Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Wanita Ini Baru Tau Pekerjaan Suaminya Setelah Suaminya Meninggal
      Seorang wanita menemukan fakta mengejutkan tentang suaminya yang telah dinikahinya selama 64 tahun.

      Kenyataan mengejutkan tersebut bahkan baru diketahuinya setelah sang suami yang bernama Glyn meninggal dunia.
      • 0 replies
    • Kamu Harus Tau Tentang Amnesia
      Apa itu Amnesia?

      Amnesia atau dikenal juga sebagai sindrom amnesik, adalah kondisi yang menyebabkan kehilangan memori. Hal ini meliputi kehilangan informasi, fakta-fakta, dan pengalaman personal. Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan amnesia, seperti dementia, stroke, atau cedera kepala.
      • 0 replies
PusatInformasi

Resep Soto Tangkar Khas Betawi

Recommended Posts

Soto Tangkar merupakan salah satu makanan khas betawi, karena itu banyak orang menyebutnya Soto Betawi. Namun, sekarang ini keberadaan Soto Tangkar cukup sulit ditemukan. Biasanya soto tangkar ini dijual oleh penjual soto keliling menggunakan pikulan. Ada juga yang menyediakan soto betawi di warung-warung pinggir jalan.

 

post-45-0-79178200-1395445758.jpg

 

Nah, untuk melestarikan salah satu warisan budaya kuliner dari betawi ini, saya akan memberikan resep cara membuat soto tangkar kepada Anda semua.

 

Bahan:

  • 250 gram daging sapi
  • 500 gram jeroan sapi (babat, perut, hati)
  • 500 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 2 buah tomat, belah menjadi 8 bagian
  • 3 sdm bawang goreng
  • 4 buah jeruk limau, peras airnya
  • Kecap manis
  • Emping

Bumbu yang dihaluskan:

  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 cm kunyit bakar
  • 4 butir kemiri
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 sdt merica
  • 1,5 sdm garam

Bumbu lainnya:

  • 3 cm lengkuas
  • 3 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, memarkan

Cara membuat:

  1. Rebus daging dan jeroan sapi secara terpisah hingga empuk. Angkat, lalu potong-potong.
  2. Sisihkan air rebusan daging untuk kuah soto.
  3. Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum. Masukkan ke dalam air kaldu. Tambahkan bumbu lainnya, aduk hingga mendidih.
  4. Tuangkan santan. Masak kembali hingga mendidih, lalu angkat.
  5. Tata potongan daging dan jeroan dalam mangkuk. Tambahkan tomat, daun bawang, bawang goreng dan emping.
  6. Beri air jeruk limau dan kecap manis.
  7. Tuangkan kuah soto, sajikan selagi panas.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By berita_semua
      Presiden Front Betawi Bersatu (FBB) Amirulloh memberikan dukungan kepada Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok meskipun yang bersangkutan berstatus sebagai tersangka penodaan agama. Amirulloh menilai kinerja Ahok selama menjadi Gubernur DKI Jakarta sudah baik secara prinsip. 
      Amirulloh mengaku tidak masalah jika dukungannya itu bertentangan dengan masyarakat Betawi yang getol menolak Ahok. Menurut dia, permasalahan dugaan penistaan agama yang menjerat Ahok tidak bisa di sangkut pautkan dengan Pilkada 2017.
      "Sekarang yang dipertentangkan kan masalah SARA. Masalah Al-Maidah, begini-begini. Tapi itu kan urusan Pilkada,  memilih kan hak asasi kita," ujar Amirulloh di Rumah Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 18 November 2016.
      Amirulloh  menjamin kelompoknya bisa menyumbangkan 1 juta suara untuk pasangan Ahok-Djarot. Menurut dia jumlah anggota FBB yang ada di seluruh Indonesia mencapai 3 juta orang, adapun yang ada di Jakarta sebanyak 1 juta.
      Menurut Amirulloh FBB adalah kelompok yang mempersatukan semua orang dari berbagai suku agama, ras, dan antargolongan. Untuk itu penting menjaga ketertiban agar Jakarta tetap aman, nyaman, kondusif, saling koordinasi, saling menghormati, dan menghargai. Dia berjanji  mengawal Ahok selama masa kampanye untuk menghindari penolakan dari berbagai kelompok.
      "Makanya dengan saya ketemu Pak Ahok ini saya merasa terpanggil. Saya kan Putra Betawi, kenapa calon kandidat kok dihalang-halangi. Kan semua kan udah ada dasar hukumnya," kata Amirulloh.
      Sebagai Putra Betawi Amirulloh mengaku harus bersikap nasionalis karena kelompoknya berasal dari semua suku, agama, ras, dan golongan yang memiliki KTP DKI Jakarta. "Saya sudah siap dukung Pak Ahok dengan 1 juta suara. Kalo mau dibuktikan silakan," kata dia.
    • By rani
      Makan berkuah memang paling nikmat jika tersaji dalam keadaan panas. Termasuk hidangan soto.
      Mengingat soto segera dicanangkan sebagai ikon kuliner Nusantara baru setelah rendang. Maka ada hal yang perlu diperhatikan agar soto lebih mudah disukai masyarakat luas.
      Misalnya saja dalam hal penyajian. Soto yang terdiri dari kuah kaldu berbumbu yang dicampur berbagai pelengkap. Agar lebih nikmat dan menggoda, sebaiknya tersaji dalam keadaan panas.
      "Soto harus disajikan panas. Karena rasanya akan lebih nikmat," ungkap Sisca Soewitomo, pakar kuliner Indonesia kepadaOkezone melalui telepon.
      Selain rasanya lebih nikmat. Soto yang tersaji dalam keadaan panas ini dapat mengeluarkan aroma sedap yang menggugah selera.
      Karenanya, dianggap penting bagi para pelaku kuliner yang ingin mengenalkan soto lebih luas. Harus tersaji dalam keadaan panas.
      "Penyajian panas, ditambah kerupuk, sambal, kecap akan lebih menarik," tutupnya.
    • By carl
      Masakan tradisional Indonesia, seperti nasi rames, bakso, beraneka ragam soto baik Betawi, Kudus, Lamongan, satai, asinan, ternyata digemari banyak turis asing yang datang ke ibu kota Jakarta.
      "Banyak turis asing yang datang ke Jakarta datang ke restoran kami (Roemah Kuliner), untuk menikmati makanan tradisional Indonesia," ujar Direktur Makanan dan Minuman Cinema 21, Dody Suhartono, di Jakarta, Senin (12/10).
      Dody Suhartono menambahkan di restoran yang terletak di gedung bersejarah Metropole tersebut, dengan mudah menemukan makanan Indonesia dari berbagai daerah. "Masakan yang kami hidangkan sama sekali tak menggunakan penyedap rasa atau vetsin," tambah dia.
      Pihaknya memilih membuat kaldu alami yang memerlukan waktu sekitar tujuh jam. Uniknya, restoran itu juga menyajikan makanan khas ala tempo dulu seperti puding talam duku, puding talam jagung hingga es bubur sumsum.
      "Kalau dulu, biasanya kita membeli puding talam duku lewat abang-abang yang memanggul dagangannya. Sekarang, semua makanan tersebut tersaji di sini dan tentu saja higienis".
      Dody berharap dengan makanan, pengunjung bisa bernostalgia mengenang masa lalu di restoran tersebut.
      Restoran itu menyediakan menu dari seluruh kepulauan di Indonesia, ada Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan sebagainya
      "Yang paling unik adalah adanya sayur bunga pepaya, yang tentu saja diolah sedemikian rupa sehingga tidak pahit".
      Yang unik restoran juga menyediakan sayur bunga pepaya, bubur sumsum, juga makanan jajanan tradisional dan spesial asinan Betawi.
      Restoran itu menyediakan menu dari seluruh kepulauan di Indonesia, ada Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan sebagainya. Selain turis asing, restoran tersebut juga kerap disambangi para duta besar negara sahabat.
      Sebelumnya, pakar kuliner William Wongso memperkirakan dalam waktu dekat kiblat kuliner dunia akan pindah ke Indonesia. "Saat ini, pola pikir masyarakat dunia sudah berbeda. Masyarakat sudah mencoba berbagai cita rasa dan dalam waktu dekat, saya perkirakan akan pindah ke kita," ujar William.
      Dia menambahkan, kuliner Indonesia memiliki cita rasa unik dan kaya rempah yang dulu membuat bangsa Eropa datang dan mengkolonisasi Indonesia.
    • By MariaAngeline
      Siapkan bahan baku soto ayam : Daging ayam potong 1 ekor Bawang goreng (bawang merah) Rebus kentang sejumlah 2 buah Kecambah / taoge Rebus telor ayam sejumlah 5 butir Air untuk merebus ayam Siapkan juga bumbu dasar : Memarkan daun serei sejumlah 1 helai garam memarkan laos / lengkuas sepanjang 2 cm Iris tipis daun bawang Iris tipis daun seledri merica Jeruk nipis gula  pasir Untuk takarannya bisa anda sesuaikan. Haluskan bumbu-bumbu berikut : Bawang putih sejumlah lima (5) siung Bawang merah sejumlah tiga (3)butir Kemiri sejumlah lima (5) butir Jahe sepanjang satu (1) cm Kunir / Kunyit sepanjang satu (1) cm Cara bikin sambalnya : Cabai rawit yang ijo sebanyak 5 butir direbus terlebih dahulu kemudian dihaluskan. Berikan garam secukupnya dan tuangkan air kaldu panas secukupnya saja. Langkah-langkah pembuatan soto ayam : Rebus daging ayam dengan menggunakan air. Jika sudah matang, suwer suwer daging ayam itu, lalu taruh dalam wadah. Tambahkan bumbu yang telah dihaluskan bersama dengan bumbu-bumbu yang lain (lengkuas, garam, merica serei, serta gula pasir) ke dalam kaldu ayam sampai mendidih. Untuk kaldunya, anda bisa membuatnya sendiri atau beli kaldu ayam yang siap pakai. Sekarang tinggal menyajikan semuanya. Susunlah tauge, telor rebus, kentang, dan daging ayam yang telah disuwer-suwer lalu tuangkan kuah soto. Kasih taburan bawang goreng, daun seledri, dan daun bawang, di atas soto serta sedikit air jeruk nipis. Lengkapi dengan sambal soto yang telah dibikin.
    • By PusatInformasi
      Sedih dan duka kepergian seniman Betawi berbakat Mpok Nori, tidak hanya dirasakan oleh keluarga dan kerabatnya saja.
       
      Tapi juga dirasakan para penggemar almarhumah yang tergabung dalam beberapa komunitas pecinta kesenian Betawi, salah satunya Komunitas Topeng Setia Warga (KTSW).
       
      KTSW merupakan salah satu komunitas yang menaungi segala aktivitas yang berbau kesenian Betawi, seperti kesenian topeng, lenong, dan ragam seni lainnya.
       
      Komunitas ini terdiri atas para penggemar kesenian khas Betawi dan para aktor dan aktris yang memajukan budaya betawi, salah satunya Mpok Nori.
       
      "Mak Nori adalah sosok senior yang tertua yang bergabung di KTSW, dia panutan kami," ujar Rawi Betawi, salah satu anggota dari KTSW yang ikut mengantar jenazah Mpok Nori ke peristirahatan terakhirnya, di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur.
       
      Sosok perempuan berusia 84 tahun ini, menurut Rawi, adalah sosok penuh inspirasi dan selalu memberikan wejangan kepadanya, dan anggota komunitas lainnya.
       
      Beliau selalu berpesan pada generasi muda Betawi, untuk selalu memajukan budaya Betawi, tidak malu berbahasa Betawi, dan tidak melupakan budaya Betawi.
       
      Demi mengemban amanat dari Mpok Nori, Rawi mengatakan, dirinya dan semua anggota komunitas pecinta kesenian Betawi akan berembuk dan membicarakan nasib sanggar seni
       
      "Si Noray" yang dahulu dibina oleh almarhumah.
       
      "Kami akan menjalankan amanah beliau, dan akan selalu memajukan budaya Betawi, kesenian betawi, dan bahasa Betawi, sesuai permintaan beliau," kata Rawi.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy