangnya Air Liur
      Saliva alias air liur ternyata mampu untuk menetralisir asam pada mulut. Pada kasus gigi berlubang, menurut drg. Sri Angky Soekanto, DDS, PhD, kurangnya saliva menyebabkan bakteri terakumulasi tingkat sehingga keasaman di mulut menjadi tinggi.
      Mengapa gigi berlubang bisa menyebabkan berbagai penyakit hingga kematian?
      Gigi berlubang akan ditandai dengan perubahan warna pada gigi, Anda bisa mengenalinya dengan noda warna hitam, abu-abu atau cokelat – berupa garis atau titik yang lama kelamaan akan melebar.
      Ketika tidak diobati dalam waktu yang lama, lapisan pulp akan terinfeksi lalu akan membentuk abses di sekitar tulang gigi. Kalau sudah begitu, akan menyebabkan rasa sakit dan demam pada penderita.
      Jika tidak diobati, abses gigi akan menyebar ke dalam ruang jaringan, pembengkakan pun terjadi pada wajah dan kulit. Abses gigi juga menyebabkan infeksi jaringan ruang dan bisa menyebabkan sesak napas, sulit menelan, hingga kematian. Kasus gigi berlubang yang berlanjut kematian memang jarang, tetapi bukanlah hal yang tidak mungkin.
      Ini terjadi saat infeksi dari gigi berlubang tersebut menyebar ke otak. Selain itu, gigi berlubang memiliki hubungan dengan penyakit jantung.
      Penjelasan yang paling mendekati adalah gigi berlubang dapat menyebabkan masalah pada gusi. Di sini peneliti menemukan bahwa sakit gusi meningkatkan risiko sakit jantung. Mereka juga berpendapat bahwa kondisi jantung yang memburuk juga dapat disebabkan oleh peradangan yang ditimbulkan oleh masalah periodontal (penyakit gusi).
      Begitu pula dengan stroke. Ditemukan masalah infeksi oral pada penderita  cerebrovascular ischemia – kondisi di mana tidak cukup aliran darah yang dibawa ke otak, yang memicu terjadinya stroke isemik. Kedua penyakit ini dapat menyebabkan kematian.
      Gigi berlubang juga menyebabkan munculnya berbagai penyakit. Salah satunya Rheumatoid – gangguan autoimun yang bertahan lama sehingga berdampak pada sakit sendi. Penderita penyakit ini harus menghilangkan gigi yang abses sebab menghilangkan jaringan yang sudah terinfeksi dapat membantu mendapatkan kembali kesehatan penderita.
      Begitu juga dengan penyakit usus (gastro intestinal), infeksi oral dapat menjadi pemicunya karena secara konstan Anda menelan nanah dari gusi dan gigi.
      Bagaimana cara pengobatan gigi berlubang?
      Anda harus rutin mengecek kesehatan gigi setiap enam bulan sekali. Jika lubang gigi Anda sudah membesar bukan hanya berupa garis, biasanya dokter akan menambalnya.
      Dokter akan mengebor bagian gigi Anda yang berlubang. Lalu, lubang tersebut akan diisi oleh material yang aman seperti campuran perak, emas, porselen, atau resin komposit. Jangan meremehkan gigi berlubang, karena selain sakit, tidak mengobatinya berarti membiarkan infeksi yang akan terjadi.
      Bagaimana cara mencegah gigi berlubang?
      Anda pasti sudah sering mendengar bahwa pencegahan lebih baik daripada mengobati, berikut ini kebiasaan yang harus Anda ubah untuk menghindari gigi berlubang:
      1. Rutin Sikat Gigi
      Selalu rutin menyikat gigi, minimal dua kali sehari, pada pagi hari dan sebelum tidur. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.
      2. Jangan Ngemil Sebelum Tidur
      Jangan memakan camilan sebelum tidur. Jika Anda tidak menggosok gigi dengan benar, makanan yang tertinggal di malam hari sangat berisiko membuat gigi Anda berlubang.
      3. Hindari makanan yang banyak mengandung gula
      Asam yang dihasilkan oleh bakteri akan semakin banyak ketika Anda mengkonsumsi banyak gula.
    • By news
      Apakah masker efektif cegah virus corona? Apakah sudah ada vaksinnya? Bagaimana tingkat kematiannya dibandingkan SARS dan MERS? Bagaimana pencegahannya? Kami menjawab semua pertanyaan itu. Courtesy: Reuters & AFP
       
    • By Jennifer_Wirayang
      Mengenai bagaimana Zefania Carina, anak semata wayang Karen Pooroe alias Karen Idol, jatuh dari lantai enam apartemen hingga kini belum diketahui secara pasti. Sebab, ketika peristiwa nahas itu terjadi, ia diduga sedang sendiri, sementara ayahnya pergi bekerja.
      Zefania Carina sejak beberapa waktu belakangan tinggal bersama ayahnya, Arya Satria Claproth. Sementara ibunya—Karen Idol—telah pisah rumah, mengingat ia dan sang suami tengah menjalani proses perceraian di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
      Yang jelas, tak tampak luka parah pada jenazah Zefania Carina. Hal tersebut disampaikan oleh Wemmy Amanupunyo, kuasa hukum sekaligus om dari Karen Idol.
      “Ya, saat itu juga meninggal dunia. Kondisinya baik. Bahkan seperti anak tidur, ya. Enggak ada yang luka. Lantai enam, lho. Jatuh dari lantai enam, tapi kondisinya bagus,” ujar Wemmy Amanupunyo ketika dijumpai di Rumah Duka RSUP Fatmawati, Jakarta Selatan, Sabtu (8/2).

      Perihal kejadian itu telah diketahui dan ditangani pihak kepolisian. Namun, menurut Wemmy Amanupunyo, pihak keluarga menolak jenazah Zefania Carina diautopsi.
      “Menurut keterangan dokter, luka dalam. Cuma, memang tidak mau divisum sama keluarga. Paling nanti hanya visum luar saja. Tapi, untuk diautopsi, enggak. Ditolak. Tadi polisi sudah datang dan sudah foto karena harus mendapatkan tanda tangan persetujuan tidak dilakukan autopsi,” tuturnya.
      Hal senada dikatakan pula oleh Bima Zeno Pooroe, adik Karen Idol. Menurutnya, sang kakak dan Arya Satria Claproth sama-sama tak bersedia buah hati mereka diautopsi.
      “Karen keberatan, bapaknya pun keberatan karena harus dibedah-bedah. Keluarga juga enggak mau. Tapi, kalau visum luar, yang saya lihat, cuma ada luka di sini (dahi). Saya enggak tahu karena saya enggak cek satu badan. Cuma, begitu saya buka kaki dan lain-lain, tidak ada lecet sama sekali. Itu makanya agak aneh, sih,” ucap Bima Zeno Pooroe.
      Zefania Carina, anak hasil pernikahan Karen Idol dan Arya Satria Claproth meninggal dunia pada Jumat (7/2) pukul 22.00 WIB setelah jatuh dari balkon lantai enam apartemen One Bell Park, Jakarta Selatan.
      Jenazahnya disemayamkan di RSUP Fatmawati dan akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir pada hari ini, Minggu (9/2).
    • By Jennifer_Wirayang
      Kabar duka menyelimuti kehidupan penyanyi Karen Pooroe. Ia harus menerima duka yang mendalam dikarenakan putrinya, Zefania Carina meninggal dunia.
      Kuasa hukum dan pihak keluarga Karen Pooroe, Wemmy Amanupunyo menjelaskan kronologi meninggalnya anak dari kliennya itu.
      "Meninggalnya itu kami tahu dari aparat kepolisian, jadi anak ini meninggal dunia jatuh dari balkon lantai 6 apartemen dari suami bu Karen (Arya Satria), Jumat (7/2/2020) pukul 22.00 WIB," kata Wemmy Amanupunyo ketika ditemui di rumah duka RS Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (8/2/2020) malam.
      Wemmy mengungkapkan bahwa kasus meninggalnya anak dari Karen langsung ditangani oleh Polres Metro Jakarta Selatan.
      Wemmy menambahkan bahwa berdasarkan keterangan dari kepolisian Polres Metro Jakarta Selatan, Zefania Carina jatuh dari balkon apartemen lantai 6 milik Arya saat sedang bermain hujan.
      "Anak ini katanya naik keatas kursi yang ada di balkon. Anak ini lagi main hujan tiba-tiba jatuh," ucapnya.
      Wemmy menegaskan, menurut keterangan dari polisi, saat kejadian, Zefania tidak sedang bersama ayahnya, Arya Satria.
      "Kata polisi bapaknya sedang kerja. Jadi pas kejadian bapaknya tidak tahu dan sedang kerja," ungkapnya.
      Lebih lanjut, Wemmy Amanupunyo mengaku bahwa Arya Satria tidak langsung mengabarkan Karen Pooroe. Claproth Bahkan, mantan finalis Indonesian Idol itu tahu dari aparat kepolisian.
      "Mba Karen dan keluarga dihubungi sama pihak kepolisian soal anaknya jatuh dari balkon apartemen ini," ujar Wemmy Amanupunyo.
      Hingga berita ini diturunkan, Kare Pooroe belum mau dimintai keterangan terkait meninggalnya sang anak. Ia masih begitu sedih dan sangat terpukul atas kepergian Zefania Carina.
      Tak terlihat kehadiran Arya Satria, suami Karen Pooroe di rumah duka selama jenazah disemayamkan.
      Diberitakan sebelumnya, Karen Pooroe sebelumnya sempat bersitegang dengan suaminya sendiri, Arya Satria perihal anak mereka.
      Berawal dari dugaan KDRT yang dilakukan Arya kepada Karen di tahun 2019. Video berisi Arya diduga melakukan KDRT kepada Karen beredar luas di media sosial.
      Finalis jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol itu membenarkannya, sehingga ia sangat geram terhadap Arya.
      Setelah viralnya video tersebut, drama Karen dan Arya pun semakin panjang. Karen mengaku tidak bisa menemui Zefania Carina yang tinggal bersama Arya.
      Hingga akhirnya Karen Pooroe mengadukan hal tersebut ke Komnas Perlindungan Anak agar ia bisa diberikan mediasi dan bertemu dengan putri semata wayangnya itu.
      Pernikahan Karen dan Arya juga tengah disidangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan hingga akhir 2019. Namun hingga detik ini, tak ada informasi terbarunya.
      Karen Pooroe Kehilangan Putrinya
      Karen Pooroe harus menerima duka yang mendalam dikarenakan putrinya, Zefania Carina meninggal dunia.
      Putri Karen Pooroe, Zefania Carina meninggal dunia diduga karena terjadi kecelakaan, yakni terjatuh dari balkon apartemen ayahnya, Arya Satria Claproth.
       Kabat penyebab meninggalnya putri Karen Pooroe itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum Komisi Nasional (Komnas) Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait lewat pesan berantainya yang diterima Warta Kota, Sabtu (8/2/2020) malam.
      "Putri ibu Karen Pooroe meninggal dunia diduga karena terjatuh dari balkon apartemen dimana suami Karen (Arya Satria) tinggal," kata Arist Merdeka Sirait.
      Arist menambahkan bahwa saat ini, jenazah putri Karen Pooroe disemayamkan di Rumah Duka RS Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan.
      "Kami ikut berdukacita atas meninggalnya putri Ibu Karen," ucap Arist Merdeka Sirait.
      Diberitakan sebelumnya, Karen Pooroe sebelumnya sempat bersitegang dengan suaminya sendiri, Arya Satria perihal anak mereka.
      Berawal dari dugaan KDRT yang dilakukan Arya kepada Karen di tahun 2019. Video berisi Arya diduga melakukan KDRT kepada Karen beredar luas di media sosial.
      Finalis jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol itu membenarkannya, sehingga ia sangat geram terhadap Arya.
      Setelah viralnya video tersebut, drama Karen dan Arya pun semakin panjang. Karen mengaku tidak bisa menemui Zefania Carina yang tinggal bersama Arya.
      Hingga akhirnya Karen Pooroe mengadukan hal tersebut ke Komnas Perlindungan Anak agar ia bisa diberikan mediasi dan bertemu dengan putri semata wayangnya itu.
      Pernikahan Karen dan Arya juga tengah disidangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan hingga akhir 2019. Namun hingga detik ini, tak ada informasi terbarunya.
      Karen Pooroe Tuding Suami Selingkuh dengan Marshanda
      Arya Satria Claproth membantah tudingan Karen Pooroe, istrinya yang juga penyanyi, terkait hubungan dekatnya, bahkan dugaan perselingkuhan, dengan pemain sinetron Marshanda.
      Arya Satria Claproth mengaku sudah berteman dan bersahabat lama dengan janda satu anak itu sejak 9 tahun lalu.
      "Dia (Marshanda) dekat sama ayah, adik dan kakak saya. Dia juga dekat sama saya dan Karen (Pooroe)," kata Arya Satria Claproth usai menjalani sidang cerai di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (3/12/2019).
      Perkenalan Arya Satria Claproth bahkan terjadi sejak Marshanda masih kecil.
      Tidak hanya berteman saja, keluarga Arya Satria Claproth dan Marshanda juga saling mengenal.
      Meski diketahui bersahabat sejak lama, nama Marshanda diseret Karen Pooroe dalam perselisihan rumah tangganya bersama Arya Satria Claproth.
      Arya Satria Claproth menegaskan, Marshanda tidak pernah ikut campur dalam masalah pernikahannya bersama Karen Pooroe.
      "Karen (Pooroe) itu tukang bolak-balik jawaban orang," jelas Arya Satria Claproth.
      Menurut Arya Satria Claproth, masalah rumah tangganya bersama Karen Pooroe sebenarnya tidak perlu diselesaikan dengan bantuan pengacara hingga sampai pengadilan.
      Arya Arya Satria Claproth menganggap konflik rumah tangganya dengan penyanyi jebolan Indonesian Idol 2004 itu bisa diselesaikan berdua.
      "Saya sudah jelaskan semuanya. Biar publik mengartikan sendiri. Masyarakat sudah pintar," ujar Arya Satria Claproth.
      Kejiwaan Karen Pooroe 'Idol' Bisa Terganggu
      Pengacara Karen Pooroe jebolan ‘Indonesia Idol’, Wemi memastikan kliennya mendapat kekerasan secara psikis oleh suaminya Arya Satria Calproth.
      Bahkan kemungkinan Karen bisa mengalami gangguan kejiwaan dari perbuatan Arya.
      “Ya jelas-jelas itu kan ya kekerasan secara psikis, kalau mau dibuktikan secara visum ya susah, tapi psikisnya kan nanti harus pembuktian juga kan sama ahli sama psikiater kan,” katanya ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (17/11/2019).
      Bahkan menurutnya, Karen mengantongi bukti video kekerasan tersebut. Saat itu, menurut Wemi, Karen benar-benar diintimidasi oleh Arya.
      Alumni ajang Indonesian Idol angkatan pertama itu mengalami ketakutan luar biasa.
      Wemi khawatir kejiwaan Karen bisa terganggu.
      “Ya dia ketakutan loh, psikis ini kan berarti mengganggu kejiwaannya. Terus kalau misalnya saya ngerasin orang secara fisik, terus dikatakan psikisnya gak kena ya bohong banget gitu loh,” katanya.
      Proses sidang perceraian Karen dan Arya masih bergulir.
      Selain melayangkan permohonan cerai, Arya diketahui telah melaporkan Karen 'Idol' ke Polres Jakarta Selatan pada 30 November lalu atas dugaan pencemaran nama baik.
      Arya merasa keberatan dengan pernyataan Karen soal isu perselingkuhan yang menyeret nama Marshanda.
    • By news
      Jakarta - Kecelakaan helikopter yang terjadi bukan hanya menewaskan Kobe Bryant. Putrinya yang berusia 13 tahun, Gianna Bryant, juga meninggal dunia dalam insiden yang sama.
      Diberitakan sebelumnya, legenda bola basket NBA, Kobe Bryant, meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter di dekat Las Virgenes Road, kawasan selatan Agoura Road, sekitar pukul 10.00 waktu setempat. Termasuk Kobe, ada lima orang yang meninggal dunia dalam kecelakaan itu.
      Dilansir dari CNBC, salah satunya adalah putri Kobe bernama Gianna Bryant. Gianna saat ini berusia 13 tahun.
      Kobe Bryant dan Gianna terbang menggunakan helikopter untuk mengikuti latihan basket di Mamba Academy. Diyakini ada pemain basket lain dan juga orang tuannya yang menjadi korban dalam kecelakaan itu.
      Sementara istri Kobe, Vanessa, diyakini tidak ikut dalam penerbangan nahas tersebut.
      Gianna merupakan anak Kobe Bryant yang dikenal paling menyukai bola basket. Keduanya kerap terlihat menonton pertandingan NBA bersama di pinggir lapangan.
×
×
  • Create New...