Jump to content

Your World

  • entries
    50
  • comments
    52
  • views
    8,765

Contributors to this blog

INGENIOUS: Unravelling the World of Creative Business in Indonesia (Business Week 2017)

Business-week-2017.jpg

Dikenal sebagai acara tahunan terbesar jurusan manajemen, Business Week (BW) memiliki visi untuk menjadi wadah yang  efektif  dalam  meningkatkan kesadaran berbisnis. Dengan tema “INGENIOUS: Unravelling the World of Creative Business in Indonesia", Business Week bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat Indonesia khususnya kalangan muda untuk berwirausaha di Indonesia. Para peserta akan didorong untuk berpikir kreatif dan inovatif, terutama dalam menghadapi permasalahan bisnis yang dirangkai dalam sebuah simulasi.

Pada kesempatan kali ini, kami pun berharap Business Week dapat menjadi awakening bell bagi para peserta, sehingga mereka menyadari potensi pasar, terutama di Indonesia. Kemudian, memiliki modal untuk berkembang menjadi wirausahawan yang kreatif, dan dapat bersaing dalam rangka untuk mendorong iklim bisnis dan ekonomi di Indonesia.

Business Week 2017 memiliki 3 Sub- Events utama. Di antaranya adalah Creativity and Uniqueness Based on Idea Competition (CUBIC), Pelita Harapan Business Challenge (PHBC) dan terakhir, Business Talk Show (BTS).

1. Creativity and Uniqueness Based on Idea Competition (CUBIC)

CUBIC adalah sebuah kompetisi yang dikhususkan untuk siswa-siswi SMA. Ditujukan untuk mendorong para peserta agar berani dalam mengekspresikan kemampuan, keterampilan, serta ide bisnis yang inovatif dan kreatif. Ditujukan bagi siswa-siswi SMA, CUBIC dikemas dengan simulasi yang aktif dan menyenangkan.

Deskripsi Acara:

Untuk dapat menjadi peserta CUBIC, peserta harus melewati proses seleksi. Pertama, peserta diharuskan untuk membuat business plan sebagai persyaratan utama yang nantinya akan diseleksi oleh tim juri. Setelah melewati tahap seleksi, hanya 15 tim terbaik yang akan melanjutkan ke babak penyisihan di kampus Universitas Pelita Harapan. Pada hari pertama,ke 15 tim akan menghadapi tahap eliminasi dan 8 tim terpilih akan melanjutkan ke tahap akhir untuk memenangkan juara CUBIC 2017.

2. Pelita Harapan Business Challenge (PHBC)

PHBC adalah sebuah kompetisi yang dirangkai khusus untuk mahasiswa dan terbuka untuk seluruh Indonesia. Kompetisi ini diharapkan dapat menghasilkan peserta yang kaya akan pengetahuan bisnis, dimana pelaksanaannya dilaksanakan melalui rangkaian acara. Tiga tahap dalam kompetisi ini di antaranya ialah; 1) Preliminary case submission, 2) Business Race dan 3) Additional case challenge. Dimana, hanya 10 tim terpilih yang  dapat bersaing untuk memperebutkan Juara PHBC 2017.

Deskripisi Acara:

Pada tahap awal, mahasiswa diwajibkan untuk membentuk dalam sebuah kelompok yang terdiri dari 3 mahasiswa dan kemudian memecahkan kasus bisnis yang berhubungan dengan tema utama BW tahun ini : “INGENIOUS: UNRAVELING THE WORLD OF CREATIVE BUSINESS IN INDONESIA”. Para mahasiswa akan menggunakan pengetahuan bisnisnya untuk mengusulkan sebuah ide terbaik yang inovatif yang aplikatif dalam mengatasi masalah yang diberikan.

Pada tahap Business Race, hanya top 10 semifinalis yang lolos dari tahap awal akan turut serta. Event ini  menekankan penerapan bisnis melalui games dan challenges, dimana konsepnya terinspirasi dari acara TV yang sudah tidak asing lagi yaitu “The Amazing Race”. Business race akan menguji langsung penerapan berbagai macam inti manajemen bisnis, termasuk di dalamnya aspek finansial (finance), kewirausahaan (entrepreneur), manajemen sumber daya manusia (human resource management), dan pemasaran (marketing). Semua kasus bisnis tersebut akan mendorong para peserta untuk belajar, memilih, dan menerapkan keputusan secara kritis dengan mempertimbangkan segala sudut pandang, namun dalam jangka waktu yang singkat. Para peserta diwajibkan memecahkan berbagai macam masalah bisnis untuk maju ke tahap selanjutnya.

Penilaian akhir didasari oleh perolehan nilai yang telah diakumulasi untuk menentukan top 5 tim yang akan lanjut ke ronde akhir. Dalam ronde akhir, 5 tim tersebut akan menghadapi “one-day challenge” untuk memecahkan kasus bisnis secara on-the-spot and harus mempresentasikan proposal ataupun solusi tentang masalah tersebut.

3. Business Talk Show (BTS)

Dengan diselenggarakannya BTS, para mahasiswa manajemen diharapkan dapat terinspirasi dari pembicara yang berpengalaman di bidangnya. Mengusung tema “Seeing the Prospect of Creative Business in Indonesia, Business Talkshow akan mengundang pembicara yang telah berkontribusi dalam perubahan ekonomi Indonesia ataupun berperan dalam membangunnya. Pada akhir acara, para peserta diharapkan dapat memberi dan mengembangkan sebuah ide baru ke dalam dunia nyata dengan pengetahuan yang matang. BTS yang disenggelarakan pada tahun 2016 menghadirkan pembicara-pembicara seperti: Prianka Bukit (Founder and Ceo of ‘20FIT’), Yopie Suryadi (Founder and CEO of ‘GNEWS’), Anne Avantie (Inspiring Woman Entrepeneur), Shinta W. Dhaniwardoyo (Founder and CEO of ‘Bubu.com’), dan Sandiaga Uno (Social Entrepeneur).



0 Comments


Recommended Comments

There are no comments to display.

Guest
Add a comment...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy