Jump to content
  • Popular Contributors

  • Our picks

    • Kartu SIM Card ada celah keamanan nya
      Celah keamanan dalam kartu SIM disebut mengancam lebih dari satu miliar ponsel. Celah keamanan ini disebut dengan Simjacker.
      • 0 replies
    • Telegram Sindir Whatsapp
      WhatsApp dan Telegram adalah dua aplikasi pesan yang populer saat ini. Bahkan, bisa dibilang mereka sedang saling bersaing untuk mendapatkan jumlah pengguna lebih banyak.

      Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam hal fitur yang dihadirkan. Tapi, ada hal yang unik terkait fitur mereka. Telegram secara terang-terangan menyindir fitur transfer file yang dimiliki WhatsApp.
      • 4 replies
    • Pernah Menang Lotre Rp. 33 Miliyar Wanita Inggris Ini Kini Jatuh Miskin
      Seorang perempuan Inggris menceritakan kisahnya sempat menjadi seorang miliarder di usia muda setelah memenangkan lotre bernilai miliaran namun kini jatuh miskin.

      Callie Rogers, asal Cumbria, Inggris, pernah memenangkan hadiah lotre pada 2003 lalu, saat dia masih berusia 16 tahun.

      Ketika itu Callie memenangkan lotre senilai hampir 1,9 juta poundsterling (setara Rp 33 miliar untuk kurs saat ini). Berkat hadiah lotre itu, Callie pernah menjadi jutawan termuda di Inggris.
      • 0 replies
    • Malam ini, gw akan bercerita sebuah cerita dari seseorang, yang menurut gw spesial. kenapa?

      karena gw sedikit gak yakin bakal bisa menceritakan setiap detail apa yang beliau alami,

      sebuah cerita tentang pengalaman beliau selama KKN, di sebuah desa penari.

      sebelum gw memulai semuanya. gw sedikit mau menyampaikan beberapa hal.
      • 0 replies
    • Kesuksesan Jobs dengan Apple nya dunia sudah gak meragukan lagi, makanya gak sungkan-sungkan dunia menyematkan gelar "Bapak Revolusi Digital" pada Steve Jobs.
      • 1 reply
PusatInformasi

Kronologis Sejarah Search Engine

Recommended Posts

post-45-0-11620900-1401771958_thumb.png

 

Untuk melakukan pencarian informasi, internet memiliki alat canggih bernama search engine alias Mesin Pencari.

Alat ini telah mengubah cara manusia untuk mencari informasi ke arah yang lebih sederhana, mudah, dan cepat.

Meskipun dalam tingkatan ilmiah tertentu informasi harus tetap berdasarkan buku, tetapi kebanyakan informasi yang kita mau bisa didapatkan di internet. Kapan pun, di mana pun, asalkan memiliki koneksi internet, Anda bisa mencari informasi apa pun.

Ribet? Tentu saja tidak, dengan bantuan search engine, Anda hanya perlu mengetikan satu atau beberapa kata kunci saja yang berkaitan dengan informasi yang dibutuhkan. Setelah itu, search engine akan mencarikannya sekaligus menampilkannya ke hadapan Anda.

 

Sumber informasi itu bagaimana? Tenang, sumber informasi yang ditemukan search engine bukan hanya dari satu sumber saja, melainkan dari ratusan sumber.

Sudah mulai paham, bukan? Saat ini, masyarakat dunia tahu bahwa search engine atau mesin pencari terbesar dan paling banyak digunakan di dunia adalah Google.

Akan tetapi, perusahaan raksasa itu bukanlah yang pertama. Pertanyaannya, kapan sejarah mesin pencari dimulai? Siapa yang memulai? Berikut ini penulis akan menghadirkan kronologis sejarah search engine secara lengkap kepada Anda. Simak.

 

Kronologis Sejarah Search Engine


 

Sejarah search engine perlu dikaitkan dengan sejarah internet itu sendiri. Mengapa? Karena tanpa kehadiran internet, mustahil sejarah search engine bisa diruntut. Berikut adalah kronologis sejarah search engine dari tahun ke tahun.

 

Sejarah Search Engine - 1957

Iri dengan keberhasilan Russia yang mampu pergi ke luar angkasa, presiden Amerika Serikat, Dwight Eisenhower, memerintahkan untuk pembangunan Advanced Research Project Agency (ARPA).Dengan merangkul beberapa universitas, akhirnya mereka menciptakan ARPAnet yang merupakan bapak moyangnya internet zaman modern. Sejarah search engine diawali dengan adanya temuan internet.

Sejarah Search Engine - 1960

Sejarah search engine berlanjut ketika Ted Nelson menciptakan Projek Xanadu dan tiga tahun berikutnya berhasil membuat hiperteks yang berisi hiperlink. Sekarang, kita mengenalnya dengan kata link (tautan).

Sejarah Search Engine - 1980

Perkembangan internet bergerak ke Eropa. Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan yang bekerja di CERN, membuat program untuk menyimpan informasi dengan asosiasi acak. Program ini digunakanuntuk pribadi dan tidak dipublikasikan.

Sejarah Search Engine - 1989

Sejarah search engine berlanjut ketika Archie dibuat. Dianggap sebagai nenek moyang dari semua mesin pencari yang ada sekarang. Archie dibuat oleh Alan Emtage, seorang mahasiswa universitas McGill asal Barbados.Sebelum ada Archie, orang harus mencari informasi satu per satu. Atau, hanya berinternet bila ada teman yang menyarankan link tertentu untuk dikunjungi.

Sejarah Search Engine - 1991

Dengan bantuan Robert Cailliau, Berners-Lee menulis World Wide Web (www) untuk pertama kalinya. Pertama kali dipublikasikan pada dunia pada musim panas tahun tersebut. Dalam sejarah search engine, www ini nantinya akan menjadi tempat atau sumber informasi yang dikumpulkan search engine.

Sejarah Search Engine - 1993

Sejarah search engine dimulai ketika Aliweb mulai diperkenalkan kepada khalayak. Aliweb merupakan mesin pencari pertama untuk www. Dibuat oleh Martijn Koster. Pemilik situs harus mendaftarkan situs mereka ke Aliweb agar bisa dicari dengan mudah. Gara-gara itu,Aliweb tidak digunakan secara luas.

Sejarah Search Engine - 1994

Yahoo! dibuat oleh Jerry Wang dan David Fillo di rumah mobil mereka. Awalnya, Yahoo! dibuat untuk menandai situs yang telah mereka kunjungi.

Sejarah Search Engine - 1994

Lycos dibuat oleh Dr. Michael Loren Mauldin.

Sejarah Search Engine - 1995

Altavista dibuat oleh Louis Monier dan Michael Burrows.

Sejarah Search Engine - 1995

Excite dibuat oleh Graham Spencer, Joe Kraus, Mark Van Haren, Ryan McIntyre, Ben Lutch, Martin Reinfreid.

Sejarah Search Engine - 1996

Ask Jeeves dibuat oleh Garett Gruener dan David Warthen.

Sejarah Search Engine - 1996

Inktomi dibuat oleh Eric Brewer dan Paul Gauthier.

 

Di tahun yang sama, Larry Page dan Sergey Brin, mahasiswa Universitas Stanford, mulai membuat BackRub. Konsep baru pembuatan mesin pencari diperkenalkan. Ini merupakan cikal bakal Google yang lahir tahunberikutnya.

 

 

Sejarah Search Engine - 1997

Pada tahun ini, Larry Page dan Sergey Brin mengganti nama BackRub menjadi Googol. Namun, dalam presentasinya, presenter memperkenalkannya sebagai Google, nama itulah yang mendunia sekarang.

Sejarah Search Engine - 1998

GoTo.com diperkenalkan sebagai mesin pencari berbayar. Perusahaan harus membayar jika ingin situsnya berada di urutan teratas. Perusahaan itu harus membayar satu dollar kalau ada orang yangmengklik situsnya.

Sejarah Search Engine - 1998

MSN diluncurkan pada akhir tahun. Mesin pencari ini kemudian berganti nama menjadi Windows Live Search pada 2006, dan pada 2008 diganti lagi menjadi Bing.

Sejarah Search Engine - 2000

Terinspirasi GoTo.com, Google membuat AdWords.

Sejarah Search Engine - 2000

Yahoo! masih menggunakan Google untuk melakukan pencarian.

Sejarah Search Engine - 2003

Yahoo! mengakuisisi Inktomi, GoTo, AltaVista, dan AllTheWeb.

 

Tahun yang sama, Google memperkenalkan AdSense yang memungkinkan pemilik situs memajang iklan. Google akan membayar pada pemilik situs bila ada yang mengklik iklan yang dipajang.

 

 

Sejarah Search Engine - 2004

Yahoo! mulai mengaktifkan mesin pencarinya sendiri.

Sejarah Search Engine - 2006

Google mengakuisisi YouTube, sebuah situs yang bisa memutar video, sekaligus mesin pencari video yang paling banyak digunakan saat ini.

 

Di tahun yang sama, dengan jumlah pencari makin banyak dan sistem yang makin kompleks, makin banyak pula informasi yang tidak diinginkan hadir. Google Sitemap memperbolehkan sebuah situs memasukkan petasitus agar pencarian lebih relevan.

 

 

Sejarah Search Engine - 2009

Google mampu mencari 8 miliar situs dan memproses pencarian sampai 70% di seluruh internet. Hal itu membuat Google menjadi situs yang paling banyak diakses di dunia. Tetapi, seiring diperkenalkannya Bing dari Microsoft, mereka bersaing berbagi pasar.

Sejarah Search Engine - 2010

Google Instant mulai diperkenalkan. Dengan sistem barunya, pencarian dimulai saat pencari mengetikkan kata kunci, tanpa perlu menekan enter.

Sejarah Search Engine - 2011

Google Panda akan mulai diperkenalkan ke khalayak ramai. Semua hal yang berkaitan dengan SEO pun akan di9bebankan kepada Google panda ini.

 

Nah, itulah kronologis sejarah search engine sejak pertama kali diluncurkan hingga kini. Entah sudah berapa banyak manfaat yang diberikan search engine kepada umat manusia.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By c0d1ng
      Google baru saja merilis program untuk mempercepat akses situs-situs di Indonesia.
      Program itu bernama Accelerated Mobile Pages (AMP), dan ini berbeda dengan teknik mereduksi data yang selama ini dilakukan para pembuat browser.
      AMP sebenarnya mirip dengan Instant Articles yang ditawarkan Facebook, yakni menawarkan akses membaca berita lebih cepat dan lebih enak dibaca tanpa mengurangi kualitas. Namun berbeda dengan Facebook, AMP bisa berjalan di semua browser ponsel dan muncul di pencarian Google.
      “Sekarang saat Anda mencari sebuah berita atau topik di Google melalui perangkat mobile, laman web relevan yang dibuat menggunakan AMP akan muncul. Berita yang Anda pilih akan dimuat dengan sangat cepat, dan Anda akan merasakan mudahnya membaca artikel tanpa menunggu lama,” ujar Rudy Galfi, Product Manager, AMP.

      Google menjelaskan sedikit mengenai mekanisme AMP dan rahasia aplikasi tersebut bisa membuat tampilan situs lebih cepat.
      AMP bekerja dengan menyederhanakan isi coding dalam suatu situs, dengan kata lain penerbit bisa menggunakan laman yang menggunakan HTML sepenuhnya dan laman sudah dioptimalisasi dengan AMP.
      Saat pengguna Internet melakukan penelusuran melalui mesin pencari Google, maka kini otomatis Google menampilkan situs-situs yang mendukung AMP di deretan atas. Bukan cuma itu, tampilanya juga dibuat sederhana yang membuat pengguna akan terus betah membaca berita.
      “Anda juga bisa dengan mudah mengeksplor hasil penelusuran dari satu berita AMP ke lainnya hanya dengan menggeser jari,” lanjut Rudy dalam siaran pers. 
      Bukan cuma hal tampilan, tapi yang terpenting AMP bisa mempercepat akses suatu situs. Menurut Google membuat situs empat kali lebih cepat diakses dan 10 kali lebih hemat data, dan ini dianggap sangat cocok sekali di Indonesia.
      Di Indonesia Kaskus menjadi rekanan pertama yang menggunakan AMP. Tidak pada semua lamannya memang, hanya untuk berita dan politik saja.
      AMP sendiri sejatinya sudah diperkenalkan Google sejak setahun terakhir, dan Google menepati janji untuk menggulirkan fitur tersebut di awal 2016.
    • By c0d1ng

      Sebagai mesin pencari terpopuler dunia, Google saat ini memang dijumpai nampang secara default di berbagai jenis perangkat. Namun untuk melakukan hal tersebut, Google ternyata juga membutuhkan biaya yang sangat besar. Contohnya saja adalah biaya yang dikeluarkan Google untuk bisa menjadi search engine default di perangkat iOS.
      Menurut laporan yang ditulis oleh Bloomberg, Google membayar biaya yang sangat besar kepada Apple untuk bisa mejeng secara default di perangkat iOS. Pada tahun 2014, Google rela membayar uang sebesar 1 miliar USD atau setara 13,8 triliun rupiah kepada Apple. Informasi ini pun diperoleh Bloomberg dari transkrip pengadilan hak cipta Oracle terhadap Google.
      Dengan bayaran sebesar itu, Google pun berhasil menyisihkan keberadaan mesin pencari lainnya di perangkat berbasis iOS. Dan hal ini pun tentunya semakin mengukuhkan posisi Google sebagai mesin pencari internet nomor satu dunia. Jauh meninggalkan para kompetitornya seperti Bing ataupun Yahoo.
      Munculnya data terkait besaran bayaran yang diterima oleh Apple dari Google ini pun sontak membuat pihak perusahaan kecewa. Data tersebut, menurut Google, seharusnya tidak bisa secara bebas diungkapkan kepada publik. Namun sebelumnya, data tersebut tersedia secara elektronik di gedung pengadilan San Francisco, namun kemudian telah dihapus. Meski begitu, wartawan telah berhasil memperoleh data sebelum penghapusan dilakukan.
    • By sahyati321

      Orang mana yang belum kenal dengan google ? perusahaan yang sangat terkenal ini sudah mampu menduduki peringkat pertama kelas dunia. Banyak sekali referensi yang bisa dicari menggunakan google.
      Namun, semua google di dunia ada perbedaan dalam menggunakan domain. Contohnya seperti yang akan saya bahas kali ini, yaitu domain google.com dengan domain google.co.id.
      Bisa anda lihat perbedaan google.com dengan google.co.id ini ada yang terlihat sangat simpel. Yaitu pada mesin penelusuran kata. Jika anda menggunakan google.com pasti semua kata-kata yang keluar dari google akan menggunakan bahasa Inggris. Sedangkan jika anda menggunakan domain google.co.id sudah pasti kata-kata yang akan keluar dari google adalah bahasa Indonesia.
      Jika anda lihat pada bagian bawah mesin penelusuran google.co.id terdapat 3 pilihan bahasa, yaitu bahasa bali, bahasa jawa, dan bahasa inggris. Ini sangat unik sekali, karena jika anda menggunakan google.co.id maka anda bisa menelusuri kata-kata dengan kata-kata bahasa jawa dan bahasa bali. Sedangkan di google.com tidak ada pilihan bahasa lain selain bahasa Inggris.
      Jika anda memiliki sebuah web dengan menggunakan bahasa Indonesia, kemungkinan rating web anda jika dibandingkan dengan rating web lainya yang berbahasa Inggris di google.com maka rating web anda akan terlihat sangat tidak bagus. Lain halnya jika anda menggunakan google.co.id, karena web anda tidak akan dibanding-bandingkan dengan web di seluruh dunia, melainkan web yang berbahasa Indonesia saja.
      Jadi pada intinya google.co.id lebih mengutamakan website yang memakai bahasa indonesia sebagai peringkat atas hasil resultnya dibanding yang pakai bahasa inggris, karena perusahaan google "memaksa" (force) advertiser indonesia memasang iklan adwords karena website saingan mereka masuk peringkat atas google.
      Satu perbedaan lagi, yaitu ketika anda menggunakan google.com pasti si google ini akan mengarahkan anda untuk pergi ke google.co.id (hal ini tidak berlaku untuk sebaliknya).
      Atau bila disingkat dan diperjelas akan menjadi seperti ini :
      Google.co.id setiap kata pencariannya akan di prioritaskan di Indonesia.
      Google.com setiap kata pencariannya akan di prioritaskan di seluruh base google (seluruh negara).
    • By c0d1ng
      Google resmi memiliki pemimpin baru. Setelah 'ditinggal' CEO Larry Page dan Sergey Brin, perusahaan Internet berbasis di California itu bakal dipimpin salah satu karyawan loyal mereka Sundar Pichai. Siapakah dia?
      Sundar Pichai lahir di India pada 12 Juli 1972. Alumnus Indian Institute of Technology, Kharagpur Pichai dan Stanford University ini bergabung Google sejak 2004 sebagai manajer untuk beberapa produk seperti Google Chrome and Chrome OS. Ia juga bertanggung jawab mengawasi perkembangan Google Drive hingga aplikasi Gmail dan Google Maps.
      Pada 13 Maret 2013, Pichai juga diberi tanggung jawab menangani sistem operasi Android, yang sebelumnya dikapteni Andy Rubin. Rubin sempat dipindah ke divisi lain, termasuk divisi Robotik Google, sebelum keluar pada 30 Oktober 2014 untuk mendirikan perusahaan baru.

      Sundar Pichai, CEO baru Google
      Karier Pichai di Google memang moncer. Pada 24 Oktober 2014, pria yang dikenal ramah ini kembali naik jabatan. Ia ditunjuk CEO Google saat itu Larry Page sebagai Product Chief. Belum selang setahun Pichai kini kembali menjabat posisi prestis. Dalam usianya ke-43 ia ditunjuk sebagai CEO Google.
      Penunjukannya menyusul berdirinya Alphabet, perusahaan yang akan menjadi induk dari Google dan perusahaan lain. Alphabet akan dipimpin Larry Page sebagai CEO dan Sergey Brin sebagai presidennya.
      "Sergey dan saya sangat senang akan kemajuan dan dedikasinya untuk perusahaan. Dan sudah sangat jelas bagi kami dan dewan direksi bahwa ini saat Sundar menjado CEO Google," ungkap Larry Page dalam surat kepada pemegang saham Google, Senin (10/8).  
      "Saya sangat beruntung bisa memiliki seseorang dengan bakat sepertinya memimpin Google yang kini lebih ramping."
    • By peter_hutomo
      Google rencananya akan menggunakan algoritma baru untuk mesin pencari mereka, dengan sistem ini pencarian akan sedikit berbeda.
       
      Metode pencarian nanti dioptimalkan untuk situs-situs yang bersahabat dengan ponsel. Tak peduli apakah pengguna sedang melakukan pencarian di komputer atau tablet, situs yang optimal untuk ponsel akan diprioritaskan.
       
      Google tak menyebutkan secara rinci situs seperti apa yang dianggap mereka bersahabat untuk ponsel, namun mesin pencari itu menyediakan satu halaman khusus untuk menguji apakah situs pengguna memang cocok untuk ponsel.
       
      Algoritma baru tersebut akan mulai diimplementasikan pada 21 April 2015, dan akan berlaku untuk pencarian di seluruh dunia.
       
      Meski baru akan berlaku mulai beberapa pekan ke depan, namun Google sudah menyebarkan ‘Googlebot’ untuk menelusuri situs-situs yang dianggap cocok dimasukkan daftar teratas pencarian mereka.
       
      Perubahan metode pencarian pada Google bukanlah yang pertama kali terjadi, di tahun ini setidaknya Google sudah mulai menerapkan dua sistem berbeda.
       
      Pada Februari 2015 lalu Google mengumumkan telah bekerjasama konten dengan Twitter. Kini, apa yang dikicaukan pengguna microblogging tersebut, bisa dilacak keberadaannya melalui Google.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy