Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Wanita Ini Baru Tau Pekerjaan Suaminya Setelah Suaminya Meninggal
      Seorang wanita menemukan fakta mengejutkan tentang suaminya yang telah dinikahinya selama 64 tahun.

      Kenyataan mengejutkan tersebut bahkan baru diketahuinya setelah sang suami yang bernama Glyn meninggal dunia.
      • 0 replies
    • Kamu Harus Tau Tentang Amnesia
      Apa itu Amnesia?

      Amnesia atau dikenal juga sebagai sindrom amnesik, adalah kondisi yang menyebabkan kehilangan memori. Hal ini meliputi kehilangan informasi, fakta-fakta, dan pengalaman personal. Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan amnesia, seperti dementia, stroke, atau cedera kepala.
      • 0 replies
RendyGunawan

Bioskop Tertua Di Dunia – L’Eden Théâtre

Recommended Posts

Bioskop Tertua Di Dunia  ( L’Eden Théâtre )  

      

post-18-0-50216700-1396269731_thumb.jpg

 

         Siapa yang tidak suka nonton film di bioskop? aktifitas menonton di bioskop selain menjadi  kegiatan yang menghibur, bagi sebagian orang juga merupakan pilihan favorit untuk menghabiskan waktu bersama pasangannya. Tapi tahukah anda bioskop tertua di dunia ada dimana?

         

          L’Eden Théâtre yang terletak di kota pelabuhan La Ciotat ini dinobatkan sebagai bioskop tertua di dunia. Di bioskop inilah pertama kali Lumiere bersaudara (Auguste dan Louis Lumiere) memperkenalkan pertama kalinya  gambar bergerak yang merupakan cikal bakal cinematography di dunia.

 

post-18-0-46484800-1396269723.jpg

 

 

             Sejarah bioskop ini dimulai pada 16 juni 1889 dimana pada tanggal tersebut L’Eden pertama kali dibuka untuk umum. Pada saat itu L’Eden masih berupa tempat sederhana dan awalnya tempat ini bukan hanya diperuntukkan untuk pemutaran film saja akan tetapi juga digunakan sebagai  pertandingan gulat, konser musik dan juga pertandingan tinju.

             Pada tahun yang sama juga di tempat ini pula pertama kalinya proyektor film pertama didunia dipergunakan dihadapan 250 orang yang kagum pada kecanggihan alat tersebut. Sejak saat itulah pertunjukan film di theatre Eden merupakan kegiatan yang rutin dilakukan, selain pertunjukan rutin lainnya.

post-18-0-38099100-1396269727_thumb.jpg

 

             Selama beberapa dekade Eden Theatre menjadi tempat hiburan favorit warga La Ciotat, kota pelabuhan di bagian selatan Prancis. Konon sebagian warga La Ciotat menemukan pasangannya di tempat ini.

           

              Pada tahun 80-an Eden theatre mengalami masa sulit ditambah lagi dengan musibah yang menimpa sang pemilik yang dibunuh oleh perampok yang ingin mencuri uang, menjadikan Eden hanya dibuka beberapa minggu dalam satu tahun. Hingga pada tahun 1992 dibeli oleh pemerintah setempat untuk dilestarikan.

 

                 Sejak kota tetangganya Marseille dinobatkan sebagai European Capital of Culture for 2013, Eden mendapatkan imbasnya untuk di renovasi kembali dan dibuka kembali setelah cukup lama terlantar walapun dikenal sebagai salah satu tempat yang bersejarah. Dengan memakan biaya hingga 8,1 juta dolar untuk peremajaan theatre ini diharapkan semua orang akan terus dapat menyaksikan L’Eden Theatre terus kokoh berdiri. 

 

sumber:

http://www.edentheatre.org/ http://www.lefigaro.fr/cinema/2013/10/08/03002-20131008ARTFIG00268-la-ciotat-un-nouveau-ticket-pour-le-cinema-l-eden.php

http://www.telegraph.co.uk/culture/film/film-news/10364074/Worlds-oldest-cinema-to-open-again.html

http://www.berceau-cinema.com/crbst_3.html

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By gogolakanok

      Ilustrasi Menonton Film
      Menonton film horor tak hanya membuat jantung berdebar lebih keras. Tapi berdasarkan penelitian juga bisa membuat darah mengental dan menggumpal.
      Sebuah penelitian yang dilansir Independent menyebutkan sebuah protein yang berhubungan dengan penggumpalan darah akan diproduksi lebih banyak saat partisipan penelitian menonton film horor. 
      Tim peneliti dari Belanda yang menelisik masalah ini menerbitkan hasil penelitian mereka di British Medical Journal edisi Desember.
      Penelitian memeriksa 24 orang anak muda yang sehat. Selama penelitian berlangsung mereka diminta menyaksikan film horor dari tahun 2010, Insidious dan sebuah film pendidikan berjudul A Year in Champagne. 
      Peneliti menemukan bahwa kadar protein dalam darah meningkat secara signifikan setelah menonton film horor.  Dalam kondisi biasa, rata-rata ada 11 IU/dl (International Unit/desiliter) peningkatan protein yang disebut faktor VIII dalam darah responden. Penambahan faktor VIII inilah yang memungkinkan darah jadi lebih kental. 
      Akibat peningkatan ini ada peningkatan risiko trombosis atau pembekuan darah pula sebesar 17 persen. Sayangnya, penelitian itu tidak membuktikan secara langsung bahwa menonton fim horor bisa membuat pembuluh darah orang tersumbat. 
      “Intinya ada mekanisme biologis bahwa ketakutan yang akut berhubungan dengan aktivitas pembekuan darah masih harus diteliti lebih lanjut,” kata Dr. Banne Nemeth, yang memimpin penelitian ini. 
      “Meski tidak secara langsung, penelitian ini memberi manfaat klinis, implikasi yang lebih besar dari peneliian ini adalah setelah sekian abad, akhirnya konsep pembekuan darah bisa dijelaskan.”
    • Guest News
      By Guest News
      Film terbaru seri fiksi ilmiah “Star Wars” akan diputar perdana sekitar dua bulan lagi. Tetapi di AS, jangan harap bisa dengan mudah menonton film ini pada pemutaran perdana. Tiket bioskop untuk film “Star Wars the Force Awakens” ludes terjual begitu trailer terbarunya dirilis baru-baru ini.
       
    • By c0d1ng
      Anda sedang menyaksikan film dan Anda larut dalam cerita film tersebut. Dengan berbagai suguhan gambar yang memukau dibarengi dengan efek visual dan detail gambar yang tajam, tentu saja mudah membuat penonton menjadi ikut larut dalam suasana film tersebut.

      Tetapi, pernahkah membayangkan seperti apa sih hasil video pada film-film layar lebar yang masih belum terkena sentuhan tangan editor, atau isitilahnya masih hangat-hangatnya dari kamera. Kali ini kita akan mencoba membahasnya secara umum.
      Seperti contoh pada film The House of Pine Street, film yang direkam menggunakan kamera Sony F55 diresolusi 4K. Film bergenre horror tersebut direkam dengan format LOG
      Taylre Jones selaku editor bagian pewarnaan pada film tersebut mengatakan bahwa video dalam format LOG ini dapat merekam gambar secara detail. Meskipun pada awalnya hasil dari video tersebut biasa saja, namun juga sudah masuk ke dapur editor, warna yang dihasilkan akan lebih leluasa, dan dapat menghasilkan sebuah hasil video yang lebih kompleks dan kreatif.
      Selain itu, video tersebut juga diambil 10-15 kali dengan pengaturan yang berbeda. Maksud dari ini adalah agar nantinya film yang dihasilkan nampak dari berbagai sisi untuk mempermudah pada tahap pewarnaan.
      Penasaran seperti apa hasil sebelum dan sesudah diedit alias diwarnai oleh editor? Simak gambar di bawah ini.
      Sebelum


      Sesudah

    • By duniagelap
      Dimulai dari baris A, jika jendral perhatikan, deretan kursi bioskop tidak menyertakan baris "I" dan "O". Ternyata ada alasan di balik penghilangan itu.
       
      Kami beritahu sebuah fakta, bahwa deretan kursi di dalam gedung bioskop tidaklah lengkap sesuai urutan abjad. Seperti yang diketahui, setiap penonton yang membeli tiket bioskop haruslah memilih kursi yang telah ditandai dengan abjad untuk barisnya dan angka untuk lajurnya. Dimulai dari baris A, kalau jendral perhatikan, deretan kursi bioskop tidak menyertakan baris "I" dan "O".
       
      Setelah baris "H", jendral bakal menemukan baris "J" alih-alih baris "I" seperti dalam urutan abjad. Begitu pula dengan baris "O", tak akan ditemukan di antara baris "N" dan "P". Apakah ada alasan khusus terkait hilangnya dua baris tersebut?
       
      Saat ditanyakan kepada pihak Cineplex, ternyata penghilangan kedua baris itu semata hanya untuk memudahkan penonton dalam mencari tempat duduk yang telah mereka pesan. Abjad "I" dan "O" bisa saja salah dibaca sebagai angka "1" dan "0".
       
      "Takut rancu dengan angka 1 dan 0, apalagi dalam kegelapan pasti sulit untuk mencarinya," ujar Catherine Keng, Corporate Secretary 21 Cineplex.
       
      Huruf “I” jika dicetak dalam huruf kapital punya bentuk yang hampir mirip dengan huruf "l" (L kecil). Sementara huruf "O" bisa saja terlihat seperti huruf "D" kapital dan juga angka "0". Itulah mengapa kedua baris tersebut dihilangkan, untuk mencegah kekeliruan dan mengantisipasi kesalahan saat penonton mencari tempat duduknya. Terlebih pencahayaan di dalam studio memang dirancang temaram demi kenikmatan menonton bukan?
    • By fzaldi
      Dikisahkan bahwa asal muasal perkumpulan rahasia ini bukan berasal dari manusia, melainkan alien. Ya, alienlah yang dikisahkan sebagai pendiri perkumpulan rahasia ini, namun sayangnya tidak ada informasi yang jelas mengenai kapan perkumpulan ini didirikan, yang ada hanya informasi bahwa perkumpulan ini didirikan sejak ribuan tahun yang lalu.
       
      Kisah ini diceritakan secara turun temurun dalam kebudayaan Sumeria secara hati - hati, dan hanya beberapa orang saja yang tahu mengenai kisah ini. Menurut cerita dari kebudayaan Sumeria, manusia diciptakan oleh ras Alien yang bernama Draconian Alien yang datang ke bumi untuk mengeksploitasi sumber daya alam bumi, terutama emas.
       
      Karena pekerjaannya dirasa terlalu berat, ras alien ini ingin pekerjaan tersebut dilakukan oleh makhluk lain. Salah satu ilmuwan alien yang bernama Ea atau Enki, membuat ras Homo Sapiens, sebuah makhluk hybrid hasil perpaduan antara gen alien dengan makhluk primitif di bumi yang pada akhirnya dikenal dengan manusia.
       
      Pada awalnya, para homo sapiens atau manusia hybrid ini hanya digunakan sebagai budak tanpa bisa bereproduksi, namun sepertinya rencana tidak berjalan seperti yang mereka harapkan. Manusia hybrid ini dapat bereproduksi dan inteligensi mereka meningkat, sehingga mereka mulai berpikir mengapa mereka harus melakukan pekerjaan berat tersebut. Ea mulai menyadari hal ini dan ia tidak suka, ia bermaksud untuk memberi tahu mereka tentang siapa ras alien tersebut dan dari mana mereka berasal.
       
      Atasan EA tidak setuju dengan rencana Ea, karena ia berpendapat bahwa jika hal itu dilakukan, maka akan terjadi pemberontakan terhadap ras Alien. Ea tetap memberitahu para manusia tersebut, dan pemberontakan pun terjadi. Kelompok pertama melakukan pemberontakan terhadap pimpinan ras alien.
       
       
      Setelah pemberontakan terhadap ras Alien terjadi, Ea mulai membentuk perkumpulan rahasianya yang bernama Brotherhood of Snake untuk melindungi manusia. Beberapa waktu kemudian, Ea ditangkap oleh alien lainnya dan diadili oleh pengadilan draconia.
      Ea dinyatakan bersalah dan dideportasi ke bumi untuk selamanya. Menurut cerita, EA tewas di bumi dan berenkarnasi menjadi seorang manusia biasa dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki manusia,bahkan menurut cerita renkarnasi Ea tersebut masih hidup sampai sekarang di suatu tempat di bumi.
       
       
      Selama waktu berlalu, Brotherhood of Snake diambil alih oleh para Master Alien, dan mereka menggunakan perkumpulan ini untuk mengubah ilmu pengetahuan agar semakin banyak manusia yang terjebak dalam perkumpulan tersebut. Menurut kisah, peradaban Mesir kuno adalah salah satu contoh pengaruh dari perkumpulan rahasia ini. Menurut cerita, perkumpulan ini telah menyebarkan pengaruh kuat dalam peradaban Mesir kuno. Mereka menguasai Mesir dengan gelar Fir'aun dan memberikan pengetahuan sesat tentang Dewa yang mereka sembah.
      Anggota Brotherhood of Snake kemudian pecah menjadi beberapa aliran untuk menyebarkan pengaruhnya di dunia. Perkumpulan ini pecah karena beberapa petingginya memiliki cara berpikir yang berbeda satu sama lain, dan beberapa juga ingin menguasai dunia dengan caranya sendiri.
      Dikatakan bahwa mereka kemudian membentuk beberapa aliran agama dan kepercayaan, sekte - sekte dan aliran sesat, sehingga orang - orang akan sibuk dan tidak memperdulikan apa yang dilakukan perkumpulan rahasia ini. Mereka mempengaruhi publik dengan menyebarkan informasi yang salah tentang Tuhan, dan memfitnah kelompok - kelompok lain dengan kebohongan yang mereka ciptakan atas nama agama. Karena itulah, di zaman dahulu banyak perang yang terjadi akibat pertentangan antar agama.
       
       
      Dari Brotherhood of Snake, kemudian pecah menjadi perkumpulan lain seperti Freemason, Rosicrucian, The Knight Templars, Ordo Temple Orientis, Knights of Malta, dan lain - lain. Mereka semua tahu tentang tingkatan tertinggi dalam kehidupan manusia, kebenaran tentang asal muasal manusia dan manusia sebagai makhluk spiritual. Mereka tahu bahwa Tuhan itu ada dan setiap manusia mempunyai kekuatan yang berasal dari Tuhan. Mereka menyembunyikan hal tersebut dan menggunakan kekuatan tersebut untuk tujuan mereka sendiri, yaitu untuk menguasai dunia.
       
      Kembali menurut kisah, Freemason sebagai contohnya. Para anggotanya merupakan orang - orang yang sebagian besar beragama dan orang - orang yang baik. Meskipun mereka bergabung, mereka tidak tahu apa yang sebenarnya direncanakan oleh pimpinan tertinggi mereka. Pimpinan tertinggi mereka sebenarnya telah merencanakan sesuatu yang diluar nalar, karena mereka merupakan pelayan iblis.
       
       
      Adam Weishaupt (1748-1811), pendiri Illuminati merupakan seorang Yahudi yang kemudian menganut Katolik sebelum ia mendirikan perkumpulan rahasianya. Setelah perkumpulannya terbongkar ke publik, banyak yang menduga bahwa Adam hanyalah sebuah boneka untuk melakukan rencana - rencana terselubung dari para pemimpin tertinggi Freemason.
      Perkumpulan rahasia lain memang memiliki tujuan yang sama, tapi dari sekian banyak secret societies, Freemason dikatakan sebagai yang terkuat dalam menyebarkan pengaruhnya di segala bidang kehidupan manusia.
      Kisah diatas memang terdengar seperti cerita fiksi dan membingungkan, namun kisah ini telah menyebar secara luas di dunia maya. Kebudayaan Sumeria memang banyak menceritakan mengenai kisah makhluk asing di bumi. Dalam kebudayaan Sumeria juga banyak dikisahkan mengenai kehadiran Annunaki di bumi, dan besar kemungkinan bahwa ras alien yang dimaksud dalam kisah tersebut adalah Annunaki ini.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy