Jump to content
Sign in to follow this  
Guest Metrotvnews

Bicara Buku Bersama Wakil Rakyat, Agenda Pertama Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni

Recommended Posts

Guest Metrotvnews
Metrotvnews.com, Jakarta: Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni di Bandung akan segera dilaksanakan. Untuk membuka rangkaian acara pagelaran tersebut, akan diadakan agenda bedah buku Bicara Buku Bersama Wakil Rakyat.

“Bicara Buku ini patut diselenggarakan karena mempunyai banyak sisi kualitatif. Kegiatan ini dilaksanakan bukan sekedar rutin dilaksanakan tetapi kegiatan yang benar-benar berusaha berorientasi pada output,” uca[ Sesjen MPR Ma'ruf Cahyono, di sela-sela persiapan Bicara Buku Bersama Wakil Rakyat, Minggu (29/5/2016).

Buku-buku yang dibahas  pada Senin, 30 Mei 2016, terbuka untuk umum akan berlangsung dari pagi hingga sore hari di Gedung Merdeka, Bandung. Buku tersebut mempunyai relevansi dengan isi Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 secara akademik, implementasi maupun filosofis. Diawali dengan bahasan tentang Pancasila Kekuatan Pembebas, dilanjutkan dengan bahasan bertema Memaknai dan Memahami Pancasila.

Pancasila Kekuatan Pembebas merupakan hasil kajian dari Pusat Studi Kajian Pancasila Universitas Katholik Parahyangan (Unpar).

Keempat staf pengajar Universitas Parahyangan yang menjadi motor dari Pusat Studi Kajian Pancasila akan hadir sebagai pembahas dan pembicara. Para pembahas dan pembicara akan berdiskusi panjang lebar dengan Anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Barat.

Salah satu staff pengajar Universitas Parahyangan (Unpar), Sylvester Kanisisus Laku menjelaskan bahwa buku bahasan berjudul Pancasila Kekuatan Pembebas terdiri atas 8 pokok bahasan.

Bab I memaparkan justifikasi dasar negara Republik Indonesia (RI) tersebut, baik dari aspek yuridis (hukum), filosofis (makna), historis (sejarah), maupun kultural (budaya). Lantas, bab II menziarahi dinamika sejarah Pancasila, yakni sejak periode (29 Mei 1945-17 Mei 1945), (18 Agustus 1945-26 Desember 1949), Orde Baru (Orba) hingga era reformasi.

Sedangkan pada bab III, IV, V, VI, VII berturut-turut fokus mengkaji filosofi kelima sila Pancasila. Bagian penutup, bab VIII mengkontekstualiasikannya dengan isu terkini.

“Bung Karno dan Pancasila ibarat 2 sisi dari sekeping mata uang yang sama. Presiden I RI tersebut merupakan “penemu” 5 mutiara tersebut, buku ini juga menyuguhkan kerendah-hatian Ir. Soekarno tatkala menerima gelar Doktor Honoris Causa di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Oleh karena saya, dalam hal Pancasila itu, sekadar menjadi 'perumus' dari pada perasaaan-perasaan yang telah lama terkandung bisu dalam kalbu rakyat Indonesia, sekadar menjadi 'pengutara' daripada keinginan-keinginan dan jiwa bangsa Indonesia turun-temurun. Saya menganggap Pancasila itu corak karakternya bangsa Indonesia (halaman 24)," ujar Sylvester Kanisius Laku yang juga salah satu penulis buku ini.

Sementara itu, Sekretaris Gerakan Ayo Membaca Indonesia Afrizal Sinaro mengatakan, keterlibatan sekolah dan perguruan tinggi melalui bicara buku dalam memperingato Pidato Bung Karno 1 Juni merupakan langkah yang baik, realistis dan patut diacungi jempol. Ia pun berharap kegiatan ini perlu diteruskan sebagai tradisi.

Menurutnya membaca, berdiskusi dan menulis itu berkaitan. Saat publik membaca, penulis menulis dan bisa mendiskusikan bacaan yang dibaca dengan para wakil rakyatnya, dengan orang yang tepat, menunjukkan kepedulian mendasar dari institusi MPR/DPR terhadap kerja perguruan tinggi.

"Sehingga keduanya bisa saling memacu kualitas yang akan menguntungkan bagi perkembangan bangsa dan negara ke depan," ucap Afrizal.

www.metrotvnews.com

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
Sign in to follow this  

×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy