Jump to content
  • Popular Contributors

  • Our picks

    • Kartu SIM Card ada celah keamanan nya
      Celah keamanan dalam kartu SIM disebut mengancam lebih dari satu miliar ponsel. Celah keamanan ini disebut dengan Simjacker.
      • 0 replies
    • Telegram Sindir Whatsapp
      WhatsApp dan Telegram adalah dua aplikasi pesan yang populer saat ini. Bahkan, bisa dibilang mereka sedang saling bersaing untuk mendapatkan jumlah pengguna lebih banyak.

      Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam hal fitur yang dihadirkan. Tapi, ada hal yang unik terkait fitur mereka. Telegram secara terang-terangan menyindir fitur transfer file yang dimiliki WhatsApp.
      • 4 replies
    • Pernah Menang Lotre Rp. 33 Miliyar Wanita Inggris Ini Kini Jatuh Miskin
      Seorang perempuan Inggris menceritakan kisahnya sempat menjadi seorang miliarder di usia muda setelah memenangkan lotre bernilai miliaran namun kini jatuh miskin.

      Callie Rogers, asal Cumbria, Inggris, pernah memenangkan hadiah lotre pada 2003 lalu, saat dia masih berusia 16 tahun.

      Ketika itu Callie memenangkan lotre senilai hampir 1,9 juta poundsterling (setara Rp 33 miliar untuk kurs saat ini). Berkat hadiah lotre itu, Callie pernah menjadi jutawan termuda di Inggris.
      • 0 replies
    • Malam ini, gw akan bercerita sebuah cerita dari seseorang, yang menurut gw spesial. kenapa?

      karena gw sedikit gak yakin bakal bisa menceritakan setiap detail apa yang beliau alami,

      sebuah cerita tentang pengalaman beliau selama KKN, di sebuah desa penari.

      sebelum gw memulai semuanya. gw sedikit mau menyampaikan beberapa hal.
      • 0 replies
    • Kesuksesan Jobs dengan Apple nya dunia sudah gak meragukan lagi, makanya gak sungkan-sungkan dunia menyematkan gelar "Bapak Revolusi Digital" pada Steve Jobs.
      • 1 reply
BincangEdukasi

Di dunia IT Kuliah saja belum cukup

Recommended Posts

Anda kuliah di bidang IT (Information Technology/Teknologi Informatika) ?. Apakah anda merasa cukup hanya dengan mengikuti kuliah aja untuk menguasai dunia TI?

Saya rasa gak!. seperti yang Saya rasakan sekarang, kuliah aja tidaklah cukup untuk mengerti, memahami dan menguasai Teknologi Informatika atau apa aja yang ada di dalamnya. Bagaimana gak, di kampus kita hanya dijajali dengan teori-teori dan ceramah. Belum lagi kalau dosennya gak kompeten dengan apa yang mereka ajarkan. Terkadang ada dosen yang salah kamar yang pada akhirnya mahasiswa jugalah yang dirugikan.

Lalu bagaimana cara untuk menutupi kekurangan-kekurangan tersebut?, saya akan sedikit sharing tentang cara untuk menutupi kekurangan-kekurangan tersebut.
Membaca

Yah, mau gak mau anda harus sering membaca, baik itu membaca buku tentang informatika, tutorial pemrograman, tutorial desain atau buku-buku tutorial yang bersifat fundamental lainnya. Malahan Sekarang anda gak perlu membeli buku IT yang harganya yang cukup mahal menurut saya. Anda dapat memanfaatkan situs-situs seperti wikipedia atau blog-blog yang menyediakan artikel-artikel IT.

Membaca

 

post-19-0-47648400-1403935865_thumb.jpg

 

Tak perlu ragu untuk membaca media apapun, koran bungkus Gorenganpun harus anda baca. tak peduli dari mana ilmu tersebut keluar, kita tetap harus mengambilnya.

Terus Latihan

 

post-19-0-94979200-1403935863_thumb.jpg

 

Jika anda belajar sejenis bahasa pemrograman, yang harus anda lakukan adalah terus berlatih. baik itu latihan dengan bantuan buku tutorial, atau anda dapat membuat kasus sendiri. Misalnya, jika anda sudah bekerja, gak ada salahnya anda membuat aplikasi yang mungkin akan memudahkan pekerjaan anda.

Dari latihan kasus tersebut, nantinya anda akan menemukan berbagai kesulitan. nah dari sinilah kemampuan anda akan diuji, carilah solusi dari internet atau tanyakan ke dosen yang bersangkutan langsung, atau diskusikan dengan teman sekelas atau kakak kelas yang memiliki kompetensi.

Ikuti Forum-forum IT

 

post-19-0-82857100-1403935861.jpg

 

Di internet, kini tersebar forum-forum programmer atau bidang IT lainnya. Jangan ragu untuk bergabung di forum-forum tersebut. Di forum anda dapat bertanya, berbagi atau saling memberikan solusi antar anggota forum.

Jika anda punya permasalahan tentang proyek atau latihan kasus seperti tadi, anda bisa tanyakan di forum, bantuanpun akan terus berdatangan selama masalah belum ditutup.

Ikuti Kursus

 

post-19-0-82097300-1403935860_thumb.jpg

 

Selanjutnya, jika anda ingin memperdalam suatu bidang, ada baiknya mengikuti kursus. Kadang materi yang diberikan ditempat kursus lebih spesifik dan lebih mengena. Pembelajaran di tempat kurus bisa jadi lebih efektif daripada kuliah. selain biayanya yang relatif murah dibanding dengan kuliah.

Kesimpulan

Jika anda hanya mengandalkan materi yang diajarkan di kampus, maka anda akan tertinggal jauh. Begitu juga dengan kompetensi yang anda dapatkan. Dan perlu diingat, Seorang ahli IT yang handal gak berasal dari Kampus tertentu, bahkan anak jalanan pun bisa menjadi ahli IT asalkan ada kemauan.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Betul banget kuliah di IT tidak akan cukup kalau hanya teori dan anak IT kalau tidak bisa komputer bakalan beban mental karena masyarakat taunya kalau kuliah di IT ya jago segala hal yang berhubungan dengan komputer padahal bidang IT kan banyak

 

untuk itu teruslah berlatih..saya bukan lulusan IT tapi di kantor pegang bagian IT itu karena latihan dan sering update info ke forum forum IT

Share this post


Link to post
Share on other sites

kalo kuliah IT itu ngak cukup kalo mengandalkan hanya dari materi kuliah

orang IT harus mau belajar keluar dan mandiri

jadi bisa tau passion nya kearah mana dari sekian banyak bidang IT yg ada

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy