Jump to content
dugelo

Keamanan Siber Perlu Diperkuat Dimasa Ekonomi Digital

Recommended Posts

hacker.jpg

Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Bambang Heru Tjahjono mengatakan, isu keamanan siber menjadi hal sangat penting dalam era ekonomi digital.

Dalam Seminar dan Workshop Cybersecurity Capacity in Indonesia di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta pekan lalu, Bambang berkata hal ini harus diantisipasi oleh pemerintah untuk menghadapi perkembangan teknologi informasi yang tidak bisa dibendung.

“Tentunya risiko ini yang harus kita hadapi berikutnya ke depan. Pemerintah sudah membuat dan menjalan roadmap tersebut di era online dan era digitalisasi serta antisipasi informasi-informasi dari luar," kata Bambang seperti dikutip dari situs web resmi Kemkominfo.

Dalam hal layanan kendaraan panggilan berbasis aplikasi, misalnya, harus dilihat aspek keamanan datanya untuk melindungi data konsumen.

Bukan hanya dari sisi jasa kendaraan panggilan, layanan berbasis aplikasi juga semakin luas pemanfaatannya di bidang pemesanan hotel, kesehatan sampai apotek.

"Kalau itu semuanya online maka kita harus mengantisipasi yang terkait dengan keamanan data. Begitu juga meningkatnya konsumen internet ke depan,” kata Bambang.

Sejauh ini, untuk menjaga keamanan data itu pemerintah memiliki UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelengaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PP PSTE).

Khusus UU ITE akan direvisi dan diharapkan rampung tahun ini. Sementara PP PSTE dilaporkan bakal segera direvisi karena tak sehalan dengan irama industri yang kompetitif.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By BisaJadi
      Apa itu BSSN?
      Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) adalah lembaga teknis non-kementerian yang didirikan pada 2017.
      Presiden Jokowi telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) No. 133 tahun 2017 tentang Perubahan atas Perpres No. 53 tahun 2017 tentang Badan Siber dan Sandi Negara pada 16 Desember 2017.
      BSSN bukan merupakan lembaga baru yang dibentuk, namun merupakan revitalisasi Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) dengan tambahan Direktorat Keamanan Informasi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo)
      Apa saja tugas BSSN?
      Selain membangun ekosistem ranah siber Indonesia yang kuat dan ama, BSSN juga menjadi penyelenggara dan pembina persandian negara dalam menjamin keamanan informasi, utamanya yang berklasifikasi milih pemerintah atau negara, dengan tujuan untuk menjaga keamanan nasional.
      Apa saja fungsi BSSN?
      BSSN berfungsi untuk mendeteksi, mencegah, dan menjaga keamanan siber, mengingat banyak aksi-aksi kejahatan yang memanfaatkan dunia maya dalam beberapa waktu ke belakang.
      BSSN memiliki sejumlah fungsi, di antaranya:
      Identifikasi, deteksi, proteksi dan penanggulangan e-commerce Persandian Diplomasi siber Pusat manajemen krisis siber Pemulihan penanggulangan kerentanan, insiden dan/atau serangan siber Apakah membasmi hoax termasuk di dalamnya?
      Ya, tapi bukan itu saja. Termasuk juga pelaksanaan seluruh tugas dan fungsi di bidang keamanan informasi, pengamanan pemanfaatan jaringan telekomunikasi berbasis protokol internet, dan keamanan jaringan dan infrastruktur telekomunikasi.
      Kepada siapa Kepala BSSN akan melapor?
      BSSN berada langsung “di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden”.
      Awalnya, sebelum perubahan Perpres No. 53 tahun 2017, disebutkan Kepala BSSN bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam).
      Bagaimana struktur lembaga BSSN?
      Kepala BSSN akan dibantu oleh sekretariat utama dan empat deputi, yaitu:
      Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi Deputi Bidang Proteksi Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan Deputi Bidang Pemantauan dan Pengendalian BSSN akan diisi oleh tenaga profesional dari Badan Intelijen Negara (BIN), Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Kepolisian.
    • By berita_semua
      Pertumbuhan e-commerce di Indonesia masih terbilang kecil, meski perkembangannya terhitung pesat. Hal ini mendasari Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan Asosiasi E-commerce Indonesia (iDEA) terus merangkul berbagai kalangan masyarakat untuk berperan dalam memajukan ekonomi digital di Idonesia.
      Kali ini, BEKRAF dan idEA menggandeng beberapa artis untuk memajukan pengusaha dan UKM di Indonesia. Melalui platform Panaya.id para artis itu akan membantu produk lokal agar dapat menjangkau seluruh nusantara.
      Berbagai produk lokal dari pengusaha dan UKM akan dipasarkan melalui saluran follower dan fans dari para artis. Dengan dukungan pemerintah, dan berbagai e-commerce anggota idEA, diharapkan akan muncul pengusaha UKM yang siap menjadi e-UKM.
      Beberapa artis yang telah dirangkul yakni Rafi Ahmad, Nagita Slavina, Ruben Onsu, dan Gilang Dirga.
      "Untuk menjadikan Indonesia sebagai negara digital pada 2020 tak bisa dilakukan sendiri. Mereka (artis) sangat kuat pengaruhnya, coba lihat followers-nya, puluhan juta. Ini kolaborasi yang sangat strategis dan mendorong berkembangnya e-UKM," kata ketua umum idEA, Aulia E Marinto dalam sambutannya di Jakarta, Selasa (25/4/2017).
      Aulia juga mengharapkan peningkatan transaksi pada platform e-commerce Tanah Air sekira 30-50%.
      "Transaksi tidak ada yang fix tapi pertumbuhannya besar, tahun ini target 30-50 persen," ujarnya.
      Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memprediksi perdagangan online atau e-dagang akan mencapai USD130 miliar atau Rp1.710 triliun pada 2020.
    • Guest News
      By Guest News
      Brasil berada dalam cengkeraman krisis ekonomi dan politik di tengah gemerlapnya gambar-gambar yang tampil dari Olimpiade di Rio de Janeiro. Tekanan ekonomi ini sangat dirasakan warga biasa di Brasil khususnya mereka yang tinggal di wilayah kumuh yang disebut favela.
       
    • Guest News
      By Guest News
      Ruang kerja bersama yang bisa digunakan lewat sistem keanggotaan online tengah menjadi tren di AS dan banyak negara lain. Di AS, tempat kerja yang bisa dipesan lewat situs WeWork atau Cove itu banyak digemari karena sekaligus menjadi komunitas yang bisa mempertemukan orang dari berbagai profesi.
       
    • By ngesotin
      Contoh perusahaan yang bangkrut yang diambil disini adalah perusahaan Eastman Kodak Corporation. Setelah Eastman Kodak Corporation tersebut dinyatakan pailit, banyak pihak yang berusaha mencari tahu penyebab dari kebangkrutan perusahaan tersebut. Menurut sejumlah pengamat, seperti dikutip laman timesofindia.com, perusahaan yang merupakan perusahaan pelopor film fotografi tersebut tidak sanggup melawan arus digital yang semakin berkembang setiap tahunnya. Tidak seperti IBM dan Xerox Corp, yang sukses menciptakan arus pendapatan baru saat bisnis mereka menurun.
      Mereka menilai kesalahan kodak membuang proyek-proyek baru terlalu cepat yang menyebarkan investasi digital terlalu luas, dan puas pada penilaian Rochester, New York, yang membutakan perusahaan untuk berinovasi pada teknologi lain. Sejak 1888, George Eastman menciptakan sebuah mesin yang menangkap gambar pada pelat kaca besar. Tak puas dengan terobosan itu, dia melanjutkan untuk mengembangkan film roll dan kemudian kamera Brownie. Selanjutnya pada 1960, Kodak mulai mempelajari potensi komputer dan membuat terobosan besar di tahun 1975, saat salah satu insinyur, Steve Sasson, menemukan kamera digital.
      "Ketika (George Eastman) meninggal, ia menyisakan pengaruh pada perusahaan, yang salah satunya Kodak akan terus terikat dalam nostalgia," kata Nancy Westt, seorang profesor yang menulis sejarah Kodak dari University of Missouri. "Nostalgia memang indah, tapi itu tidak memungkinkan orang untuk bergerak maju." tandasnya.
      Selain itu, penyebab kebangkrutan Kodak karena perusahaan tersebut melewatkan peluang bisnis. Di Consumer Electronics Show di Las Vegas tahunan pekan lalu, Perez dan Kodak memperkenalkan dua kamera baru yang diyakini bisa terhubung secara nirkabel dengan printer dan posting foto ke Facebook. Namun beberapa pengulas gadget mengatakan kamera baru tidak bisa terhubung ke web tanpa membonceng pada smartphone atau koneksi Wi-Fi.
      Dikatakan pula bahwa dalam beberapa tahun terakhir, pimpinan perusahaan gagal memulihkan keuntungan tahunan. Kas yang terus terkuras membuat Kodak kesulitan memenuhi kewajibannya terhadap karyawan dan pensiunannya.
      Setelah bertahun-tahun gagal mengikuti era digital, Kodak mengajukan perlindungan pailit. Pemimpin perusahaan Kodak, Antonio Perez menyebutkan, dewan direktur dan segenap tim manajemen meyakini bahwa ini merupakan langkah penting dan tepat dilakukan, demi masa depan Kodak. Ditambahkan Perez, tujuan mendaftarkan diri bangkrut tersebut diambil untuk memaksimalkan nilai pemegang saham, termasuk para karyawan, pensiunan, dan kreditor, serta pengurus dana pensiun.
      Analis mengatakan Kodak bisa menjadi sebuah kelompok media sosial jika telah berhasil meyakinkan konsumen untuk menggunakan layanan online untuk menyimpan, berbagi, dan mengedit foto-foto mereka. Sebaliknya, Kodak berfokus terlalu banyak pada perangkat dan kalah dalam pertempuran online untuk jaringan sosial seperti Facebook.
×
×
  • Create New...