Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Wanita Ini Baru Tau Pekerjaan Suaminya Setelah Suaminya Meninggal
      Seorang wanita menemukan fakta mengejutkan tentang suaminya yang telah dinikahinya selama 64 tahun.

      Kenyataan mengejutkan tersebut bahkan baru diketahuinya setelah sang suami yang bernama Glyn meninggal dunia.
      • 0 replies
    • Kamu Harus Tau Tentang Amnesia
      Apa itu Amnesia?

      Amnesia atau dikenal juga sebagai sindrom amnesik, adalah kondisi yang menyebabkan kehilangan memori. Hal ini meliputi kehilangan informasi, fakta-fakta, dan pengalaman personal. Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan amnesia, seperti dementia, stroke, atau cedera kepala.
      • 0 replies
congek

Bagaimana Menyimpan Wine yang Benar?

Recommended Posts

Mengoleksi wine di rumah memang menjadi hobi mengasyikkan. Kalau, nggak  ngerti gimana menyimpan wine secara benar maka wine yang ente koleksi pun jadi nggak ada artinya. Berikut hal yang harus ente perhatikan kalau pengen menyimpan wine di dalam rumah:

 

1. Simpan di dalam gelap

Simpan wine di dalam tempat yang jauh dari cahaya, apalagi sinar matahari ataupun lampu neon karena sinar UV yang dipancarkan dapat menembus botol wine dan merusak bau dan rasanya. Ente dapat membungkus botol wine dengan kain atau menempatkannya ke dalam sebuah wadah atau kotak.

 

2. Jaga suhu konstan

Suhu penyimpanan wine yang ideal adalah 12,2 C. Namun, ada batas toleransi hingga 24 C. Kalau suhu ruangan ente kurang dari 12,2 C nggak apa-apa, hanya saja waktu oksidasi dan pembentukan wine akan lebih lama. Dan ingat bahwa suhu nggak boleh berubah sebesar 1,6 C dalam sehari karena akan mengubah rasa dan bau dari wine itu sendiri.
 

3. Jangan bergerak

Jaga agar wine ente nggak bergerak. Bahkan getaran di sekitar wine pun nggak boleh ada misalnya seperti lalu lintas, alat berat, atau lainnya yang dapat mempengaruhi hasil dari fermentasi wine yang ente simpan.

 

4. Jaga kelembapan 70%

Jaga kelembapan dalam penyimpanan wine ente sekitar 70%. Jangan lebih atau mengurangi kelembapan karena akan mendorong pertumbuhan jamur. Ente bisa memasang alat pengukur kelembapan udara atau membeli pelembap ruangan agar kualitas wine tetap terjaga.

 

5. Jauhkan dari benda lain

Jauhkan tempat penyimpanan wine dari benda-benda lain yang menghasilkan bau yang kuat, misalnya durian, terasi, dan lainnya karena bau-bauan ini akan menyerap melalui tutup gabus wine yang akhirnya akan mempengaruhi kualitas anggur. Jangan lupa untuk memikirkan ventilasi yang baik agar wine yang ente simpan nggak menghasilkan bau apek.

 

6. Simpan sesuai dengan ketentuan

Maksudnya di sini adalah ketahui waktu penyimpanan yang sesuai dengan wine yang ente miliki. Biasanya anggur merah disimpan selama 2-10 tahun sampai akhirnya wine tersebut dapat dinikmati. Sedangkan untuk anggur putih, ente harus mengkonsumsinya setelah disimpan selama 2-3 tahun.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By Budi_supri90
      Perkembangan industri terasa begitu pesat ndral.  Berbagai cara baru mengonsumsi sesuatu terus bermunculan. Seperti es krim wine, pancake whiski dan kini, para pencinta minuman anggur bisa menikmati sensasi anggur lewat gelembung udara.
      Inovasi baru ini merupakan kreasi dari Dr. Dat Q. Tran. Dia meracik Bubble Lick Edible, dimana cairan minuman bisa diubah menjadi gelembung udara yang bisa dicicipi.

      Produk buatannya itu ternyata terinspirasi dari dua anaknya Riliana dan Dylan yang bertanya pada sang ayah. Mengapa gelembung udara tidak bisa dicicipi? Apa tidak bisa dibuat dari cairan lain?
      Kemudian pertanyaan dari kedua buah hatinya itu menggugah Dr. Tran hingga tercipta Bubble Lick Edible. Satu paketnya tersedia enam botol berisi cairan gelembung 25 ml yang bisa dicampur dengan minuman apa saja.
      Seperti wine, vodka, kopi, koktail. Lalu tinggal dikocok dan viola! Gelembung udara rasa minuman yang Anda inginkan bisa dicicipi. Mau nyoba ndral? 
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy