Jump to content
  • Kemerdekaan indonesia 74
  • Kemerdekaan indonesia 74
  • Kemerdekaan indonesia 74
Sign in to follow this  
Guest News

Reynold Wijaya Bangun UKM Indonesia Setelah Lulus Dari Harvard

Recommended Posts

Guest News

Reynold Wijaya dan Kelvin Teo.jpg

Reynold Wijaya akan lulus dari program MBA di Harvard Business School pada bulan Mei ini. Menyandang gelar dari universitas bergengsi di Amerika tidak lantas membuatnya tergiur untuk terus tinggal dan bekerja di negara tersebut. Tekadnya sudah bulat. Ia akan langsung kembali ke Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya yang bernama Modalku, sebuah startup peer-to-peer lending atau sistem pinjam meminjam langsung berbasis online.

Sistem peer-to-peer (P2P) lending adalah sebuah sistem peminjaman online yang memasangkan para kreditor dengan peminjam. Bagi alumni Kolese Kanisius ini, kehadiran startup-nya di Indonesia bertujuan untuk mendukung pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Modalku memungkinkan para pengusaha UKM mendapatkan pinjaman uang untuk mendanai bisnis mereka, disaat sulit menerima pinjaman dari bank karena dinilai tidak memenuhi syarat.

Modalku bukan bisnis Reynold yang pertama. Setahun sebelum membuka perusahaan ini di Indonesia pada bulan January 2016, ia mendirikan perusahan dengan sistem yang sama bernama Funding Societies di Singapura. Saat itu padahal ia baru menginjak tahun pertama sebagai mahasiswa Harvard. Sang wirausaha penggemar olahraga futsal ini bercerita bahwa di kelasnya hanya ada dua orang murid dari Asia Tenggara. Ia sendiri dan Kelvin Teo, asal Malaysia. Merasa cocok dan mempunyai kesamaan visi dalam berbisnis, akhirnya mereka sepakat untuk bekerja sama membangun startup dengan sistem peminjaman P2P di Asia Tenggara. Mereka percaya bahwa praktik ini dapat berdampak positif bagi perkembangan UKM di negara-negara wilayah tersebut.

“Setelah meneliti berbagai kriteria seperti market yang besar dan terbukti serta mempunyai impact yang besar, kami akhirnya memilih P2P lending. Sistem ini telah terbukti berhasil di negara-negara di dunia tetapi belum berkembang di Asia Tenggara. Kami memulai langsung bukan (karena) merasa jagoan tetapi berpacu dengan waktu untuk menjadi pioneer bisnis ini di Singapura,” cerita Reynold kepada VOA baru-baru ini.

Reynold tumbuh di lingkungan keluarga pengusaha. Terlibat sejak kecil dalam bisnis keluarganya, PT. United Family Food, pria bergelar master di bidang teknik industri dari University of Michigan ini mengaku tahu seluk beluk dan tantangan UKM. Menurutnya, salah satu kunci untuk berkembang adalah suntikan pendanaan.

"Kebanyakan dari UKM kami cukup profitable namun tidak memiliki akses pinjaman ke Bank karena tidak memiliki agunan atau sejarah kredit yang cukup. Di lain pihak, meminjam dari tengkulak terlalu mahal, sehingga banyak sekali dari mereka yang terjebak dan tidak bisa tumbuh padahal potensi mereka cukup besar," ungkap pemuda berumur 28 tahun ini.

Untuk menjamin bahwa dana yang dikelola oleh Funding Societies dan Modalku aman, ia menggandeng bank-bank lokal. Di Singapura Funding Societies bekerja sama dengan DBS Bank, sedangkandi Indonesia Modalku bekerja sama dengan Sinarmas Grup.

"Saya sangat passionate terhadap UKM. Saya tumbuh dari keluarga UKM yang sekarang bisa menjadi perusahaan yang cukup besar. Saya berharap bisa memberikan bantuan kepada UKM sehingga suatu hari mereka bisa menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia secara nyata," kata Reynold yang di akhir semesternya di Harvard harus bolak balik ke Indonesia selama lima kali demi mengurus perusahannya.

Syarat bagi peminjam di Modalku di antaranya adalah UKM yang telah beroperasi selama lebih dari satu tahun, sering melakukan transaksi di Bank dan memiliki omzet minimal 20 juta per bulan. Para calon peminjam bisa mendaftarkan diri secara online di www.modalku.co.id. Saat ini Modalku baru bisa melayani UKM yang berdomisili di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang & Bekasi.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By worldwidemarket
      Mark Zuckerberg mengawali facebook dari kamar asmara Harvard dan kini memiliki produk mata uang digital Libra yang penuh kontroversi.
      16 tahun lamanya Facebook berkembang sebagai jaringan media sosial dan kini penggunanya sudah mencapai lebih dari 2 miliar. Sang pendiri Mark Zuckerberg justru mengawalinya dari kamar asmara Harvard dan kini memiliki produk mata uang digital Libra yang penuh kontroversi.
      Bernama lengkap Mark Elliot Zuckerberg adalah orang yang mendirikan situs jejaring sosial Facebook, pada 2004 bersama teman sekelasnya. Website pertama yang dibuat oleh Mark adalah Facemash, kemudian pada Februari 2004, ia kembali membuat terobosan baru dengan nama Facebook (www.thefacebook.com).
      Website tersebut luncurkan Mark dari kamar asrama bersama teman sekelasnya Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin dan Chris Hughes. Facebook merupakan penyempurnaan dari Facemash dan berfungsi sebagai situs sosial yang memudahkan penggunanya untuk berhubungan dengan teman dan pengguna facebook lainya.
      Awal mula ia membuat Facebook adalah dengan membuat buku direktori mahasiswa online karena Universitasnya tak membagikan face book (buku mahasiswa yang memuat foto dan identitas mahasiswa di universitas itu) pada mahasiswa baru sebagai ajang pertemanan di antara mereka.
      Dengan modal yang ditanamkan berjumlah USD12,7 juta. Ini adalah investasi kedua yang masuk ke Facebook setelah sebelumnya (Juni 2004). dengan tambahan modal itu jelas memudahkan Mark dan kawan-kawannya mengembangkan Facebook dan mengganti domain-nya dari www.thefacebook.com menjadi www.facebook.com. Setelah itu jangkauan keanggotaan facebook diperluas menjadi internasional.
      Melesatnya bisnis Facebook membuat Zuckerberg pada tahun mendapatkan harta kekayaan yang luar biasa. Majalah Forbes menyebutkan kekayaan Zuckerberg sendiri mencapai USD1,5 miliar atau sekitar Rp13,5 triliun. Jumlah yang luar biasa besar saat itu, maka wajar jika majalah Forbes menobatkan Mark Zuckerberg sebagai The Youngest `Self-made’ Billionaire on the Planet.
      Setelah sekian tahun muncul, Facebook pun berinovasi dengan mengumumkan Libra sebagai mata uang digital miliknya dan membuat mata uang kripto kian populer di dunia. Namun, hal itu ditentang sejumlah negara termasuk Indonesia.
      Facebook pun sangat ambisius untuk meluncurkan mata uang ini. Pekan lalu, Facebook juga telah mengenalkan Libra ke publik. Pada semester pertama 2020 dan ditargetkan seluruh sistem mata uang digital ini bisa berjalan secara global.
      Dijelaskan Zuckerberg, Libra adalah mata uang global dan infrastruktur keuangan. Dengan kata lain, itu adalah aset digital yang dibangun oleh Facebook dan didukung oleh versi baru dari blockchain Facebook, teknologi terenkripsi yang digunakan oleh bitcoin dan mata uang kripto lainnya.
      Uang Libra ini juga disinyalir bakal banyak digunakan oleh orang-orang yang berada di negara maju. Dan nantinya mata uang Libra Coin ini bakal digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti bayar tagihan. Libra akan diluncurkan secara penuh selambat-lambatnya pada 2020.
    • By Brenda_Christie
      BMW X3 sDrive20i terbaru diluncurkan di Jakarta, Rabu (20/3) untuk melengkapi line up X3 yang tahun lalu menggoda konsumen dalam negeri. Varian baru dan kedua di keluarga X3 ini dijual dengan harga Rp909 juta off-the-road.
      Vice President Corporate Communications BMW Group Indonesia, Jodie O'tania menjelaskan "BMW X3 terbaru adalah BMW X dengan penjualan kedua terbanyak di seluruh dunia, dan dengan adanya varian terbaru, kami yakin model ini akan kembali memimpin segmen Sports Activity Vehicle di Indonesia."
      Dalam keterangan resmi BMW Group Indonesia, X3 sDrive20i datang dalam bentuk terurai dan dirakit secara lokal di BMW Production Network 2 di Gaya Motor, Sunter, Jakarta Utara.
      Eksterior BMW X3 terbaru hadir dimodali bahasa desain khas Sports Activity Vehicle (SAV) sebagai penantang Audi Q5, Jaguar F-Pace.
      Selain itu, BMW X3 terbaru hadir dengan ruang kabin yang luas melalui penambahan dimensi dibandingkan generasi sebelumnya. Dengan tambahan pada panjang hingga 51 mm, lebar 10 mm, tinggi 15 mm serta wheelbase 54 mm dan overhangs yang cukup pendek.
      Tampilan luar kian sempurna dengan bumper sewarna bodi, twin-tailpipe dan pelek aluminium 19 inci V-spoke.
      Mobil dilengkapi mesin BMW TwinPower Turbo 2.000 cc empat silinder yang dilengkapi dengan High Precision Direct Injection, Double-Vanos variable camshaft control, dan valvetronic fully variable valve timing ini mengeluarkan daya 184 tenaga kuda dan torsi 290 Nm.
      Tenaga mesin disalurkan melalui transmisi Steptronic 8-percepatan yang juga terhubung dengan BMW's predictive gear shift technology, menciptakan pemindahan gigi yang mulus serta konsumsi bahan bakar yang efisien. 
      Teknologi mesin terhubung dengan teknologi auto start-stop terbaru guna meningkatkan efisiensi bahan bakar.
    • By dugelo
      Teknologi mobil listrik di Indonesia akan semakin dekat, terlebih saat ini Pemerintah tinggal menunggu Perpres yang sebelumnya dikabarkan telah masuk tahap finalisasi.
      Menyongsong kabar tersebut, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) saat ini tengah menyiapkan mobil listrik untuk pasar automotif nasional. Tak tanggung-tanggung, model yang akan hadir merupakan mobil listrik paling laris di pasar global.
      Nissan sendiri dalam keterangan resmi yang diterima Okezone, akan memboyong Leaf ke Indonesia tahun depan. Diperkirakan pada 2020, Indonesia akan memulai era baru bagi tumbuhnya mobil listrik secara nasional.

      Memperluas akses terhadap kendaraan listrik terlaris di dunia ini merupakan bagian penting dari tujuan Nissan untuk meningkatkan elektrifikasi, di mana dalam rencana jangka menengah Nissan M.O.V.E 2022, seperempat dari jumlah penjualan adalah kendaraan listrik. Rencana percepatan ini termasuk lokalisasi dan perakitan komponen kendaraan listrik di pasar-pasar utama Asia Tenggara.
      New Nissan LEAF merupakan ikon dari Nissan Intelligent Mobility, yang merupakan visi perusahaan untuk membawa masyarakat ke dunia yang lebih baik dengan mengubah cara mobil ditenagai, dikendarai, dan terhubung dengan ekosistem di sekitarnya.

      Sejak tahun 2010, Nissan LEAF telah terjual sebanyak 400.000 unit, dan menjadi kendaraan listrik murni terlaris di dunia. Tahun ini, Nissan telah memperkenalkan kendaraan listrik ini ke Australia, Selandia Baru, Singapura, Korea Selatan, Thailand, Hong Kong, dan Malaysia.
    • By Males
      Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, menyebutkan ada kemungkinan pemblokiran Tumblr akan dibuka jika memang tidak ada lagi konten pornografi di dalamnya.
      Namun untuk melakukannya, harus melalui sejumlah pertimbangan lain terlebih dahulu.
      Tumblr sendiri beberapa hari lalu mengatakan, layanannya akan bersih dari konten pornografi mulai 17 November 2018.
      "Bisa dibuka (Tumblr), tidak ada masalah. Namun, nanti kami bicara dengan mereka dahulu karena kan komunikasi harus tetap ada," jelas Rudiantara.
      Rudiantara mengungkapkan, membuka pemblokiran layanan internet tidak bisa dilakukan begitu saja.
      Pasalnya, harus ada komitmen terlebih dahulu dari pihak terkait jika memang benar layanannya bersih dari konten negatif.
      Puji Tik Tok

      Ia pun memuji langkah jejaring sosial video, Tik Tok, yang benar-benar menunjukkan komitmennya di Indonesia.
      Seperti diketahui, Tik Tok sempat diblokir karena terdapat konten negatif sebelumnya akhirnya bisa kembali diakses.
      "Semua yang tadinya ditutup berdasarkan aturan, tidak bisa suka-suka dibuka. Jika kemudian sudah dibersihkan, buat komitmen seperti Tik Tok, Mereka (Tik Tok) membuat komitmen dengan menunjukkan sistem yang ada di Indonesia, termasuk karyawannya, cara kerjanya, jadi kami buka lagi (blokir Tik Tok)," tuturnya.
      Rudiantara pun menegaskan selama layanan internet yang ada bermanfaat bagi masyarakat, maka pemerintah tidak akan menutup akses.
      "Selama memberikan manfaat untuk masyarakat, kenapa tidak?," tutupnya.
      Tumblr Tendang Konten Pornografi

      Tumblr memang sudah mengumumkan akan memblokir semua konten dewasa dan pornografi dari layanannya.
      Keputusan ini disebut mengakhiri lebih dari satu dekade lebijakan terbuka terkait konten buatan pengguna.
      Layanan microblogging tersebut mengatakan, semua konten seksual yang diunggah oleh pengguna akan hilang dari tampilan publik mulai 17 Desember 2018.
      Setelahnya, konten baru terkait pornografi dan dewasa tidak diperbolehkan.
      Ingin Menarik Lebih Banyak Pengguna
      Kebijaan baru ini diperkirakan karena Tumblr ingin menarik lebih banyak pengguna dari berbagai rentang usia dan budaya.
      Dikeluarkannya Tumblr dari App Store pada bulan lalu, juga disebut menjadi alasan lahirnya kebijakan baru Tumblr ini.
      Seperti diketahui, Apple "menendang" aplikasi Tumblr di App Store karena terdapat konten pornografi anak.
      Namun, sejauh ini pihak Tumblr tidak menyebutkan persoalan App Store ini sebagai alasan kebijakan baru tersebut.
      Bebas dari Konten Pornografi Bisa Menguntungkan?

      Pihak Tumblr menilai layanannya yang bebas konten pornografi akan menguntungkan basis pengguna secara keseluruhan.
      Jadi konten seperti apa yang dilarang di Tumblr? Berikut rinciannya: Konten dewasa termasuk foto, video, atau GIF yang memperlihatkan alat kelamin manusia atau puting mempresentasikan perempuan, dan konten apa pun termasuk foto, video, GIF, dan ilustrasi, yang menggambarkan seks.
      Gambar "nakal" memang dilarang, tapi konten tertulis masih diizinkan.
      Tumblr mengatakan ada beberapa pengecualian yang masih diizinkan, seperti gambar yang menunjukkan aktivitas Ibu menyusui atau momen sebelum dan sesudah melahirkan.
    • By peter_hutomo
      Berbagai brand smartphone siap merilis smartphone 5G di 2019. Bahkan Xiaomi memastikan Mi Mix 3 5G bakal rilis awal 2019 nanti. Tetapi secepat apa sih jaringan 5G, apa bedanya dengan 4G, dan kapan hadir ke Indonesia, di video ini kita bakal bahas semua.
      Jadi 5G ini adalah jaringan mobile generasi kelima, penerus dari 4G yang saat ini masih jadi jaringan mobile utama di berbagai negara, termasuk Indonesia. Dan sebagai penerus tentu aja 5G ini lebih cepat, dengan kapasitas yang lebih besar, latensi yang lebih kecil, serta menggunakan spektrum yang lebih baik daripada 4G.
      Jadi 5G ini kecepatan maksimalnya mencapai 20 Gbps, dan dari berbagai pengujian yang pernah dilakukan, kecepatan rata-rata 5G bervariasi, ada yang tembus 6 Gbps, ada yang 10 Gbps. Ini kenceng banget ya kalo dibandingin kecepatan rata-rata 4G saat ini.
      Latency nya juga lebih kecil, kalo 4G sampai di 45ms, 5G ini cuman 1ms, jadi untuk koneksi juga bakal jauh lebih responsif, tanpa lag dan nyaris tanpa delay.
      Selain itu kapasitasnya juga lebih besar, jadi potensi bandwitdh overload di jam-jam sibuk bakal jauh berkurang.
      Jadi ibaratnya untuk download satu film FHD, kalo di 4G kecepatan 100 Mbps per second butuh waktu sekitar 7 menit, di 5G dengan 6 – 10 Gbps bisa cuman 4 sampai 24 detik saja.
      Tapi itu dari hasil pengujian ya, untuk kecepatan dan latensi nyata, tentunya bakal tergantung juga dari operator 5G nya. Contohnya kecepatan 4G di Indonesia beda dengan kecepatan 4G di Korea atau Jepang, bahkan kecepatan 4G Telkomsel beda dengan kecepatan 4G Smartfren — dan ini juga pasti berlaku juga untuk 5G nanti. Tetapi yang jelas 5G bakal membawa banyak peningkatan dari koneksi 4G saat ini.
      Lalu apa manfaat jaringan 5G? Nah jadi dengan 5G, berinternet nggak cuman sekedar lebih kencang dan responsif, tetapi juga bakal mengubah banyak gaya hidup. Misalnya aja layanan streaming bakal semakin populer, baik itu streaming musik ataupun film. Video bakal makin digemari, YouTube makin jadi trend. Cloud sync dan cloud backup jadi hal yang normal. Tetapi lebih dari itu, 5G bakal membuka akses terhadap interconnected device, seperti IoT, membuat smart home makin populer, lalu di luar negeri ada self driving car, ini mobil yang bisa jalan sendiri, yang tentu aja butuh koneksi kencang dengan latensi kecil, 5G bakal ngedukung banget untuk self driving car ini.
      Dan terakhir, kapan 5G bakal dateng ke Indonesia? Untuk yang satu ini belum ada jawaban pasti. Tetapi smartphone 5G sudah mulai berdatangan di awal tahun 2019 besok. Xiaomi, OnePlus, Huawei, ASUS, Vivo, Nokia, dan banyak brand lain udah berkomitmen rilis hape 5G. Mi Mix 3 dan OnePlus 7 dipastikan bakal jadi HP 5G di 2019. Qualcomm bahkan sampai Samsung juga sudah siap dengan modem 5G besutan mereka sendiri.
      Pada intinya era 5G sudah dimulai, dan cepat atau lambat, operator di Indonesia juga bakal mengadopsi teknologi 5G ini.
      Sampaikan aja di kolom komentar kalo kamu punya pendapat seputar jaringan 5G, khususnya 5G di Indonesia.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy