Jump to content
Sign in to follow this  
apanjiegumilang

Perbedaan Layer OSI dan TCP/ IP

Recommended Posts

PERBEDAAN LAYER OSI DAN TCP/ IP

 

osisosi.jpeg

 

Langsung saja ya ndral. Cekidot!!

 

Layar- layer pada OSI:

1.Application layer (lapisan aplikasi):
Berfungsi untuk melakukan aplikasi yang melakukan pengolahab data untuk pemakai. Contoh, elektronik mail, file transfer, dll.
2.Presentation Layer (Lapisan presentasi):
Fungsi:
•Menjamin data yang dapat dibaca oleh system yang menerima data
•Menentukan format data yang dikirim / diterima
•Menentukan struktur data
•Mengatur sintaks transfer data bagi lapisan aplikasi
3.Session Layer (lapisan sesi):
Fungsi:
•Membangun (estakbish)
•Mengatur (manage)
•Menghentikan (terminate)
4.Transport Layer (lapisan transport):
Fungsi :
•Menentukan metode dan kehandalan pengiriman (transport)
•Membangun (establish)
•Menghentikan (terminate) pernagkat- perangkat virtual antar host
•Mendeteksi kesatuan data dan mengatur perbaikan
5. Network Layer (lapisan jaringan):
Fungsi:
•Mengatur penentuan jalur
•Mengatur pengiriman data
6.Data Link:
Fungsi:
•Menentukan bagaimana bit- bit data yang dikelompokkan dalam 1 format yaitu frame
•Menentukan perangkat- perangkat jaringan seperti bridge dan swich
7.Physical:
Fungsi:
•Mendefinisikan media transmisi jaringan mtode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan seperti halnya Ethernet/ token ring
•Mendefinisikan bagaimana NIC berinteraksi dengan media wireless

•Menjaga koneksi fisik antar system

Layer TCP/IP:

Layer TCP/IP adalah standar komunikasi data yang digunakan dalam suatu jaringan internet dalam proses tukar menukar data dari komputer satu ke komputer lain.

1. Application Layer

Berfungsi menyediakan servis-servis terhadap software-software yang berjalan pada komputer. Protokol-protokol yang beroperasi pada Application Layer: HTTP, FTP, POP3, SMTP, dll.

2. Transport Layer

Mempunyai 2 protokol utama yaitu TCP dan UDP. Transport Layer berfungsi menyediakan servis yang akan digunakan oleh Application Layer.

3. Internet Layer

Internet Layer memiliki fungsi sebagai penyedia fungsi IP Addressing, routing, dan menentukan path terbaik. Internet Layer memiliki 1 protokol yaitu TCP/IP.

4. Network Access Layer

Berfungsi mendefinisikan protokol-protokol dan hardware-hardware yang digunakan dalam pengiriman data. Pada layer ini terdapat protokol-protok seperti ethernet pada LAN, PPP pada WAN, dan juga Frame Relay.

Perbedaan dan persamaan prinsip keja antara OSI layer dan TCP/IP Layer.

Persamaan:

1. Sama- sama memiliki layer

2. Sama- sama memiliki Application Layer layanannya berbeda

3. Sama- sama memiliki Trasport Layer dan Network Layer 

Perbedaan:

1. OSI Layer memiliki 7 layer sedangkan TCP/IP 4 layer

2. Layer teratas pada OSI layer, yaitu application, presentation, dan session direpresentasikan kedalam 1 lapisan Layer TCP/IP, yaitu layer application

3. Layer Network pada OSI Layer hampir sama dengan Internet Layer pada TCP/IP, tetapi fungsi keduanya masih sama.

 

Sumber1    Sumber2

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By peter_hutomo
      Berbagai brand smartphone siap merilis smartphone 5G di 2019. Bahkan Xiaomi memastikan Mi Mix 3 5G bakal rilis awal 2019 nanti. Tetapi secepat apa sih jaringan 5G, apa bedanya dengan 4G, dan kapan hadir ke Indonesia, di video ini kita bakal bahas semua.
      Jadi 5G ini adalah jaringan mobile generasi kelima, penerus dari 4G yang saat ini masih jadi jaringan mobile utama di berbagai negara, termasuk Indonesia. Dan sebagai penerus tentu aja 5G ini lebih cepat, dengan kapasitas yang lebih besar, latensi yang lebih kecil, serta menggunakan spektrum yang lebih baik daripada 4G.
      Jadi 5G ini kecepatan maksimalnya mencapai 20 Gbps, dan dari berbagai pengujian yang pernah dilakukan, kecepatan rata-rata 5G bervariasi, ada yang tembus 6 Gbps, ada yang 10 Gbps. Ini kenceng banget ya kalo dibandingin kecepatan rata-rata 4G saat ini.
      Latency nya juga lebih kecil, kalo 4G sampai di 45ms, 5G ini cuman 1ms, jadi untuk koneksi juga bakal jauh lebih responsif, tanpa lag dan nyaris tanpa delay.
      Selain itu kapasitasnya juga lebih besar, jadi potensi bandwitdh overload di jam-jam sibuk bakal jauh berkurang.
      Jadi ibaratnya untuk download satu film FHD, kalo di 4G kecepatan 100 Mbps per second butuh waktu sekitar 7 menit, di 5G dengan 6 – 10 Gbps bisa cuman 4 sampai 24 detik saja.
      Tapi itu dari hasil pengujian ya, untuk kecepatan dan latensi nyata, tentunya bakal tergantung juga dari operator 5G nya. Contohnya kecepatan 4G di Indonesia beda dengan kecepatan 4G di Korea atau Jepang, bahkan kecepatan 4G Telkomsel beda dengan kecepatan 4G Smartfren — dan ini juga pasti berlaku juga untuk 5G nanti. Tetapi yang jelas 5G bakal membawa banyak peningkatan dari koneksi 4G saat ini.
      Lalu apa manfaat jaringan 5G? Nah jadi dengan 5G, berinternet nggak cuman sekedar lebih kencang dan responsif, tetapi juga bakal mengubah banyak gaya hidup. Misalnya aja layanan streaming bakal semakin populer, baik itu streaming musik ataupun film. Video bakal makin digemari, YouTube makin jadi trend. Cloud sync dan cloud backup jadi hal yang normal. Tetapi lebih dari itu, 5G bakal membuka akses terhadap interconnected device, seperti IoT, membuat smart home makin populer, lalu di luar negeri ada self driving car, ini mobil yang bisa jalan sendiri, yang tentu aja butuh koneksi kencang dengan latensi kecil, 5G bakal ngedukung banget untuk self driving car ini.
      Dan terakhir, kapan 5G bakal dateng ke Indonesia? Untuk yang satu ini belum ada jawaban pasti. Tetapi smartphone 5G sudah mulai berdatangan di awal tahun 2019 besok. Xiaomi, OnePlus, Huawei, ASUS, Vivo, Nokia, dan banyak brand lain udah berkomitmen rilis hape 5G. Mi Mix 3 dan OnePlus 7 dipastikan bakal jadi HP 5G di 2019. Qualcomm bahkan sampai Samsung juga sudah siap dengan modem 5G besutan mereka sendiri.
      Pada intinya era 5G sudah dimulai, dan cepat atau lambat, operator di Indonesia juga bakal mengadopsi teknologi 5G ini.
      Sampaikan aja di kolom komentar kalo kamu punya pendapat seputar jaringan 5G, khususnya 5G di Indonesia.
    • By monica_pendong
      Networking adalah salah satu kesempatan besar bagimu untuk mendapatkan kemajuan pesat dalam karier. Ini adalah kesempatanmu keluar dari “zona nyaman” dan menjalin hubungan dengan orang lain.
      Tapi berkenalan saja tidak cukup. Kamu juga harus memberi kesan menarik, serta membangun fondasi untuk relasi jangka panjang.
      Biron Clark, pakar rekrutmen dan founder situs Career Sidekick, mengatakan bahwa ada sebuah strategi yang bisa membuatmu lebih menonjol dan berkesan dalam networking. Dengan strategi ini, meski lawan bicaramu baru saja bertemu seratus orang di hari yang sama, ia akan tetap mengingatmu sebagai orang yang berbeda dari lainnya.
      Clark menyebutnya strategi “Super-Connector”.
      Bagaimana Super-Connector bekerja?
      Apa itu Super-Connector?
      Secara sederhana, cara kerjanya seperti ini:
      Untuk mencapai hal ini, ada beberapa macam contoh pertanyaan yang bisa kamu ajukan. Misalnya:
      Apa hal yang menurut kamu paling menarik saat ini? Apakah ada tantangan besar yang sedang kamu hadapi? Apa rencana besar yang sedang kamu persiapkan? Jika kamu tidak menjalani pekerjaanmu sekarang, apa yang akan kamu lakukan? Pertanyaan-pertanyaan di atas hanya contoh. Pada praktiknya, kalimat yang kamu gunakan tentu tidak akan sama persis. Selain itu, jangan lupa bahwa dasar-dasar komunikasi yang baik (seperti cara berbicara atau bahasa tubuh) tetap penting untuk kamu perhatikan.
      Katakanlah kamu berkenalan dengan orang yang ingin membangun startup, tapi dia bukan engineer/programmer. Kamu bisa berkata, “Kebetulan, saya juga punya kenalan yang dulunya bukan programmer tapi sekarang jadi founder startup teknologi. Minggu ini saya akan coba memperkenalkan kalian, barangkali dari situ kamu bisa mendapat ide.”
      Memberi manfaat dua arah
      Strategi Super-Connector sangat efektif untuk memunculkan kesan baik di mata orang yang baru kamu kenal. Berikut alasannya:
      Mendorongmu lebih banyak mendengar daripada berbicara. Ini akan memunculkan kesan bahwa kamu memang menaruh minat pada si lawan bicara. Membuatmu menonjol karena kamu datang untuk memberi, bukan meminta. Kebanyakan orang saat networking hanya meminta bantuan atau saran. Secara alami membuatmu mendapatkan informasi kontak si lawan bicara. Memberimu kesempatan untuk mengontak lagi di masa depan. Ingat, untuk membangun relasi yang bermakna, satu pertemuan saja tidak cukup. Menunjukkan bahwa kamu orang yang perhatian dan mau membantu orang lain. Ini adalah sifat yang akan membuat orang lain menghormatimu. Dalam proses memberi manfaat itu, kamu akan mengenal lawan bicaramu lebih mendalam, dan pada akhirnya akan terjalin relasi yang kuat di antara kalian.
      Saat pertama kali mencoba menerapkan Super-Connector, mungkin kamu masih akan kaku dan terbata-bata. Tapi seiring pengalaman, sikap “mendahulukan kepentingan orang lain” ini akan tertanam dalam dirimu secara natural. Dengan tidak berusaha menonjolkan dirimu, kamu justru akan menjadi lebih menonjol. Selamat mencoba!
    • By c0d1ng
      Rencana menghadirkan jaringan 5G mulai digaungkan di Indonesia. Pemerintah sendiri melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah menyiapkan aturan yang mengakomodasi teknologi ini. Namun, apa saja kendala dalam menghadirkan jaringan generasi kelima di Indonesia?
      Dalam penjelasan pengamat telekomunikasi, Nonot Harsono, usaha menghadirkan 5G bukan sekadar menghadirkan tower yang lebih banyak. Namun, lebih kepada penataan jaringan kabel optik.
      "(Jaringan) 5G itu bukan soal teknologi, tetapi soal menata jaringan kabel optik dan jutaan BTS kecil," ujarnya kepada Okezone, Rabu (5/4/2017).
      Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa penataan jaringan kabel optik dimaksudkan untuk memasang base transceiver station (BTS). “Bagaimana menata jaringan kabel optik yang serapi mungkin, lalu di ujung-ujung kabel optik itu dipasang BTS yang sangat banyak jumlahnya," lanjutnya.
      Ia melanjutkan bahwa layanan 5G dapat dimanfaatkan untuk keperluan internet of things (IoT), mobil tanpa sopir, dan beragam fungsi lainnya.
    • By womanthings
      Isu keamanan merupakan hal paling umum dirasakan pengguna windows. Sebagai salah satu OS komputer dengan pengguna terbanyak di dunia, tak heran apabila banyak sekali virus yang berusaha menjangkiti OS yang satu ini. Mulai dari virus ringan hingga virus yang mampu me-remove file komputer secara tiba-tiba.
      Bukannya mudah menemukan yang pas, banyak pengguna OS windows malah bingung dan asal pasang aplikasi antivirus. Untuk mempermudah anda berburu antivirus, berikut ini 10 Antivirus gratis untuk windows:
      1. 360 Total Security 8.6.0.1140
      360 Total Security memiliki kemampuan optimal menghadapi virus baru. Khususnya, untuk menghadapi berbagai virus yang bertebaran ketika anda berselancar di dunia maya. Apabila menemukan sesuatu yang aneh, maka antivirus ini akan memberitahukannya kepada anda.
      2. McAfee Stinger 12.1.0.2044
      Antivirus ini memiliki kemampuan menghapus dan membersihkan virus yang telah menginfeksi PC. Guna mendeteksi virus dan malware, maka setidaknya antivirus ini harus selalu di-update. Tersedia dalam dua versi. Untuk 32 dan 64.
      3. AxCrypt 2.1.1403.0
      AxCrypt merupakan aplikasi enkripsi. Alhasil, anda akan disuguhkan fitur kemanan maksimal terhadap file folder anda. Aplikasi ini terkoneksi dengan file explorer komputer sehingga secara otomatis mampu meng-enkripsi, mengompres, melihat deskripsi, wipingm dan memberikan password pada folder penting. Tersedia dalam dua versi. Untuk 32 bit dan 64 bit.
      4. Smadav 2016 Rev.10.8.2
      Antivirus buatan tanah air ini memiliki fitur yang pas guna menghadapi virus lokal. Khusus untuk versi yang satu ini, anda tidak perlu menginstal SmadaV ini di komputer. Cukup masukkan ke dalam flashdisk, lalu instal versi portable aplikasi ini.
      Keunggulan antivirus ini, yaitu mampu mencegahan dan atau membersihkan file dari virus (Locky, Teslacrypt, dll.). Antivirus ini pun memiliki fitur otomatis untuk mengembalikan file tersembunyi di flashdisk.
      Selain itu, antivirus yang identik dengan warna hijau ini, fitur keamanan saat browsing Internet, pembersihan virus Facebook Share, VBS-Houdini, BundpilAutoit, dll pun siap di-eksekusi.
      5. Avast! Free Antivirus 12.1.2272
      Sebagai salah satu antivirus non-komersial, Avast merupakan aplikasi antivirus terbaik.Avast banyak digunakan oleh pengguna pc di Eropa, Avast memiliki keunggulan sebagai antivirus Anti-spyware built-in, web Shield & Resident protection, Anti-rootkit built-in. Selain itu, aplikasi ini pun memudahkan setiap pengguna dengan fitur Otomatis Update bila terhubung di internet.
      6. Windows Firewall Control 4.8.0.0
      Aplikasi ini memiliki kemampuan memaksimalkan fungsi firewall bawaan windows. Menggunakan antivirus ini, memungkinkan pengguna mengontrol firewall.
      Navigasi yang sederhana membuat setiap pengguna mudah dan cepat mengontrol pengaturan firewall komputer. Beberapa pengaturan yang tersedia, yaitu High Filtering, Medium Filtering, hingga No Filtering. Anda bisa mendownload aplikasi ini di sini.
      7. Kaspersky Virus Removal Tool 15.0.19.0
      Antivirus ini memiliki fungsi untuk mengatasi file yang sudah terinfeksi, menghapus virus, Trojan, spyware, serta berbagai jenis malware lainnya. Memiliki algoritma tertentu, sehingga mampu menghapus virus kompleks dan majemuk. Download di sini.
      8. Panda Free Anti Virus 16.1.3
      Merupakan antivirus ringan dengan tugas melindungi komputer dari virus, malware dan sebagainya. Panda antivirus selalu update terhadap jenis antivirus terbaru. Sehingga, mampu berhadapan dan berperang dengan antivirus terbaru.
      Selain itu, penggunaan teknologi Cloud menjadikan aplikasi ini tidak membebani resource komputer, serta perlindungan yang kuat secara real time. Download di sini.
      9. Comodo Internet Security 8.4.0.5068
      Aplikasi antivirus premium ini bertugas melindungi komputer anda dari ancaman saat berselancar di internet. Berbagai serangan yang mampu ditahan oleh aplikasi ini, seperti virus, spyware, rootkit, bot, serta jenis-jenis serangan lainnya. Selain itu, software yang ssatu pun memiliki fitur menghilangkan ncaman yang ditemukan. Download di sini.
      Apabila anda menggunakan versi premium, maka anda dapat menikmati fitur untuk memantauan dan memindaian file, pemindai Email, karantina virus, menikmati sandbox teknologi, hingga mendapatkan perlindungan ganda (antivirus dan firewall).
      10. AVG Anti-Virus 16.81.7640
      AVG Free Edition merupakan antivirus rekomendasi untuk mengamankan komputer dari ancaman antivirus dan antispyware. Selain itu, fitur penangana virus yang efisien sehingga mampu menghemat penggunaan ram & CPU komputer.
      Selain itu, antivirus yang satu ini mampu mengupdate dirinya sendiri ketika komputer terkoneksi dengan internet. Tersedia dua versi, 86 bit dan 64 bit.
    • By dugelo
      Era wireless saat ini memang menjadi tren teknologi yang ramai dikembangkan. Pengisian baterai secara wireless pun kini sudah hadir pada produk teknologi yang dijual di pasaran. Namun bagaimana jika sebuah komputer didesain dengan tanpa baterai dan memperoleh energinya melalui transmisi gelombang radio?
      Perkenalkan, nama komputer tersebut adalah WISP yang merupakan kepanjangan dari Wireless Identification and Sensing Platform. Seperti yang telah disebutkan di atas, komputer ini tidak menggunakan baterai ataupun colokan listrik seperti halnya komputer ataupun laptop lain. Sebagai gantinya, kebutuhan energi dari komputer ini disuplai secara wireless.
      Komputer WISP ini mempunyai ukuran yang sangat kecil, hingga bisa dipegang hanya dengan dua jari. Dengan bentuknya yang mungil tersebut, tidak heran kalau komputer ini pun bisa disuplai dengan tenaga yang sangat kecil sehingga bisa ditransmisikan secara wireless. Dan sebagai alat transmisinya, komputer WISP ini pun hanya memakai transmitter RFID biasa.
      Kemampuan komputer ini memang tidak bisa dibandingkan dengan smartphone ataupun komputer lain. Namun kemampuan komputer WISP ini bisa disandingkan dengan kemampuan yang dimiliki oleh perangkat wearable seperti Fitbit, bisa dipakai untuk menjalankan sensor ataupun mengirimkan data.
      Keuntungan lainnya dari komputer mungil ini adalah bisa digunakan sebagai sarana komunikasi menggunakan sinyal radio yang bekerja mirip dengan kode Morse. Bahkan komputer mungil ini juga bisa diprogram secara wireless lho! Dengan kemampuan tersebut, komputer WISP ini pun bakal sangat berguna jika digunakan dalam kondisi darurat pada saat kondisi sumber tenaga sangat minim.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy