Jump to content

Flu Berkepanjangan dapat menyebabkan Sinusitis


Recommended Posts

  • Premium Account

Sisi Positif dari Lendir/mukus di bagian hidung berfungsi untuk menangkap virus dan mencegahnya masuk ke dalam tubuh. Bila lubang hidung Anda sering kering, maka virus dan kuman akan leluasa masuk.

 

post-45-0-67435900-1403103844_thumb.jpg

 

Namun, Ada juga dampak negatif dari Lendir/mukus yang berlebihan, adalah yang disebut flu! Sebelum tahu sinusitis itu apa? lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu penyebab datangnya flu, berikut kita bahas :

Konsumsi gula berlebih
Makan terlalu banyak gula ternyata tidak hanya menyebabkan timbunan lemak. Studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan, ketika Anda mengonsumsi 100 gram gula (sekitar 3 kaleng soda) kemampuan sel darah putih dalam membunuh bakteri selama 5 jam ke depan akan berkurang.

Jangan Kurang minum
Tubuh kita memerlukan air untuk membuang racun. Banyak sedikitnya air yang harus kita minum berbeda tiap individu, tergantung pada aktivitas dan lingkungan. Untuk mengetahui apakah kita cukup minum, perhatikan warna urine. Bila warnanya kuning jernih, itu artinya Anda sudah cukup minum.

Penurunan berat badan yang Berlebih
Penurunan berat badan yang terlalu banyak berdampak buruk untuk jantung, otak, dan sistem imun. Penurunan berat secara berlebihan akan menyebabkan keseimbangan hormon terganggu dan peradangan yang mengganggu kemampuan sel imun melawan infeksi.

Sering stres
Bukan kebetulan bila mendadak Anda terserang flu setelah menyelesaikan deadline pekerjaan penting. Menurut studi yang dimuat dalam American Psychological Association, stres yang berlangsung lama akan melemahkan respon sistem imun. Stres juga akan membuat gejala flu bertambah parah.

Sering flu
Rata-rata orang dewasa akan terserang flu sebanyak satu hingga tiga kali dalam setahun. Bila Anda sering terkena flu, ini berarti sistem imun Anda tidak bekerja maksimal. Cukupi waktu tidur, olahraga, dan konsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Pembahasan tentang Sinusitis :
Biasanya influenza atau flu hanya berlangsung tiga hingga tujuh hari. Namun, bagaimana jika flu menyerang lebih dari satu minggu atau bahkan berbulan-bulan. Bila influenza terjadi terus menerus, maka bisa jadi itu tanda awal munculnya sinusitis. Apapun penyebabnya, bila flu dibiarkan akan bisa berakibat fatal dari sinusitis hingga penyakit asma. Penyakit flu merupakan infeksi virus yang hampir setiap orang pernah mengalaminya, termasuk kita dan anak-anak.

Penyebab Sinusitis :
Sebenarnya flu tergolong penyakit yang masa berlangsungnya terbatas. Karena itu, sistem kekebalan tubuh manusia sudah mampu mengatasi virus penyebab flu, atau boleh dikatakan bahwa sebenarnya penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya. Tetapi harus diingat!!! pada saat menderita flu, maka solusi pertama yang wajib dilakukan adalah dengan beristirahat yang cukup dan bila perlu mengisolasi diri agar orang lain tidak tertular serta tidak timbul infeksi sekunder yang disebabkan oleh bakteri. Dari penyakit flu inilah yang bisa menyebabkan penyakit sinusitis.

Penyebab lain adalah akibat virus influenza yang berkepanjangan sehingga membuat daerah hidung terus menerus berlendir sehingga kuman atau virus mudah sekali bersarang. Lama kelamaan akan timbul pembengkakan di daerah rongga hidung, sehingga lendir di dalam sinus tidak bisa keluar.Padahal, sinus harus bersih dan steril agar udara di dalamnya bisa keluar masuk dengan lancar.

 


Pengaruh Alergi
Sinusitis juga rentan dialami oleh orang yang memiliki bakat alergi. Karena itu, apabila akar dari sinus sangat berdekatan dengan akar gigi geligi, maka kuman mudah sekali berpindah tempat. Adenoid yang terletak persis di belakang hidung sebenarnya berfungsi sebagai pertahanan untuk menyaring kuman atau virus yang masuk ke dalam tubuh. tetapi bila adenoidnya terlalu besar, maka akan menghalangi keluarnya sekresi (dahak) yang berasal dari muara sinus. jika muaranya ditutup oleh adenoid, lendir tidak bisa keluar dan udara tidak bisa berputar dengan baik. Akibatnya, hidung akan terus berlendir dan kuman gampang sekali tumbuh.

Berdampak Penyakit Asma
Tanda lain bahwa flu sudah mengarah ke sinusitis adalah kepala pusing, hidung tersumbat dan adanya lendir yang mengalir di tenggorokan. Pusing terjadi karena udara yang seharusnya bisa mengalir dengan lancar jadi terhambat karena adanya pembengkakan di rongga hidung atau infeksi pada adenoid.

Sementara hidung tersumbat
Disebabkan oleh produksi lendir yang berlebih akibat alergi, ditambah penyempitan rongga hidung akibat begkak. Akhirnya lendir tidak bisa keluar lewat hidung melainkan masuk ke tenggorokan. Tak heran, penderita sinusitis sering merasa tenggorokannya berisi lendir. Bila kondisi ini terus didiamkan dan penyebab sinusnya adalah alergi, mungkin sekali akan terjadi penyakit asma, karena tenggorokan yang semula berfungsi dengan baik bisa terganggu akibat lendir yang terus menerus di tenggorokan.

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...