Jump to content
Sign in to follow this  
berita_semua

Skill Arsitek Indonesia di Atas Rata-Rata Singapura

Recommended Posts

27arsitek.jpg

Keberadaan arsitek Indonesia di luar negeri ternyata tidak dipandang sebelah mata. Buktinya, dari segi market para arsitek asal Indonesia hingga saat ini masih diterima dengan baik di Singapura.

Menurut Sekretaris Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) chapter Singapura, Achmad Nanang Maulana mengatakan, salah satu kelebihan arsitek Indonesia ialah skill dari segi kreativitas dan desain grafis berada di atas rata-rata arsitek Singapura.

"Cuma sekarang karena market juga lagi slow, memang permintaannya agak berkurang tapi saya yakin kemampuan mahasiswa arsitektur sekarang enggak kalah," ujar Nanang

Hanya saja, dia mengakui arsitek Indonesia tidak terlepas dari beberapa kelemahan, salah satunya adalah kemampuan presentasi. Pasalnya di Singapura dengan market yang sudah global, kemampuan bahasa menjadi poin penting.

"Kelemahan kita kurang bisa ngomong, kurang bisa membuka diri, kurang bisa presentasi dalam bahasa Inggris, karena di Singapura marketnya sudah internasional, misalnya di dalam kantor saya sendiri ada banyak staf dari Spanyol, Jepang, AS, Singapura, Amerika, dan Malaysia," terang Nanang yang saat ini bekerja di DP Architects Pte Ltd, Singapura.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By c0d1ng
      Dalam menerapkan hal keamanan pada perangkat komputer, sering kali kita sebagai pengguna biasa memasang anti virus andalan untuk menangkal adanya virus yang menyebar melalui perangkat flash disk ataupun perangkat lainnya. Namun semakin canggihnya teknologi, dengan berbekal email palsu dan spam, para orang yang tidak bertanggung jawab bisa saja mengambil alih akses komputer melalui sebuah koneksi internet.
      Dalam mencegah hal tersebut, ada satu hal unik yang dilakukan oleh pemerintahan di negera tetangga kita, Singapura. Bahwa negara tersebut menerapkan peraturan yang mana setiap komputer dari pegawai pemerintahan akan dicabut akses internetnya.
      Hal ini dikatakan sebagai bentuk antisipasi komputer-komputer tersebut terserang dari virus dan tindakan kejahatan online lainnya, yang bisa saja mencuri informasi penting berhubungan dengan pemerintahan negara tersebut. Kabarnya ada sekitar 100.000 unit komputer yang dicabut akses internetnya.

      Pemerintahan Singapura mengatakan bahwa jika ingin menggunakan internet silahkan, namun melalui perangkat pribadinya, jangan menggunakan perangkat komputer dari kantor. Pihak mereka juga mengatakan bahwa hanya kelompok atau orang tertentu yang memiliki hak akses internet pada komputer kerja mereka. Kabarnya peraturan ini telah berlangsung dari bulan Mei lalu, dan bakal mengalami masa percobaan hingga tahun depan.
      Salah satu pakar keamanan dunia siber, Michael Gazeley, mengatakan bahwa langkah mencabut akses internet tidak membuat sepenuhnya komputer tersebut aman dari serangan virus dan malware. Dirinya menambahkan bahwa selama perangkat komputer masih memiliki port USB, maka dipastikan perangkat komputer tersebut tidak 100% aman, karena kita tahu penyebaran virus sekarang dengan mudahnya melalui perangkat flash disk dan hard disk eksternal.
      Gazeley juga mengatakan bahwa dengan memutus akses internet, bagaiman bisa para pegawai tersebut bekerjasama? Apalagi di era moderen sekarang yang serba terhubung dengan internet, tingkat produktivitas pegawai tersebut bisa saja menurun.
      Menurut kalian apakah cara ini efektif? Bagaimana jika diterapkan di Indonesia juga?
    • By qbonk
      Singapura mungkin menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang sukses memberi jalan bagi mobil otonom alias tanpa sopir berkeliaran di sudut-sudut kota.
      Adalah startup NuTonomy yang digagas sejumlah ilmuwan di  Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang membawa mobil otonom itu ke kota sekaligus negara tersebut.
      Langkah selanjutnya, NuTonomy akan melakukan uji coba mobil otonom ini ke distrik bisnis di Singapura dan segera melakukan debut dengan meluncurkan taksi tanpa sopir dalam beberapa waktu ke depan.
      Emilio Frazzoli, salah satu pendiri dan CTO nuTonomy serta profesor MIT, mengatakan Singapura adalah kota yang sangat baik untuk menguji teknologi karena kondisi lalu lintasnya,
      NuTonomy menerapkan teknologi manajemen transportasi berdasarkan algoritma militer AS yang biasanya digunakan sebagai koordinasi drone. Taksi tanpa sopir ini akan membantu untuk mengurangi lalu lintas dan emisi karbon dengan membuat mobil lebih efisien.
      "Itu sama saja mengurangi 60 persen dari jumlah kendaraan yang beroperasi di Singapura," kata Frazzoli, seperti dikutip dari Motherboard.
      Algoritma yang dirancang di mobil ini termasuk cerdas karena mampu mengetahui kondisi jalanan dengan baik dan mengatasi masalah hambatan dengan keputusan lebih cepat.
      NuTonomy adalah salah satu dari banyak perusahaan yang bekerja mobil otonom ini sekaligus mengembangkan teknologi sejenis untuk Tesla, Uber, dan Apple juga.
    • By qbonk
       

      Singapura masih menjadi tempat paling mahal di dunia, sementara Hong Kong telah naik tujuh tingkat ke posisi kedua bersama dengan Zurich, menurut survei biaya hidup seluruh dunia lembaga ekonomi Economist Intelligence Unit (EIU) yang dirilis Kamis (10/3).
      Singapura memiliki skor tertinggi 116, sementara Zurich dan Hong Kong mendapatkan 114 di peringkat kedua, laporan terbaru EIU menunjukkan. Di tempat bersama kedelapan, Seoul membuat trinitas kota-kota Asia di antara 10 kota yang paling mahal di dunia.
      Kenaikan ini berlatar belakang volatilitas global, dengan penurunan harga minyak dan komoditas serta devaluasi mata uang serta ketidakpastian geopolitik memainkan bagian, kata laporan itu.
      "Dalam hampir 17 tahun survei ini berjalan, saya tidak dapat mengingat kembali satu tahun sebagai volatil seperti 2015," komentar Jon Copestake, editor survei.
      "Penurunan harga komoditas telah menciptakan tekanan deflasi di beberapa negara, tetapi di pihak lain, pelemahan mata uang yang disebabkan oleh penurunan ini telah menyebabkan spiral inflasi."
      Hanya delapan kota dari 133 yang disurvei telah melihat posisi peringkat mereka tetap tidak berubah dalam 12 bulan terakhir. Kota-kota Tiongkok telah menjadi relatif lebih mahal terhadap rekan-rekan mereka.
      Shanghai sekarang mahal seperti Tokyo, yang kota paling mahal di dunia untuk sebagian besar dari dua dekade terakhir. Meskipun terjadi penurunan drastis di banyak lokasi zona euro, Paris tetap kota kelima paling mahal di dunia.
      Dolar AS yang telah mencapai tertinggi 10-tahun, mendorong biaya hidup di seluruh Amerika Serikat dibandingkan dengan lokasi lain, terutama negara-negara Amerika Latin yang sedang sakit. New York sekarang di antara 10 kota paling mahal di dunia untuk pertama kalinya sejak 2002.
      Sementara itu, kota-kota di Asia Selatan terus menawarkan nilai terbaik untuk uang. Kota-kota di India dan Pakistan menyumbang lima kota dari 10 kota termurah di dunia.
      Mereka bergabung di peringkat terakhir dengan Lusaka, ibukota Zambia, yang telah melihat mata uangnya berada di belakang harga tembaga yang lemah dan sekarang dapat mengklaim menjadi kota termurah di dunia, dengan biaya hidup duapertiga lebih murah daripada Singapura.
    • By iiee

      Halte Bis Singapura
      Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menambah halte bus hingga 2.000 halte mulai tahun depan. Penambahan jumlah halte ini untuk mengimbangi terus bertambahnya armada bus kota baru yang terintegrasi dengan bus Transjakarta.
      Terakhir sebanyak 320 bus pengumpan (feeder) diluncurkan hasil kerja sama antara Koprasi Angkutan Jakarta (Kopaja) dan PT Transjakarta.
      Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, lelang pembangunan halte itu juga akan dibuka bagi perusahaan iklan.
      "Mungkin nanti dalam satu kali lelang pada perusahaan iklan, ada 1.000 hingga 2.000 lokasi," kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (23/12).
      Perusahaan iklan yang berminat untuk membangun halte bisa membuat sebuah konsorsium yang akan bersama-sama membangun halte tersebut. 
      Ahok ingin halte yang terbangun nanti seperti halte bus modern seperi di Singapura. Selain bentuknya yang modern, halte juga memuat informasi lengkap soal rute dan jadwal operasional bus.
      "Nanti juga akan ada petunjuk waktu kapan bus-bus akan datang, itu akan dibangun seperti itu semua," ujarnya.
      Dengan adanya halte itu, penumpang tak bisa sembarangan tempat memberhentikan atau turun dari bus kota. 
      Sementara itu Direktur Utama PT Transjakarta ANS Kosasih mengatakan, bus pengumpan yang sudah diluncrukan akan bertarif sama dengan Transjakarta, yaitu Rp3.500 per penumpang. Tarif tersebut akan sama di manapun penumpang naik.
      Khusus untuk rute yang akan dilalui, Kosasih menjelaskan belum ada penetapan resmi terkait hal tersebut. Alasannya adalah karena penentuan rute harus dibicarakan lebih lanjut dan difinalisasi dengan Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta.
      Namun begitu, Kosasih mengatakan pihaknya telah menawarkan lima rute yang nantinya akan dilalui oleh bus-bus tersebut. Rute yang ditawarkan itu adalah Monas - Pantai Indah Kapuk, Ragunan - Monas, Ragunan - Dukuh Atas, Lebak Bulus - Senen, dan Blok M - Manggarai.
    • By davidbo

      Enam tokoh sebuah gereja di Singapura telah dijatuhi vonis hukuman penjara atas penipuan senilai S$50 juta atau setara dengan Rp 492 miliar.
      Hakim pengadilan Singapura menjatuhi pendeta sekaligus pendiri Gereja City Harvest, Kong Hee, dengan hukuman penjara selama delapan tahun.
      Selain Kong Hee, anggota majelis gereja Chew Eng Han dijatuhi hukuman penjara enam tahun. Sedangkan pendeta senior Tan Ye Peng menerima vonis lima tahun dan enam bulan di penjara.
      Kemudian mantan anggota majelis jemaat gereja, John Lam, dijatuhi hukuman penjara selama tiga tahun. Adapun dua mantan manajer keuangan gereja, Serina Wee dan Sharon Tan, mendapat hukuman berbeda. Wee divonis lima tahun penjara dan Tan divonis 21 bulan penjara.
      Hukuman kepada enam individu tersebut merupakan kelanjutan dari hasil sidang bulan lalu. Kala itu, Hakim See Kee Oon menyatakan mereka bersalah menyalahgunakan uang gereja demi mendanai karier musik Sun Ho, istri pendeta Kong Hee.
      Sebelum hakim membacakan vonis, jaksa penuntut umum mengatakan kasus ini merupakan penyelewengan dana sumbangan terbesar dalam sejarah hukum Singapura.
      Keenam figur itu membantah tuduhan dan melalui prosedur hukum yang berlaku di Singapura, mereka bisa mengajukan banding. Namu, langkah itu belum mereka tempuh.

      Tan Ye Peng (kiri), John Lam (tengah), dan Chew Eng Han.
      Karier musik
      Dalam dokumen sidang, Kong Hee dinyatakan bersalah menggunakan uang gereja sebesar S$24 juta untuk mendanai karier musik istrinya, Sun Ho.
      Kong Hee dan lima figur lainnya dinilai mencoba menutupi penggelapan uang dengan membuat investasi palsu. Dana sebesar S$26juta kemudian dihabiskan untuk investasi palsu tersebut.
      Jaksa penuntut mengatakan penggelapan dana itu terjadi antara 2007 dan 2008, lima tahun setelah Sun Ho memulai karier musiknya. Sun Ho memiliki beberapa album lagu dalam bahasa Mandarin yang beredar di Cina dan Taiwan.
      Dia juga pernah berkolaborasi dengan musisi asal Amerika Serikat, seperti Diane Warren dan Wyclef Jean, dalam album musik berbahasa Inggris.

      Kong Hee diapit oleh dua mantan manajer keuangan, yakni Serina Wee (kiri) dan Sharon Tan (kanan).
      Atas perbuatan mereka, hakim sejatinya bisa menerapkan hukuman maksimal sampai 20 tahun. Sebab, menurut laporan media Singapura, hakim memandang keenam figur itu tidak meraih keuntungan finansial pribadi.
      Sun Ho sendiri tidak dihukum terkait dengan kasus tersebut. Baru-baru ini dia dilaporkan mengambil alih kepemimpinan dalam gereja City Harvest.
      City Harvest ialah salah satu gereja terkaya di Singapura dengan jumlah jemaat mencapai 30.000 orang di Singapura. Gereja itu mengaku memiliki 48 afiliasi di sejumlah negara, termasuk Malaysia, Indonesia, India, Taiwan, Brunei, dan Australia.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy