Jump to content

Ngegambar Membuat Daya Ingat Lebih Baik


Recommended Posts

gambar.jpg

Mengingat sesuatu bagi sebagian orang menjadi hal yang sulit. Namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada cara mudah dalam mengingat ataupun melatih kemampuan mengingat seseorang, yaitu dengan cara menggambar.

Penelitian ini dilakukan oleh tim peneliti dari Departement of Psychology University of Waterloo, Kanada, dan diterbitkan dalam the Quarterly Journal of Experimental Psychology.

"Kami membandingkan menggambar dengan sejumlah angka sebagai strategi dalam mengkode, namun gambar selalu menunjukkan hasil terbaik dalam mengingat," kata Jeffrey Wammes, peneliti doktoral universitas tersebut, seperti yang dilansir dalam laman resmi University of Waterloo.

"Kami percaya keuntungan tersebut muncul karena menggambar membantu menciptakan jejak memori kohesif yang lebih baik menghubungkan visual, motorik, dan informasi semantik," lanjutnya.

Penelitian tersebut melibatkan sejumlah mahasiswa sebagai responden. Para mahasiswa ini kemudian disajikan sejumlah kata yang mudah diingat, untuk kemudian mahasiswa tersebut harus menulis atau menggambar ulang sejumlah kata tadi hanya dalam waktu 40 detik.

Setelahnya, tim peneliti memberikan tugas dengan mengklasifikasi nada musik guna memudahkan proses retensi. Terakhir, para peneliti meminta mahasiswa untuk menyebut sebanyak kata secara bebas dari daftar kata di awal dalam waktu sebanyak 60 detik.

Para peneliti menemukan bahwa peserta lebih sering menyebut kata yang digambar lebih dari dua kali, dibandingkan kata yang hanya ditulis. Para peneliti menyebut keuntungan ini sebagai 'efek menggambar'.

Pengujian lebih lanjut dilakukan berupa mahasiswa diminta menggambar kata-kata berulang kali dengan penambahan detil visual atau huruf, seperti doodle. Dan hasilnya tetap kata yang digambar lebih mudah diingat.

"Yang terpenting, kualitas dari gambar tidak berpengaruh dalam penelitian ini, artinya semua orang dapat mendapatkan keuntungan dari strategi mengingat seperti ini terlepas dari bakat artistik mereka," kata Wammes.

 

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By manuvoping
      Pernah lihat gambar 3D yang seperti nyata mendekati kamu? Tapi sebelumnya kamu tau 3D? 3 dimensi atau biasa disingkat 3D atau disebut ruang, adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Lalu gimana gambarnya? Unik kok sepertinya 

    • By BincangEdukasi
      Anak-anak lebih cepat mengerti pelajaran ketika membaca buku yang penuh gambar-gambar menarik. Gambar memang sangat membantu daya imajinasi, karenanya ada ungkapan “Satu gambar seribu kata.”Sejak kapan orang mulai membuat buku untuk anak dengan gambar dan siapa pembuatnya? Beberapa jenis codex memang memuat gambar, tapi tidak ditujukan pada anak-anak tentunya. Dalam sejarah pendidikan modern, buku anak bergambar baru muncul sekitar abad 16 atau 17 Masehi.Tersebutlah  John Amos Comenius, seorang guru di sekolah yang memiliki sistem pendidikan kurang baik.

      Seperti lazimnya di jaman tersebut hanya anak dari kalangan ekonomi menengah ke atas yang bisa belajar di sekolah bermutu, sementara orang miskin kalaupun bisa sekolah harus terima apa adanya, kondisi pendidikan yang tak memadai dan sebagainya.Akhirnya Comenius mencoba terobosan baru, ia berinisiatif untuk memberikan metode pengajaran yang asyik dan menyenangkan bagi murid. Dan, tercetuslah ide untuk membuat sesuatu yang baru, yaitu buku bergambar. Buku yang tidak hanya menjejali anak-anak dengan kata-kata atau hafalan. Buku yang bisa mengungkapkan sesuatu dengan mudah, tanpa merasakan kesulitan bahasa. 

      Kebetulan, pria kelahiran Moravia, Ceko, pada tanggal 28 Maret 1592 ini mengajar bahasa latin di Gimnasium Leszno. Sebuah sekolah bagi anak-anak yang hendak menjadi mahasiswa, atau bisa dibilang sekolah persiapan. Di sekolah ini, pelajaran bahasa menjadi wajib. Namun, menjadi tidak mudah, jika anak-anak sendiri tidak menikmati pembelajaran yang diadakan. Apalagi bahasa latin memang termasuk kurikulum wajib di masa tersebut.The Orbis Pictus merupakan sebuah karya hasil tulisan anak bungsu dari lima bersaudara ini. Buku tersebut berisi panduan membaca untuk anak-anak yang dilengkapi dengan gambar. Buku ini tentu saja ditujukan untuk mengubahmindset anak-anak tentang belajar bahasa. Kesulitan belajar bahasa pun dapat diatasi. 

      Dalam waktu singkat, nama Comenius semakin dielu-elukan. Ia pun dikenal sebagai seorang guru, ilmuwan pendidik dan sekaligus penulis. Namanya kian melambung saat Ellwood Cubberley, seorang pakar pendidikan pada abad ke-20,mengatakan bahwa The Orbis Pictus merupakan buku yang tidak ada tandingannya di Eropa selama seratus lima belas tahun.Sang Bapak Pelopor buku anak bergambar ini akhirnya menutup mata selama-lamanya di Amsterdam, Belanda, 15 November1670 pada umur 78 tahun.
    • Guest News
      By Guest News
      Pasangan selebritis seperti Taylor Swift dan Calvin Harris sering pamer kemesraan di Instagram. Pasangan bukan selebritis juga. Apa artinya bila pasangan seperti ini banyak memamerkan kemesraan seperti ini?
       
    • By kompipanas123
      Ada banyak pilihan makanan yang baik untuk otak Anda. Dari sekian fungsi otak Anda untuk tubuh, ada beberapa makanan yang ditemukan dapat mempengaruhi memori dan kemampuan kognitif, seperti tahu dan tuna.
      Lalu, bagaimana makanan tersebut bisa meningkatkan memori otak, penasaran?Baca ulasan selanjutnya mengenai penemuan terbaru terkait makanan yang bisa mempengaruhi memori otak:
      Tahu
      Penelitian kontroversial yang diterbitkan dalam jurnal Dementia and Geriatric Cognitive Disorders, menemukan bahwa konsumsi tahu yang tinggi (sembilan kali atau lebih per minggu) menghadapi tantangan memori lebih besar daripada mereka yang tidak.
      Para peneliti, yang melakukan studi pada 719 laki-laki dan perempuan Indonesia, berspekulasi bahwa phytoestrogen yang ada dalam tahu bisa mempengaruhi fungsi otak. Sebaliknya, tempe dianggap dapat meningkatkan memori dalam studi yang sama.
      Garam
      Sebuah studi menemukan bahwa asupan garam sodium yang tinggi dikaitkan dengan rendahnya tingkat aktivitas fisik memiliki dampak negatif pada kemampuan kognitif. Untungnya, dampak tersebut bersifat reversibel atau dapat diperbaiki.
      Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neurobiology of Aging ini menemukan bahwa, olahraga teratur dapat menangkal efek negatif natrium pada otak dan sistem kardiovaskular.
      Lemak trans
      Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal PLoS One menemukan bahwa mengonsumsi lemak trans dikaitkan dengan kesulitan mengingat kata-kata (bukan karena kesalahan lidah). Studi ini diikuti 1.018 peserta yang mengonsumsi lemak trans, mulai dari 3,8 gram per hari menjadi 27,7 gram per hari, sebelum menjalani tes ingatan.
      Untuk setiap gram lemak trans yang dikonsumsi setiap hari, peserta diperkirakan mampu mengingat 0,76 lebih sedikit kata. Peserta studi yang mengonsumsi jumlah lemak trans tertinggi per hari hanya mengingat 65 kata dengan benar, sedangkan yang makan lebih sedikit lemak trans rata-rata bisa mengingat 86 kata.
      Ikan
      Ikan favorit Anda bisa merusak ingatan Anda. Sebuah studi dari jurnal Integrative Medicine, orang yang makan lebih dari tiga porsi jenis ikan yang tinggi seperti tuna, kerapu, kakap, bass, ikan todak, dan ikan hiu setiap minggu (atau lebih dari empat porsi per bulan) berada pada risiko untuk disfungsi kognitif.
      Hal ini adalah hasil dari kontaminasi merkuri. Para peneliti menganalisis kebiasaan makan makanan laut dari 384 orang. Mereka yang memiliki tingkat merkuri tertinggi dalam darah mencetak nilai tes paling buruk dibandingkan dengan mereka yang memiliki tingkat merkuri terendah.
      Lemak jenuh
      Lemak jenuh merupakan lemak yang harus dihindari karena dampaknya yang bisa mengganggu kesehatan tubuh. Peneliti dari University of Montreal melakukan penelitian terhadap tikus yang diberi lemak jenuh. Hasil menunjukkan bahwa tikus mengalami gangguan fungsi sistem dopamin yang ditunjukkan dengan gejala suasana hati yang buruk dan kehilangan selera makan.
×
×
  • Create New...