Jump to content

Linkedin diakusisi Microsoft, akusisi terbesar sepanjang sejarah!


Recommended Posts

Microsoft baru saja mencatatkan sejarah akuisisi terbesar yang pernah mereka lakukan. Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates itupun kini telah mengakuisisi jejaring sosial yang ditujukan untuk para pekerja, yakni LinkedIn. Dan dana yang dikeluarkan oleh Microsoft pun tidak tanggung-tanggung, yakni sebesar 26,2 miliar USD atau setara 349 triliun rupiah.

microsoft-linkedin.jpg
Jeff Weiner, Satya Nadella dan Rein Hoffman (kredit: Microsoft)

Meskipun telah diakuisisi oleh Microsoft, LinkedIn pun tetap beroperasi seperti biasanya. Microsoft dalam pernyataan pers mengungkapkan kalau Jeff Weiner masih tetap akan bekerja sebagai CEO di LinkedIn dan selanjutnya akan memberi laporan kepada CEO Microsoft, Satya Nadella. Reid Hoffman pun masih tetap menjadi chairman LinkedIn.

Hoffman dalam pernyataannya mengungkapkan kalau proses akuisisi ini menjadi momen pembaharuan bagi LinkedIn. Dia pun menganggap kalau proses akuisisi ini akan memberikan kesempatan yang besar bagi para pengguna jejaring sosial tersebut. Sementara itu, Nadella mengungkapkan kalau teknologi yang dimiliki Microsoft saat ini bisa digunakan untuk semakin meningkatkan perkembangan LinkedIn. Mulai dari penggunaan Microsoft Office 365 ataupun Dynamics.

Menurut catatan dari Wikipedia, proses akuisisi Microsoft terhadap LinkedIn ini merupakan yang terbesar dalam sejarahnya, dengan jumlah uang mencapai tiga kali lipat dibandingkan dana akuisisi Nokia oleh Microsoft. Aktivitas ini pun merupakan proses akuisisi ke 196 yang dilakukan oleh Microsoft. Dan dari sekian banyak proses akuisisi yang dilakukan, tak semuanya memperoleh kesuksesan. Akuisisi Skype pun bisa dibilang sebagai salah satu bentuk kesuksesan. Sementara akuisisi Nokia, menjadi borok tersendiri bagi Microsoft.

Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By peter_hutomo
      Bill Gates Sr., ayah dari salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates, meninggal dunia di usia 94 tahun.
      "Ayah saya meninggal dengan damai di rumah kemarin, dikelilingi oleh keluarganya," kata Bill Gates melalui situs pribadinya.
      Ia menjelaskan ayahnya meninggal bukan hal yang tak terduga karena beliau berusia 94 tahun dan kesehatannya menurun.
      "Jadi kami semua memiliki waktu yang lama untuk merenungkan betapa beruntungnya kami memiliki pria yang luar biasa dalam hidup kami selama bertahun-tahun," tulis Bill Gates sebagai penghormatan kepada ayahnya.
      "Kebijaksanaan, kemurahan hati, empati, dan kerendahan hati ayah saya memiliki pengaruh besar pada orang-orang di seluruh dunia," sambungnya.
      CEO Microsoft, Satya Nadella, juga turut mengucapkan belasungkawa dan menyebut bahwa Bill Gates Sr. merupakan bagian penting dari kisah Microsoft.
      "Beliau membantu membentuk budaya perusahaan, memainkan peran penting dalam komunitas, dan memengaruhi program filantropi kita," ujar Nadella.
      Mengenal Bill Gates Sr.
      Bill Gates Sr. adalah seorang pengacara ulung dan anggota tetap di komunitas area Seattle.
      Dia ikut mendirikan firma hukum Preston Gates & Ellis, pendahulu dari apa yang sekarang menjadi firma hukum internasional K&L Gates.
      Ia juga menjabat sebagai presiden untuk asosiasi bar county dan negara bagian, dan merupakan anggota aktif organisasi termasuk Greater Seattle Chamber of Commerce dan United Way.
      Baru-baru ini, Gates Sr. menjabat sebagai co-chair di Bill and Melinda Gates Foundation, di mana dia membimbing visi dan arah strategis yayasan.
    • By endut
      Unit bisnis layanan cloud milik Alibaba Group akan merekrut 5.000 karyawan secara global mulai sekarang hingga akhir tahun finansial ini. Binis ini mencakup berbagai bidang termasuk jaringan, basis data, server, chip, dan Artificial Intelligence (AI).
      "Perjalanan transformasi digital untuk bisnis di Tiongkok, yang sebelumnya diperkirakan akan memakan waktu tiga hingga lima tahun, kini kemungkinan akan dipercepat untuk diselesaikan dalam waktu satu tahun," kata President of Alibaba Cloud Intelligence, Jeff Zhang, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (10/6/2020).
      "Untuk bergerak maju dengan kecepatan penuh, kami tidak hanya membangun berbagai teknologi dan layanan cloud, tapi juga berinvestasi dalam talenta IT di seluruh dunia," sambungnya.
      Adapun tahun finansial Alibaba berlangsung hingga 31 Maret 2021.
      Miliarder Pendiri Alibaba Sumbang 2,6 Juta Masker dan 2.000 Ventilator untuk New York

      Dilaporkan sebelumnya, miliarder asal Tiongkok yang merupakan salah satu pendiri Alibaba, Joe Tsai dan istrinya Clara Wu Tsai, telah mendonasikan sebanyak 2,6 juta masker, 170 ribu kacamata medis, dan 2.000 ventilator ke kota yang menjadi pusat penyebaran virus Corona di Amerika Serikat (AS), yaitu New York.
      Pengiriman bantuan tersebut dipecah dalam dua kali kedatangan. "Kami terus mendengar ratapan untuk alat pelindung diri dari komunitas, dan ingin membantu. Negara akan mengalokasikan pengiriman bantuan kedua, tapi kami punya niat untuk membantu kelompok yang paling tidak terlayani," ujar Clara Tsai dikutip dari CNN, Senin (6/4/2020).
      Apresiasi
      Ia lantas mengutip Jacobi Medical Center dan Lincoln Medical Center di Bronx, dan Rumah Sakit Elmhurst di Queens sebagai institusi yang dianggapnya sangat membutuhkan sokongan alat medis. Donasi tersebut lantas diapresiasi Gubernur New York, Andrew Cuomo.
      "Saya berterimakasih kepada Joe Tsai, Clara Tsai, dan Jack Ma dari Alibaba. Ini merupakan pemberian besar dan akan memberikan perubahan signifikan untuk kita," kata dia.
    • By BisaJadi
      Setelah sempat "tak sengaja" membocorkan tampilan Start Menu terbarunya pada akhir 2019 lalu, kali ini Microsoft mulai percaya diri memamerkan rancangan Start Menu baru di Windows 10 lewat sebuah klip animasi yang diunggah di Twitter.
      Namun, tampilan Start Menu itu tampak berbeda dengan bocoran yang sempat beredar beberapa waktu lalu.
      Microft tidak menghilangkan gaya "Live Tiles" berupa deretan ikon aplikasi berbentuk persegi, tapi mengubah desainnya sehingga tampak lebih rapi dan bisa menampilkan teks pendek, misalnya untuk preview e-mail.
      "Dibuat oleh tim desain @Windows, klip animasi ini menggambarkan sepotong evolusi #UX dan modernisasi pengalaman Windows," kicau Microsoft dalam twitnya, dikutip KompasTekno Jumat (10/4/2020).
      Dalam twit tersebut Microsoft memamerkan rancangan Start Menu Windows 10 dengan sangat jelas. Ada dua mode tampilan yang ditunjukkan, yakni dengan latar belakang warna cerah dan warna gelap.
      Tim pengembangan Windows tampaknya lebih berfokus untuk menciptakan sebuah tampilan Start Menu yang lebih simple dengan gayanya yang tidak terlalu berubah.
      Belum jelas kapan rancangan Start Menu di atas akan benar-benar diimplementasikan ke Windows 10. Boleh jadi, Microsoft menyiapkan Start Menu baru ini untuk perangkat-perangkat foldable dengan dua layar yang akan menjalankan OS Windows 10X.
      Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Wccftech, Selasa (14/4/2020), Windows 10X kemungkinan akan dirilis tahun ini, namun bisa saja tertunda lantaran pandemi Covid-19 yang masih merebak di berbagai belahan dunia.
    • By purwa_weheb
      Gaya hidup orang-orang terkaya di dunia sebenarnya tak semewah yang diperkirakan. Meski memiliki harta ratusan sampai ribuan triliun rupiah, mereka masih mencintai hal-hal sederhana.
      Di Indonesia, walaupun menyandang predikat orang terkaya di Indonesia selama 11 tahun berturut-turut tak lantas membuat Michael Bambang Hartono sombong. Dengan kekayaan sekitar US$ 37,3 miliar atau sekitar Rp 522,20 triliun bersama sang kakak Robert Budi Hartono, Bambang bahkan lebih suka makanan Indonesia.
      Bambang mengatakan menu sarapan favoritnya jika berada di Kudus, Jawa Tengah adalah Lentog adalah makanan seperti lontong sayur yang beralaskan daun pisang. Satu porsi lentog terdiri dari irisan lontong, tahu, tempe, dan sayur nangka.
      Gaya hidup sederhana ini juga dimiliki oleh Bill Gates. Dengan kekayaan bersih sebesar US$ 92,9 miliar, salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates dapat membeli apa saja yang diinginkannya, tetapi ia tidak melakukannya.
      Dalam Reddit Ask Me Anything 2016, Gates pernah ditanya tentang hal-hal apa saja yang ia tolak untuk mengeluarkan uang lebih banyak. "Saya tidak suka menghabiskan banyak uang untuk pakaian atau perhiasan," jawab miliarder itu, dikutip dari CNBC Internasional.
      Namun itu memang benar. Orang terkaya ini tidak menghabiskan uang untuk pakaian dan perhiasan. Pada acara Politico Lessons from Leaders 2014, bos Microsoft ini mengaku bahwa ia mengenakan arloji seharga US$ 10 atau setara Rp 140 ribu, dan sama seperti Zuckerberg, ia juga berpakaian sederhana.
    • By DragonJebol
      Apple meminta pengadilan federal AS untuk terus memantau dua mantan karyawannya yang berasal dari China karena tuduhan mencuri rahasia dagang Apple. Apple "sangat khawatir" karena keduanya dapat melarikan diri ke China sebelum menyelesaikan pengadilan mereka, seperti dikutip Macrumors.
      Menurut Reuters, jaksa mengatakan bahwa Xiaolang Zhang dan Jizhong Chen harus dipantau lokasinya karena mereka berisiko melarikan diri. Zhang didakwa atas pencurian rahasia dagang pada Juli 2018 setelah dia mencoba mencuri data tentang proyek mobil yang dimiliki Apple.
      Sebelum ditangkap, Zhang bekerja sebagai tim komputer Apple. Ia merancang dan menguji papan sirkuit untuk menganalisis data sensor pada Apple Car.
      Zhang memiliki "akses luas ke database internal yang aman dan rahasia". Setelah Zhang mengumumkan rencananya untuk meninggalkan Apple dan berpindah ke XMotors yang berbasis di China, Apple melakukan penyelidikan karena perilaku Zhang yang mencurigakan.
      Tepat sebelum pergi, Zhang mengakses konten sensitif yang mencakup prototipe, persyaratan daya, persyaratan tegangan rendah, sistem baterai, dan hal lainnya yang bersifat rahasia. Kemudian, Zhang ditangkap di bandara pada Juli 2018 saat berusaha pergi ke China.
      Dalam insiden lain, Apple menangkap Jizhong Chen, karyawan Apple. Jizhong Chen diketahui mengambil foto "di ruang kerja yang sensitif". Setelah melakukan penyelidikan, pejabat keamanan Apple menemukan bahwa komputer pribadi Chen berisi "ribuan" file yang terkait dengan Apple Car, termasuk buku petunjuk, skema, foto, dan diagram.
      Sebelum ditangkap, Chen sempat melamar untuk suatu posisi di perusahaan kendaraan yang berbasis di China. Chen ditangkap karena pencurian rahasia dagang Apple. Ia tertangkap tepat satu hari sebelum ia terbang ke China.
      Baru-baru ini juga ditemukan bahwa Chen mempunyai file rahasia dari program rudal Patriot milik Raytheon, perusahaan tempat ia bekerja sebelumnya.
      Kedua pria tersebut dipantau secara elektronik setelah dibebaskan dengan jaminan sebelum persidangan mereka. Sekarang Zhang dan Chen berusaha untuk menghentikan pemantauan yang dilakukan terhadap mereka.
      Pengacara Zhang dan Chen mengatakan, sejauh ini mereka tidak melanggar aturan pra-persidangan dan belum terbukti bahwa mereka benar-benar memberikan kekayaan intelektual Apple kepada pihak ketiga.
      Pengacara juga mengatakan, Zhang dan Chen berhak pergi ke China untuk mengunjungi kerabat mereka, tetapi bukan untuk menghindari tuntutan. Zhang dan Chen sama-sama akan menghadapi hukuman penjara selama beberapa tahun dan denda yang besar jika memang terbukti bersalah.
×
×
  • Create New...