Jump to content
dugelo

Sekarang lihat kamera fleksibel

Recommended Posts

kamera.jpg

Perkembangan teknologi dunia saat ini memang kian canggih saja. Perangkat elektronik pun dibuat seringkas mungkin. Termasuk di antaranya adalah perangkat elektronik yang didesain fleksibel. Nah, kalau sebelumnya sudah ada layar fleksibel dari LG, kini para peneliti ternyata juga mengembangkan kamera fleksibel lho!

Para peneliti dari laboratorium Computer Vision di Columbia University menciptakan sebuah kamera yang didesain fleksibel. Untuk membuat kamera ini, para peneliti pun memanfaatkan silikon. Untuk hasil gambarnya, mereka mengungkapkan kalau hasil jepretan kamera fleksibel tersebut cukup aneh, lebih mirip dengan gambar yang terdistorsi. Meskipun begitu, gambar yang dihasilkan tetap merupakan sebuah gambar beresolusi tinggi.

Meskipun begitu, salah seorang anggota peneliti Dr. Shree Nayar mengungkapkan kalau kamera fleksibel yang tengah dikembangkan oleh timnya tersebut bakal bisa berguna untuk masyarakat luas. Salah satunya adalah kemungkinan untuk bisa digunakan pada bagian ujung mobil sehingga bisa memberikan daya pandang yang lebih baik.

Namun pengembangan kamera fleksibel ini masih cukup panjang, karena untuk saat ini masih dalam tahap prototype. Dan untuk menjadi sebuah produk jadi yang bisa digunakan oleh masyarakat umum pun masih membutuhkan waktu yang sangat lama. Kita tunggu saja bagaimana perkembangan teknologi ini.

Share this post


Link to post
Bagikan di situs lain

Buat akun atau masuk untuk berkomentar

Anda harus menjadi anggota untuk memberikan komentar

Buat sebuah akun

Mendaftar untuk account baru dalam komunitas kami. Mudah!

Daftarkan akun baru

Masuk

Sudah mempunyai akun? Masuk disini.

Masuk Sekarang


  • Konten yang sama

    • Oleh berita_semua

      Pernahkah kamu mengeluhkan hasil foto kamera smartphone selalu buram, padahal kamera smartphone kamu memiliki kualitas baik? Jika iya, bisa jadi ada yang salah dengan kamera smartphone kamu. Entah itu kotor maupun tergores sesuatu (baret), kamera jadi kesulitan menangkap objek secara fokus.
      Penyebabnya pun bermacam-macam. Bisa jadi kamera utama yang terletak di bagian belakang smartphone sering terbentur, atau bisa jadi tergesek saat dimasukkan ke saku celana. Kemungkinan lain, baret tersebut disebabkan gesekan objek yang sangat kecil.
      Lantas bagaimana cara membersihkan baret atau goresan yang ada di kamera smartphone? Berikut adalah tips membersihkan baret di kamera smartphone.
      Adapun percobaan dilakukan menggunakan sebuah smartphone yang kamera belakangnya dianggap mudah tergores, yakni HTC One M8. Untuk menyelesaikan masalah ini, seorang pengguna membawa smartphone tersebut ke pusat servis HTC dan melihat cara kerja orang yang menangani smartphone itu dalam menghapus goresan di kamera.
      Terungkap, goresan ada di lapisan bernama "oleophobic coating". Lapisan ini bukan di lensa kamera, sehingga sangat mudah bagi pengguna untuk menghilangkannnya. Tampaknya, cara paling mudah adalah dengan menggunakan pasta gigi. Selain pasta gigi, diperlukan pula alat lain, yakni kapas atau cotton bud. 
      Caranya, ambil pasta gigi secukupnya dan oleskan ke lensa belakang kamera secara menyeluruh. Perlu diperhatikan, jumlah pasta gigi yang dioleskan ke kamera belakang tak boleh terlalu banyak. Tujuannya agar tidak meluber dan mengenai bagian belakang smartphone.
      Nah, setelah mengoleskan pasta gigi di bagian lensa kamera, pakailah cotton bud untuk meratakan pasta gigi di lensa kamera. Caranya dengan memutar cotton bud searah jarum jam. Selanjutnya, diamkan sejenak.
      Setelah selesai, jangan lupa untuk menggunakan kain khusus microfiber serta sedikit air untuk membersihkan sisa pasta gigi yang menempel di lensa kamera smartphone. Mudah, bukan? Selamat mencoba jendral!
    • Oleh berita_semua
      Handphone saat ini menjadi benda utama yang dibawa ke mana saja. Bukan hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, handphone juga menjadi alat yang paling sering digunakan untuk memotret.
      Seiring dengan perkembangan teknologi, kemampuan kamera handphone semakin bertambah. Kamera smartphone pun kini semakin canggih dengan hasil gambar yang tidak kalah bagusnya dengan gambar yang dihasilkan kamera SLR.
      Sayangnya, hasil foto menggunakan kamera smartphone terkadang masih tetap terbatas. Bukan semata karena kualitas kamera, namun juga mungkin karena tidak mengetahui cara penggunaannya dengan baik.

      "Kenalilah kamera pada hapemu dengan baik, kenalilah tombol fungsi-fungsinya," kata fotografer Thomson Reuters Bea Wiharta kepada ANTARA News, Rabu (8/2).
      Berikut tips dari Bea Wiharta untuk mengoptimalkan kemampuan kamera smartphone agar memiliki hasil seperti kamera profesional.
      1. Pencahayaan
      Beberapa kamera smartphone, seperti Samsung Galaxy S7, LG G5 dan Sony Z5, sudah dilengkapi dengan slider pengatur pencahayaan, meski bentuknya berbeda.
      Saat cahaya kurang gelap, tombol slider pengatur cahaya tersebut dapat digeser agar cahaya menjadi lebih gelap, begitu juga sebaliknya.
      "Slider pengatur pencahayaan ini akan membuat hasil fotomu jauh lebih baik dibanding biasanya. Dan slider ini yang akan membuat hasil fotomu seperti memakai kamera profesional," ujar Bea.
      "Memotret adalah menangkap cahaya, semakin banyak cahaya, hasilnya akan makin bagus. Jadi memotretlah di tempat yang banyak cahaya sehingga kita bisa memilih milih atau memainkan cahaya memakai HP kita," sambung dia.
      2. Fokus 
      Setelah mengatur pencahayaan, yang diatur kemudian adalah fokus. Pilihlah titik fokus sesuai kebutuhan.
      Kamera smartphone saat ini sudah bisa membuat foto menjadi bokeh, di mana fokus pada satu objek dan objek di belakang menjadi blur.
      "Aturan pencahayaan dan fokus yang benar bisa membuat foto dari HP seperti foto dari kamera pro," kata Bea.
      3. Motret malam hari
      Meski kemampuannya terbatas, kamera smartphone sudah dapat dipakai untuk memotret pada saat malam hari.
      Pada smartphone terbaru, kameranya sudah tidak kesulitan mencari titik fokus pada malam hari. Beberapa bahkan juga sudah dilengkapi dengan pilihan ISO.
      Misalnya, Galaxy S7 yang memiliki pilihan PRO di mana ISO dapat dipilih sampai setinggi ISO 1250. Sebagai catatan, Bea mengatakan bahwa semakin tinggi ISO semakin bagus untuk memotret malam hari.
      "Kalau kesulitan memfokus pada malam hari, tipsnya, arahkan dan carilah titik dimana ada cahaya yang agak terang," ujar Bea.
      4. Cara memotret
      Memotret menggunakan samartphone tidak berbeda dengan memakai kamera profesional; fotografer dan tangannya tidak boleh goyang.
      'Memencet shutter pada kamera HP pelan saja, jangan memencet memakai nafsu atau emosional, biasanya kamera akan goyang dan hasilnya blur," kata Bea.
      Meski kamera smartphone saat ini sudah sangat canggih, namun yang harus diingat, menurut Bea, kamera hanya alat, penangkap objek sesungguhnya adalah pengambil foto itu sendiri,
      "Yang memotret sebenarnya adalah kita, otak kita. Kamera hanya alat, seperti pena. Jadi, kitalah yang mengatur kamera agar alat ini bisa menghasilkan foto yang bagus," tutup Bea.
    • Oleh kotawa

      Sebuah video diklaim menunjukkan cuplikan UFO yang diambil dari pesawat ulak-alik Badan Antariksa Amerika Serikat NASA.
      Klip yang diambil dari misi STS80 menunjukkan, sebuah objek melayang terbang di luar angkasa, kemudian berubah arah dan menghilang. Terkait video itu, penggemar UFO Secureteam10 menjelaskan, puing-puing di luar angkasa tak bisa secara fisik mengubah jalurnya. Inilah sebabnya mengapa team percaya bahwa “puing-puing” itu merupakan pesawat alien.
      Tyler, salah satu peneliti team, mengatakan, “Ini jelas membuat putaran, sehingga Anda harus bertanya-tanya, apakah kami benar-benar gila untuk berpikir ada pengemudi objek di luar angkasa? Saya pikir tidak.”
      Selain itu, video juga menunjukkan klip lain dari misi STS-80. Salah satu dari mereka menunjukkan beberapa objek berjalan cepat saat mereka melayang di angkasa. Salah satu pesawat berjalan melambat, berhenti dan kemudian terbang ke belakang, menghilang dari pandangan.
      Kemudian menunjukkan objek ketiga dari ‘boomerang UFO’, objek memiliki bentuk seperti boomerang yang terbang ke depan dan belakang. Semua tim percaya, semua objek menunjukkan sinyal bahwa alien itu nyata, dan berada di luar angkasa. 
    • Oleh paul_perka5a

      Sony baru saja mengumumkan peluncuran kamera mirrorless terbaru mereka, yakni Sony NEX-5R. Kamera mirrorless ini uniknya dilengkapi dengan perangkat wi-fi didalamnya serta dibekali sistem operasi yang mampu mendownload beberapa software aplikasi khusus kedalam kamera. Salah satu aplikasi yang bisa diintall dikamera ini adalah PlayMemories Mobile, sehingga kita bisa mengirim foto dari kamera ke smartphone Android maupun iOS saat terhubung koneksi wi-fi. Aplikasi lain adalah Facebook, sehingga kita bisa mengupload hasil jepreta kamera langsung ke jejaring sosial Facebook.
      Fitur kamera yang bisa secara langsung terkoneksi ke internet serta bisa dilengkapi dengan aplikasi software sehingga mendekati fitur smartphone tampaknya akan menjadi populer. Hanya beberapa hari lalu Nikon merilis kamera saku Coolpix S800C yang bahkan menggunakan Android sebagai sistem operasinya, kali ini Sony sudah menyusul dengan kamera ini. Perbedaan utama Sony NEX-5R dibandingkan Coolpix S800C dalam hal fotografi adalah ukuran sensor keduanya sangat berbeda serta dengan Sony NEX-5R kita bisa menggonta-ganti lensa (Sony E Mount). Sony NEX-5R dilengkapi sensor berukuran jauh lebih besar dibanding Coolpix, sehingga kualitas foto relatif lebih bagus. Sony NEX-5R menggunakan sensor berkelas APSC (crop) yang setara dengan sensor kamera DSLR kelas pemula dan menengah. Baca lebih jauh mengenai Apa Itu Kamera Mirrorless?
      Fitur Utama
      Sony NEX-5R memiliki beberapa fitur utama: Resolusi: 16.1 megapiksel Resolusi maksimal: 4912 x 3264 Sensor: CMOS sensor berformat APSC (23.4 x 15.6 mm) Crop Factor: 1.5 x Iso: 100 – 25600 Format file: RAW & JPEG Mount Lensa: Sony E Mount Burst: 10 fps Video: Full HD 1080p (60 fps) LCD: 3 inch 920.000 dots, layar sentuh. Viewfinder: elektronik (akesoris tambahan) Konektivitas: Wi-fi Harga dan Ketersediaan
      Harga pasaran untuk Sony NEX-5R ini adalah sekitar US$ 650 (body only) atau US$ 750 (dengan lensa kit 18-55mm). Kamera ini akan mulai beredar di pasar di bulan Oktober 2012. Kamera ini tersedia dalam 3 pilihan warna: hitam, putih dan silver metalik.
      Video
      Sony mengeluarkan video khusus untuk memperkenalkan kamera NEX-5R ini, silahkan dinikmati:
       
  • Kontributor Populer

×

Important Information

Kami menggunakan cookie. Mereka tidak menakutkan, tetapi beberapa orang berpikir mereka. Terms of Use & Kebijakan Privasi