Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Wanita Ini Baru Tau Pekerjaan Suaminya Setelah Suaminya Meninggal
      Seorang wanita menemukan fakta mengejutkan tentang suaminya yang telah dinikahinya selama 64 tahun.

      Kenyataan mengejutkan tersebut bahkan baru diketahuinya setelah sang suami yang bernama Glyn meninggal dunia.
      • 0 replies
    • Kamu Harus Tau Tentang Amnesia
      Apa itu Amnesia?

      Amnesia atau dikenal juga sebagai sindrom amnesik, adalah kondisi yang menyebabkan kehilangan memori. Hal ini meliputi kehilangan informasi, fakta-fakta, dan pengalaman personal. Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan amnesia, seperti dementia, stroke, atau cedera kepala.
      • 0 replies
Sign in to follow this  
trendology

Bahaya Buka Situs Dewasa Di Android, Ada Ransomware!

Recommended Posts

Android-adware-1.jpg

Mengapa situs dewasa diblokir pemerintah Indonesia? Selain mengandung konten dewasa yang tidak boleh diakses anak di bawah umur, ternyata situs dewasa juga sebagai tempat bersemayam malware berbahaya. Jika Anda memiliki kebiasaan mengkases situs dewasa melalui ponsel, maka sebaiknya harus lebih berhati-hati sekarang. Menurut laporan terbaru menyebut sebuah ransomware mengintai pengguna Android yang biasa mengakses situs dewasa.

Resiko yang ditimbulkan pun tak main-main, bila terinfeksi ransomware bernama ‘Cyber.Police’, maka nantinya di layar ponsel akan muncul sebuah pop-up yang akan melakukan sabotase atas seluruh fungsi perangkat. Jika sudah begitu, tak ada yang bisa dilakukan selain factory reset melalui recovery. Karena meski di restart, maka yang akan muncul tetap pop-up tadi.

“Ransomware tersebut akan mematikan semua aplikasi. Mencegah aplikasi lain beroperasi seperti antivirus untuk menghentikan ransomware tersebut. Melakukan pengesetan untuk menjadi yang pertama aktif ketika boot, dan juga melakukan komunikasi ke server command-and-control,” kata Blue Coat, orang yang merilis laporan tersebut.

Jika Anda tidak ingin semua data hilang, maka ada satu cara untuk menghilangkan pop-up tersebut, yakni dengan membayar tebusan kepada penebar ancaman itu. Namun ada yang unik, mereka meminta tebusan tersebut berupa kode gift iTunes. Jika Anda tidak membayar tebusan, maka ransomware tersebut akan melakukan factory reset, baik perangkat maupun micro SD.

Satu hal yang menjadikan malware ‘Cyber.Police’ ini mengerikan adalah, ia tidak membutuhkan instalasi APK untuk menyerang satau menginfeksi ponsel. Entah bagaimana malware tersebut bisa menyerang sebuah ponsel Android, belum diketahui hingga saat ini.

Namun kode berbahya tersebut sejauh ini diketahui masih memanfaatkan celah keamanan pada sistem operasi Android 4.0 ICS dan Android 4.3 Jelly Bean. Sementara pengguna Android 4.4 KitKat hanya ditemukan beberapa ancaman yang sifatnya masih mendekati, namun belum dapat dipastikan apakah akibat yang ditimbulkan akan sama atau tidak.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
Sign in to follow this  

  • Similar Content

    • By news
      Aplikasi Bukalapak saat ini terpantau tidak ada di toko aplikasi ponsel Android, yakni Play Store. Apa alasannya?
      Kabarnya, aplikasi Bukalapak sudah tidak ada di Play Store sejak Rabu malam dan sampai saat ini, masih belum muncul kembali. Netizen pun cukup ramai membicarakannya karena penasaran.
      "Sampai saat ini @bukalapak masih belum muncul juga di playstore. Ada apa mas @achmadzaky?" tanya seorang netizen di Twitter.
      "Mau download aplikasi Bukalapak malah gini hasilnya di Playstore. Ada yang tau kenapa? @bukalapak @achmadzaky. Hallo Pak, ini kenapa begini ya?"
      Tim Ngobas sendiri sudah coba melakukan pencarian terkait aplikasi BukaLapak di Play Store pada Kamis (19/9/2019) pagi, dan ternyata kegalauan netizen benar adanya. Aplikasi Bukalapak mendadak lenyap dari toko aplikasi Google tersebut
      Ada beberapa kemungkinan aplikasi hilang dari Play Store. Misalnya karena dianggap melanggar aturan Play Store atau hal lainnya. Di sisi lain, aplikasi Bukalapak masih tersedia di App Store milik Apple.
      Adapun website Bukalapak juga masih dapat diakses dan bisa digunakan seperti biasa. Ngobas sedang berupaya menghubungi pihak Bukalapak untuk konfirmasi.
    • By thepowerofwindows
      ZTE menjadi perusahaan pertama yang merilis smartphone Android Go murah di pasar Amerika Serikat, dan harganya hanya US$ 80 (sekitar Rp 1 juta).
      Smartphone ZTE Tempo Go memiliki layar 5 inci dengan resolusi 480 x 854 piksel, bezelnya masih cukup tebal, hanya memiliki RAM sebesar 1 GB, dan penyimpanan 8 GB.
      Lewat situs resminya, dijelaskan bahwa smartphone ini tidak mendukung dua kartu SIM atau jaringan 4G. Sementara, kapasitas kartu memorinya hanya dapat mendukung sampai 32 GB.
      Kamera belakangnya bahkan cuma memiliki resolusi 5MP yang sudah dilengkapi LED Flash, sementara kamera di depan memilki resolusi 2MP.
      Untuk dapur pacunya didukung Snapdragon 210, dan berjalan di atas sistem Android 8.0 Oreo. Baterainya sendiri berkapasitas 2200 mAh.
      Memang, Android Go lebih ditargetkan untuk negara-negara yang tidak memiliki ekonomi kuat, dan tidak bisa membeli smartphone Rp 2 jutaan.
      Pada smartphone ini banyak aplikasi beredisi Go yang sistemnya lebih sederhana karena Google memangkas fitur-fitur di aplikasi yang tak dianggap berguna di pasar Android Go.
      Pemakaian data juga akan lebih hemat lewat Android Go, misalnya lewat YouTube Go akan diberikan keterangan data untuk mengunggah video sehingga pengguna bisa memilih video yang tidak memakan banyak data.
      Dengan fitur itu diharapkan pengguna Android Go dari pasar ekonomi rendah dapat terbantu apabila di daerah mereka harga data masih mahal.
      Ada Enam Tipe
      Google menyiapkan enam jenis Android Go yaitu Alcatel 1X, Nokia 1, Gm8 Go, Huawei, Lava Z50, Micromax Bharat Go, dan ZTE Tempo Go.
      Peluncuran Android Go pertama kali diumumkan Google pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona, Spanyol.
      Android Go termasuk dalam program Android Oreo, sehingga secara resmi namanya Android Oreo (Go Edition).
      Nokia 1 Sudah Rilis

      Nokia 1 yang merupakan Android Go sudah lebih dulu hadir dengan MediaTek MT6737M dan RAM 1GB. Memiliki layar berukuran 4,5 inci, smartphone ini memiliki memori internal 8GB yang dapat diperbesar dengan kartu microSD hingga 128GB.
      Urusan fotografi diserahkan pada kamera utama 5 megapiksel yang sudah didukung LED Flash. Sementara untuk keperluan selfie, Nokia 1 ditopang oleh kamera depan beresolusi 2 megapiksel.
      Smartphone ini juga sudah mendukung Bluetooth v4.2, GPS/A-GPS, FM Radio, Micro-USB, dan jack audio 3,5mm. Dengan baterai berkapasitas 2.150mAh, smartphone ini disebut mampu bertahan hingga 15 hari dalam keadaan standby.
      Lewat smartphone ini, HMD Global kembali menawarkan unsur nostalgia bagi pengguna ponsel Nokia lawas. Sebab, cover Nokia 1 dapat dibongkar pasang sesuai keingingan pengguna atau lebih dikenal dengan nama Xpress-on cover.
      Sekadar informasi, Xpress-on cover sempat menjadi ciri khas ponsel Nokia pada masa keemasannya. Diperkenalkan di Nokia 5110 pada 1998, pengguna dapat dengan mudah mengganti cover ponsel miliknya sesuai keinginan.
    • By trendology
      Pakar Siber dan Digital Forensik Ruby Alamsyah menilai virus ransomware Petya kemungkinan tidak akan menyebar ke sistem perbankan. Pasalnya, kebanyakan bank di Indonesia sudah tidak menggunakan sistem operasi (OS) Windows. 
      "Sama seperti Ransomware WannaCry, ransomware Petya targetnya juga menyerang OS Windows, mostly perbankan critical servernya tidak pakai OS Windows. Jadi harusnya perbankan masih aman dari ransomware," kata Ruby
      Hanya saja, Ruby mengimbau kepada beberapa institusi yang sempat terkena serangan malware WannaCry. Hal itu karena ada kemungkinan, bisa terserang Ransomware Petya pula. "Jadi perlu hati-hati, kalau komputer nyala dan belum di-patch, bisa kena. Tinggal masalah waktu saja terserang," tutur Ruby.
      Ia menjelaskan, malware tersebut awal menyebarnya dari Ukraina, dan berpotensi menyebar ke Indonesia, sebab menurutnya, penyebaran lewat internet sulit dikontrol sepenuhnya. "Menariknya, Ransomware Petya juga ditemukan bisa menyebar via emailmelalui file attachment file format microsoft office jadi masyarakat perlu waspada," kata Ruby. Ia berharap malware tersebut bisa dihentikan sehingga tidak terjadi penyebaran secara masal, karena Ransomware Petya dapat melumpuhkan seluruh sistem komputer, berbeda dengan WannaCry yang hanya menyerang dokumen di komputer. 
    • By c0d1ng
      Nama Ransomware Wanna Cry menjadi heboh dalam beberapa hari terakhir karena serangan malware paling ganas ini telah masuk sampai ke Indonesia. Melalui siaran pers Nomor 55/HM/KOMINFO/05/2017, Kementerian Komunikasi dan Informatika menjelaskan bahwa Ransomware Jenis WannaCRY ini telah menyerang Rumah Sakit Dharmais dan kemungkinan besar serangan siber ini akan semakin meningkat pada hari Senin, 15 Mei 2017 besok.
      Untuk itulah Kominfo menghimbau agar seluruh masyarakat untuk melakukan tindakan pencegahan terhadap ancaman Malware khususnya Ransomware jenis WannaCRY ini. Untuk diketahui, serangan siber ini dimulai sejak para cracker menyebarkan virus Wanna Cry Ransomware ke sejumlah negara pada hari Jumat, 12 Mei 2017 lalu. Sebanyak 99 negara telah terinfeksi virus ini, termasuk Indonesia. Masih pada bingung? Yuk kenalan dulu sama Ransomware Wanna Cry biar pada tau, karena tak kenal maka tak sayang hehe
      Ransomware Wanna Cry
      Ransomware adalah sebuah jenis malicious software atau malware yang menyerang komputer korban dengan cara mengunci komputer korban atau meng-encrypt semua file yang ada sehingga tidak bisa diakses kembali. Lalu, apa itu WannaCry dan bagaimana cara kerjanya?
      WannaCry (.wcry) atau juga dikenal sebagai Wanna Decryptor adalah program ransomware spesifik yang mengunci semua data pada sistem komputer dan membiarkan komputer korban hanya memiliki dua file yaitu instruksi tentang apa yang harus dilakukan korban selanjutnya dan program Wanna Decryptor itu sendiri. Ransomware Wannacry mengincar PC berbasis windows yang memiliki kelemahan terkait fungsi server message block (SMB)
      Saat program itu dibuka, komputer akan memberitahukan kepada korban bahwa file mereka telah di-encryted, dan memberikan mereka tenggat waktu untuk membayar. Jika korban tidak melakukan pembayaran maka para penjahat bisa menghapus seluruh file yang ada di komputer yang telah terinfeksi Ransomware WannaCry.
      Penyebaran Ransomware WannaCry  bisa masuk komputer korban lewat email yang disamarkan, seolah-olah email itu berisi pesan penting. Oleha sebab itu, kita harus hati-hati dan waspada sebelum membuka email. Kalau email itu mencurigakan, lebih baik langsung dihapus. Malware juga bisa ditanamkan pada situs web tertentu yang sering diakses banyak orang.
      Bagaimana Cara Mencegah dan Mengatasinya?
      Saat ini belum ada solusi yang paling cepat dan jitu untuk mengembalikan file file yang sudah terinfeksi wannacry. Akan tetapi cara terbaik untuk mencegah penyerabaran Ransomware Wannacry adalah dengan memutuskan sambungan internet dari komputer yang terinfeksi. Dengan memutus sambungan internet, maka komputer lain yang masih dalam satu jaringan tidak akan terinfeksi juga.
      Pencegahan lainnya juga bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut :
      Update security pada windows anda dengan install Patch MS17-010 yang dikeluarkan oleh microsoct. Lihat: https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx Jangan mengaktifkan fungsi macros terlebih dahulu. Fungsi ini biasanya digunakan untuk aplikasi Microsoft Word, Excel dll. Block 139/445 & 3389 Ports Selalu backup file file penting di komputer Anda disimpan di tempat lain. Non aktifkan sementara fungsi SMB v1. Cara untuk menonaktifkan fungsi ini adalah dengan cara sebagai berikut : Masuk ke Menu Start, Search. Ketik “Windows Feature” tanpa tanda kutip. Setelah itu akan muncul pop box baru. Cari yang namanya SMB dan hapus centang pada SMB tersebut. Masuk ke Command Prompt dan masukkan perintah ” Disable-WindowsOptionalFeature – Online -FeatureName smb1protocol “ Oh iya satu lagi, malware Ransomware WannaCRY hanya akan berjalan pada komputer dengan sistem operasi Windows. Jadi kalau teman-teman menggunakan Mac OS ataupun Linux maka tenang besok tetap bisa internetan santai heheh..
    • By c0d1ng
      Semua berawal ketika industri smartphone mulai menanjak, Meizu dengan cepat merespons peluang yang ada. Perusahaan ini resmi memasuki bisnis smartphone pada 2007 di China, disusul kemunculan smartphone pertamanya di 2009 dengan sebutan M8. Ponsel ini juga menjadi yang pertama menyodorkan teknologi layar sentuh.
      Inovasi Meizu kemudian berlanjut di M9 sebagai ponsel pertama di China yang mengusung teknologi layar retina. Sementara penerusnya yang dinamai MX didaulat sebagai ponsel pertama yang menggunakan prosesor dual core.
      Di MX2, Meizu mulai fokus pada sisi desain yang menjadikan ponsel ini sebagai salah satu yang tertipis. Sedangkan di MX3 desainnya semakin disempurnakan lagi karena mampu menyodorkan desain yang lebih tipis lagi.
      Meizu mengklaim pengembangan MX3 dilakukan dengan sangat serius. Tercatat ada sebanyak 31 model yang dibuat Meizu demi menemui desain optimal di MX3. Pasalnya selain tampil elegan, Meizu juga ingin MX3 bisa nyaman digenggam hanya dengan satu tangan.
      Di era teknologi pemindai sidik jari sedang naik daun, Meizu lagi-lagi menempatkan posisinya sebagai ponsel yang pertama menyodorkan teknologi tersebut di China lewat MX4 Pro. Inovasi tak berhenti di situ karena kemudian di Pro5, Meizu masuk dalam jajaran seribu ponsel pertama di dunia yang membenamkan teknologi pemindai sidik jari di bagian depan ponsel. Sebagai penerus Pro5, sekarang Meizu memiliki Pro6 Plus yang dibekali segudang teknologi yang lebih baik lagi.
      Inovasi-inovasi tersebut berhasil membuat Meizu menarik perhatian  konsumen. Usaha Meizu juga tak sia-sia karena kini brand ponsel ini telah berhasil menempati peringkat lima besar di China.
      Di Indonesia sendiri, saat ini smartphone bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder, tetapi sudah menjadi kebutuhan primer di masyarakat. Smartphone saat ini bukan hanya digunakan untuk berkomunikasi tetapi juga difungsikan sebagai alat untuk menunjang pekerjaan atau kegiatan seseorang. Melihat peluang ini, Meizu hadir di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan segudang inovasinya. Meizu pun memantapkan eksistensinya di Indonesia sebagai principle.
      Kehadiran Meizu di Indonesia menawarkan sesuatu yang berbeda dari brand lain. Tak hanya menonjolkan inovasi produk, keseriusan dan komitmen Meizu juga dapat dilihat dari berbagai service center yang telah tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Brand ponsel asal China ini meyakini, selain berbekal inovasi, pelayanan yang baik dan berkualitas juga membuat Meizu mendapatkan tempat di hati konsumennya.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy