Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Game MOBA Made in Indonesia Meluncur
      Bukan hanya diproduksi menjadi film, Semesta Satria Dewa juga akan diadopsi ke dunia eSports lewat game bernama "Battle of Satria Dewa" yang digarap oleh BANG Idea Indonesia dengan bekerja sama dengan salah satu pengembang game, Semisoft dan perusahaan animasi, Lumine.
      • 0 replies
    • China Sudah Dilanda Flu Burung Padahal Virus Korona Belum Selesai
      Pemerintah China benar-benar dibuat pusing saat ini. Di saat virus korona yang mewabah di Provinsi Wuhan belum selesai ditangani, virus flu burung atau H5N1 muncul di Provinsi Hunan Selatan. Hal itu dikonfirmasi Kementerian Pertanian dan Pedesaan China pada Sabtu 1 Februari 2020.

      Kasus flu burung ini terjadi di salah satu peternakan yang ada di Kota Shaoyang, Provinsi Hunan Selatan. Sejauh ini dari 7.850 ayam yang ada di peternakan tersebut, 4.500 di antaranya mati karena flu burung.
      • 0 replies
    • WNI Akan Diobservasi 14 Hari di Natuna Sebelum Kembali ke Rumah
      Pemulangan WNI dari Wuhan

      Menteri Kesehatan (Menkes) dr Terawan Agus Putranto mengatakan, 238 Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, China, harus menjalani masa observasi selama 14 hari di kompleks militer di Pulau Natuna, Riau.
      • 0 replies
Guest Metrotvnews

Ini Hukuman Penjahat Seksual Anak yang Diatur Perppu

Recommended Posts

Guest Metrotvnews

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak. Poin dalam Perppu ini adalah memperberat hukuman bagi pelaku kejahatan seksual anak.

Video lengkap klik di sini

Aturan hukuman bagi pelaku kejahatan seksual anak sebelumnya diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Presiden Joko Widodo merasa perlu mengeluarkan Perppu ini mengingat angka kekerasan seksual anak terus meningkat.

"Perppu ini dimaksudkan mengatasi kegentingan akibat kekerasan seksual terhadap anak yang semakin meningkat secara signifikan," kata Presiden di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu 25 Mei.

Presiden sudah menyatakan kasus kekerasan seksual sebagai kejahatan luar biasa. Mengatasinya tentu membutuhkan cara-cara penanganan yang luar biasa pula.

jokowowo%20perppu.jpg
Presiden Joko Widodo. Foto: Facebook Kementerian Sekretariat Negara

Ruang lingkup Perppu ini mengatur pemberatan hukuman pidana, pidana tambahan, dan tindakan lain bagi pelaku kekerasan seksual terhadap anak dengan persyaratan tertentu.

Pelaku kejahatan seksual bisa didenda sebesar Rp5 miliar tertuang pada Pasal 81: "(1) Setiap orang yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 76D dipidana dengan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun dan paling lama 15 (lima belas) tahun dan denda paling banyak Rp5 miliar"

Kemudian, Perppu ini juga mengatur pelaku kejahatan seksual bisa dipidana paling berat pidana mati. Hal ini disebutkan pada Pasal 81 ayat 5:

"(5) Dalam hal tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 76D menimbulkan korban lebih dari 1 (satu) orang, mengakibatkan luka berat, gangguan jiwa, penyakit menular, terganggu atau hilangnya fungsi reproduksi, dan/atau korban meninggal dunia, pelaku dipidana mati, seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat 10 (sepuluh) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun."

Tak hanya hukuman pidana, para pelaku juga dikenakan sanksi sosial berupa penyebaran indentitas. Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyebut sanksi ini berhasil menekan angka pelaku kejahatan seksual di sejumlah negara, seperti di Swedia.

Sanksi tersebut tertuang dalam ayat 6 dan ayat 7: "(6) Selain dikenai pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ayat (3), ayat (4), dan ayat (5), pelaku dapat dikenai pidana tambahan berupa pengumuman identitas pelaku."

kejahatan%20seksual%20anak%20antara%20ro
Aksi solidaritas untuk YY, korban kejahatan seksual. Antara Foto/Rosa Panggabean

Indonesia juga memberlakukan hukuman kebiri kimiawi. Hukuman ini disebutkan bisa menghilangkan antiandrogen, seperti medroxyprogesterone acetate atau cyproterone. Obat-obatan itu menekan fungsi hormon testosteron. Pelaku juga dipasang alat deteksi khusus untuk melacak keberadaannya.

Hal ini tertuang tegas pada ayat 7 dengan bunyi sebagai berikut: "(7) Terhadap pelaku sebagaimana dimaksud pada ayat (4) dan ayat (5) dapat dikenai tindakan berupa kebiri kimia dan pemasangan cip."

Dengan hadirnya Perppu ini, Presiden memberi ruang bagi para hakim di pengadilan untuk memutuskan hukuman seberat-beratnya bagi pelaku kejahatan seksual terhadap anak.

“Kita berharap dengan hadirnya Perppu ini bisa menimbulkan efek jera bagi pelaku serta dapat menekan kejahatan seksual terhadap anak yang merupakan kejahatan luar biasa ini," ujar Presiden.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly mengatakan, pemberlakukan pemberatan pidana, pidana tambahan, dan tindakan lain akan dikenakan kepada pelaku kejahatan kekerasan seksual apabila pelaku tersebut merupakan orang yang harusnya menjadi pelindung dan memberi teladan bagi korban atau kepada pelaku yang pernah dipidana karena melakukan tindak kekerasan seksual terhadap anak.

Beberapa waktu lalu, YY, 14, siswi SMP diperkosa 14 pria, lalu dibunuh. Tujuh pelaku masih berusia di bawah umur. Jenazah YY ditemukan pada Senin 4 April, di pinggiran Desa Kasie Kasubun, Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rajang Belong, Bengkulu.

kekerasan%20seks%20anak%20antara%20david
Tujuh pemerkosa YY yang masih di bawah umur divonis 10 tahun penjara, Selasa 10 Mei 2016. Antara Foto/David Muharmansyah

Presiden menyampaikan duka cita atas kematian YY yang menurutnya tragis. Melalui akun twitter resmi, Presiden berharap para pelaku dihukum berat.

Data Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) menyebutkan, kasus kekerasan pada anak hingga Agustus 2015 sebanyak 1.726 kasus, 58 persen di antaranya kasus pelecehan seksual.

Data yang dikantongi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Yohana Susana Yembise menyebutkan lebih dari 5 ribu anak jadi korban pencabulan.

 

www.metrotvnews.com

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

About Ngobas

Ngobas is All-in-One website that can be use by everyone for free to find friends and exchange information. The name Ngobas is derived from the abbreviation, which is Ngomong Bebas Originally Sedap, meaning that it is appropriate to speak according to the ethics of socializing.

CEO’s Greeting

I realize that information and communication are the main things in life. Ngobas is the right platform for that. We will always be connected wherever we are and that is the purpose Ngobas was built.

- Samuel Berrit Olam

×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy