Jump to content

iPad


Chesa

Recommended Posts

Komputer adalah sebuah alat yang digunakan untuk melakukan pengolahan data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Ya, alat ini tergolong alat yang canggih. Namun, seiring perkembangan zaman, komputer dinilai memiliki bentuk yang terlalu besar sehingga kegunaannya menjadi sedikit kurang praktis seiring dengan mobilitas manusia yang sangat tinggi.

Alasan ini membuat perusahaan yang bergerak di dunia teknologi berusaha menciptakan sebuah produk tandingan yang dinilai lebih praktis. Apple Inc. sebagai salah satu perusahaan di bidang teknologi berhasil menciptakan sebah alat yang dinamakan Ipad.

Alat ini dikenal juga dengan istilah komputer tablet karena bentuknya yang sangat kecil. Ipad memiliki bentuk tampilan yang hampir serupa dengan Ipod dan Iphone, hanya saja ukuranya lebih besar dibanding kedua alat tersebut dan memiliki fungsi-fungsi tambahan seperti yang terdapat pada sistem operasi Mac Os.

 

post-145-0-06221500-1401777934_thumb.jpe

 

iPad adalah produk komputer tablet yang dirancang dan dikembangkan oleh Apple. Tampilannya hampir serupa dengan iPod Touch dan iPhone, tetapi ukurannya lebih besar dan memiliki fungsi-fungsi tambahan seperti yang ada pada sistem operasi Mac OS X.

Ukuran dan berat gadget ini berada di antara ponsel-ponsel pintar (smartphone) dan komputer jinjing (laptop). Sejak diluncurkan pada April 2010, iPad langsung menjadi incaran peminat teknologi dan terjual sebanyak 3 juta unit dalam 80 hari pertama.

iPad dan iPhone

Steve Jobs, Chief Executive Officer (CEO) Apple Inc., adalah orang yang pertama kali memperkenalkan iPad dalam Apple Special Event di San Fransisco, Amerika Serikat, pada Januari 2010. Steve Jobs mengatakan bahwa iPad telah dikembangkan sebelum iPhone. Namun, Jobs kemudian lebih mendahulukan pematangan dan peluncuran iPhone.

Sejauh ini, Apple sudah mengumumkan dua jenis model iPad. Pertama adalah Model Wi-Fi dengan Wi-Fi 802.11a/b/g/n, beratnya 680 gram dan mulai dipasarkan 3 April 2010. Kedua adalah Model Wi-Fi + 3G, yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan jaringan HSDPA dengan berat 730 gram, mulai dipasarkan pada akhir April 2010.

Sistem Operasi Ipad

iPad menggunakan sistem operasi yang kurang lebih sama dengan iPod Touch dan iPhone. Alat ini bisa menjalankan aplikasi sendiri sebagaimana iPhone. Tanpa modifikasi, iPad hanya bisa menjalankan program-program yang disetujui oleh Apple dan didistribusikan melalui toko online Apple.

Tidak seperti komputer tablet pada umumnya yang dikendalikan denganstylus, iPad dioperasikan dengan sentuhan pada layar. Layar sentuh iPad dibuat dari kaca anti sidik jari dan anti gores. Sebagaimana iPhone, alat ini dirancang untuk dikendalikan dengan jari telanjang, meskipun ada pula sarung tangan dan stylus yang khusus dirancang untuk iPad.

Menggunakan Wi-Fi atau koneksi 3G, iPad bisa dipakai berselancar di internet, mengunggah dan mengunduh, serta memasang perangkat lunak. Alat ini juga bisa dihubungkan dengan laptop atau personal computer (PC) melalui sinkronisasi iTunes.

Aplikasi-aplikasi yang bisa dinikmati melalui iPad di antaranya adalah Safari, Mail, Photos, Video, YouTube, iPod, iTunes, App Store, iBooks, Maps, Notes, Calendar, Contacts, dan Spotlight Search. Beberapa di antaranya merupakan aplikasi iPhone yang telah dikembangkan lebih lanjut. Banyak pula aplikasi yang bisa ditambahkan, misalnya aneka games dan perangkat-perangkat lunak lainnya.

Untuk melengkapi perangkat canggih ini, Apple juga menyediakan beberapa aksesori tambahan yang dijual terpisah. Di antaranya adakeyboard dock, dompet/bungkus, peralatan camera connection, iPaddock, USB Power Adapter, wireless keyboard, headphone, earphone, dan sebagainya.

Macam-Macam Ipad

IPad diproduksi tidak hanya 1 macam saja, hampir setiap baru iPad baru selalu hadir. Meskipun bentuknya terlihat sama, namun ada beberapa perbedaan antara iPad yang satu dengan iPad lainnya. iPad ada dari seri 1 sampai yang terbaru.

iPad 1

Inilah pelopor munculnya generasi iPad selanjutnya hingga sekarang. iPad generasi pertama terdiri atas dua model, ada yang Wi-Fi 802.11a/b/g/n, dan Wi-Fi + 3G. Berat yang menggunakan Wi-Fi + 3G lebih besar daripada satunya lagi. Produk tersebut sudah mulai dipasarkan pada tahun 2010 sekitar bulan April.

Desain produk ini adalah memiliki layar sentuh dengan lebar 9.7 inchi atau sekitar 25 cm. Kapasitas memorinya dari 16 GB hingga 64 GB.

iPad 2

Setelah sukses “menyihir” banyak konsumen untuk membeli iPad generasi pertama, Apple selaku produsen membuat iPhone 2. Produk ini mulai diperkenalkan di negara asalnya Amerika Serikat pada tanggal 11 Maret 2011, serta di dunia pada tanggal 25 Maret 2011. Harga awalnya adalah 829 USD.

Dibandingkan dengan generasi pertama, produk ini lebih tipis 33%, serta 15% lebih ringan. Memorinya berkisar antara 16 GB, 32 GB, hingga 64 GB. iPad ini memiliki dua buah kamera yang ada di depan dan belakang.

Kamera belakang kualitasnya lebih baik dari bagian depan. Kamera belakang bisa melakukan pembesaran sebanyak 5 x digital zoom, sementara kamera depan hanya menghasilkan foto dengan kualitas VGA.

iPad 3

Bukan berhenti sampai generasi ke-2 saja, Apple kembali meluncurkan iPad ke 3 yang diberi nama The New iPad. iPad generasi ketiga ini memiliki penampilan yang mirip dengan iPod Touch serta iPhone, namun ukurannya lebih besar.

Fitur yang terdapat pada iPad ini ada beranekaragam, seperti ebook, pemutar musik film, game, konten web, dan aplikasi. iPad ini menggunakan sistem operasi iOS 5, sistem operasi yang juga digunakan untuk iPod touch generasi keempat serta iPhone 5.

Dalam iPad ini Anda bisa browsing App Store yang memiliki sekitar 600.000 aplikasi. Pengguna iPad ini bisa merasakana keefisienan dalam lifesyle, pendidikan, dan lain-lain. Ketebalan iPad ini lebih tebal sebanyak 0,8 mm dibandingkan generasi sebelumnya.

iPad 4

Ipad ini adalah bentuk pembaruan dari generasi ke-3. Sama seperti kebanyakan iPad yang lain, produk ini memiliki tiga macam memori, dari yang 16 GB sampai 64 GB. Semakin besar memorinya, harganya lebih mahal. iPad 4 yang berkapasitas 16 GB harganya berkisar 499 USD, 32 GB harganya 599 USD, dan 64 GB harganya 699 USD.

Prosessor iPad 4 lebih canggih dari sebelumya, dilengkapi dengan dual core A6X yang kinerjanya lebih cepat dan canggih. Produk ini memiliki dua buah kamera, depan dan belakang. Kamera depannya 1.2 MP dan kamera belakang 5 MP. Beratnya adalah 668 gram.

iPad 5

iPad 5 masih belum diketahui bagaimana keadaan fisik dan spesifikasinya karena baru resmi diumumkan pada Maret 2013. Namun menurut rumor iPad ini bentuk fisiknya akan lebih tipis serta ringan dibandingkan iPad mini.

Menurut kabar juga, iPhone ini akan mengusung layar retina dan prosessor A6X yang sama seperi iPhone 4. Untuk mendapatkan spesifikasi dan harga resminya, harap sabar hingga bulan Maret.

iPad Mini

Sepertinya perusahaan Apple belum puas walau sudah meluncurkan 4 iPhone dan 1 yang belum beredar. Untuk tetap mendapatkan pelanggan, perusahaan ini meluncurkan iPad mini.

Sesuai dengan namanya, besar iPad ini lebih kecil, yaitu hanya 7,9 inchi. Resolusi produk ini adalah 1024 x 768. Prosessor yang digunakan adalah dual core A5. Dilengkapi dengan kamera 5MP dan dock konektor terbaru yang ukurannya 8 pin. Ipad ini memiliki dua model, Wi-Fi dan Wi-Fi plus jaringan seluler. Harganya bervariasi, untuk yang 16 GB hanya Wi-Fi sekitar 329 USD dan untuk yang Wi-Fi + koneksi selular sekitar 459 USD.

Wah, dari waktu ke waktu perkembangan teknologi semakin maju saja. Bagi orang yang selalu mengikuti perkembangan teknologi pasti ingin memiliki iPad jika ada yang terbaru. Ya, itulah jika orang yang sangat menggemari teknologi dan memiliki budget yang cukup pasti akan selalu membeli iPad terbaru setiap tahunnya.

Betapa brilian ide Steven Jobs yang membuat teknologi sekelas iPad, iPhone, dan iPod. Walaupun dia sudah wafat namun perusahaannya masih berkembang dan melahirkan banyak inovasi.

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...