Jump to content

Tips Memilih Jalur Alternatif Mudik


Guest Metrotvnews

Recommended Posts

Guest Metrotvnews
Metrotvnews.com, Jakarta: Pulang kampung atau mudik menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia setiap menjelang hari raya Idul Fitri. Untuk menuju ke kampung halaman, sebagian masyarakat memilih menggunakan transportasi umum, baik melalui jalur darat, laut maupun udara.

Sebagian lagi mudik dengan mengendarai mobil pribadi. Mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi dipilih karena lebih nyaman. Bisa mengangkut banyak anggota keluarga dan tak perlu repot menenteng barang bawaan seperti jika menumpang kendaraan umum.

Persoalan klasik yang selalu terjadi setiap kali musim mudik Lebaran ialah kemacetan di sepanjang rute darat di Pulau Jawa. Kemacetan tersebut terjadi akibat meningkatnya volume kendaraan, juga beberapa gangguan pada rute yang ditempuh seperti adanya pasar tumpah, maupun kecelakaan lalu lintas.

Kini, Anda bisa sedikit bernapas lega karena terdapat beberapa jalur alternatif mudik yang bisa ditempuh. Bagi pemudik dari Jakarta yang akan menuju ke Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur, berikut ini jalur alternatifnya.

1. Jika tujuan anda ke Kota Bandung, jalur yang bisa dilewati yakni dari Jakarta melewati Bekasi hingga Kosambi, lalu ambil arah Cikampek, kemudian melewati Subang, Cisalak, Sagalaherang, dan Lembang.

2. Apabila tujuan akhir anda Purwokerto, Anda bisa memilih jalur alternatif dari Pemalang, Kedungjati, Watukumpul, Belik, Bongas, Winaraya, dan Purbalingga.

3. Bila Anda hendak menuju ke Kota Malang, rute alternatif yang bisa Anda lalui yakni Nganjuk, Pace, Kediri, Pare, Pujon, dan Batu

Sebelum memulai perjalanan mudik, bekali diri Anda dengan aplikasi Peta Mudik Metro TV. Bagi Anda pengguna ponsel Android, segera unduh aplikasi Peta Mudik Metro TV. Dengan menggenggam Peta Mudik Metro TV, Anda bisa mengetahui berbagai rute alternatif lainnya.

Peta Mudik Metro TV dilengkapi fitur Rute Mudik yang akan menunjukkan peta jalur mudik yang ada di Pulau Jawa dan Sumatera. Dengan fitur ini, Anda dapat mencari rute mudik lebih mudah tanpa harus membuka peta cetak. Fitur Rute Mudik juga menghadirkan jalur mudik alternatif untuk mempermudah Anda dalam bernavigasi.


peta%20mudik.jpg


Tak hanya itu, ada juga fitur Peta Interaktif yang merupakan fitur yang menghadirkan berbagai informasi pada peta digital secara interaktif. Informasi yang ditampilkan di antaranya adalah informasi jalur mudik, serta pantauan langsung CCTV dari Dishub dan NTMC. Informasi tersebut tentunya akan membantu Anda untuk selalu dapat memantau kondisi terkini mengenai lalu lintas dan kondisi saat mudik di berbagai daerah.

Ada lagi fitur Info Terkini yang menampilkan berbagai berita, dan info mudik dari media sosial. Fitur ini menyuguhkan berbagai info mudik yang diunggah oleh pengguna aplikasi Peta Mudik Metro TV lainnya. Untuk melakukan posting, Anda dapat mengakses fitur Berbagi Info yang ada di aplikasi ini. Anda juga dapat menyematkan foto dan lokasi peta dari info yang akan diunggah.

Tidak kalah pentingnya, dalam aplikasi ini juga terdapat fitur Cari Tempat, merupakan kumpulan informasi lokasi tempat-tempat penting untuk mendukung kegiatan mudik Anda, seperti lokasi SPBU, ATM, masjid, mini market, bengkel, posko mudik, hingga tempat wisata, dan rumah makan. Fitur tersebut juga terintegrasi dengan Google Maps, sehingga Anda dapat melakukan navigasi langsung ke tempat yang dituju.

Selain itu, terdapat fitur Info Penting berisi jadwal imsak dan waktu salat selama satu minggu. Fitur ini juga mencakup berbagai nomor darurat penting seperti nomor telepon polisi, ambulan, pemadam kebakaran, SAR, dan posko bencana.

Untuk memperkaya fitur-fitur di atas, tersedia pula fitur yang akan menampilkan informasi mengenai Isuzu. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mencari berbagai informasi seperti lokasi dealer, dan informasi produk Isuzu di Indonesia.

Peta Mudik Metro TV disponsori oleh:

logo%20Isuzu.jpg

www.metrotvnews.com

Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...