Jump to content
  • Popular Contributors

  • Our picks

    • Kartu SIM Card ada celah keamanan nya
      Celah keamanan dalam kartu SIM disebut mengancam lebih dari satu miliar ponsel. Celah keamanan ini disebut dengan Simjacker.
      • 0 replies
    • Telegram Sindir Whatsapp
      WhatsApp dan Telegram adalah dua aplikasi pesan yang populer saat ini. Bahkan, bisa dibilang mereka sedang saling bersaing untuk mendapatkan jumlah pengguna lebih banyak.

      Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam hal fitur yang dihadirkan. Tapi, ada hal yang unik terkait fitur mereka. Telegram secara terang-terangan menyindir fitur transfer file yang dimiliki WhatsApp.
      • 4 replies
    • Pernah Menang Lotre Rp. 33 Miliyar Wanita Inggris Ini Kini Jatuh Miskin
      Seorang perempuan Inggris menceritakan kisahnya sempat menjadi seorang miliarder di usia muda setelah memenangkan lotre bernilai miliaran namun kini jatuh miskin.

      Callie Rogers, asal Cumbria, Inggris, pernah memenangkan hadiah lotre pada 2003 lalu, saat dia masih berusia 16 tahun.

      Ketika itu Callie memenangkan lotre senilai hampir 1,9 juta poundsterling (setara Rp 33 miliar untuk kurs saat ini). Berkat hadiah lotre itu, Callie pernah menjadi jutawan termuda di Inggris.
      • 0 replies
    • Malam ini, gw akan bercerita sebuah cerita dari seseorang, yang menurut gw spesial. kenapa?

      karena gw sedikit gak yakin bakal bisa menceritakan setiap detail apa yang beliau alami,

      sebuah cerita tentang pengalaman beliau selama KKN, di sebuah desa penari.

      sebelum gw memulai semuanya. gw sedikit mau menyampaikan beberapa hal.
      • 0 replies
    • Kesuksesan Jobs dengan Apple nya dunia sudah gak meragukan lagi, makanya gak sungkan-sungkan dunia menyematkan gelar "Bapak Revolusi Digital" pada Steve Jobs.
      • 1 reply
Corei5

Sistem Operasi Komputer Terbaik di Dunia

Recommended Posts

Anda bingung dengan pilihan sistem operasi apa yang ingin Anda gunakan? Mungkin artikel ini akan membantu Anda, karena kita sekarang akan berbicara tentang sistem operasi terbaik di dunia. Oke, Mac OS X, Linux atau Windows? Anda akan tahu jika Anda masih membaca artikel ini.

 

A. Mac OS X

 

Mac OS X Mountain Lion

Mac OS tidak mudah terkena virus. Dirancang dengan keamanan berorientasi, Mac OS tidak terganggu oleh serangan konstan dari virus dan malware PC. Tapi baik tidak akan memperlambat dengan peringatan keamanan konstan dan gangguan lainnya. Mac OS adalah memiliki antarmuka terbaik dari OS lain. Mac OS adalah juga sangat rapi dan bersih. Kau tahu? Steve Jobs adalah memiliki kelas kaligrafi dan dia telah bekerja di pixar dan disney. Jangan heran jika Mac OS memiliki antarmuka yang bagus dan rapi daripada OS lainnya. Tapi Mac OS adalah sangat mahal, karena produk apel (seperti Mac pro, Mac book pro) adalah mahal. Tapi Anda tidak akan menyesal membeli produk Apple, karena harga sebanding dengan kualitas. Sayangnya, Mac OS belum banyak perangkat lunak daripada Windows. Dan tidak cocok untuk bermain game.

 

B. Windows

 

Windows 8

OS Windows adalah yang paling banyak digunakan di dunia. Karena OS ini adalah sederhana, user friendly dan memiliki banyak perangkat lunak dari OS lain. Antarmuka hanya dapat upgrade dengan perangkat lunak, hanya mencari di google atau youtube tentang perangkat lunak desktop jendela, jendela 3D atau tema windows. Bahkan beberapa tema atau perangkat lunak yang menawarkan bahwa Windows OS dapat terlihat seperti OS lain seperti Mac. Tapi ada masih banyak keluhan tentang virus menginfeksi OS windows dan sering terjadinya kesalahan.

 

C. Linux

 

Mengapa saya tidak mengambil screen shot tentang Linux? Karena Linux OS adalah open source OS dan bebas untuk dikembangkan menjadi semua orang. Jadi, Linux memiliki banyak versi. Saya akan menjelaskan

 

Keuntungan dan kerugian dari Linux:

 

Keuntungan

linux adalah sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak ada biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.

 

Linux mudah digunakan. Pertama, Linux adalah sistem operasi yang dikatakan sulit dan hanya dikhususkan untuk hacker. Namun, sekarang, pandangan ini salah. Linux adalah mudah digunakan dan dapat dikatakan hampir semudah menggunakan Windows.

 

Hampir semua aplikasi termasuk dalam Windows, ada alternatif di Linux. Kita dapat mengakses situs web Sumber Terbuka sebagai Alternatif untuk mendapatkan informasi tersebut adalah informasi yang berguna dan cukup lengkap tentang alternatif aplikasi Windows di Linux.

 

Keamanan yang lebih unggul Windows. Dapat dikatakan, hampir semua pengguna Windows harus memiliki virus, spyware, trojan, adware, dll. Hal ini, hampir tidak terjadi di Linux. Di mana, Linux dirancang dari awal multi-user, yang adalah ketika virus menginfeksi pengguna tertentu, maka akan sangat sangat sulit untuk menginfeksi dan menyebar ke pengguna lain. Pada Windows, hal ini tidak terjadi. Sehingga bila dilihat dari sisi maintenance / perawatan data dan hardware akan lebih efisien. Artikel yang mendukung argumen ini: linux dan virus, melindungi windows dari serangan virus menggunakan linux.

 

Linux relatif stabil. Komputer yang dijalankan pada sistem operasi UNIX dikenal berjalan tanpa batas stabil. Linux, yang merupakan varian dari UNIX, juga mewarisi kestabilan ini. Jarang ditemui, komputer tiba-tiba hang dan harus menekan Ctrl-Alt-Del atau Restart untuk mengakhiri kejadian tersebut. Jadi, tidak mengherankan bahwa Linux memiliki pangsa pasar server dunia yang cukup besar. Dari hasil penelitian IDC, pangsa pasar dunia yang menggunakan server Linux pada tahun 2008 akan mencapai 25,7%

 

Linux memiliki kompatibilitas yang lebih baik (lebih baik mundur-kompatibilitas). Perangkat keras (hardware) yang telah berusia lama, masih sangat berguna dan dapat berjalan baik di Linux. Komputer lama tidak perlu dihapus dan masih dapat digunakan untuk tujuan tertentu dengan menggunakan Linux (sebagai penunjang informasi dapat membaca artikel “Jangan Throw Away Itu Hidup PC-Give It New Lama dengan Linux”).

 

Selain itu, pernah melihat dokumen yang lebih baru tidak dapat dibaca pada versi yang lebih tua dari Linux. Pada Windows, jika kita dituntut untuk tetap mengikuti perangkat keras. Sebagai contoh, beberapa bulan lalu, telah dirilis Windows Vista. Beberapa dokumen yang dibuat di Windows Vista tidak dapat dibuka di Windows XP. Jadi, mau tidak mau, kita harus beralih ke Windows Vista, dan itu berarti meng-upgrade atau membeli perangkat keras (hardware) memiliki  www.microsoft.com perangkat keras minimum Windows Vista dapat dilihat) lebih baik. Atau, mungkin ada aplikasi yang dibuat beberapa tahun yang lalu tidak dapat dibuka lagi di Windows Vista, karena tidak lagi didukung oleh Microsoft.

 

Kekurangan Linux

Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’. Hal ini dapat diatasi dengan pelatihan atau pendidikan bagi pengguna tidak familiar dengan Linux untuk memulai.

 

Dukungan perangkat keras dari vendor yang tidak terlalu baik pada Linux. Untuk menemukan daftar hardware yang didukung pada Linux, kita dapat melihatnya di Linux-Drivers.org atau linuxhardware.org.

 

Instalasi perangkat lunak proses / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah saat menghubungkan ke Internet atau ketika memiliki repositori CD / DVD itu. Jika tidak, maka kita harus men-download satu per satu paket dan dependensinya membutuhkannya.

 

Untuk administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like (seperti Linux), maka mau tidak mau harus belajar ini. Jadi persyaratan untuk administrator adalah orang yang suka belajar hal baru dan terus-menerus belajar.

 

Jadi, kesimpulannya adalah semua sistem operasi besar dengan bervariasi untuk setiap orang. setiap orang berbeda, jadi pilihlah sistem operasi yang sesuai dengan Anda. Karena setiap sistem operasi yang memiliki kelebihan dan kekurangan.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By Edo_Purnomo

      Google sengaja membocorkan sistem operasi teranyaranya, Android N, lebih cepat dari perkiraan.
      Informasi mengenai OS Android N diprediksi bakal diumumkan pada acara konferensi developer pada Mei mendatang. Nyatanya Hiroshi Lockheimer sebagai SVP Google untuk divisi Android, Chrome OS dan Chromecast menulis sedikit bocoran di situs Medium.
      "Seperti yang kita lihat pada perilisan Android N, Anda akan menyadari sejumlah perubahan besar yang ditargetkan untuk para pengembang. Kami harap perubahan ini bisa menjadi wadah ide Anda semua, demi membuat Android lebih kuat dari sebelumnya," tulis Lockheimer.
      Tim Lockheimer memutuskan untuk membocorkan preview Android N lebih cepat demi memperoleh umpan balik lebih banyak dari para pengembang. Tim Google masih dalam proses memantapkan Android N agar bisa disematkan oleh pemanufaktur perangkat mobile pada musim panas mendatang.
      Google kemungkinan akan menambahkan beberapa fitur. Seperti yang diwartakan TechCrunch, Android N telah meningkatkan fungsi notifikasi.
      Lalu untuk pertama kalinya, Android akan memberi tampilan jendela secara terpisah alias multi-windows. Aplikasi yang mendukung fitur ini bisa dijalankan berdampingan dengan aplikasi lain.
      Diketahui fitur multi-windows telah dinanti oleh banyak pengguna, khususnya pada perangkat tablet.
      Android N juga disebut-sebut akan menawarkan moda tampilan aplikasi video yang bisa ditampilkan di bagian ujung layar pada perangkat Android TV.
      Pada OS Android Marshmallow, Google menyematkan fitur Doze, yaitu pengaturan baterai yang bisa lebih hemat selama penggunaan.
      Nah, di Android N, fitur Doze akan ditingkatkan lagi agar bisa mengehemat daya baterai saat layar perangkat mobile Anda sedang mati.
      Google pun mengatakan, perusahaan akan meningkatkan kinerja aplikasi agar lebih efisien tanpa menguras daya baterai secara boros.
      Kehadiran Android N dianggap agaknya terburu-buru, sebab Android Marshmallow yang diluncurkan tahun lalu belum banyak disematkan di perangkat mobile. Tercatat masih kurang dari 3 persen perangkat yang sudah menggunakan Marshmallow.
      Android N yang kemudian diduga akan bernama selai cokelat Nutella ini akan tersedia untuk perangkat Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 6P. Nexus Player, Nexus 9, dan perangkat Pixel C.
    • By c0d1ng
      Windows terkenal sebagai sistem operasi yang rentan diserang oleh malware, virus, sehingga membuat sebagian orang memilih Linux maupun Mac sebagai sistem operasinya. Namun Microsoft ternyata ingin mengubah image dari Windows 10, sistem operasi terbaru yang tak lama lagi hadir sebagai sistem operasi Windows yang paling aman.
      Microsoft meluncurkan iklan baru untuk Windows 10 yang menampilkan fitur keamanan dari platform, seperti dukungan login biometrik yang dikenal sebagai teknologi Windows Hello.

      Hal ini berarti kita bisa melakukan login dengan scan iris, pengenalan wajah dan scan sidik jari. Selain itu Windows 10  juga dilengkapi fitur pengecekan otomatis bernama Smart Screen untuk situs-situs yang dianggap berbahaya sehingga saat kita browsing, akan muncul peringatan terlebih dahulu supaya kita terhindar dari bahaya seperti online phising atau website yang ingin mencuri data kita.

      Selain itu Windows 10 juga menyertakan software Windows Defender yang bisa melindungi pengguna dari malware.
      Sepertinya memang Microsoft sudah berusaha keras untuk menghadirkan sistem operasi baru yang memberikan keamanan lebih baik bagi penggunanya, jadi tidak ada salahnya kita memberi kesempatan bagi Windows 10 untuk membuktikan diri sebagai versi Windows paling aman yah.
      Coba Anda lihat sendiri iklan dari Microsoft yang mengklaim Windows 10 sebagai Windows Paling Aman di video berikut ini
    • By suatmiko_sutioso
      Saat pertemuan komunitas ChefCon, sebuah kejutan dilontarkan oleh Microsoft Technical Fellow dan top engineer Mark Russinovich di hadapan ratusan orang yang menggunakan Chef, sebuah tool manajemen website open-source. Russinovich mengatakan, suatu hari nanti Microsoft dapat meng-“open source” seluruh OS Windows. Alias menyediakan kodenya secara cuma-cuma.
       
      “Itu jelas mungkin terjadi,” kata Russinovich. “Ini Microsoft baru.”
       
      Mengagetkan bukan? Tapi Microsoft saat ini memang sudah berganti komandan. Pemimpinnya bukanlah Ballmer yang menentang Linux yang open source, tapi Nadella.
       
      Namun tidaklah mungkin ucapan Russinovich terwujud dalam waktu dekat. Apalagi saat ini Windows masih merajai OS desktop, dan Microsoft meraup banyak uang dari lisensi Windows. Ini kendati di sejumlah negara beredar Windows non-original.
       
      Tapi bukan tidak mungkin Microsoft membuat mesin uang dari Windows selain dari lisensi. Ia bisa saja menjual paket enterprise service dan manajemen seperti yang dilakukan Red Hat. Dan ini hanya bisa dilakukan di sektor server, yang masih dikuasai Linux.
       
      Faktanya, Microsoft telah memperluas NET framework dan Azure, dan membuat bagian-bagian dari produk open source tersebut di masa lalu. Ia juga banyak berkontribusi pada GitHub. Namun lisensi open source untuk Windows di sisi client sepertinya impian belaka deh.
    • By c0d1ng
      Sistem operasi terbaru Windows 10 buatan Microsoft akan diberikan secara gratis kepada pengguna Windows 7 dan Windows 8. Tetapi ini hanya berlaku untuk pengguna sistem operasi berlisensi original, sementara mereka yang memakai sistem operasi Windows bajakan tidak mendapatkannya secara gratis.
       
      OEM Director Consumer Channel Group Microsoft Indonesia, Linda Dwiyanti menjelaskan, para pengguna Windows 7 dan Windows 8 original bakal mendapat pembaruan Windows 10 secara gratis. Tetapi, ini hanya berlaku untuk pelanggan konsumen, sementara pengguna Windows 7 atau 8 di segmen bisnis tidak mendapatkannya.
       
      Ia membantah anggapan bahwa Windows 10 bakal gratis untuk pengguna Windows bajakan. Menurutnya, pengguna Windows bajakan bisa saja memperbarui Windows 10 tapi itu tidak akan mengubah status lisensinya.
       
      "Jika PC atau laptop diketahui menggunakan software tidak asli sebelum upgrade, maka perangkat yang bersangkutan akan terus dianggap memakai software tidak asli setelah upgrade," tegas Linda saat dijumpai di acara peluncuran laptop Asus Transformer Book Chi, di Jakarta.
       
      Linda berkata tidak ada perlakuan berbeda dalam hal pembaruan sistem operasi Windows. Jika pengguna Windows bajakan ingin produknya asli, maka mereka harus membeli peranti lunak yang asli yang diunduh dari situs web resmi Microsoft atau dengan kepingan DVD.
       
      Windows 10 bakal tersedia untuk perangkat komputer pribadi, tablet, dan ponsel pintar. Linda melanjutkan, rencananya Windows 10 bakal meluncur di antara bulan Juli sampai September 2015.
       
      Windows 10 menghadirkan kembali tombol Start yang sempat dihilangkan pada Windows 8.0. Fitur baru yang ditonjolkan pada Windows 10 adalah kehadiran asisten digital bernama Cortana yang sebelumnya hadir di ponsel Windows Phone dan akan jadi penantang bagi Apple Siri serta Google Now.
       
      Microsoft juga menyertai aplikasi browser baru bernama Spartan pada Windows 10. Aplikasi untuk berselancar Internet ini diklaim punya performa dan kompatibilitas lebih baik dibanding Internet Explorer yang akan segera dipensiunkan.
       
      Selain itu, ada pula fitur Windows Hello yang bisa membuka akses akun sebuah komputer dengan cara biometri atau melakukan pengukuran pada proses biologis. Ia dapat memindai wajah pengguna, iris, atau sidik jari untuk memverifikasi identitas.
    • By heru_sitohang9
      Sebelum anda membaca banyak tutorial linux lebih baik anda mengenal dulu istilah yang satu ini yaitu Dependency (dependensi). Bisa diartikan ketergantungan. Di Linux, dependensi berarti paket lain yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah paket.
       
      Misalnya, paket d memiliki dependensi terhadap paket a, paket b, dan paket c. Paket d akan berjalan dengan baik jika kita menginstall paket a, paket b, dan paket c. Ketiga paket tersebut harus diinstall agar paket d berfungsi baik dan maksimal.
       
      Dependensi kadang-kadang menjadi sesuatu yang menyebalkan, apalagi jika distributor memanajemen dependensi dengan buruk.
       
      Misalnya di Ubuntu. Paket "ubuntu-desktop" meminta dependensi lebih dari yang dibutuhkan. Padahal, jika beberapa paket tidak diinstall (diikutkan sebagai dependensi), ubuntu tidak bermasalah saat berjalan. Paket-paket yang saya maksudkan adalah paket-paket semacam gnome-games. Paket-paket sejenis ini (tidak urgent) biasanya saya un-install.
       
      Bagaimanapun, developer Ubuntu mengeset dependensi berdasarkan kemampuan PC atau kondisi saat ini secara umum.
       
      Linux tidak semata-mata terdiri dari satu paket yang bisa berjalan sendiri dan tidak membutuhkan paket lainnya. Linux sendiri merupakan kesatuan dari kernel, aplikasi, karya seni, dan struktur yang saling berkaitan. Setiap paket memegang peranan penting dalam membentuk Linux.
       

       
      Dependensi biasanya sering berkaitan dengan penggunaan library. Developer di Linux biasanya berkonsentrasi untuk mengembangkan aplikasinya sendiri, tanpa memusingkan pembuatan untuk menyertakan library yang bersangkutan.
       
      Inilah mengapa, hanya dengan 2 Gb space hardisk, kita mendapatkan sebuah sistem yang kompak dan lengkap saat selesai menginstall Linux. Bandingkan dengan Windows XP, space 2 Gb terpakai hanya untuk OSnya saja.
       
      Dependensi juga bisa berkaitan dengan artwork. Bisa saja sebuah set ikon digunakan bersama-sama oleh sebuah aplikasi (misalnya desktop).
       
      Karena sifat-sifat di atas, saya meringkas keuntungan dependensi adalah:
      Kemudahan pemaketan sebuah aplikasi. Aplikasi tersebut tidak perlu mem-paketkan library bersama-sama aplikasi sehingga ukuran aplikasi bisa diringkas. Fleksibilitas aplikasi. Di luar dependensi default, ada dependensi recommended atau suggested. Dua dependensi ini akan melengkapi kemampuan aplikasi yang bersangkutan jika paket-paket yang dimaksud di install. Contohnya, aplikasi file-roller (manager arsip gnome), merekomendasikan unrar, p7zip, arj, dan lainnya. Memudahkan pelayanan support berkaitan dengan aplikasi. Memudahkan penangan advokasi berkaitan dengan lisensi.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy