Jump to content

Daftar Maskapai dengan Modal Negatif


Recommended Posts

maskapai penerbangan - ngobas.jpg

Sebanyak 45 maskapai dari total 61 maskapai telah menyampikan laporan keuangan 2015 kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Berdasarkan keterangan Kemenhub, empat maskapai dinyatakan memiliki permodalan atau ekuitas negatif. Sementara itu, 16 maskapai belum menyampaikan laporan keuangan.

"Maskapai yang belum melaporkan keuangan terdiri atas tiga perusahaan penerbangan berjadwal dan 13 tidak berjadwal. Tiga maskapai berjadwal meminta perpanjangan. Dari 13 perusahaan tidak berjadwal, sembilan perusahaan meminta perpanjangan," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Suprasetyo di Jakarta.

Dalam melihat permodalan maskapai, Kemenhub memeriksa laporan kinerja keuangan perusahaan yang sudah diaudit oleh akuntan publik yang meliputi neraca, laporan laba rugi, hingga arus kas.

Penyampaian laporan keuangan tersebut sesuai amanat Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan serta Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 18 Tahun 2015.

Suprasetyo menyebutkan, empat maskapai dengan permodalan negatif tersebut adalah Indonesia AirAsia (berjadwal), ASI Pudjiastuti Aviation (berjadwal dan tidak berjadwal), dan Asialink Cargo Airline (tidak berjadwal).

Sementara itu, 13 maskapai tidak berjadwal yang belum menyampaikan laporan keuangan adalah Alda Trans Papua, Alfa Trans Dirgantara, Amur Aviation, Asian One Air, Dabiar Nusantara, Deraya Air, Intan Angkasa Air Service, Komala Indonesia, Nusantara Air Charter, Pelita Air Service, Sayap Garuda Indah, Trigana Air Service, dan Whitesky Aviation.

Adapun tiga maskapai berjadwal yang belum menyerahkan laporan keuangan kepada Kemenhub adalah Kalstar Aviation, Trigana Air Service, dan My Indo Airlines.

Kemenhub masih memberikan waktu hingga 31 Mei 2016 untuk maskapai yang belum menyampaikan laporan keuangan. Bila maskapai belum melaporkan keuangan hingga waktu yang ditentukan, Kemenhub akan memberikan sanksi.

Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By BincangEdukasi
      Menjalin hubungan yang langgeng jelas jadi cita-cita hampir setiap orang. Rasa cinta yang mendalam serta keinginan untuk mempertahankan membuat apa saja rela dilakukan. Tak terkecuali keputusan untuk selalu berbenah diri dan belajar demi menjadi yang terpantas untuk menjalani hidup dengan pasangannya.
      Bicara soal cinta tak bisa dipisahkan dengan perasaan. Tanpa rasa cinta serta kasih sayang hubungan akan terasa hambar dijalani. Kedua hal itu juga yang menuntun kamu dan dia masih bertahan hingga sekarang. Tapi, sayangnya cinta saja tak cukup untuk membawa langkah kalian ke masa depan. Perlu adanya pendukung lain yang mesti kamu perhatikan. Inilah beberapa hal yang wajib kamu perhatikan dan pelan-pelan mesti kamu terapkan.
      1. Mengedepankan rasa saling percaya, dan membuang jauh-jauh buruk sangka
      Dalam hubungan, sikap saling percaya jelas dibutuhkan dan jelas rasa cemburuan mesti segera enyah. Sebab cemburu buta pula yang memupuk sikap posesifmu kepada pasangan. Hanya karena pasanganmu pergi bermain bersama teman-temannya bukan berarti ia melupakanmu, atau saat ia bertukar pesan dengan lawan jenis tak juga berarti ia selingkuh. Kamu nggak semestinya berburuk sangka dengan hal-hal sepele. Cemburu buta semacam ini justu mengindikasikan bahwa cintamu berlebihan sehingga mengabaikan logikamu.
      2. Menuntut pasangan harus didasari alasan yang masuk akal. Bukan tuntutan kekanak-kanakan semacam “Pokoknya, kamu nggak boleh main sama Galih!”
      Rasa suka atau tidak suka, setuju atau tidak setuju terhadap sikap maupun pemikiran pasangan wajar terjadi pada setiap orang. Keinginan untuk mengubah kebiasaan pasangan juga sesuatu yang hampir sebagian orang alami, tapi perlu diperhatikan bahwa tidak boleh memaksa. Menuntut boleh saja, tapi kamu juga mesti mempertimbangkan alasan pacarmu melakukan hal tersebut. Dan lagi kamu juga mestinya punya alasan yang masuk akal.
      3. Jauhkan sikap semena-mena. Seperti ketika kalian berselisih paham, usahakan tak terlontar kalimat intimidatif atau yang menyakitkan
      Cinta bersumber dari kenyamanan, maka hubungan nggak akan berjalan baik jikalau masih ada sesuatu yang bikin nggak nyaman. Salah satu contohnya adalah keegoisan. Atas nama cinta dan perasaan, sebaiknya jauhkan hubungan kalian dari keputusan sepihak. Cinta adalah masalah penyesuaian, semua mesti dibicarakan. Tak bisa jika tiba-tiba kamu mengancam pasanganmu karena ketidaksukaanmu terhadap kebiasaannya. Siapa juga yang bisa berkembang di bawah keegoisan dan ancaman?
      4. Berbeda pendapat itu lumrah, karena itu kamu harus punya kontrol atas perasaanmu, seperti rasa mudah tersinggung yang sejatinya nggak perlu
      Dalam hubungan pastilah terdapat perbedaan pendapat, tak hanya saat kamu ngobrol masalah serius melainkan juga ketika kamu sedang bercanda dengan pacar. Di sinilah kamu mesti jauhkan diri dari sikap sensitif karena akan banyak sekali isi kepala pasanganmu yang mungkin nggak sesuai denganmu. Pandai-pandailah mengelola perasaan agar nggak mudah tersinggung.
      5. Karena dengan modal cinta belum tentu bisa menjamin segalanya, sumber penghasilan juga sebaiknya sudah kalian punya
      Sebelum menikah dan memutuskan mengarungi kerasnya hidup berdua, modal finansial juga wajib dipikirkan. Pasangan butuh makan, hidup butuh tempat tinggal, anak butuh sekolah dan lain sebagainya baiknya dipikirkan sejak dini supaya pada saatnya nanti kamu nggak kelabakan mengurus semuanya.
      6. Orientasi masa depan dalam hubungan butuh kedewasaan dan jelas kamu tak butuh lagi yang namanya drama
      Kamu sudah dewasa dan hubungan juga sudah berjalan lama, buang jauh-jauh yang namanya drama. Cemburu, sensitif, egois adalah drama-drama yang nggak dibutuhkan hubungan. Jika ingin hubunganmu berjalan ke masa depan sebisa mungkin untuk mengurangi drama dalam hubungan. Sebab drama menghambat perkembangan hubungan. Hubungan nggak butuh sifat kekanak-kanakan, tapi membutuhkan sikap penuh kedewasaan dalam menyelesaikan masalah bersama.
      Itulah beberapa hal yang mesti diperhatikan kalau kamu ingin melanjutkan hubunganmu terus menuju masa depan. Hubungan berjalan nggak hanya bermodal perasaan, melainkan hal penunjang lainnya seperti yang telah diulas di atas. Tenang, kamu masih punya banyak waktu untuk belajar dan memperbaiki kesalahan yang kamu lakukan dalam hubungan. Semangat!
    • By plusplus
      Iran membantah tuduhan yang menyebutkan bahwa pesawat Ukraina yang jatuh di Bandara Imam Khomeini disebabkan oleh tembakan rudal.
      Teheran menganggap tuduhan itu tidak masuk di akal, sebab beberapa penerbangan domestik dan internasional juga terbang di wilayah itu di ketinggian 2.440 meter pada saat yang sama.
      "Kisah tentang rudal yang menabrak sebuah pesawat sama sekali tidak benar. Rumor seperti itu tidak masuk akal," Kepala Organisasi Penerbangan Sipil Iran sekaligus Wakil Menteri Transportasi, Ali Abedzadeh, seperti dilansir AFP pada Kamis (9/1).
      Pesawat Ukraine International Airlines itu jatuh tidak lama setelah lepas landas pada Rabu (8/1) pagi waktu setempat. Seluruh 176 penumpang dan kru pesawat jenis Boeing 737 itu tewas di tempat.
      Iran telah menemukan kotak hitam pesawat itu namun menolak untuk diberikan kepada Amerika Serikat demi diselidiki. Teheran ingin kotak hitam itu diselidiki di negara selain AS.
      Laporan yang dirilis otoritas penerbangan Iran mengungkapkan bahwa pesawat itu sempat berputar balik ke arah bandara sebelum jatuh. Pilot dilaporkan tidak mengirimkan pesan radio terkait kemungkinan kerusakan pesawat.
      Investigasi yang dilakukan Teheran tak mengungkapkan lebih lanjut kecelakaan mendadak yang menimpa pesawat nahas tersebut.
      Berdasarkan sumber intelijen, media AS menyebut itu jatuh karena tembakan rudal militer Iran. Tuduhan itu muncul ketika ketegangan antara Teheran dan Washington kembali memanas terutama setelah serangan drone AS menewaskan jenderal Iran, Qasem Soleimani, di Irak.
      Kanada juga mengamini laporan AS itu. Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan negaranya memiliki data dari berbagai sumber intelijen menunjukkan pesawat itu jatuh akibat tertembak rudal Iran.
    • By ega
      Boeing mengumumkan akan menangguhkan sementara produksi 737 Max mulai bulan depan. Langkah ini diambil menyusul keputusan regulator keselamatan terkait pesawat 737 Max.
      Dikutip dari AFP, keputusan penangguhan tersebut menguatkan kekhawatiran investor terkait pemulihan perusahaan dari krisis yang berlarut-larut dan menciptakan ketidakpastian bagi Boeing.
      Kesulitan Boeing sejak Maret telah membebani ekonomi AS. Perusahaan tersebut menekan output manufaktur Amerika dan merusak kinerja perusahaan pada indeks Wall Street, Dow Jones Industrial Average.
      Dalam pernyataan resminya, perusahaan mengatakan akan terus membayar pekerjanya meskipun penghentian produksi sementara. Namun, keputusan tersebut menimbulkan pertanyaan untuk masa depan pemasok suku cadang yang berkontribusi pada pembuatan jet.
      "Kami sebelumnya telah menyatakan bahwa kami akan terus mengevaluasi rencana produksi kami jika landasan MAX lebih lama dari yang kami harapkan," kata Boeing dalam pernyataan resmi.
      Boeing pun mengungkap sebagai hasil dari evaluasi yang sedang berlangsung, perusahaan akan memprioritaskan pengiriman pesawat yang disimpan. Perusahaan mengatakan akan fokus pada pengiriman 400 jet yang telah disimpan di penyimpanan.
      Boeing 737 Max menjadi sorotan usai kecelakaan mematikan di Indonesia dan Ethiopia, yang menewaskan 346 orang. Namun, Boeing terus memproduksi 40 pesawat per bulan di sebuah fasilitas Renton, Washington.
      Pekan lalu, regulator penerbangan AS mengeluarkan teguran kepada Boeing dan menuduh perusahaan mengejar jadwal untuk membawa Max kembali ke 'udara'.
      Federal Aviation Administration mengatakan mereka tidak menyetujui kembalinya jet ke layanan sebelum 2020. Meskipun, Boeing telah lama menargetkan dapat lampu hijau regulator sebelum akhir tahun.
    • By iiee
      Maskapai pelat merah PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. diminta untuk lebih transparan menjelaskan laporan keuangannya yang tengah menjadi polemik. Transparansi ini adalah bagian dari keterbukaan informasi Garuda sebagai perusahaan terbuka.
      "Seyogianya direksi Garuda perlu menjelaskan ke publik sebagai keterbukaan informasi. Mengingat Garuda adalah emiten sekaligus BUMN entitas publik," kata Ketua Institut Akuntan Publik Indonesia atau IAPI, Tarkosunaryo, ketika dihubungi Tempo, Kamis 25 April 2019.
      Sebelumnya terjadi perbedaan pendapat di antara Dewan Komisari Garuda Indonesia tentang laporan keuangan 2018. Dua komisaris Garuda, Chairal Tanjung dan Dony Oskaria menyatakan keberatan dan tak menandatangani laporan keuangan tersebut.
      Keberatan itu berpangkal pada adanya pos pendapatan lain-lain yang dianggap masih berbentuk piutang yang ikut masuk sebagai total pendapatan perseroan. Namun, kedua komisaris tersebut tak sependapat dalam pembukuan tersebut.
      Keduanya menilai pencatatan ini bertentangan dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Negara atau PSAK Nomor 23. Menurut mereka, piutang yang muncul dari perjanjian kerja sama antara Garuda dengan PT Mahata Aero Teknologi tersebut seharusnya tak dimasukan pos pendapatan.
      Tarkosunaryo juga berpendapat bahwa sebaiknya Garuda membuka secara lengkap bagaimana kontrak antara Garuda dengan Mahata. Khususnya mengenai bagaimana realisasi dari adanya kerja sama itu. "Apakah prestasi pekerjaan sudah ada dan hak tagih sudah dapat dieksekusi," kata Tarkosunaryo
      Kendati demikian, Tarko menjelaskan, pencatatan piutang sebagai pendapatan dalam dunia akuntansi dianggap sebagai sesuatu yang lazim ditemui. Dalam dunia akuntansi hal ini lazim dikenal dengan istilah pencatatan akuntansi berbasis akrual.
      Baca: Laporan Keuangan Garuda Janggal, Ini Keberatan Dua Komisaris
      Dalam hal ini, lanjut dia, transaksi-transaksi dicatat pada saat terjadinya transaksi itu, bukan saat uang diterima. Transaksi pendapatan dicatat dalam pembukuan pada saat hak tagih sudah ada karena penjual sudah melakukan kewajiban sesuai kontrak.
      Artinya, dalam kasus Garuda, yang perlu diperjelas adalah realisasi transaksi yang kemudian menimbulkan hak tagih (piutang) sehingga bisa dimasukkan dalam pendapatan. Hal inilah yang perlu diungkap ke publik apakah pencatatan dari piutang menjadi pendapatan tersebut sesuai standar. "Nah yang dapat melakukan ini ya direksi beserta auditornya," kata Tarkosunaryo.
    • By ThinkSmart
      CEO Boeing Co, Dennis Muilenburg untuk pertama kalinya, akhirnya mengakui bahwa malfungsi Boeing 737 Max 8 berperan dalam jatuhnya Lion Air JT 610 pada Oktober dan Ethiopian Airlines ET 302 pada Maret 2019. Menanggapi pengakuan yang dirilis Muilenburg dalam sebuah video itu, Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti mengatakan bahwa Kementerian Perhubungan masih mempelajari ihwal kasus Boeing.
      Polana mengatakan Kemenhub masih menunggu hasil investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi dan perbaikan yang akan dilakukan Boeing. "Terlalu dini kalau pemerintah melarang B737Max atau B737 families," kata Polana saat dihubungi, Ahad, 7 April 2019.
      Sebelumnya, CEO Boeing, Dennis Muilenburg mengakui kecelakaan Lion Air JT 610 dan Ethiopian Air ET 302 terjadi karena fitur otomatisasi MCAS (Maneuvering Characteristics Augmentation System) pesawat aktif sebagai respons terhadap informasi angle of attack/AOA (sudut serangan) yang keliru. Muilenburg  mencuitkan rasa menyesalnya itu ke akun Twitternya. Seperti dikutip Antara, Sabtu 6 April 2019, bos pabrikan pesawat terbesar Amerika Serikat itu mewakili seluruh karyawan Boeing menyampaikan simpati kepada keluarga korban para penumpang dan kru pesawat Lion Air dan Ethiopian Airlines. 
      Setelah mengakui kesalahan itu, Muilenburg mengatakan bahwa perusahaan memiliki "tanggung jawab untuk menghilangkan risiko tersebut. Lalu, Boeing pun berupaya membuat pembaruan perangkat lunak 737 Max untuk mencegah kecelakaan serupa terjadi lagi. 
      Terkait cacat sistem MCAS ini, Muilenburg menyebut pihaknya telah bekerja tanpa lelah bersama Federasi Penerbangan Sipil Amerika Serikat (FAA) semenjak tragedi Lion Air. Boeing bersama pihak lainnya pun berupaya untuk menyelesaikan dan mengimplementasikan perangkat lunak demi memastikan kecelakaan naas tersebut tak akan pernah terjadi lagi.
      Kecelakaan udara mematikan baru-baru ini telah menyebabkan pelarangan terbang pesawat 737 Max di seluruh dunia. Otoritas penerbangan Amerika Serikat, FAA, telah melarang terbang semua pesawat Boeing 737 Max 8 di Amerika Serikat dan seluruh dunia. Di Indonesia, Kementerian Perhubungan telah meng-grounded 11 unit pesawat tipe tersebut yang dimiliki maskapai penerbangan Lion Air dan Garuda Indonesia sejak 14 Maret 2019.
×
×
  • Create New...