Jump to content

Facebook Bangun Data Center Kedua di Swedia


keenion

Recommended Posts

post-80-0-48377500-1401880223_thumb.jpg

 

Perkembangan data yang semakin cepat tak ayal sedikit memaksa penyedia data center untuk lebih meluaskan kapasitasnya. Dewasa ini, kehadiran jejaring sosial pun disinyalir menjadi salah satu penyumbang data terbesar di dunia.

Untuk menambah kapasitas data center agar lebih cepat, jejaring terpopuler di dunia, Facebook menggandeng Emerson untuk bekerjasama mengerjakan bangunan data center kedua Facebook di Luleå, Swedia. Luleå 2 akan menjadi proyek pilot untuk “rapid deployment data center” (RDCC) Facebook atau data center yang bisa digunakan secara cepat.

Facebook dalam hal ini bekerja sama dengan tim desain data center Emerson Network Power untuk mendesain RDCC. Adapun RDCC Facebook sendiri menggabungkan sejumlah elemen desain modular, termasuk material pra fabrikasi dan pemasangan di tempat demi meningkatkan kecepatan pemanfaatan sekaligus mengurangi penggunaan material.

“Kami bekerjasama dengan Facebook untuk memahami keinginan dan kebutuhan mereka, lalu bersama-sama kami mengembangkan solusi yang terpadu, hemat biaya, dan sesuai dengan keinginan mereka,” ujar Scott Barbour (Global Business Leader, Emerson Network Power).

Barbour menambahkan, kerjasamanya dengan Facebook ini juga menunjukkan kompetensi Emerson dalam hal konstruksi modular serta memperlihatkan ide masa depan. Emerson mampu memberikan solusi data center yang inovatif, global, dan cepat digunakan yang mencakup desain, konstruksi, perlengkapan infrastruktur penting, sistem manajemen bangunan, dan layanan.

“Karena kami sangat fokus pada efisiensi, kami tak pernah berhenti mencari cara untuk mengoptimalkan data center kami, termasuk mempercepat waktu pembangunan dan mengurangi penggunaan material. Kami sangat senang bekerjasama dengan Emerson untuk memulai konsep RDCC di Luleå dan menerapkannya pada skala data center Facebook,” jelas Jay Park (Director of Data Center Design, Facebook).

Luleå 2 memiliki luas sekitar 125 ribu kaki persegi (sekitar 11.613 meter persegi) dan Emerson akan mengirim lebih dari 250 modul atau item yang mudah dikirim (shippable) termasuk power skid, pengatur udara yang menguap, tempat pengolahan air, dan solusi superstruktur data center.

Data center ini akan dibangun di sebelah bangunan data center pertama Facebook di Luleå, yang online pada Juni 2013. Seperti data center sebelumnya,Luleå 2 akan menjadi salah satu data center paling efisien dan berkesinambungan di dunia, dengan pasokan daya 100% dari energi terbarukan dan menghadirkan desain server, storage, mekanis, dan listrik terbaru dalam Open Compute Project.

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...