Jump to content

Timeline

Showing all content posted in for the last 365 days.

Aliran ini diperbarui otomatis     

  1. Yesterday
  2. Penyanyi Petra Sihombing baru saja memproduseri salah satu band jazz lewat lagu “Take It Or Leave It” yang dia tulis bersama Bluey cs. Tak hanya bernyanyi tapi Petra juga memprodukseri lagunya LEWAT single baru berjudul Take It or Leave It, Petra Sihombing berkolaborasi dengan band asal Inggris, Incognito. Tak hanya sebagai penyanyi, tapi Petra juga bertindak selaku produser. Nomor yang dibalut irama funk jazz ini resmi dirilis pada Jumat, 23 Februari di sejumlah platform digital. Lewat pos-el, Senin 26 Februari 2018 Petra menceritakan, awalnya pentolan Incognito, Jean-Paul 'Bluey' Maunick kagum dengan lagu Take It or Leave It yang telah ditulis Petra. Akhirnya Petra dan Bluey bertemu di London, Inggris dan memutuskan untuk berkolaborasi. Lagu tersebut bercerita tentang sebuah kesempatan Lagu Take It or Leave It bercerita tentang sebuah kesempatan. Bagi Petra, kolaborasi dengan Incognito ini merupakan buah dan implementasi dari lagu tersebut. Pasalnya, langkah Petra pada tahun ini bermula dari keputusan dia untuk pergi dari zona nyaman dengan berdiri sendiri tanpa major label. Kini, ia punya kesempatan untuk berkolaborasi dengan Incognito. "Lagu ini tentang mengambil kesempatan atau meninggalkannya. Kalau kamu dapat satu kesempatan, kamu bakal ambil apa enggak. Kalau kamu mau naik level, kamu pasti harus melewati proses enggak enaknya. Apakah saya mau menghadapi risikonya? Jadi lagu ini seperti saya memberi pilihan ke diri sendiri, take it, or leave it," tutur pelantun “Nirmala”.
  3. Seminggu terakhir
  4. Indra Sinaga lebih dikenal sebagai vokalis grup band Lyla. Tapi kali ini ia hadir sebgai seorang solois dengan single berjudul Menikmati Cinta. Naga mencoba peruntungan di jalur solo SOLID bersama band Lyla selama 12 tahun, vokalis Indra Sinaga atau Naga mencoba peruntungan di jalur solo. Dengan single perdana berjudul Menikmati Cinta, Naga menyuguhkan lagu gubahan David Sam dan Irwan Sutanto itu untuk istrinya, Feby Rizky Andhika Siregar. "Tiga tahun sebelum Lyla terbentuk, saya sudah menulis dan membawakan lagu saya sendiri. Pada 2005, saya sempat meluncurkan lagu pertama yang berjudul Aku di Sampingmu. Lagu ini ada di album kompilasi Cipta Lagu Populer 2005," kata Naga lewat email, Rabu 18 April 2018. Cerita dari lagu tersebut Naga mengungkapkan, lagu Menikmati Cinta bercerita tentang pernyataan cinta seseorang kepada kekasihnya. Lagunya, kata Naga, sangat sederhana tapi memiliki makna mendalam. Tidak ada cerita cinta yang rumit di dalamnya. Hanya pernyataan cinta seseorang kepada sang kekasih. Bagi Naga, proyek solo dia sangat berbeda jika dibandingkan dengan band Lyla. Dia pun tak ingin menampilkan karya yang sama dengan bandnya. Menurut Naga, Lyla itu musiknya lebih musik band dengan pendekatan genre ke rock alternatif. Sementara di proyek solo ini, pelantun “Sampai Disini” lebih ke arah musik soul dan RnB seperti Boys 2 Men dan Rod Stewart.
  5. Brenda_Christie

    Avengers Infinity War Tembus Pemasukan Rp27,8 Triliun

    Pemasukan kotor untuk film superhero Avengers: Infinity War telah menembus angka USD2 miliar atau sekitar Rp27,8 triliun dari bioskop seluruh dunia. Infinity War menjadi film keempat yang berhasil menembus rekor ini. Capaian box office tersebut, menurut data Box Office Mojo, didapat sejak Senin kemarin, 11 Juni 2018. Infinity War tayang perdana di Indonesia dan beberapa negara pada 25 April, lalu menyusul tayang di AS pada 27 April. Dari pasar domestik AS-Kanada, film keluaran Disney ini meraup pemasukan kotor USD656 juta, mengekor Black Panther yang mencapai USD699 juta. Dalam pasar internasional, pemasukannya jauh lebih banyak yaitu USD1,34 miliar. Dari sekian film barat yang didistribusikan internasional, baru ada empat film yang menembus box office USD2 miiliar. Selain Infinity War, tiga film teratas adalah Avatar dengan USD2,78 miliar, Titanic dengan USD2,18 miliar, dan Star Wars: The Force Awakens dengan USD2,06 miliar. Pemasukan internasional terbesar untuk Infinity War datang dari Tiongkok dengan nilai USD366 juta. Ini sama halnya dengan Avatar, yang memperoleh pemasukan internasional paling banyak dari penonton negeri tirai bambu. Selain Tiongkok, pemasukan besar lain datang dari Inggris dengan USD94 juta, Korea Selatan USD92 juta, Brazil USD64 juta, dan Meksiko USD59 juta. Dari Indonesia, pemasukan kotor per 3 Juni adalah USD25 juta. Angka untuk keempat negara ini terhitung per 3 Juni. Infinity War adalah film ke-19 dalam waralaba Marvel Cinematic Universe buatan Marvel Studios. Film berikutnya dalam waralaba ini adalah Ant-Man and the Wasp, Captain Marvel, dan Avengers 4.
  6. Serupa fitur Screen Time baru Apple di iOS 12 yang berfungsi mengukur jangka waktu yang dihabiskan di iPhone setiap harinya, Instagram dilaporkan berencana menawarkan fitur serupa. Informasi ini diperoleh dari gambar yang dirilis Jang Manchun Wong dari kode APK Android aplikasi Instagram. Menurut Wong, jejaring sosial yang telah diakuisisi Facebook ini menyebut fitur tersebut dengan nama User Insight. Fitur tersebut berfungsi menampilkan seberapa sering pengguna Instagram mengakses aplikasi setiap harinya. Dan serupa dengan fitur Take a Break Reminder di YouTube, pengguna dapat mengatur agar aplikasi mengirimkan pemberitahuan saat telah menggunakan Instagram untuk jangka waktu tertentu yang telah dipilih. Instagram juga turut menghadirkan fitur lain terkait dengan pengingat waktu penggunaan aplikasi. Fitur lain ini akan memungkinkan pengguna Instagram membatasi jumlah notifikasi yang diterima dari aplikasi. Secara teori, fitur ini dinilai akan membantu pengguna Instagram dalam mengurangi waktu penggunaan aplikasi. Menu berikon tiga garis bertumpuk secara horisontal baru pada halaman profil dilaporkan akan menampilkan menu berisi tautan ke fitur User Insight. Fitur ini belum resmi diluncurkan oleh Instagram, namun fitur ini dinilai selaras dengan tren yang saat ini berkembang, mengarah ke penggunaan smartphone lebih sehat. Pengguna smartphone akan mendapati sejumlah aplikasi populer untuk menghadirkan fitur serupa seperti yang akan dihadirkan Instagram ini, meski sejumlah pihak meragukan akan terdapat banyak pengguna yang diperkirakan akan menghentikan aktivitasnya di smartphone saat alarm pengingat tersebut berbunyi. Sebelumnya, Instagram mengonfirmasi tidak lagi menguji fitur pemberitahuan saat pengguna lain mengambil screenshot pada Story, setelah sejumlah pengguna dilaporkan menyampaikan ketidaksukaan mereka terhadap fitur tersebut melalui jejaring sosial Twitter.
  7. Brenda_Christie

    Avengers 4 Bukan Film Avengers Terakhir

    Avengers: Infinity War serta Avengers 4 yang akan dirilis tahun depan kerap dibicarakan sebagai dua film komik Marvel terakhir dalam seri Avengers. Namun menurut CEO Walt Disney Bob Iger, mereka masih punya jalan panjang untuk kisah Avengers. "Kami rutin bertemu dengan tim Marvel kamj dan kami telah membuat rencana film-film Marvel hingga satu dekade ke depan," kata Bob dalam wawancara kepada The Hollywood Reporter. "Aku sedang meraba untuk kami mencoba membuat waralaba baru setelah Avengers, tetapi bukan berarti kalian tidak akan melihat Avengers lagi. Kami hanya belum umumkan itu," lanjutnya. Mengenai Avengers 4 sebagai film penutup kisah yang dimulai oleh Iron-Man (2008), Bob membenarkan. Meski begitu, kemungkinan untuk membuat film Avengers lain tidak tertutup. Dua film ini sama-sama dikerjakan oleh duo sutradara Joe dan Anthony Russo. Syutingnya dilakukan dalam satu rangkaian jadwal selama setahun bersama para pemain dan kru dalam jumlah besar. "Melihat popularitas para karakter dan waralaba ini, aku tak merasa orang-orang harus menyimpulkan bahwa tak akan ada lagi film Avengers lain," ungkapnya. Infinity War telah dirilis di bioskop sejak akhir April lalu dan telah meraup pendapatan kotor melebihi USD1,1 miliar atau Rp16 triliun dari 55 teritori dunia. Bersama 18 film sebelumnya, waralaba film Marvel Cinematic Universe telah menghasilkan pemasukan kotor total USD16 miliar dari seluruh dunia.
  8. Burung liar di sekitar bandara bisa menabrak pesawat terbang atau tersedot mesin jet sehingga membahayakan keselamatan penerbangan. Otoritas bandara sering memakai anjing atau bunyi keras untuk menghalau kawanan burung, namun menurut perusahaan Belanda, burung robot produksinya jauh lebih efektif.
  9. Para pakar memperingatkan, menghabiskan waktu terlalu banyak di ponsel dan dunia maya akan mengikis kehidupan keluarga dan kehidupan sosial yang nyata. Apple menanggapi peringatan itu dengan memperkenalkan fitur terbaru iPhone yang bisa membantu para pengguna mendapatkan kembali kehidupan mereka.
  10. Bayangkan belanja baju baru untuk lebaran, disambut robot dan diantar ke bagian toko yang Anda inginkan. Lalu masuk ke kamar pas interaktif yang bisa mengusulkan produk sejenis atau aksesoris. Itulah yang bakal dimungkinkan oleh inovasi teknologi merespon tren memadukan belanja daring dengan toko.
  11. Maskapai zaman dahulu memperbolehkan merokok di pesawat. Biasanya penumpang akan merokok setelah makan. Namun sekarang telah dikeluarkan larangan merokok di dalam pesawat.

    Larangan ini dikeluarkan oleh Federal Aviation Administration (FAA) pada tahun 1989. Alasannya, semua benda yang mengeluarkan api bisa berbahaya bagi penerbangan. Disebutkan dalam peraturannya, semua pesawat dalam negeri maupun luar negeri harus memberi tahu penumpang bahwa merokok di pesawat merupakan tindakan terlarang.

    Aturan ini akhirnya mulai diberlakukan secara luas kepada semua pesawat lokal dan asing yang terbang ke dan dari AS mulai tahun 1998. Larangan ini kemudian diperkuat dengan undang-undang federal dari Kemenhub AS, Departement of Transportation yang berlaku efektif mulai 4 Juni 2000.

    Dalam peraturan juga disebutkan larangan ini tidak hanya saat pesawat sedang di udara tapi juga saat sedang berada di darat. Maskapai harus memberi tahu bahwa merokok saat masuk atau keluar pesawat juga dilarang.

    Kemudian aturan ini digunakan oleh banyak maskapai baik yang domestik AS maupun yang luar negeri. Karena dinilai sangat positif, akhirnya aturan larangan merokok ini diadopsi oleh seluruh maskapai di dunia, termasuk di Indonesia.

    Untuk Indonesia, aturan seperti ini diatur di UU No 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan. Dendanya sendiri bisa mencapai maksimal Rp 2,5 miliar atau kurungan penjara maksimal 5 tahun. Sekarang kita melihat lampu dilarang merokok menyala setiap waktu di pesawat.

    merokok-di-pesawat.jpg

  12. Wow, ini loh Mallers, pesawat penumpang terbesar dengan kapasitas maksimal bisa mencapai 900 orang.

    pesawat-terbesar.jpg

  13. BisaJadi

    Alasan Untuk Mencoba Naik Pesawat Airbus A380

    wuiih,,, njeer
  14. Jadi pramugari itu enak. Bisa terbang ke banyak kota bahkan negara, gratis. Udah gitu dapet bayaran pula. Kalau Kamu berpikir seperti itu, kayaknya Kamu harus baca artikel ini baik-baik. Menjadi seorang pramugari itu nggak seenak yang Kamu lihat. Bayangin aja, mereka harus tetep tersenyum dan melayani Kamu dengan ramah meski lagi capek. Pramugari nggak bisa makan sesuka hati. Harus nungguin semua penumpang selesai makan, baru deh bisa makan. Belum lagi kalau ada penumpang menyebalkan yang gangguin doi pas lagi kerja. Kezel, tapi di sisi lain para pramugari juga harus tetep ramah. Kurang lebih seperti itulah yang dirasakan banyak pramugari yang ada di dunia ini, termasuk Sydney Pearl. Dia menuliskan semua hal menyebalkan yang dialami pas lagi berhadapan sama penumpang dalam sebuah buku berjudul Diary of a Pissed-Off Flight Attendant. Dalam buku yang udah diterbitkannya, ada 10 hal yang sebaiknya nggak Kamu ucapin pada pramugari. Mau tahu? Nih; 1. “Senyum dong” Kalau Kamu pernah mengucapkan kalimat ini pada mbak-mbak pramugari, mending jangan diulangi lagi. Menurutnya, tanpa diminta buat tersenyum pun, dia dan para pramugari lainnya udah selalu berusaha tersenyum setiap saat. Kalau kebetulan doi lagi nggak senyum, bukan berarti dia lupa sama tugasnya, tapi capek tahu senyum terus setiap saat. Kata Pearl sih gini, Saya mengambil napas panjang, nahan diri buat nggak ngumpat. Padahal sih, jengkelnya udah ada di ubun-ubun, 2. “Kok Kamu kelihatan ngantuk?” Ada juga, penumpang pesawat yang iseng bilang “Kok Kamu kelihatan ngantuk?”. Yah, gimanapun juga, banyaknya aktivitas selama penerbangan bikin pramugari nggak punya banyak waktu buat istirahat. Apalagi buat tidur enak. Mungkin, niat kita sebagai penumpang cuma basa-basi doang, tapi ternyata perkataan itu bikin pramugari bete. Kalau kata Pearl sih gini, Mungkin mereka lupa jika kami, para pramugari memberi pelayanan tidak hanya pada satu penerbangan saja hari itu. 3. “Pramugari cuma pelayan yang dimuliakan” Pearl pernah mendapat perkataan seperti ini. Doi cuma diam dan tersenyum. Padahal nih gais, di dalam hati dia bete banget. Kalau Kamu berkata bahwa pramugari adalah pelayan yang dimuliakan, sebaiknya Kamu beli kaca besar di rumah deh. Biar nggak ngatain pramugari dengan kalimat itu lagi, itu pun kalau Kamu masih punya nilai humanis, kata Pearl 4. “Hari ini saya ulang tahun, boleh dong dapet minuman gratis!” Kamu mungkin pernah berpikir, kalimat meminta minuman gratis hanyalah guyonan doang. Tapi, ternyata, kalau Kamu sampai ngucapin kalimat itu gais, Kamu udah bikin image-mu drop di mata pramugari gais. 5. “Bisakah Kamu bantuin saya menggantikan popok anak saya?” Khusus buat Kamu yang udah punya baby gais, please jangan bilang kayak gini sama pramugari. Kalau Kamu belum bisa bedain antara pramugari dan pembantu rumah tangga, boleh-boleh aja kali ya. 6. “Dari tadi Kamu ngapain aja sih? ” Yang bikin Pearl kezel abis gais, pernah suatu waktu ada penumpang pesawat yang bilang kayak kalimat di atas. Kata doi, sebelum Kamu bertanya apa aja yang udah dikerjain pramugari dari tadi, mending Kamu baca dulu daftar tugas pramugari deh. Jujur, apa yang Kamu ucapkan ini udah bikin pramugari sakit hati. Doi udah kerja keras bikin Kamu nyaman, tapi kayak nggak dihargai sedikit pun usahanya. 7. “Duh, gara-gara Kamu saya jadi telat nih” Nah, kalau penerbangan Kamu terlambat, jangan salahin pramugari. Karena jadwal penerbangan dan lalu lintas udah diatur sesuai dengan manajemen penerbangan. Ya, mungkin kalimat itu cuma luapan kekesalan doang sih, tapi biasakan buat ngontrol emosi dan nggak mengkambinghitamkan pramugari. Pesennya si Pearl si gitu. 8. “Saya benci merepotkan Kamu, tapi saya minta tolong dong ..” Poinnya gini gais, nggak usah basa-basi sama pramugari. Kalau emang butuh bantuan, ya udah tinggal minta bantuan aja. Cukup bilang apa yang pengen Kamu pesen. 9. “Mbak, kapan kita bisa dinner bareng?” Ada yang berani bilang kayak gini sama mbak pramugari? Duh, nyalimu besar banget gais. Beruntung, setiap pramugari udah terlatih buat nolak setiap ajakan tanpa memperlihatkan ketidaksukaannya. 10. “Boleh minta id Line Kamu nggak?” (berkata seperti ini dengan cincin pernikahan mengkilat di jari) Ini yang paling buruk.
  15. Di negara negara ini, ada pengamanan khusus untuk netizen yang menggunakan jasa transportasi penerbangan.

    airplane.png

  16. BincangEdukasi

    Pengertian sawah dan macam-macam sawah

    Pengertian sawah secara umum menurut definisi para ahli mengatakan bahwa pengertian sawah adalah usaha pertanian yang dilaksanakan pada tanah basa dan memerlukan air untuk irigasi. Jenis tanaman yang terutama untuk pertanian sawah adalah padi. Dalam bersawah, pengolahan lahan dilakukan secara intensif dan merupakan pertanian menetap. Sawah sangat bermanfaat bagi manusia karna tampa sawah maka padi dan sejenisnya tidak akan kita makan, dimana kita tahu semua bahwa padi merupakan makanan khas indonesia. Sawah memang banyak memiliki manfaat bagi manusia dan juga para petani. Untuk mengetahui apa saja manfaat sawah silahkan baca Manfaat Sawah Bagi Kehidupan Petani dan Manusia. Dalam kaitannya dengan manfaat sawah ini, ada beberapa hal yang harus kita pahami juga, yakni tentang macam-macam sawah. Mungkin sebelumnya anda hanya mengetahui sawah itu cuma satu dan tidak tahu tentang macam-macamnya. Nah disini anda akan mengetahui bahwa sawah ini memiliki banyak macam. Sawah di Indonesia umunya dibedakan menjadi 4 macam, seperti yang dituliskan diatas, penjelasannya dapat dilihat dibawah ini. Sawah Irigasi merupakan sistem pertanian dengan pengairan yang terutur, tidak bergantung curah hujan karena pengairan dapat diperoleh dari sungai waduk. Pertanian sawah irigasi biasanya panen dua kali setahun dan pada musim kemarau dapat diselingi dengan tanaman palawija. Sawah tadah hujan adalah sawah yang mendapatkan air hanya pada saat musim hujan sehingga sangat tergantung pada musim. Sawah tadah hujan ditanami dengan padi jenis gogorancah. Namun, pada musim kering ditanami dengan palawija, jagung dan ketela pohon. Sawah pasang surut tergantung pada keadaan air permukaan yang dipengaruhi oleh kondisi pasang surutnya air sungai. Pada saat pasang, sawah tergenang air, sedangkan pada saat surut sawah kering dan ditanami dengan padi. Sawah pasang surut banyak terdapat di Sumatera, Kalimantan, dan Papua. Sawah lebak adalah sawah yang ditanami padi dan berada pada kiri dan kanan sungai. Sawah lebak sawah yang berada dikanan dan kiri sungai-sungai besar. Jenis sawah ini jarang sekali karena mengingat resiko yang sangat rentan terhadap banjir. Para petani sudah jarang memanfaatkan sistem sawah lebak ini sebagai lahan pertanian padi. Mereka kebanyakan mengalihfungsikan sawah lebak menjadi lahan perkebunan seperti sawit.
  17. Cewek itu identik dengan, apa-apa pakai perasaan. Nggak sengaja melakukan kesalahan, nangis sendiri. Pacar nggak ngasih kabar sehari, baper. Bahkan melihat abang ojek yang kehujanan saja iba dan ingin menawarkan payung. Nggak ada salahnya sih merespons sesuatu dengan perasaan. Asalkan nggak berlebihan dan buat diri sendiri kesusahan. Karena apa-apa yang pakai perasaan ini pun yang sering bikin cewek terlihat konyol dan ngeselin di waktu yang bersamaan. Apalagi saat dia lagi khawatir akan suatu hal. Entah karena menyangkut masa depan atau sesederhana pesannya yang belum kamu balas seharian. Kayak hal-hal di bawah ini nih. Hal-hal yang sebenarnya sepele dan bisa diselesaikan dengan santai, tapi kalau sudah dialami cewek, pasti jadinya sedikit lebay. 1. Kalau pas khawatir gini, cewek biasanya ngirim pesan membabi buta dalam sekali waktu. Inbox-mu langsung penuh karena ulah cewekmu Kalau dipukul rata, cewek itu selalu khawatir saat pesannya belum juga berbalas dalam hitungan jam saja. Segala pikiran positif sampai negatif, bercokol di kepala. Seperti saat kamu tak sengaja ketiduran. Cewekmu yang bertanya tentang rencana nanti malam ini langsung memborbardir dengan chat atau pesan. Bangun-bangun, kamu kaget melihat ada puluhan pesan masuk yang asalnya dari cewekmu semua. 2. Update status di sosial media secara berlebihan. Padahal aslinya nggak ada yang perlu dikhawatirkan Saat ini, media sosial memang menjadi satu hal yang berpengaruh dalam kehidupan millenials. Contohnya saat cewekmu mulai khawatir berlebihan tentang omongan orang, ujung-ujungnya dia akan menumpahkan segala isi hati di media sosial. Mulai dari update status yang galau-galau sampai mengunggah kutipan yang bernada nggak terima. Padahal omongan orang yang dia dengarkan itu belum tentu benar. Tapi yang namanya cewek, pasti keburu dibawa perasaan. 3. Kadang pas khawatir, cewek suka gigitin bibir bawahnya. Mimik mukanya yang cemas campur gemas ini yang membuatmu ingin tertawa tapi nggak tega Ketika menunggu pengumuman beasiswa masternya, cewekmu khawatir luar biasa. Harap-harap cemas akan kelangsungan hidupnya dua tahun ke depan ini memang wajar. Saking khawatirnya, dia sampai nggak sadar gigitin bibir bawahnya ketika beberapa menit sebelum pengumuman keluar. Wajahnya yang cemas campur gemas ini buatmu ingin tertawa dan ngunyel-nguyel pipinya tapi nggak tega. 4. Konsentrasinya jadi berantakan. Kamu ngajak ngomong apa, dia jawabnya apa. Duh, Yang~ Saat lagi khawatir, porsi konsentrasi cewekmu ini menurun drastis. Bisa dilihat dari caranya menanggapi semua omonganmu. Bahkan dia sampai nggak fokus menjawab hal-hal yang kamu tanyakan. Seperti saat kamu tanya mau dianter jam berapa, dia malah menjawab pakai sambel dua sendok saja. Geregetan sih iya, tapi kalau kamu marah, jelas nggak tega. 5. Bahkan dia sampai lupa makan dan minum saking khawatirnya. Tapi saat diingetkan makan dulu, eh dia nyolot dan nggak sengaja bentak kamu Selain hilang konsentrasi, emosinya juga mudah tersulut saat khawatir. Pernah suatu kali kamu coba mengingatkan cewekmu untuk makan dan minum dulu sambil menunggu pengumuman. Tapi resposnya malah kamu yang disewotin karena dikira nggak pengertian. Lah, mengingatkan untuk makan bukannya bentuk perhatian ya? Kamu serba salah deh jadinya. 6. Kalau khawatirnya sudah parah, sampai nangis sesenggukan. Awalnya lucu mirip anak kecil, tapi lama-lama kamu pun merasa bersalah Kalau cewekmu termasuk yang sensitif, melankolis dan gampang nangis, pasti pernah mengalami hal lucu sekaligus ngeselin ini. Saking khawatirnya, cewekmu malah nangis sendiri. Saat ditanya alasannya, dia menjawab takut nanti yang dikhawatirkan hasilnya nggak sesuai harapan. Saat momen ini terjadi, kamu nggak bisa melakukan banyak hal selain bantu menenangkan dan meredakan tangisnya. Sebab kalau kamu marahin, tangisnya akan makin menjadi. Menghadapi cewek yang khawatir seperti ini memang tricky. Nggak bisa kalau hanya didiemin. Apalagi kalau sampai dimarahin dan bilang mirip anak kecil. Jalan satu-satunya biar kamu nggak ikutan depresi ya cukup nikmatin momen-momen seperti ini. Toh nggak setiap hari dia khawatir dan melakukan hal-hal lucu bin ngeselin kayak gini. Anggap saja sebagai latihan pas nanti beneran jadi suami.
  18. Kata orang cowok berpikir menggunakan logika sedangkan cewek lebih mementingkan perasaan. Hal itu ada benarnya juga lho! Nah, dari sekian banyak hal yang dilakukan selama pacaran, ini dia hal-hal yang biasanya membuat cewek "gemes" tapi nggak berani bilang. Intip Yuk! 1. Curhat ke Lawan Jenis Mungkin menurut kalian para cowok, curhat ke lawan jenis itu udah biasa. Tapi bagi cewek, itu merupakan sesuatu yang mengancam hubungan kalian. Kenapa? karena cewek pasti berpikir "Kita dulu juga temen" dan apalagi biasanya kalian curhat tentang keburukan cewek kalian. Emang kalian mau kalau cewek kalian juga mengumbar keburukan kalian di depan teman lawan jenisnya? nggak kan? "Selingkuh itu diawali dengan curhat ke lawan jenis" 2. Main Game Sampai Lupa Waktu Yang ini untuk para cowok gamers, coba deh membagi waktu antara game dengan pasangan kalian. Kami cewek mengerti kalau kalian melakukan ini untuk refreshing, tapi setelah beraktivitas penuh seharian, sebenarnya kami hanya ingin berbagi kisah kami di hari itu. Cuma apa yang bisa kami lakukan kalau baru mau ngomong tapi kalian terlalu asyik main game? 3. Mengkritik Masakan Pasangan Kami para cewek mengakui kalau dalam beberapa hal kalian para cowok "terlalu" jujur. Apalagi kalau sedang mencicipi makanan kami, pasti kalian langsung nyeplos aja kalau makanan kami lagi enggak kurang enak. Kalian tahu nggak sih kami belajar masak mati-matian untuk kalian, jadi seenggaknya kalian mengkritiki kami dengan kata-kata yang lebih halus. Misalnya : Kami senang lho kalau kalian memberi masukan. Walaupun artinya kalian mendingan nggak usah masak lagi karena makanannya nggak layak makan. 4. Lupa Tanggal Jadian Para cewek biasanya nggak menuntut kalian untuk mengucapkan monthsary, tapi menurut kebanyakan cewek mempertahankan suatu hubungan sampai 1 tahun itu butuh banyak perjuangan dan pengorbanan lho, jadi menurut kami sah-sah aja kalau anniversary itu dirayakan. Nggak usah muluk-muluk cukup mengucapkan "Happy Anniversary sayang" aja sudah bisa membuat hari kami jadi indah lho karena kami jadi tahu kalau kalian care terhadap hal-hal kecil dalam hubungan kalian. 5. Keluar Rumah Malam-Malam Sebenarnya hal ini bukan membuat kami gemas, tapi khawatir. Mungkin kalian berpikirnya biasa-biasa saja, tapi kami para cewek khawatir, takut terjadi apa-apa dengan kalian dijalan. Apalagi untuk pasangan LDR, bukankan menjadi resah bila ada bahaya yang bisa datang kapan saja di jalanan? Nah, itu dia 5 hal yang biasa di mata cowok tapi sebenarnya bikin resah cewek. Ingat ya guys, bukan kami tidak menuntut kalian untuk memanjakan kami, tapi tolong jangan lakukan hal-hal yang membuat kami khawatir karena sejatinya kami tak ingin mengekang, tapi terlalu takut kehilangan
  19. Jesica_pendong

    Alasan Untuk Mencoba Naik Pesawat Airbus A380

    cara nyarinya kalo mau naik pesawat type yg gini gmn ndral? apa kita bisa milih type pesawatnya tergantung rute penerbangan??
  20. liasucia

    Di Dalam Restu dan Janji

    bagus cerpennya ndraaal
  21. cinta_segiempat

    Di Dalam Restu dan Janji

    Saat indahnya cahaya rembulan , dan bintang bersinar di gelapnya malam, Kulihat impian bersamamu. Ketika sunyinya malam disambut indahnya senang di pagi ini, Kurasakan indahnya pesonamu. Tapi aku takut, semua harapan, dan impian bersamamu, hanyalah sebatas mimpi, dan harapanku tiada tercapai. Andai semua itu nyata, kurasakan betapa sempurnanya hidup ini jika kau ada di sisiku. Terlihat bayang-bayang atap rumah di dalam mata anak remaja itu, terbangun, tersadarkan, di atas sandaran empuk di ruangan itu. Tampak kebingungan, dan keheranan dalam wajahnya. “Alhamdulillah, rupanya kamu telah siuman” “Anda siapa? saya di mana? kenapa saya ada di sini?” “Saya pak Ahmad, kamu sudah 4 hari tidak sadarkan diri, nama kamu siapa nak?” “Nama? nama saya?” Pesisir paling selatan Pulau Kalimantan, menjadi saksi kecelakaan besar, meledak dan tenggelamnya sebuah kapal. Tiada seorangpun yang selamat selain remaja ini, kedua orangtuanya juga tidak selamat dalam kecelakaan itu. Perjodohan keluarga yang mengantarkannya ke Kalimantan, namun, amnesia menimpanya, hilang seluruh ingatannya, termasuk amanat dari orang tuanya, amanat berupa restu dari seorang kiai di Banyuwangi, untuk menikahi Neng Nadhil putri dari kiai Yusuf, seorang pemuka agama di Kalimantan. “Iya, nama, kamu tidak tahu siapa namamu? “Nama? Siapa nama saya? saya tidak tahu siapa nama saya” “(Rupanya anak ini hilang ingatan) Baiklah saya panggil kamu Taufiq, Kahlil Taufiq”. Pak Ahmad memilih nama itu, setelah tampak tertulis nama Kahlil Gibran pada kalung di leher remaja itu, mungkin remaja ini sangat menggemari ‘Kahlil Gibran’, Sang legenda maestro cinta. *** Hari ini indah berteman sinar mentari. berawal dari mimpi tuk menjalani hari Dengan senyum keindahan bermula meniti esok dalam doa, dan cinta….. Sebulan lamanya Taufiq menjalani kehidupan barunya bersama laut, pantai, dan karang, bersama seorang saudagar nelayan. Taufiq adalah anak yang rajin, ulet, dan cerdas, belum lagi pribadinya yang religius, karena dulu dia memang hidup di lingkungan pesantren. Kehidupan Taufiq yang penuh kekosongan berubah, Pak Ahmad yang sudah menganggap dia sebagai anak sendiri, untuk menyekolahkannya kembali, di sebuah universitas di sana. “Taufiq, besok kamu ikut tes di kota, kamu sudah bapak daftarkan untuk melanjutkan sekolahmu” “Baik pak” “Di sana nanti kamu pasti akan bertemu yang namanya wanita, setelah kamu melihat wanita kamu akan mengidap rasa, yang namanya cinta, saya hanya menyarankan, kamu jangan mudah jatuh cinta, sebab dibalik rasa cinta pasti ada sakit hati” “Hahaha, bapak bisa saja” *** Meskipun ingatan Taufiq hilang, namun naluri kecerdasan Taufiq tidak ikut hanyut terseret ombak dalam kecelakaan itu, terbukti dia masuk dengan peringkat dua teratas, Taufiq berhasil lolos tes. Namun ada yang membuat terkejut dalam hatinya, melihat nama di peringkat pertama, nama seorang wanita, teringat nasehat dari pak Ahmad. “Siapa dia? Lia Resty? Seorang wanita?” Memang benar nasehat pak Ahmad, wanita memang memalingkan, merubah, dan magic, dicarinya siapa pemilik nama itu, hingga ia dapati seorang gadis bermata indah, pemilik nama itu. Sekali lagi, nasehat pak Ahmad memang benar. Memang benar. “Assalamualaikum, kamu Lia Resty?” “Iya, ada apa?” “Selamat ya, kamu peringkat satu, namaku Taufiq” “Oh, iya, terimakasih, panggil saja aku Lia” Untuk ketiga kalinya, memang benar, nasehat pak Ahmad memang benar, setelah kamu melihat wanita kamu akan mengidap rasa, yang namanya cinta. Kehidupan Taufiq yang penuh kekosongan sontak berubah, di saat seorang wanita hadir dalam hidupnya, membuat kisah cinta dimulai. Tiada yang tahu bahwa wanita ini bisa menghiasi hidupnya yang baru. Kisah cinta mereka terus berjalan hingga mereka tuntas menyelesaikan sekolah mereka. Aku memujamu dalam kisahku walau sesaat dulu kau tak pernah ada Aku mengabdikanmu dalam ceritaku walau dahulu kau hanya semu. Pemilik sepasang mata yang teduh, membuat jantungnya berdetak lebih cepat. Dan terus mengumumkan rasa syukur atas ciptaan indah Sang Maha Kuasa. Taufiq jatuh cinta pertama kali. Hingga sebait janji dengan Tuhannya diucapkan, bahwa Taufiq mencintai Lia. Aku tak tahu siapa yang ada dalam hatiku, aku tak mau terburu-buru, biarlah Allah yang akan menjadi pembimbing bagi hamba seperti aku dalam menemukan sang bidadari, andai bisa, kamulah bidadari itu, tapi aku tidak tahu, karena semua telah diukir dalam kanvas takdir, lauhulmahfudz. *** Pagi itu, langit biru yang terang sontak berubah gelap, saat kendaraan yang dikendarai Taufiq menabrak sebuah pohon, saat ia menghindari penyeberang jalan. Kecelakaan yang kedua kalinya ini membuat Hanif kembali tak sadarkan diri selama 4 hari. “Taufiq, kamu sudah sadar?” tanya Lia dengan khawatir “Taufiq? Aku bukan Taufiq, Aku Rahman, maaf, kamu siapa?” “Taufiq, ini aku Lia” air mata Lia mulai menghiasi matanya. Di saat kisah cinta yang baru saja dimulai, ingatan Taufiq kembali hadir. Kembalinya ingatan Taufiq harus dibayar mahal dengan hilangnya memori kisah hidup barunya itu. Namun dia masih teringat dengan sosok wanita dengan mata itu, dia melihat air mata Lia, teringat janji yang ia lantunkan kepada Tuhannya, bahwa ia mencintai wanita itu. Keadaan ini membuat Taufiq berada dalam suasana yang sangat membingungkan. Pilihan antara harus menjalani amanat dan perintah dari orangtuanya untuk menikahi Neng Nadhil dan menjalani hari-hari indah saat bersama Lia dan keluarga barunya. Pilihan diantara Restu dan Janji. *** Tiada yang tahu taqdir tuhan, setelah lulus meneruskan sekolah, Lia harus pergi untuk kembali ke daerah asalnya. Menambah rasa sakit dalam hatinya, terbuktilah nasehat pak Ahmad dulu. “Taufiq, maaf maksudku, Rahman, aku pamit pergi, terimakasih atas kenangan yang kau berikan, bukan maksudku meninggalkan dirimu karena sakit hatiku, namun aku harus kembali ke asalku” “Sepenuh maaf dariku, kedatanganku ke Kalimantan ini, atas perjodohan dari keluargaku yang harus aku wujudkan, Lia maaf” Bayangan tentang Lia pun belum juga dapat hilang dari benak Taufiq, entah kenapa air mata yang meleleh dari kelopak mata gadis itu membuat Taufiq membeku dalam ketakutan. Air mata Lia membuat Taufiq sadar bahwa Lia mencintainya. Namun Lia harus pergi meninggalkan dirinya, membawa rasa sakit dalam hati, membawanya pergi untuk selamanya. Hati kecil yang tengah sepi selalu berbisik dalam takut, membuat hatiku gulana memilih Restu atau Janji. *** Tiba saatnya ia bertemu dengan jodohnya, ia berangkat menuju Banjarmasin untuk bertemu dengan bidadarinya, bidadari yang telah dipilih dan direstui oleh keluarganya. Berbekal keyakinan dalam hati, tawakkal, dan kepasrahan, serta berserah diri kepada Sang Pemilik Jagad Raya, Taufiq menuju ke rumah Kiai Yusuf, ayah dari Neng Nadhil, wanita yang dijodohkan keluarganya. Disinilah kepasrahan Taufiq dalam teka-teki cintanya memuncak, teka-teki Di Dalam Restu dan Janji, siapa bidadari yang akan mendampingi hidupnya kelak. Bergetar hati Taufiq saat pandangannya beradu dengan calon bidadarinya yang akan menjadi pelengkap separuh imannya. Bibirnya membisu bahagia, hatinya tak berhenti bertasbih. Seakan mimpi, pandangan Taufiq masih terpaku pada sosok anggun nan bersinar wajahnya. “Kamu? Kamu bidadari milikku?” Air mata yang kembali menetes dari wajah cantik itu membuat ingatannya serontak mundur mencari nama gadis bermata indah “NadhilLia Resty Jasmiena”. Gadis yang dicintainya, ternyata gadis yang dijodohkan keluarganya. Neng Nadhil adalah Lia, NadhilLia Resty Jasmiena. Dan kini Taufiq mendapatkan Restu dalam Janji, Janji dalam Restu. Di dalam Restu dan Janji, Kaulah bidadari itu. *** “Saat Kucoba menepis bayangmu aku tak bisa, kamu adalah kenangan terindah bersama waktu. Dan biarlah aku bermain bersama rindu ini, rindu yang akan kubawa ke surga nanti. Lalu kupersembahkan kepadamu, sebagai mahkota berbalut permata” “Cinta yang agung adalah ketika kau menitihkan air mata dan masih peduli dengannya, adalah ketika dia tak memperdulikanmu, namun kau masih menunggunya dengan setia, adalah ketika dia mulai mencintai orang lain dan kau masih bisa tersenyum, sembari berkata “Aku turut bahagia untukmu”. (Kahlil Gibran) “Apabila cintamu tak berhasil, bebaskan dirimu, biarkan hatimu kembali melebarkan sayapnya dan terbang ke alam bebas lagi, ingatlah bahwa kau akan menemukan cinta dan kehilangannya, tapi ketika cinta itu mati, maka kamu tidak perlu mati bersamanya. Orang yang kuat bukan mereka yang selalu menang, melainkan mereka yang tetap tegar ketika mereka jatuh” (Kahlil Gibran)
  22. cinta_segiempat

    Kepada Wanita yang Setia Menunggu Hujan

    Kemarau ini sudah terlalu panjang, walau kalender musim sudah puas kita pasang untuk berganti. Kamu, dalam hatimu dan segala perasaan yang telah bercampur pengalaman di setiap musim berganti adalah satu wujud kesetiaan yang teramat panjang untuk aku ceritakan. Tapi lelaki mana yang bisa menolak sebuah kesetiaan? Lelaki mana yang tidak mau mendapatkan itu dari wanitanya? Lima tahun telah berlalu, sejak kali terakhir hujan menemukan langkahmu. Selanjutnya adalah kemarau yang berkepanjangan. Dan kamu masih setia; untuk percaya hujan akan kembali datang dan melepas segala gerah, segala kering, segala haus, segala kerinduan akan kesejukan yang kamu sudah mulai lupa seperti apa rasa dan wujudnya. Sedang hujan, aku tahu dia lupa di mana dan kapan waktu yang tepat melakukan perjumpaan denganmu. Tapi doa dan harapmu, tidak satu orangpun ragu. Terkadang aku lelah, menjadi saksi sejarah hidupmu. Hanya hujan yang kamu tunggu. Bukankah kemarau ini telah berkali mencoba membakarmu? Tapi yang lembut dalam hatimu itu selalu menyediakan sumber air yang tidak pernah habis mencipta harapan akan datangnya hujan. Sudah berapa kali aku memintamu segera pindah, mungkin di lain tempat hujan telah turun. Tapi kamu selalu menolak, katamu sebuah penantian panjang adalah laku hidup jika ingin mendapatkan siraman hujan. Tapi apa harus selama ini? Aku kalah, tentu saja oleh sabarmu. Berkali aku kibarkan bendera tanda menyerah, lalu kamu diam-diam memapahku kembali berdiri, untuk kemudian percaya hujan tidak akan lama lagi. Tapi hujan seperti apa yang kamu tunggu? Kalender sudah berganti, dan hujan di hatimu tidak juga hadir menemani. Ketika akhirnya segala doa dan harapmu dalam setiap rapal mantra dan keyakinan laku hidupmu memberikan sebuah kabar bahwa hujan akan segera datang, aku hanya bisa diam. Bukan sebab aku tidak percaya, lebih dari itu aku sangat berterima kasih, tanpamu mungkin aku sudah lebih dahulu hilang dan kering bersama kemarau yang tidak berkesudahan ini. "September selalu memulai hujan, percayalah hujan akan turun untuk aku juga untuk kamu," begitu ucapmu. Aku diam, dalam diam aku berdoa mensyukuri tiap hari dalam putaran tahun yang telah berganti musim berulang kali. Beruntungnya aku memiliki kamu yang setia menanti ketika hujan turun dan janji suci siap untuk diikrar dan diamini sebagai wujud segala angan menjadi ingin dalam ikatan suci. Terima kasih, telah bersamaku melewati kemarau panjang, kemarau yang tidak berkesudahan, yang darimu aku percaya lima purnama tersisa akan bisa kita lewati dan hujan akan segera menghampiri. Terima kasih untukmu yang percaya bahwa akan ada sebuah kalimat suci yang akan menyatukan dua hati dalam satu lindungan restu Tuhan. Terima kasih untukmu yang telah mengajari aku bagaimana menjalani proses hidup yang singkat demi kehidupan yang lebih panjang. Terima kasih, telah setia menunggu hujan untukku. Seperti yakinmu, melewati purnama kelima untuk sampai pada bulan September hujan akan datang. Ketika itu, percayalah aku benar ingin menjadi hujan untuk segala kemarau di hidupmu. Saat hujan datang, percayalah akan ada aku di sisimu, yang selalu menenangkan kekeringan hidupmu, dan mengecup keningmu sebelum kamu terlelap bersama hujan. Seperti segala doa dan harap yang menahun telah kamu tanamkan untukku, saat menunggu hujan. Wanti, begitu aku memanggilmu saat menunggu hujan.
  23. cinta_segiempat

    Gak Ada Pasangan Yang Sempurna

    Mungkin kamu berpikir cinta sejati hanya dirasakan oleh pasangan kalau hubungan udah kakek-nenek. Kisah cinta mereka hingga lanjut usia yang masih terjalin ini sebenarnya nggak bisa disebut cinta sejati lho. Karena sesungguhnya cinta sejati itu nggak pernah ada. Yang ada hanyalah dua orang yang saling mencintai, yang tetap mau percaya satu sama lain, dan membuat cinta mereka tetap berpendar. Dalam menjalin hubungan, setiap pasangan pasti punya beragam hal yang menjadi cobaan. Mulai dari yang skala kecil hingga besar pernah dialami. Hal tersebut tentu menguji kesetiaan, kesabaran, dan kepercayaan pasangan. Itulah mengapa cinta sejati nggak pernah ada. Namun meski begitu, 6 hal ini sudah membuktikan dan membuatmu percaya bahwa cinta memang selalu ada. 1. Jangan terlena dengan cerita cinta dalam drama. Kamu harus sadar setiap pasangan nggak ada yang sempurna Penyakit kalau kebanyakan nonton drama yaitu kamu jadi punya kisah cinta favorit. Kalau udah begini nih biasanya kisah cinta tersebut jadi sering kamu khayalkan. Nah kalau kelamaan jadi bahaya lho karena bisa buat kamu kebablasan. Kamu jadi inginnya punya pasangan yang sempurna, mau nggak mau saat menjalani hubungan banyak hal yang dirimu minta kepada pasangan. Makanya, jangan terlena dengan cerita yang dijual dalam drama-drama. Kamu harus sadar kalau pasangan nggak ada yang sempurna. Kamu dan dia harus tetap saling menerima. 2. Bukan lagi saling egois mendahulukan kepentingan sendiri. Yang ada saling mengerti dengan membicarakan secara baik-baik Sikap egois yang dimiliki setiap pasangan itu pasti ada. Hal ini seringkali menjadi pertengkaran bagi keduanya. Nggak heran kalau cek-cok dalam hubungan sering terjadi. Oleh karena itu, sebaiknya coba deh bicarakan kebutuhan masing-masing secara baik-baik. Kalian harus saling mengerti agar menemukan titik temu mana keperluan yang didahulukan. 3. Saat hubungan sedang berjarak, kamu tetap merasa nyaman menjalani. Bukan kesal dan marah-marah sendiri Dalam menjalani hubungan, mustahil kayaknya kalau kamu nggak mengalami hubungan jarak jauh. Meski hanya sebentar, pasti pernah deh kamu rasakan dan jadi galau berkepanjangan. Tapi ketika kamu sudah sampai pada titik penerimaan, dimana kamu tak lagi merasa kesal ketika jauh dari pasangan, maka kedewasaan hubungan kalian tak perlu diragukan lagi. 4. Cinta dan sayang pasti selalu ada, tapi nggak mesti waktu kalian dihabiskan untuk berdua. Kalian memang saling sayang dan cinta, tapi nggak mesti selalu berdua dong. Sebaliknya, waktu yang kalian miliki diisi dengan aktivitas masing-masing. Dengan begitu kalian akan merasakan seperti apa kasih yang sesungguhnya. Karena yang namanya perasaan, nggak selalu harus berdua. Meski sebagai pasangan, kalian tetap menghargai privasi masing-masing. Tanpa pernah mengekang satu sama lain mengerjakan urusan pribadi. 5. Cemburu yang menggugah kesal dalam hati bikin nggak nyaman. Tapi kamu dan dia sebisa mungkin menetralisir rasa itu agar keharmonisan tetap terjaga Teman-teman yang mengelilinginya bikin kamu gerah melihatnya. Nggak jarang hal itu bikin kamu kesal sendiri lho. Lambat laun cemburu pun menyelimuti dan bikin hubungan jadi memanas. Demi menciptakan hubungan yang harmonis, kamu perlu menteralisir rasa itu. Toh cemburu tak selalu tanda cinta, tapi terkadang hanya rasa kepercayaan diri yang berkurang. 6. Meski maut telah memisahkan, namun cinta tetap ada meski dia telah pergi Yup! Hal satu ini bisa kamu dapatkan dari kisah cinta Pak Habibie – (Alm.) Bu Ainun. Kisah dua insan yang kisahnya menjadi salah satu relationship goals kamu ini bikin gregetan kalau mengingatnya. Bu Ainun yang setia mendampingi Pak Habibie dalam segala hal dilakukannya demi yang terbaik. Begitu pun dengan Pak Habibie – yang tetap setia kepada Bu Ainun. Kamu bisa lihat beliau yang selalu menyekar ke makam almarhum istri tersayang dan menjaga makamnya dengan baik. Cinta abadi yaitu yang selalu ada walau dia telah pergi.
  24. ucapan-selamat-idulfitri-1439-h_20180613_171521.jpg

  25. Brenda_Christie

    Joko

    ini spam bukan ndral?
  26. Selamat hari raya idul fitri jendral dan jendralwati. Mohon maaf lahir dan batin. 🙏

    Ramadhan Malline.jpg

    1. Show previous comments  4 more
    2. liasucia
    3. Jesica_pendong

      Jesica_pendong

      hei mimin,

      selamat hari lebaran juga. 😉

    4. Jennifer_Wirayang

      Jennifer_Wirayang

      woah mimin berkerudung skrng, kok jd cantik min? 😋

  27. Earlier
  28. dicky123

    "Try! Try! Try!" - Single Terbarunya Syahravi

    Penyanyi Syahravi kembali merilis singel terbaru, Try! Try! Try!. Lagu ini merupakan karya lanjutan dari album mini Kita yang dikeluarkan pada 2015 lalu. “Try! Try! Try!” - single terbarunya Syahravi Perkenalkan solois muda dari Locker Media, Syahravi. Setelah mirilis beberapa single dan mini album berjudul ‘Kita’ pada tahun 2015, kini Syahravi siap memantapkan jejaknya di industri musik melalui single terbarunya berjudul ‘Try! Try! Try!’. Pesan dari lagu tersebut Sebuah lagu pop elektronik yang ditulis oleh dirinya dan diproduseri oleh Randy Danishta, yang merupakan personel dari grup musik Nidji (sekarang dikenal dengan NEV+). Bercerita tentang sebuah usaha untuk membuktikan cinta dan kepedulian terhadap seseorang. Untuk konteks yang lebih luas maksud single ini, Ia menyampaikan, ‘Kita gagal bila kita berhenti mencoba. Mimpi itu akan menjadi kenyataan, dan kita harus selalu memberikan usaha terbaik untuk menggapainya’.
  1. Muat aktifitas lainnya
×

Important Information

Kami menggunakan cookie. Mereka tidak menakutkan, tetapi beberapa orang berpikir mereka. Terms of Use & Kebijakan Privasi