Jump to content

All Activity

This stream auto-updates

  1. Last week
  2. Observance To hide observances, go to Google Calendar Settings > Holidays in Indonesia
  3. Public holiday
  4. Earlier
  5. Rockstar Games baru saja mengumumkan untuk merilis Grand Theft Auto: The Trilogy - The Definitive Edition untuk konsol dan PC pada akhir tahun ini. Adapun Grand Theft Auto: The Trilogy ini berisi tiga gim lawas GTA, seperti Grand Theft Auto III, Grand Theft Auto Vice City, dan Grand Theft Auto San Andreas. Rencananya, gim remaster ini akan menyambangi konsol PS4, PS5, Xbox Series X|S, Xbox One, dan Nintendo Switch. Untuk PC, GTA Trilogy Definitive Edition ini akan tersedia lewat aplikasi Rockstar Launcher. Meski sudah diumumkan, pengembang masih belum mengungkap tanggal pasti kapan gim ini dirilis. Menariknya, gim ini tidak hanya tersedia untuk platform konsol dan PC saja. Dikutip dari GSM Arena, Senin (11/10/2021), GTA: The Trilogy ini juga akan tersedia untuk iOS dan Android. Sayang, Rockstar juga masih sungkan mengungkap kapan gim versi mobile ini dirilis. Mereka hanya mangatakan, GTA: The Trilogy meluncur pertengahan tahun 2022. GTA: The Trilogy Alami Peningkatan Seperti gim remaster lainnya, The Grand Theft Auto: The Trilogy – The Definitive Edition akan mendapatkan peningkatan dalam berbagai hal. Ketiga seri akan mendapatkan peningkatan dalam hal grafis, dan gameplay di masing-masing gim, sementara tetap mempertahankan "rasa" klasik dan original dari ketiga gim. Rencananya, The Definitive Edition ini akan mengantikan ketiga seri original bersamaan dengan Rockstar mulai menghapus gim tersebut dari store mereka.
  6. Pertanyaan bagaimana kelanjutan serial drama Korea Selatan (drakor) Squid Game masih banyak jadi pertanyaan penikmatnya. Masih banyak yang berharap Squid Game season 2 akan rilis untuk melanjutkan kisah yang masih menggantung. Serial drakor Squid Game yang tayang di Netflix sempat menjadi serial nomor satu di semua negara. Serial dengan genre survival ini mendapatkan tempat di hati penonton. Karena sukses, penonton pun bertanya kapan akan ada Squid Game season 2. Dikutip dari Allkpop, sutradara Hwang Dong Hyuk buka suara mengenai kemungkinan season 2. Namun, orang-orang yang ada di balik permainan Squid Game. Misalnya tokoh frontman dan juga tokoh polisi. "Aku sengaja membuat beberapa hal dalam cerita menjadi terbuka untuk diskusi. Hal itu agar dapat terjawab di season 2 nanti jika akan dibuat," katanya. Hwang Dong Hyuk mengatakan pada Squid Game season 2 nanti, ia ingin membongkar mengenai masa lalu frontman dan juga Junho. "Serta pria yang membawa ddakji dengan kopernya di bagian awal cerita, Banyak hal yang belum dijelaskan di season 1. Jadi aku ingin menjelaskannya di season 2," terangnya. Meski begitu, Hwang Dong Hyuk mengatakan tidak akan mengerjakan ini sendirian. Karena stres yang dirasakannya saat menggarap season 1, dirinya ingin berbagi pengerjaan Squid Game 2 dengan filmaker lainnya. "Karena aku mengerjakan penulisan, produksi dan menyutradarai sendiri dan itu berat Maka aku sangat khawatir mengenai season 2," kata dia. "Saat ini memang belum ada konfirmasi apapun. Tapi aku menjadi tertarik karena semua orang membicarakan mengenai season 2", tutupnya. Ada berbagai hal yang 'kentang' alias kena tanggung di serial Squid Game. Di antaranya adalah: siapa dalang di balik semua ini? Apakah Hwang Jun Ho di polisi yang menyamar masih hidup? Ada apa dengan makeover Seong Gi Hun? Siapakah Gong Yoo, sang salesman yang merekrut pemain? Bagaimana para staff direkrut? Apakah mereka mendapat hadiah juga?
  7. Seorang petugas kesehatan memegang vaksin COVID-19 Anhui Zhifei di Shenyang, di Provinsi Liaoning timur laut China pada 21 Mei 2021. (Foto: AFP) Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menyetujui penggunaan vaksin COVID-19 yang diproduksi oleh unit Produk Biologis Chongqing Zhifei China untuk penggunaan darurat. Vaksin tersebut merupakan vaksin China keempat yang diizinkan untuk digunakan di Indonesia. Kepala BPOM Penny Lukito mengatakan, vaksin rekombinan protein yang akan diberikan dalam tiga dosis dengan jeda masing-masing selama tiga bulan ini memiliki tingkat efikasi sekitar 81 persen, dengan efikasi 77,47 persen terhadap varian Delta, lebih rendah dibandingkan varian lainnya, ujarnya. Reuters melaporkan uji coba vaksin Zifivax dilakukan di China, Uzbekistan, Pakistan, Ekuador, dan Indonesia, yang melibatkan 28.000 orang, dengan kemanjuran berdasarkan tingkat keparahan. Indonesia juga telah menyetujui penggunaan vaksin Sinovac, Sinopharm, dan CanSino. Indonesia, yang beberapa waktu lalu sempat menjadi episentrum COVID-19 di Asia, kini telah memvaksinasi seperlima dari populasinya yang berjumlah sekitar 270 juta orang. Indonesia telah mencatat lebih dari 4,2 juta kasus virus corona dengan 142.000 kematian secara keseluruhan, tetapi rata-rata infeksi harian telah turun secara dramatis sejak puncak krisisnya pada Juli. Mahendra Suhardono, Kepala Industri Biofarmasi Jakarta yang bermitra dengan Zhifei, mengatakan vaksin Zifivax bisa diproduksi di Indonesia tahun ini. Zhifei dan unitnya, Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical, tidak segera menanggapi permintaan komentar. [ah/rs]
  8. Tulus tidaknya seseorang bisa kita lihat dari caranya berbicara, cara dia meperlakukanmu, termasuk perasaannya kepadamu. Hal-hal yang berkaitan dengan ketulusan mungkin juga bisa kita rasakan langsung dari chemistry yang terjalin. Namun, ada beberapa tanda yang bisa menunjukkan apakah seorang benar-benar tulus atau tidak. Apalagi buat kamu yang suka masih ragu dengan pasanganmu. 1. Selalu menatapmu Pria yang mencintaimu dengan tulus tak akan mengalihkan pandangannya dari wajahmu. Walaupun berada di tempat yang ramai sekalipun. Matanya hanya akan tertuju padamu saat berbicara bahkan saat tidak sedang berbicara sekalipun. 2. Bangga memilikimu Pria yang tulus juga akan merasa sangat bangga memilikimu. Dia akan memberikan pujian yang tulus, tidak menuntutmu harus ini dan itu, juga tidak akan membanding-bandingkanmu dengan orang lain. Pria yang tulus akan menerima kamu apa adanya, meski dia tahu kamu juga punya kekurangan. 3. Mengenalkanmu ke orang terdekatnya Pria yang benar-benar mencintaimu tidak akan menyembunyikan keberadadaanmu, khususnya pada orang terdekatnya. Dia akan berusaha membuatmu merasa dekat dengan keluarganya. Begitu juga sebaliknya, dia juga ingin menjalin hubungan dengan orang terdekatmu. 4. Dia mau berbagi rahasia Saat dia mau terbuka pada kita, kita berarti sudah jadi orang yang terpercaya untuknya. Itu berarti dia sudah menumbuhkan rasa nyamannya di depan kita. Dan dia percaya bahwa kita selalu bisa jadi orang terbaik yang bisa diandalkan dalam keadaan apa pun. 5. Rela berkorban Cinta sejati perlu dibuktikan dengan pengorbanan. Bila dia sering berkorban untukmu, pertahankan dia, pria yang rela berkorban demi perempuan yang dicintainya berarti cintanya memang benar-benar tulus. Kalau semua tanda-tanda ini ada dalam diri pasanganmu, maka ia layak dipertahankan!
  9. Perempuan adalah sosok yang tidak bisa ditebak dengan mudah apa maunya, bagaimana sikapnya dan seperti apa isi hatinya. Perempuan dikenal sebagai sosok yang lemah lembut, mudah tersentuh dan sangat melibatkan perasaan untuk segala sesuatunya. Dibandingkan pria yang lebih mengedapankan logika, perempuan sangat mengedepankan perasaanya. Ada beberapa hal menarik dan unik dalam diri perempuan Sahabat Fimela. Tidak jarang kita mendapati perempuan dengan sikap dan segala perbuatannya sangat tangguh. Ia bisa bekerja banting tulang seharian penuh. Ia juga bisa menyeimbangkan pekerjaan dan keluarganya dengan sangat baik. Mungkin, kita juga akan mendapati perempuan yang kaya prestasi, hidupnya nyaris bahagia setiap hari dan tidak pernah terlihat meneteskan air matanya. Perempuan Sosok yang Mudah Tersentuh Namun, apakah perempuan setangguh itu? Apakah semua perempuan bisa melakukan segala sesuatunya seorang diri? Penelitian yang dilakukan para ahli di Binghamton University dan University College London menyebutkan jika perempuan bisa saja terlihat sangat tangguh. Tapi kenyataannya, perempuan adalah sosok yang diciptakan memiliki perasaan mudah tersentuh dan rapuh. Untuk urusan hati, perempuan sangat mudah tersakiti. Jadi, penting bagi semua orang khususnya para pria memperlakukan perasaan perempuan dengan sangat hati-hati. Meski mudah tersentuh, rapuh dan tersakiti, rupanya perempuan tak selemah atau serapuh itu. Patah hati atau putus cinta yang dialami perempuan justru menguatkan perasaannya. Melansir dari laman binghamton.edu, patah hati dan putus cinta yang dialami perempuan, itu semua justru meningkatkan performanya menjadi sosok yang lebih tangguh ke depannya. Tak seperti pria yang cenderung galau berlebih selepas putus cinta, perlahan tapi pasti perempuan justru akan lebih mudah mengobati rasa sakit hatinya. Perempuan juga dipercaya sebagai sosok yang pandai menyimpan perasaannya. Sedang bahagia atau kecewa, perempuan bisa dengan mudah bersikap biasa saja, seolah tak pernah merasakan apa-apa.
  10. Jamaah umrah asal Indonesia yang berhasil memasuki Makkah sebelum pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara pemberian visa umrah, di Makkah, Arab Saudi, 5 Maret 2020. (Foto: AP) Pemerintah Arab Saudi telah membuka kembali umrah bagi warga negara Indonesia. Pemberitahuan tersebut disampaikan melalui nota diplomatik Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta. Kabar baik tentang dimulai kembalinya umrah bagi jemaah Indonesia oleh pemerintah Arab Saudi itu disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan pers secara virtual dari Jakarta, Sabtu (9/10). Retno menjelaskan keputusan dari pemerintah Saudi ini keluar setelah terjadi pembahasan yang cukup lama pada level menteri luar negeri, menteri kesehatan dan menteri agama. Selain itu, Saudi juga melihat tingkat penularan virus COVID-19 di Indonesia makin menurun. Menurutnya pemberitahuan tersebut disampaikan melalui nota diplomatik Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta. "Kedutaan (Saudi di Jakarta) telah menerima informasi dari pihak berkompeten di kerajaan Arab Saudi perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umrah bagi jemaah umrah Indonesia," kata Retno. Para jemaah umrah di luar Masjidil Haram menjelang Ramadan Makkah, Arab Saudi, 13 April 2021. Retno menambahkan sebuah komite khusus di Arab Saudi sedang bekerja untuk mengatasi segala hambatan yang menghalangi jemaah dari Indonesia untuk melaksanakan umrah. Dalam nota diplomatik itu, lanjut Retno, juga disebutkan kedua pihak dalam tahap akhir pembahasan mengenai pertukaran link teknis dengan Indonesia yang menjelaskan informasi para pengunjung berkaitan dengan vaksin dan akan memfasilitasi proses masuknya jemaah dari Indonesia. "Nota diplomatik juga menyebutkan mempertimbangkan untuk menetapkan masa periode karantina selama lima hari bagi para jemaah umrah yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan," ujar Retno. Retno mengatakan keluarnya izin umrah bagi jemaah dari Indonesia itu akan ditindaklanjuti oleh pemerintah melalui pembahasan secara lebih detail mengenai teknis pelaksanaannya. Kementerian Luar Negeri akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan serta dengan otoritas terkait di Arab Saudi tentang pelaksanaan kebijakan baru ini. Pemerintah Indonesia lewat Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan telah menyampaikan permintaan agar larangan umrah bagi jemaah Indonesia dapat dicabut. Permintaan itu disampaikan di sela-sela sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York, September lalu. Meskipun umrah sudah dapat dimulai kembali, masih belum ada kepastian kapan hal ini dapat terlaksana.
  11. Leilani Lutali, perempuan yang ditolak melakukan transplantasi ginjal karena enggan divaksin. (Foto: AP/Thomas Peipert) Ketika seorang perempuan Colorado mendapati bahwa rumah sakit di mana ia dirawat tidak mengijinkan operasi transplantasi ginjal kecuali jika ia divaksinasi vaksin COVID-19, ia dihadapkan pada keputusan sulit yang menghadapkan kebutuhan kesehatannya dengan keyakinan agama. Leilani Lutali, yang dilahirkan sebagai seorang Kristen, sangat taat pada keyakinannya. Meskipun ia memiliki penyakit ginjal stadium lima yang membuatnya berisiko meninggal jika tidak segera mendapat ginjal baru, perempuan berusia 56 tahun itu mengatakan ia tidak setuju divaksinasi karena adanya peran sel janin dalam pengembangan vaksin itu. Beberapa dekade lalu sebagian jenis sel janin yang ada menggunakan jaringan janin dan kerap digunakan luas dalam dunia medis. Tetapi saat ini tidak lagi menggunakan jaringan sel yang asli, tetapi kloning. UCHealth mengharuskan penerima transplantasi untuk divaksinasi vaksin COVID-19 karena penerima organ baru itu memiliki risiko yang signifikan tertular virus corona, dirawat di rumah sakit dan meninggal karena virus mematikan itu. Dokter mengatakan donor yang tidak divaksinasi juga dapat menularkan COVID-19 kepada penerima organ, meskipun dalam uji medis pendahuluan ia dinyatakan negatif COVID-19. Saat terbaik untuk divaksinasi vaksin COVID-19 adalah sebelum transplantasi organ. Jika waktu memungkinkan, pasien seharusnya juga mendapat vaksin dosis kedua yang tersedia setidaknya beberapa minggu sebelum operasi transplantasi “sehingga tubuhnya memiliki respon imun yang baik atas vaksin,” ujar Dr. Deepali Kumar, Presiden Masyarakat Transplantasi Amerika AST yang juga dokter penyakit menular. Sebagian besar ajaran agama tidak keberatan dengan vaksin COVID-19. Tetapi kehadiran vaksin memang telah memicu perdebatan sengit sejak lama tentang peran sel yang berasal dari jaringan janin – secara langsung maupun tidak langsung – dalam penelitian dan pengembangan berbagai vaksin dan obat-obatan. Associated Press melaporkan bagi Lutali, yang bekerja di perusahaan teknologi, tampaknya rumah sakit di mana ia dirawat begitu ngotot ingin menyelamatkannya dari COVID-19 sehingga rela membiarkannya mati dengan menghalangi operasi transplantasinya. Lutali, yang bukan anggota denominasi agama, mengatakan keyakinannya akan kehidupan setelah kematian membuatnya tidak takut hidup dengan bayang-bayang kematian. Kini ia sedang mencari rumah sakit lain, mungkin di Texas atau Florida, di mana ia dapat menjalani operasi transplantasi tanpa perlu divaksinasi vaksin COVID-19. [em/jm]
  12. Mustang Panda adalah sebuah kelompok peretas Tiongkok yang dicurigai berusaha menyusup ke dalam sistem komputer pemerintah Indonesia pada bulan lalu. Pelanggaran yang dilaporkan ini, yang telah dibantah oleh pihak Indonesia sendiri, sesuai dengan pola kampanye mata-mata di dunia maya yang baru-baru ini dilakukan oleh China. Seorang pakar mengatakan dalam satu tahun terakhir ini, serangan-serangan seperti ini semakin sering terjadi, dan dilakukan dengan tujuan untuk mencari data intelijen terkait isu sosial, ekonomi, dan politik dari negara-negara Asia dan negara-negara lain di seluruh dunia. “Ada pelonjakan,” kata Ben Read, direktur analisis mata-mata dunia maya di Mandiant, sebuah perusahaan keamanan dunia maya, dalam wawancara dengan VOA. "Operasi siber yang dilancarkan oleh China ini merupakan kampanye yang cukup luas dan tidak dibatasi sama sekali,” tambahnya. Selama bertahun-tahun China dianggap sebagai musuh utama Amerika Serikat dalam dunia dunia maya. Negara tersebut dianggap memiliki tim-tim yang terkoordinir baik di dalam maupun di luar pemerintahan yang dapat melakukan kampanye memata-matai di dunia maya yang “berskala besar dan tidak membeda-bedakan,” demikian kata Josephine Wolff, seorang profesor kebijakan keamanan siber di Tufts University. Peretasan pada tahun 2014-2015 terhadap Kantor Manajemen Personalia Pemerintah Federal OPM Amerika di mana catatan personil 22 juta pekerja federal terancam terganggu merupakan contoh dari “penggalian besar-besaran” yang dilakukan oleh China, kata Wolff. Setelah ada persetujuan keamanan dunia maya antara Presiden Obama dan Presiden Xi Jinping pada tahun 2015 lalu, menurut para pakar, serangan dari China telah berkurang, paling tidak terhadap dunia Barat. (jm/em)
  13. Seorang petugas kesehatan tampak membersihkan tangannya setelah mengambil sampel tes usap (swab test) dari seorang pasien di pusat tes COVID-19 di Hyderabad, India, pada 11 Oktober 2020. (Foto: AP/Mahesh Kumar A.) Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada Jumat (9/10) mengumumkan bahwa pihaknya telah menetapkan dan merilis definisi klinis standar pertama dari gejala yang umum dikenal sebagai “long COVID”. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pengobatan untuk para penderitanya. Berbicara secara virtual kepada reporter dari markas besar WHO di Jenewa, Kepala Manajemen Klinis WHO Janet Diaz mengatakan definisi ini disetujui setelah melakukan konsultasi dengan para petugas kesehatan di seluruh dunia. Ia mengatakan, kondisi di mana gejala dari sakit yang diderita tetap bertahan melampaui apa yang dialami oleh pasien lainnya, biasanya disebut sebagai “post-COVID,” salah satu dari banyak istilah mirip yang dipakai. Gejala ini terjadi pada orang yang sudah terkonfirmasi atau kemungkinan mengidap infeksi virus corona baru, yang “biasanya terjadi tiga bulan sejak mengidap COVID-19 dengan gejala yang berlangsung paling sedikit dua bulan, dan gejala tersebut tidak bisa dijelaskan oleh diagnosa alternatif.” Gejalanya mencakup “keletihan, kesulitan bernapas, disfungsi kognitif,” kata Diaz, tetapi ada juga gejala lainnya, yang pada umumnya punya dampak merugikan pada kesehatan sehari-hari. Diaz menjelaskan bahwa sampai sekarang, kurangnya kejelasan di kalangan para petugas medis tentang kondisi ini telah mempersulit usaha memajukan penelitian dan pengobatannya. (jm/pp)
  14. deborahartonon

    Squid Game

  15. Halo salam kenaaaal semuanya

  16. Penyedia layanan internet Korea Selatan, SK Broadband, telah menggugat Netflix untuk membayar biaya dari peningkatan traffic dan biaya pemeliharaan karena lonjakan penonton imbas kepopuleran serial Squid Game. Langkah ini dilakukan setelah pengadilan Seoul mengatakan Netflix harus "secara wajar" memberikan sesuatu sebagai imbalan kepada penyedia layanan internet untuk penggunaan jaringan. Peningkatan ini terjadi karena banyak pelanggan SK Broadband yang mengakses Netflix untuk nonton Squid Game dan serial lain berjudul D.P. Dalam dokumen pengadilan, SK Broadband memperkirakan biaya penggunaan jaringan yang harus dibayar Netflix adalah sekitar 27,2 miliar won ($ 22,9 juta) pada tahun 2020. Reuters melaporkan, pihak Netflix telah mengajukan banding atas putusan tersebut. Prosesnya baru akan dimulai pada akhir Desember. Salah satu penghasil traffic terbesar di Korea Selatan Kasus ini sebenarnya merupakan hal lama. Tahun 2020, Netflix menilai pihaknya tak perlu membayar biaya penggunaan jaringan ke SK Broadband. Alasannya karena Netflix hanya penyedia konten dan konten tersebut dapat diakses pengguna. Tetapi, Pengadilan Distrik Pusat Seoul menentang Netflix karena layanan mereka adalah layanan yang diberikan dengan biaya, sehingga masuk akal bagi Netflix untuk memberikan imbalan atasnya. Apalagi, mereka masuk bersama Google-YouTube sebagai 10 penghasil traffic teratas di Korea Selatan. Meski begitu, SK Broadband mengatakan kedua perusahaan itu tidak membayar biaya penggunaan jaringan. Padahal perusahaan teknologi lainnya seperti Amazon, Apple, dan Facebook, turut membayar biayanya. Kasus ini turut dibahas di parlemen Korea Selatan. Mereka menentang penyedia konten yang tidak membayar biaya penggunaan jaringan meskipun menghasilkan traffic besar. Netflix sendiri mengatakan akan meninjau klaim SK Broadband, mencari dialog, dan mencari cara untuk kerja sama memastikan kebutuhan pelanggan tidak terpengaruh.
  17. Ngobas

    Idul Adha

    Public holiday
  18. Public holiday
  19. Public holiday
  20. Ngobas

    Idul Fitri

    Public holiday
  21. Public holiday
  22. Ngobas

    Idul Fitri Holiday

    Public holiday
  23. Pemerintah telah meluncurkan meterai elektronik (e-meterai) mulai Jumat (1/10). Namun, penggunaannya belum diberlakukan secara luas alias terbatas. Uji coba akan dilakukan pada dokumen elektronik yang diterbitkan oleh lima BUMN. Mereka adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN, dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Nantinya, para perusahaan bisa mengakses meterai elektronik untuk dibubuhkan ke dokumen elektronik yang mereka terbitkan melalui portal e-meterai yang dimiliki oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan. Meterai elektronik menggunakan teknologi Digital Signature X.509 SHA 512 dan tiga fitur. Pertama, fitur keamanan, di mana 70 persen desain meterai elektronik merupakan barcode unik yang berbeda. Kedua, fitur kemudahan karena dapat dibaca (scan) menggunakan aplikasi, salah satunya Adobe Acrobat Reader DC. Ketiga, fitur validasi berupa pembuktian secara forensik oleh Perum Peruri untuk menjaga meterai dari tindakan pemalsuan. Lalu, bagaimana cara membubuhi meterai elektronik bila portal e-meterai sudah dibuka lebih luas? Berikut caranya: Buka portal e-meterai Klik 'Daftar di sini', isi data, lalu masukkan kode OTP yang diberikan melalui SMS untuk validasi Login di portal e-meterai dengan memasukkan email dan password yang telah didaftarkan Periksa kuota meterai elektronik di menu portal Jika kuota kosong, klik 'Pembelian' Bila sudah terbeli, klik 'Pembubuhan' Isi rincian data dokumen yang akan dibubuhi meterai elektronik, seperti tanggal, nomor dokumen, dan tipe dokumen Unggah dokumen yang akan dibubuhkan meterai elektronik Posisikan meterai elektronik pada dokumen sesuai posisi yang diinginkan dan klik 'Bubuhkan Meterai' dan klik 'Ya' Masukkan PIN yang sudah didaftarkan dan tunggu sampai proses pembubuhan selesai Jika sudah berhasil, dokumen dalam bentuk PDF bisa langsung diunduh dan dikirim ke email yang sudah didaftarkan Riwayat dokumen yang sudah dibubuhi meterai atau unduh ulang bisa diakses melalui menu di portal
  1. Load more activity
×
×
  • Create New...